Technomedia Journal
Articles by issue : Vol 1 No 2 (2017)
10
Articles
Pemanfaatan Fungsi Etalase Artikel Untuk Meningkatkan Traffic Rank Website ZPreneur

Rahardja, Untung, Aini, Qurotul, Meytasari, Rista

Technomedia Journal Vol 1 No 2 (2017)
Publisher : iLearning Journal Center

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1106.304 KB)

Abstract

Perkembangan teknologi dan informasi saat ini membuat banyak terciptanya website komunitas online  yang  beredar  di  dunia  maya,  yang  menyediakan  berbagai  informasi  yang  disuguhkan dalam  bentuk  semenarik  mungkin,  seperti  ZPreneur.  ZPreneur  merupakan  website  komunitas berbasis  entrepreneurship  pada  Perguruan  Tinggi  Raharja.  ZPreneur memiliki  informasi  yang sangat  banyak  yang  tertuang  pada  artikel-artikel  yang  dimiliki.  ZPreneur  mempunyai  potensi besar  dalam  meningkatkan  traffic  rank  ZPreneur,  terlihat  dari  artikel-artikel  yang  dimiliki. Namun,  dari  banyaknya  artikel  yang  dimiliki  belum  bisa  memberikan  hasil  yang  maksimal. Dalam    penelitian    ini,    penulis    mendapatkan    3    (tiga)   masalah   yang   dihadapi   perihal meningkatkan  traffic  rank  website  ZPreneur.  Dalam  tahap  meningkatkan  kualitas  maka dimanfaatkan  fungsi  etalase  artikel  di  ZPreneur.  Untuk  meningkatkan  traffic  rank  ZPreneur serta  menunjang  perkembangan  ZPreneur  maka  Tahap  implementasi  yang  dilakukan  adalah dengan  mengelola  etalase  artikel  yang  telah  dibuat  oleh  para  anggota  (ZP’er).  Sehingga menghasilkan   kegiatan   pemantauan   guna   meningkatkan   rank   website   ZPreneur   dengan menggunakan Alexa Rank.  Kata kunci: ZPreneur, Rank, Artikel Development  of  information  technology  today  makes  a  lot  of  website  creation  of  online communities  that  circulate  in  cyberspace,  which  provides  a  variety  of  information  that  is presented  in  the  form  as  attractive  as  possible,  as  ZPreneur.  ZPreneur  an  entrepreneurship-based  community  website  on  Higher  Education  Prog.  ZPreneur  have  very  much  information contained  in  the  articles  owned.  ZPreneur  have  enormous  potential  to  improve  traffic  rank ZPreneur, seen from the articles owned. However, of the many articles that are owned not able to provide maximum results. In this study, the authors obtain three (3) the problems encountered regarding  increase  website  traffic  rank  ZPreneur.  In  this  stage  of improving the quality of the articles used in ZPreneur storefront functions. To improve traffic rank ZPreneur ZPreneur well as  support  the  development  of the implementation phase is carried out by managing storefront articles that have been made by the members (ZPer). Resulting in monitoring activities in order to improve the rank of website ZPreneur using the Alexa Rank. Keywords: ZPreneur, Rank, Article  

Penerapan Inbound Official Site Sistem Informasi Untuk Meningkatkan Rank Webometrics

Rahardja, Untung, Aini, Qurotul, Sulastrini, Lily Ratna

Technomedia Journal Vol 1 No 2 (2017)
Publisher : iLearning Journal Center

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (996.209 KB)

Abstract

Sebuah  Perguruan  Tinggi  atau  instansi  pendidikan  tentunya  memiliki  sebuah  official  website adalah hal yang wajib. Karena dengan adanya official website dapat membantu mempromosikan suatu perguruan  tinggi  ke  khalayak  yang  lebih  luas  lagi.  Perguruan  Tinggi  Raharja  memiliki berbagai  official  website,  mulai  dari  website  milik  Perguruan  Tinggi  Raharja  sendiri  dan  ada juga  website  milik  setiap  jurusan  yang  ada  di  Perguruan  Tinggi  Raharja,  contohnya  adalah official  site  milik  jrursan  Sistem  Informasi dengan url si.raharja.ac.id, namun dalam penelitian ini permasalahan yang dihadapi adalah perihal inbound untuk website Sistem Informasi, karena dengan  adanya  banyak  inbound  tentunya  akan  membuat  official  site  Sistem  Informasi  lebih dikenal  lagi  khususnya  bagi  para  Pribadi  Raharja  jurusan  Sistem  Informasi  sebagai  wadah untuk   mendapatkan   informasi   yang   akurat.  Terdapat  10  (sepuluh)  study  pustaka  untuk menunjang  perkembangan  website  Sistem  Informasi  ini. Tahap  implementasi  yang  dilakukan adalah  dengan  memasang  inbound  Sistem  Informasi  di  berbagai  website  lain.  Hasil  akhir penelitian ini dilakukan dengan cara menggunakan Webometrics untuk memantau rank pada websiteraharja.ac.id. Diharapkan dengan banyaknya inbound mampu meningkatkan rank webometrics pada website raharja.ac.id. Kata Kunci: Webometrics, Sistem Informasi, Inbound A  college  or  education  institutions  surely has an official website adahal mandatory. Due to the existence of official website can help promote a Community College to the wider audience again. Raharja  has  various  College  official  website,  ranging  from  websites  belonging  to  Raharja College itself and there is also a website belonging to any existing majors in College Raharja, an example  is  the  website belonging to the information system with the url si.raharja.ac.id. In this study the problems encountered was the subject of inbound for website information systems, due to  the  presence  of  many  inbound  surely  will  make  the  website  better known more information system  especially  for  the  Personal  information  systems  majors  Raharja  as  containers  to  get accurate  information.  There  are  10  (ten)  study  to  support  the  development  of  the  library information   system   website.   Stage   of   implementation   is   done  by  installing  the  inbound information  systems  across  various  other  websites.  The  end  result  of  this  research  done  by Webometrics uses to monitor the rank on the website raharja.ac.id. Expected number of inbound able to improve rank webometrics website at raharja.ac.id. Keywords: Webometrics, Information System, Inbound  

Notifikasi Pembelajaran iLearning Melalui Media Aplikasi iDu dengan Menggunakan E-mail Rinfo

Aini, Qurotul, Irwin, Rubin Hakita, Marjayanti, Eka

Technomedia Journal Vol 1 No 2 (2017)
Publisher : iLearning Journal Center

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (838.046 KB)

Abstract

Kebutuhan sebuah Informasi menjadi sangat penting yang menjadi bagian dari kehidupan manusia. Di dalam pendidikan sebuah informasi menjadi kebutuhan yang sangat vital di dalam menunjang kegiatan belajar mengajar. Dalam sistem pembelajaran online yang diterapkan pada Perguruan Tinggi Raharja melalui sistem aplikasi iDu (iLearning eDucation) melalui metode pembelajaran iLearning, informasinya menjadi kebutuhan yang sangat penting. Namun pada penerapannya pembelajaran online yang semakin maju ini, penyampaian sebuah informasi masih dilakukan secara konvensional, yaitu penyampaian informasi dilakukan melalui perantara antara dosen dan mahasiswa yang mengharuskan mahasiswa untuk datang ke kampus untuk mendapatkan sebuah informasi seputar kegiatan perkuliahan. Sehingga dibutuhkannya sistem yang dapat menyampaikan informasi secara online yaitu pada media aplikasi iDu melalui E-mail Rinfo. penyampaian informasi melalui E-mail Rinfo dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja tanpa harus datang ke kampus, selain itu informasi yang disampaikan lebih menyeluruh dan tepat kepada mahasiswa tidak terbatas oleh ruang dan waktu. Kata Kunci : Informasi, email Rinfo, Notifikasi Needs a very important information that is part of human life. In education is an information that needs to be very vital in supporting teaching and learning. In online learning system that is applied to the Perguruan Tinggi Raharja through the application system IDU (iLearning education) through iLearning learning methods, the information will be very important needs. However, the implementation of online learning is more advanced, an information delivery is still done conventionally, namely the delivery of information through intermediaries between faculty and students who require students to come to campus to get an information about the lectures. So the need for systems that can deliver information online that the media application with iDu via email Rinfo. So with the delivery of information via email Rinfo can be done anywhere and anytime without having to come to the campus, in addition to the information presented more comprehensive and appropriate to the students is not limited by space and time. Keywords : Information, E-mail Rinfo, Notifications  

PERANCANGAN APLIKASI PEN+ BERBASIS MOBILE UNTUK MEMUDAHKAN KINERJA DOSEN PADA PERGURUAN TINGGI

Rahardja, Untung, Tejosuwito, Nikita Jova, Armansyah, Fernanda Setyobudi

Technomedia Journal Vol 1 No 2 (2017)
Publisher : iLearning Journal Center

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (881.761 KB)

Abstract

Kecanggihan  teknologi  device  yang  semakin  merambah  di  dunia  pengetahuan  dan  teknologi membuat pengembangan sistem pemanfaatan baru seperti aplikasi Pen+ berbasis mobile yang dimanfaatkan oleh dosen dalam menginput hasil nilai ujian mahasiswa. Seluruh orang di dunia pasti  memiliki  handphone.  Teknologi  yang  digunakan  pada  handphone  kini  telah  menjadi smartphone yang lebih banyak fitur-fitur aplikasi yang canggih menggunakan jaringan internet. Oleh  karena  itu  dengan  mengembangkan  suatu  aplikasi  Pen+  berbasis  mobile  yang  dapat  di akses  secara  online  untuk  dosen  bisa  melakukan  penginputan  nilai  lebih  cepat  dan  efektif. Aplikasi  Pen+  berbasis  mobile  yang  digunakan  juga  mempermudah  pelayanan  dengan  lebih dahulu   login   dengan   email   secara   pribadi   dan   lebih   nyaman   dibutuhkan   kapan   saja. Pengembangan  aplikasi  Pen+  juga  melalui  perencanaan,  desain,  dan  pengujian.  Maka  hasil dari  penelitian  ini  yaitu  dimana  aplikasi  Pen+  berbasis  mobile  dapat di download  dengan mudah dan kapan saja untuk memudahkan penilaian secara online. Kata Kunci : Aplikasi, Pen+, Mobile, Dosen The sophistication of device technology is increasingly pervasive in the world of knowledge and technology makes the development of new systems such as the utilization of Pen + based mobile application  that  is  used by lecturer in entering the results of student test scores. All the people in  the  world  would  have  a  mobile.  The  technology  used  in  mobile  phones  have  now  become more  smartphone  features  advanced  application  uses  the  internet.  Therefore, by developing a Pen + based mobile application that can be accessed online to the lecturer can make inputting values more quickly and effectively. Pen + based mobile application that is used also facilitate service  with  advance  login  with  your  email  private  and  more  comfortable  whenever  needed. Pen + application development also through planning, design, and testing. So the results of this analysis,  which  Pen  +  based  mobile  application  can  be  downloaded  easily and at any time to facilitate the online assessment. Keywords : Applications, Pen +, Mobile, Lecturer  

Optimalisasi Single Sign On Untuk Meningkatkan Sistem Keamanan OJRS+

S.Kom, M.T.I, Khanna Tiara, Putri, Fella Megita, Triyani, Heni

Technomedia Journal Vol 1 No 2 (2017)
Publisher : iLearning Journal Center

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (941.751 KB)

Abstract

Seiring  perkembangan  zaman  dan  juga  teknologi  yang  semakin  cepat,  Perguruan Tinggi  Raharja merupakan  kampus  yang  memanfaatkan  jaringan  internet  sebagai komunikasi  antar  Dosen  dan  Mahasiswa  untuk  kepentingan  akademis.  Perguruan Tinggi    Raharja    saat    ini    sedang   berusaha   membuat   riset   dalam   membangun pengembangan secara terus menerus. Dalam Perguruan Tinggi Raharja terdapat suatu website  yang  khusus  diperuntukan  untuk  melakukan  batal  tambah  secara  online, website  tersebut  merupakan  OJRS+  (Online  Jadwal  Rencana  Studi  Plus).  OJRS+ (Online  Jadwal  Rencana  Studi  Plus)  pada  STMIK  Raharja  sendiri  inipun  merupakan suatu  fasilitas  yang  tidak hanya diperuntukan bagi para Mahasiswa dalam melakukan batal  tambah  secara  online  saja,  tetapi  juga  terdapat  fasilitas  untuk  para  Kepala Jurusan (Kajur), Dosen dan juga stuff pada STMIK Raharja. Didalam OJRS+ terdapat beberapa  kendala,  diantaranya  sulit  dalam  melakukan  login.  Diperlukannya  suatu sistem  yang  dapat  mempermudah  dalam  melakukan  login  tanpa  pengguna  harus memasukan username dan juga password untuk mengatasi masalah tersebut. Dan juga untuk  menjaga keamanan data  pengguna  akan  lebih  terjamin,  karena  hanya menggunakan  tempat  penyimpanan  data  pengguna  secara  terpusat.  Maka  dari  itu dibuatlah   system   Single   Sign   On   (SSO)   pada   OJRS+.   Pengguna   hanya   perlu memasukan  email  atau  yang  biasa  disebut  Rinfo  sekali  untuk  mendapatkan  izin  dan akses   kesemua   layanan   yang  terdapat  dalam  jaringan  STMIK  Raharja.  Dengan merumuskan penggunaan System Single Sign On (SSO) pada login OJRS+ hal ini dapat memungkinkan  dengan  menggunakan  metode  yang  berbasis  YII  untuk  pencapaian sebuah masalah. Penelitian ini diharapkan dapat memudahkan dan memberi keamanan bagi pengguna dalam menggunakan OJRS+. Kata kunci : OJRS+, SSO, login As   the   development   of   the   times   and   also   the   technology   more   quickly,   the College campus is Raharja utilizing the internet as a network of communication between Professors and students to academic interests. College Raharja is currently working on research in built development continuously. In College there was a website that Raharja specifically  intended  to do cancel add online, the website is OJRS + (Online study plan Schedule  Plus).  OJRS  +  (Online  study  plan  Schedule  Plus)  on  the  programs  own Raharja  STMIK  is  a  facility  that  is  not  only  intended  for  the  students  in  doing  the Cancel  add  online  only,  but  there are  also  facilities  for  the  heads  of  Departments (Kajur),  lecturer  and  also  stuff  on  STMIK  Raharja.  In  OJRS  +  there  are  several constraints,  including difficult in doing login. It needs a system that can make in doing login  without  the  user  having  to  enter your  username  and  password  in  order  to  also resolve  the  issue.  And  also  to  maintain  the  safety  of  the  data  the  user  will  be  more secure,  because it only uses data storage is centralized. Thus a single system for Single Sign On (SSO) in OJRS +. Users only need to enter the email or commonly called Rinfo once  to  get  permission  and  access  all  of  the  services  contained  in  the  network STMIK Raharja. With the use of the System to formulate Single Sign On (SSO) login on OJRS + this can allow using YII-based methods for the achievement of a problem. This research is expected to facilitate and provide security for users using OJRS+ Keywords : OJRS+,  SSO, login  

Penerapan Ticketing OJRS+ Berbasis Online Untuk Kebutuhan Batal Tambah Perkuliahan Mahasiswa

Warsito, Ary Budi, Tiara, Khanna, Rohilah, Siti Ela

Technomedia Journal Vol 1 No 2 (2017)
Publisher : iLearning Journal Center

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (946.828 KB)

Abstract

Salah  satu  tingkatan  pendidik an  yang  mengalami  permasalahan  penjadwalan adalah Perguruan Tinggi, sama halnya  seperti  Perguruan Tinggi Raharja yang mengalami masalah penjadwalan dalam mengatur batal tambah mata  kuliah.  Dalam  hal  ini  penjadwalan  perkuliahan  masih  dilakukan  secara  konvensional.  Permasalahan penjadwalan  pada  bidang  pendidik an  berkaitan  dengan  penjadwalan  mata  kuliah  yang  membahas  tentang pembagian jadwal untuk  tiap mahasiswa pada kuliah tertentu sekaligus dosen pengajarnya. Sistem OJRS sendiri adalah  sistem  manual  dimana  mahasiswa  melakukan  pengisian  form  isian  Kartu  Rencana  Studi  (KRS)  secara manual dan penyusunan Jadwal Rencana Studi (JRS) nya dilakukan melalui rapat jurusan selama beberapa bulan hal ini tentunya sangat memakan banyak  waktu. pengolahan data dilakukan secara manual menggunakan program excel  untuk  menganalisa matakuliah apa saja yang harus dibuka dan berapa jumlah kelas yang harus dibuka, membuat tabel JRS dan mengatur jadwal dosen menggunakan program MS excel. Saat ini OJRS telah mengalami perkembangan yaitu OJRS+ (Online Jadwal Rencana Studi Plus) dimana OJRS+ itu sendiri Oleh karena itu dalam penelitian kali ini membahas tentang pentingnya penerapan ticketing OJRS+ sebelum melakukan batal tambah perkuliahan.  Dengan  penerapan ticketing hanya berlaku di jam tertentu hal itu dikarenakan untuk  mengurangi traffic yang tinggi. Kata  kunci: OJRS,  OJRS+, Ticketing One  level  of  education  who have  scheduling  problems  is  the  College,  as  well  as  Higher  Education  Prog experiencing scheduling problems in arranging the cancel-added subjects. In this case the scheduling of lectures is still done conventionally. Scheduling problems in the education sector with regard to the scheduling of courses that discuss the distribution schedule for each student on a particular course at a time lecturers. OJRS system itself is a manual  system  where  students  mak e  the  filling  form fields Study Plan Card (KRS) manually and preparation of Study  Plan  Schedule  (JRS)  it  is  done  through  department  meetings  for  several  months  it  is  certainly very time consuming. data processing is done manually using Excel spreadsheets to analyze subjects what to open and how the number of classes to be opened, create tables JRS and arrange for lecturers using MS Excel program. Currently OJRS has been progressing namely OJRS + (Online Study Plan Schedule Plus) where OJRS + it self Therefore in the present study discusses the importance of implementing the ticketing OJRS + void added before the lecture. With the implementation of ticketing only applies certain on hour it is due to reduce the high traffic. Keywords: OJRS , OJRS+, Ticketing  

Penerapan iDu iLearning Plus berbasis Gamification Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh pada Perguruan Tinggi

suci, kitab, Ariessanti, Hani Dewi, Aini, Qurotul

Technomedia Journal Vol 1 No 2 (2017)
Publisher : iLearning Journal Center

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (912.523 KB)

Abstract

Seiring perkembangan teknologi yang semankin pesat sehingga metode pembelajaran harus mengikuti perkembangan zaman dimana sudah banyaknya universitas dan perguruan tinggi yang menggunakan perkuliahan online, dapat memudahkan masyarakat yang tidak memiliki waktu luang untuk menjalani proses pembelajaran yang terhalang oleh suatu pekerjaan dan lain sebagainya, sehingga terdapatlah perkuliahan online untuk memudahkan masyarakat yang ingin melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi seperti Diploma dan Sarjana. Perguruan Tinggi Raharja sudah menerapkan sistem pembelajaran online yaitu idu.ilearning.co atau sering disebut iLearning+, namun pembelajaran iLearning+ kurang efektif dimana masih banyak mahasiswa yang kurang komunikasi dengan dosen, kurangnya informasi seputar perkuliahan. solusi agar proses belajar mengajar menjadi lebih efektif terus dikembangkan, terdapatnya gamifikasi didalam pembelajaran online agar mahasiswa menjadi lebih semangat dan alternatif dalam mengorganisasi dan mengkondisikan situasi belajar agar lebih menarik dan tidak membosankan, sehingga dapat menyenangkan dan membangun engagement bagi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan online, dan juga terdapatnya leaderboard yang berupa level keaktifan mahasiswa, guna untuk mengetahui seberapa aktif mahasiswa dalam mengerjakan tugas maupun mempelajari materi perkuliahan yang sudah diberikan oleh dosen. Kata kunci : Pendidikan ilearning, iDu ILP, gamification, perguruan tinggi raharja Along  with  the  development of technology that is growing rapidly so that teaching methods should  follow  the  times  where  already  many  universities  and  colleges  that  use  the  lecture online,  it  can  be  easier  for  people  who  do  not  have the time to undergo a learning process that is blocked by an occupation and so forth, so that there exists a lecture online to facilitate the  public  who  wish  to  continue  their  education  to  a  higher  level  such as the Diploma and Strata.   Higher   Education   Prog   already   implementing   online   learning   system   that   is idu.ilearning.co often called iLearning +, but learning iLearning + less effective where there are  still  many  students who lack communication with teacher lack of information about the lecture.  solution  so  that  the  learning  process  becomes  more  effective  continue  to  be developed, the presence of gamification in online learning so that students have become more enthusiastic and alternatives in organizing and conditioning the learning situation to make it more interesting and not boring, so it can be fun and build engagement for students in the upper division courses online, and also the presence of the leaderboard in the form of the activity level of students, in order to determine how active the students in doing the task or learn the lecture material that has been given by the lecturer. Keywords: Education, ilearning  IDUs ILP, gamification, college  raharja  

APLIKASI SISTEM PENJUALAN SPAREPART MOTOR PADA BENGKEL BAROKAH MOTOR BERBASIS WEB

s.kom, aris, rinja, mochamad, jherico, taufan

Technomedia Journal Vol 1 No 2 (2017)
Publisher : iLearning Journal Center

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (929.476 KB)

Abstract

Bengkel Barokah Motor merupakan salah satu usaha keluarga yang bergerak dibidang retail dengan menjual sparepart motor. Proses administrasi penjualan merupakan salah satu kegiatan penting bagi proses penjualan sparepart motor di bengkel ini. Untuk mendukung sistem aplikasi penjualan ini, perlu adanya sistem komputerisasi untuk membuat laporan penjualan yang cepat, akurat serta efisien dalam pengerjaannya. Namun dalam kenyataannya, hal tersebut memang tidak sesuai dengan keinginan dan harapan yang ditentukan, k arena belum adanya sistem komputerisasi yang digunakan di bengkel tersebut. Bengkel Barokah Motor masih menggunakan sistem manual dalam pengolahan data administrasinya. Sehingga masih seringnya terjadi kesalahan pada saat pencatatan data. Untuk itu perlu dirancang suatu sistem aplikasi penjualan. Sistem tersebut dirancang menggunakan metode OOAD, dan digambarkan melalui diagram UML seperti activity diagram, sequence diagram, use case diagram, class diagram dan state chart diagram. Sistem dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP, dan database yang digunakan adalah MySQL. Hasil penelitian ini adalah sebuah sistem aplikasi penjualan yang digunakan untuk mencatat setiap transaksi yang terjadi serta membuat laporan penjualan secara cepat dan akurat. Sehingga dengan adanya sistem tersebut, user akan sangat terbantu dalam mengerjakan pekerjaannya. Kata kunci : aplikasi sistem penjualan, sparepart motor.  Workshop Barokah Motor is one of the family businesses engaged in retail selling  motor spare parts. Sales administration process is one of the important activities for motor spare parts sales process at this workshop. To support this sales application systems, the need for a computerized system to create sales reports are fast, accurate and efficient in the process. But in reality, it does not correspond with the wishes and expectations are determined, due to the lack of computerized systems used in the workshop. Workshop Barokah Motor still use manual systems in data processing administration. So it is still frequent errors during data recording. For that we need to design a system application sales. The system is designed using OOAD methods, and illustrated by diagrams like UML activity diagrams, sequence diagrams, use case diagram, class diagram and state chart diagrams. The system is built using the PHP programming language, and the database used is MySQL. The result of this research is a sales application system used to record each transaction and create sales reports quickly and accurately. So with such a system, the user will be greatly helped in doing his job. Keyword: App sales  system,  motor  spare parts  

Perancangan Sistem Absensi Online Menggunakan Android Guna Mempercepat Proses Absensi

Husain, Al, Aji Prastian, Abdul Haqy, Ramadhan, Andre

Technomedia Journal Vol 1 No 2 (2017)
Publisher : iLearning Journal Center

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (804.465 KB)

Abstract

Sistem  absensi  saat  ini  perlu  memerlukan  pembaharuan  sistem  yang  baru. Karena  dengan melakukan hal ini akan berdampak sangat baik bagi perusahaan dilihat dari sisi efisien, efektif, dan  cepat.  Dalam  hal  ini  perusahaan  berlomba  membuat  sistem  absensi  yang  dapat  berjalan pada  teknologi  saat  ini  seperti  smartphone  android.  Hal tersebut membutuhkan sebuah design rancangan sebelum sistem ini dibuat sehingga dapat mengetahui permasalahan dan solusi pada sistem  yang  akan  dibuat.  Design  sistem  absensi  online  digunakan  untuk  mempercepat  absen hanya   melalui   smartphone  android  yang  dimiliki  oleh  masing-masing  karyawan.  Hal  ini membutuhkan  jaringan  lokal  yang  berjarak  hanya  didalam  lingkungan  perusahaan  sehingga karyawan tidak dapat absen diluar perusahaan. Guna membuat sebuah laporan dengan metode sistem  diatas,  memerlukan  metode  pengumpulan  data  sistem  yang  berjalan,  wawancara, observasi,   analisa   sistem   yang   diusulkan,   dan   metode   prototipe   dan   testing   sebagai pembentukan sistem usulan yang memadai sebagai alternative solusi terbaik dari permasalahan yang ada. Kata Kunci :Sistem, Absensi, Design, Jaringan The current system requires absences need renewal of the new system. Because by doing this will have an impact is  very  good  for the  company as  seen  from the  side  of efficient, effective,  and  fast.  In  this  case  the  company  raced  to  make  attendance  system  that  can  run  on  current technologies  such          as android     smartphone. It requires a design draft before this system was created  so as to  know the  problems and solutions on the system to be  created.  Online attendance  system  design  used  to  speed up the timesheet only through android smartphone  which  is  owned  by  each  employee. This  requires  a  local network  which is just in a corporate environment so that employees can not be absent outside of the company. To create a report  with the method above,   the system requires a   method   of data   collection system   that runs, interviews, observation, analysis of the proposed system, and the method of prototype and  testing as the establishment of  an adequate  proposal  system  as  alternative  best  solution of existing problems. Key Word : System, Absence, Design, Network  

PENERAPAN GO+ BERBASIS WEB UNTUK MENINGKATKAN MUTU PELAYANAN LEMBAGA KEUANGAN MAHASISIWA

Tiara, Khanna, Nurhaeni, Tuti, Faradisa, Yeti

Technomedia Journal Vol 1 No 2 (2017)
Publisher : iLearning Journal Center

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (922.57 KB)

Abstract

Informasi  yang  cepat  dan  akurat  sangat  diperlukan  dalam  zaman  yang  pesat  ini.  Guna menunjang  keperluan  masyarakat  yang  selalu  membutuhkan informasi yang cepat dan akurat. Informasi  dalam  lembaga  pendidikan  pun  sama  pentingnya  untuk memberikan  fasilitas  yang memadai.  Salah  satu  informasi  yang  dibutuhkan  dalam  pendidikan  adalah  informasi  tagihan rincian  biaya  perkuliahan.  Dalam  penelitian  sebelumnya  informasi  rincian  biaya  kuliah  hanya bisa  dilihat  di  lokal  dan  hanya  bisa  menggunakan  Box  Sis.  Untuk  meningkatkan  kebutuhan mahasiswa  maka di buatlah sistem yang menampilkan informasi rincian biaya kuliah yang bisa di  akses  di  mana  pun  dan  kapanpun.  Penelitian  ini  menggunakan  metode  mind  mapping  dan analisa  SWOT.  Green  Orchestra  Plus  (GO+)  adalah  sistem  informasi  tagihan  pembayaran perkuliahan yang bisa diakses secara online melalui gadget masing-masing. Dengan GO+ setiap mahasiswa mudah mengetahui informasi tagihan yang harus dibayarkan dan jika tidak ada tagihan sistem tersebut pun akan menampilkan bahwa mahasiswa tersebut tidak ada tagihan atau  sudah  lunas.  Adanya  GO+  yang  mudah  diakses  online  maka  kemudahan  dan  mutu pelayanan  mahasiswa  bisa  terwujud.  Pada  saat  mahasiswa  ingin  mengetahui  tagihan yang harus  dibayarkan,  mahasiswa  tidak  perlu  mengantri  di  box  sis  atau  bertanya  langsung  pada kasir. Sehingga mahasiswa tidak perlu mengantri di Box Sis dan mahasiswa tidak perlu pergi ke kampus  jika  sedang  tidak  berada  di  kampus.  Penyediaan  sistem  GO+  diharapkan  mampu memberikan  kemudahan  bagi  setiap  mahasiswa  Perguruan  Tinggi  Raharja  dalam  mencari informasi tagihan pembayaran perkuliahan. Kata kunci : Tagihan Pembayaran, Green Orchestra Plus, online Fast  and  accurate  information  is  needed  in  an  age  of  rapid.  To  support  the  needs  of the community  which  is  always  in  need  of  quick  and  accurate  information.  Information  in  any institution are equally important to provide adequate facilities. One of the information needed in education  is  the  billing  information  details  on  fees  and  associated  costs.  In  previous  research information  tuition  details  can  only  be  seen  on  the  premises  and  can  only  use  Box  Sis.  The student then needs to improve on the make system that displays information details tuition can be accessed  wherever  and  whenever.  This  research  method  using  mind  mapping  and  SWOT analysis.   Green   Orchestra   Plus   (GO  +)  is  a  system  of  payment  and  associated  billing information which can be accessed online through gadget respectively. With GO + every student easily  know  the  information  the  invoice  which  must  be paid and if no Bill of any of the system will  show  the  students  that  there  are  no  bills  or  have  already paid off. The existence of GO + then  the  ease  and  quality  of  student  services  can  be  realized. At a time when students want to find out the Bills to be paid, students do not need to queue up at the box sis or ask directly at the cashier. So that students do not need to queue up at the Box and the students dont have to go to campus if youre not on campus. Provision of the system GO + are expected to provide ease for every College student Raharja in search of information bill payments and associated costs. Keywords: bill  payments, Green Orchestra Plus, online