Articles by issue : Vol 1 No 2 (2017)
Pemanfaatan Fungsi Etalase Artikel Untuk Meningkatkan Traffic Rank Website ZPreneur
Rahardja, Untung, Aini, Qurotul, Meytasari, Rista
Technomedia Journal Vol 1 No 2 (2017)
Publisher : iLearning Journal Center
Show Abstract
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (1106.304 KB)
Perkembangan teknologi dan informasi saat ini membuat banyak terciptanya website komunitas online yang beredar di dunia maya, yang menyediakan berbagai informasi yang disuguhkan dalam bentuk semenarik mungkin, seperti ZPreneur. ZPreneur merupakan website komunitas berbasis entrepreneurship pada Perguruan Tinggi Raharja. ZPreneur memiliki informasi yang sangat banyak yang tertuang pada artikel-artikel yang dimiliki. ZPreneur mempunyai potensi besar dalam meningkatkan traffic rank ZPreneur, terlihat dari artikel-artikel yang dimiliki. Namun, dari banyaknya artikel yang dimiliki belum bisa memberikan hasil yang maksimal. Dalam penelitian ini, penulis mendapatkan 3 (tiga) masalah yang dihadapi perihal meningkatkan traffic rank website ZPreneur. Dalam tahap meningkatkan kualitas maka dimanfaatkan fungsi etalase artikel di ZPreneur. Untuk meningkatkan traffic rank ZPreneur serta menunjang perkembangan ZPreneur maka Tahap implementasi yang dilakukan adalah dengan mengelola etalase artikel yang telah dibuat oleh para anggota (ZPâer). Sehingga menghasilkan kegiatan pemantauan guna meningkatkan rank website ZPreneur dengan menggunakan Alexa Rank.
Kata kunci: ZPreneur, Rank, Artikel
Development of information technology today makes a lot of website creation of online communities that circulate in cyberspace, which provides a variety of information that is presented in the form as attractive as possible, as ZPreneur. ZPreneur an entrepreneurship-based community website on Higher Education Prog. ZPreneur have very much information contained in the articles owned. ZPreneur have enormous potential to improve traffic rank ZPreneur, seen from the articles owned. However, of the many articles that are owned not able to provide maximum results. In this study, the authors obtain three (3) the problems encountered regarding increase website traffic rank ZPreneur. In this stage of improving the quality of the articles used in ZPreneur storefront functions. To improve traffic rank ZPreneur ZPreneur well as support the development of the implementation phase is carried out by managing storefront articles that have been made by the members (ZPer). Resulting in monitoring activities in order to improve the rank of website ZPreneur using the Alexa Rank.
Keywords: ZPreneur, Rank, Article
Penerapan Inbound Official Site Sistem Informasi Untuk Meningkatkan Rank Webometrics
Rahardja, Untung, Aini, Qurotul, Sulastrini, Lily Ratna
Technomedia Journal Vol 1 No 2 (2017)
Publisher : iLearning Journal Center
Show Abstract
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (996.209 KB)
Sebuah Perguruan Tinggi atau instansi pendidikan tentunya memiliki sebuah official website adalah hal yang wajib. Karena dengan adanya official website dapat membantu mempromosikan suatu perguruan tinggi ke khalayak yang lebih luas lagi. Perguruan Tinggi Raharja memiliki berbagai official website, mulai dari website milik Perguruan Tinggi Raharja sendiri dan ada juga website milik setiap jurusan yang ada di Perguruan Tinggi Raharja, contohnya adalah official site milik jrursan Sistem Informasi dengan url si.raharja.ac.id, namun dalam penelitian ini permasalahan yang dihadapi adalah perihal inbound untuk website Sistem Informasi, karena dengan adanya banyak inbound tentunya akan membuat official site Sistem Informasi lebih dikenal lagi khususnya bagi para Pribadi Raharja jurusan Sistem Informasi sebagai wadah untuk mendapatkan informasi yang akurat. Terdapat 10 (sepuluh) study pustaka untuk menunjang perkembangan website Sistem Informasi ini. Tahap implementasi yang dilakukan adalah dengan memasang inbound Sistem Informasi di berbagai website lain. Hasil akhir penelitian ini dilakukan dengan cara menggunakan Webometrics untuk memantau rank pada websiteraharja.ac.id. Diharapkan dengan banyaknya inbound mampu meningkatkan rank webometrics pada website raharja.ac.id.
Kata Kunci: Webometrics, Sistem Informasi, Inbound
A college or education institutions surely has an official website adahal mandatory. Due to the existence of official website can help promote a Community College to the wider audience again. Raharja has various College official website, ranging from websites belonging to Raharja College itself and there is also a website belonging to any existing majors in College Raharja, an example is the website belonging to the information system with the url si.raharja.ac.id. In this study the problems encountered was the subject of inbound for website information systems, due to the presence of many inbound surely will make the website better known more information system especially for the Personal information systems majors Raharja as containers to get accurate information. There are 10 (ten) study to support the development of the library information system website. Stage of implementation is done by installing the inbound information systems across various other websites. The end result of this research done by Webometrics uses to monitor the rank on the website raharja.ac.id. Expected number of inbound able to improve rank webometrics website at raharja.ac.id.
Keywords: Webometrics, Information System, Inbound
Notifikasi Pembelajaran iLearning Melalui Media Aplikasi iDu dengan Menggunakan E-mail Rinfo
Aini, Qurotul, Irwin, Rubin Hakita, Marjayanti, Eka
Technomedia Journal Vol 1 No 2 (2017)
Publisher : iLearning Journal Center
Show Abstract
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (838.046 KB)
Kebutuhan sebuah Informasi menjadi sangat penting yang menjadi bagian dari kehidupan manusia. Di dalam pendidikan sebuah informasi menjadi kebutuhan yang sangat vital di dalam menunjang kegiatan belajar mengajar. Dalam sistem pembelajaran online yang diterapkan pada Perguruan Tinggi Raharja melalui sistem aplikasi iDu (iLearning eDucation) melalui metode pembelajaran iLearning, informasinya menjadi kebutuhan yang sangat penting. Namun pada penerapannya pembelajaran online yang semakin maju ini, penyampaian sebuah informasi masih dilakukan secara konvensional, yaitu penyampaian informasi dilakukan melalui perantara antara dosen dan mahasiswa yang mengharuskan mahasiswa untuk datang ke kampus untuk mendapatkan sebuah informasi seputar kegiatan perkuliahan. Sehingga dibutuhkannya sistem yang dapat menyampaikan informasi secara online yaitu pada media aplikasi iDu melalui E-mail Rinfo. penyampaian informasi melalui E-mail Rinfo dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja tanpa harus datang ke kampus, selain itu informasi yang disampaikan lebih menyeluruh dan tepat kepada mahasiswa tidak terbatas oleh ruang dan waktu.
Kata Kunci : Informasi, email Rinfo, Notifikasi
Needs a very important information that is part of human life. In education is an information that needs to be very vital in supporting teaching and learning. In online learning system that is applied to the Perguruan Tinggi Raharja through the application system IDU (iLearning education) through iLearning learning methods, the information will be very important needs. However, the implementation of online learning is more advanced, an information delivery is still done conventionally, namely the delivery of information through intermediaries between faculty and students who require students to come to campus to get an information about the lectures. So the need for systems that can deliver information online that the media application with iDu via email Rinfo. So with the delivery of information via email Rinfo can be done anywhere and anytime without having to come to the campus, in addition to the information presented more comprehensive and appropriate to the students is not limited by space and time.
Keywords : Information, E-mail Rinfo, Notifications
PERANCANGAN APLIKASI PEN+ BERBASIS MOBILE UNTUK MEMUDAHKAN KINERJA DOSEN PADA PERGURUAN TINGGI
Rahardja, Untung, Tejosuwito, Nikita Jova, Armansyah, Fernanda Setyobudi
Technomedia Journal Vol 1 No 2 (2017)
Publisher : iLearning Journal Center
Show Abstract
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (881.761 KB)
Kecanggihan teknologi device yang semakin merambah di dunia pengetahuan dan teknologi membuat pengembangan sistem pemanfaatan baru seperti aplikasi Pen+ berbasis mobile yang dimanfaatkan oleh dosen dalam menginput hasil nilai ujian mahasiswa. Seluruh orang di dunia pasti memiliki handphone. Teknologi yang digunakan pada handphone kini telah menjadi smartphone yang lebih banyak fitur-fitur aplikasi yang canggih menggunakan jaringan internet. Oleh karena itu dengan mengembangkan suatu aplikasi Pen+ berbasis mobile yang dapat di akses secara online untuk dosen bisa melakukan penginputan nilai lebih cepat dan efektif. Aplikasi Pen+ berbasis mobile yang digunakan juga mempermudah pelayanan dengan lebih dahulu login dengan email secara pribadi dan lebih nyaman dibutuhkan kapan saja. Pengembangan aplikasi Pen+ juga melalui perencanaan, desain, dan pengujian. Maka hasil dari penelitian ini yaitu dimana aplikasi Pen+ berbasis mobile dapat di download dengan mudah dan kapan saja untuk memudahkan penilaian secara online.
Kata Kunci : Aplikasi, Pen+, Mobile, Dosen
The sophistication of device technology is increasingly pervasive in the world of knowledge and technology makes the development of new systems such as the utilization of Pen + based mobile application that is used by lecturer in entering the results of student test scores. All the people in the world would have a mobile. The technology used in mobile phones have now become more smartphone features advanced application uses the internet. Therefore, by developing a Pen + based mobile application that can be accessed online to the lecturer can make inputting values more quickly and effectively. Pen + based mobile application that is used also facilitate service with advance login with your email private and more comfortable whenever needed. Pen + application development also through planning, design, and testing. So the results of this analysis, which Pen + based mobile application can be downloaded easily and at any time to facilitate the online assessment.
Keywords : Applications, Pen +, Mobile, Lecturer
Optimalisasi Single Sign On Untuk Meningkatkan Sistem Keamanan OJRS+
S.Kom, M.T.I, Khanna Tiara, Putri, Fella Megita, Triyani, Heni
Technomedia Journal Vol 1 No 2 (2017)
Publisher : iLearning Journal Center
Show Abstract
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (941.751 KB)
Seiring perkembangan zaman dan juga teknologi yang semakin cepat, Perguruan Tinggi Raharja merupakan kampus yang memanfaatkan jaringan internet sebagai komunikasi antar Dosen dan Mahasiswa untuk kepentingan akademis. Perguruan Tinggi Raharja saat ini sedang berusaha membuat riset dalam membangun pengembangan secara terus menerus. Dalam Perguruan Tinggi Raharja terdapat suatu website yang khusus diperuntukan untuk melakukan batal tambah secara online, website tersebut merupakan OJRS+ (Online Jadwal Rencana Studi Plus). OJRS+ (Online Jadwal Rencana Studi Plus) pada STMIK Raharja sendiri inipun merupakan suatu fasilitas yang tidak hanya diperuntukan bagi para Mahasiswa dalam melakukan batal tambah secara online saja, tetapi juga terdapat fasilitas untuk para Kepala Jurusan (Kajur), Dosen dan juga stuff pada STMIK Raharja. Didalam OJRS+ terdapat beberapa kendala, diantaranya sulit dalam melakukan login. Diperlukannya suatu sistem yang dapat mempermudah dalam melakukan login tanpa pengguna harus memasukan username dan juga password untuk mengatasi masalah tersebut. Dan juga untuk menjaga keamanan data pengguna akan lebih terjamin, karena hanya menggunakan tempat penyimpanan data pengguna secara terpusat. Maka dari itu dibuatlah system Single Sign On (SSO) pada OJRS+. Pengguna hanya perlu memasukan email atau yang biasa disebut Rinfo sekali untuk mendapatkan izin dan akses kesemua layanan yang terdapat dalam jaringan STMIK Raharja. Dengan merumuskan penggunaan System Single Sign On (SSO) pada login OJRS+ hal ini dapat memungkinkan dengan menggunakan metode yang berbasis YII untuk pencapaian sebuah masalah. Penelitian ini diharapkan dapat memudahkan dan memberi keamanan bagi pengguna dalam menggunakan OJRS+.
Kata kunci : OJRS+, SSO, login
As the development of the times and also the technology more quickly, the College campus is Raharja utilizing the internet as a network of communication between Professors and students to academic interests. College Raharja is currently working on research in built development continuously. In College there was a website that Raharja specifically intended to do cancel add online, the website is OJRS + (Online study plan Schedule Plus). OJRS + (Online study plan Schedule Plus) on the programs own Raharja STMIK is a facility that is not only intended for the students in doing the Cancel add online only, but there are also facilities for the heads of Departments (Kajur), lecturer and also stuff on STMIK Raharja. In OJRS + there are several constraints, including difficult in doing login. It needs a system that can make in doing login without the user having to enter your username and password in order to also resolve the issue. And also to maintain the safety of the data the user will be more secure, because it only uses data storage is centralized. Thus a single system for Single Sign On (SSO) in OJRS +. Users only need to enter the email or commonly called Rinfo once to get permission and access all of the services contained in the network STMIK Raharja. With the use of the System to formulate Single Sign On (SSO) login on OJRS + this can allow using YII-based methods for the achievement of a problem. This research is expected to facilitate and provide security for users using OJRS+
Keywords : OJRS+, SSO, login
Penerapan Ticketing OJRS+ Berbasis Online Untuk Kebutuhan Batal Tambah Perkuliahan Mahasiswa
Warsito, Ary Budi, Tiara, Khanna, Rohilah, Siti Ela
Technomedia Journal Vol 1 No 2 (2017)
Publisher : iLearning Journal Center
Show Abstract
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (946.828 KB)
Salah satu tingkatan pendidik an yang mengalami permasalahan penjadwalan adalah Perguruan Tinggi, sama halnya seperti Perguruan Tinggi Raharja yang mengalami masalah penjadwalan dalam mengatur batal tambah mata kuliah. Dalam hal ini penjadwalan perkuliahan masih dilakukan secara konvensional. Permasalahan penjadwalan pada bidang pendidik an berkaitan dengan penjadwalan mata kuliah yang membahas tentang pembagian jadwal untuk tiap mahasiswa pada kuliah tertentu sekaligus dosen pengajarnya. Sistem OJRS sendiri adalah sistem manual dimana mahasiswa melakukan pengisian form isian Kartu Rencana Studi (KRS) secara manual dan penyusunan Jadwal Rencana Studi (JRS) nya dilakukan melalui rapat jurusan selama beberapa bulan hal ini tentunya sangat memakan banyak waktu. pengolahan data dilakukan secara manual menggunakan program excel untuk menganalisa matakuliah apa saja yang harus dibuka dan berapa jumlah kelas yang harus dibuka, membuat tabel JRS dan mengatur jadwal dosen menggunakan program MS excel. Saat ini OJRS telah mengalami perkembangan yaitu OJRS+ (Online Jadwal Rencana Studi Plus) dimana OJRS+ itu sendiri Oleh karena itu dalam penelitian kali ini membahas tentang pentingnya penerapan ticketing OJRS+ sebelum melakukan batal tambah perkuliahan. Dengan penerapan ticketing hanya berlaku di jam tertentu hal itu dikarenakan untuk mengurangi traffic yang tinggi.
Kata kunci: OJRS, OJRS+, Ticketing
One level of education who have scheduling problems is the College, as well as Higher Education Prog experiencing scheduling problems in arranging the cancel-added subjects. In this case the scheduling of lectures is still done conventionally. Scheduling problems in the education sector with regard to the scheduling of courses that discuss the distribution schedule for each student on a particular course at a time lecturers. OJRS system itself is a manual system where students mak e the filling form fields Study Plan Card (KRS) manually and preparation of Study Plan Schedule (JRS) it is done through department meetings for several months it is certainly very time consuming. data processing is done manually using Excel spreadsheets to analyze subjects what to open and how the number of classes to be opened, create tables JRS and arrange for lecturers using MS Excel program. Currently OJRS has been progressing namely OJRS + (Online Study Plan Schedule Plus) where OJRS + it self Therefore in the present study discusses the importance of implementing the ticketing OJRS + void added before the lecture. With the implementation of ticketing only applies certain on hour it is due to reduce the high traffic.
Keywords: OJRS , OJRS+, Ticketing
Penerapan iDu iLearning Plus berbasis Gamification Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh pada Perguruan Tinggi
suci, kitab, Ariessanti, Hani Dewi, Aini, Qurotul
Technomedia Journal Vol 1 No 2 (2017)
Publisher : iLearning Journal Center
Show Abstract
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (912.523 KB)
Seiring perkembangan teknologi yang semankin pesat sehingga metode pembelajaran harus mengikuti perkembangan zaman dimana sudah banyaknya universitas dan perguruan tinggi yang menggunakan perkuliahan online, dapat memudahkan masyarakat yang tidak memiliki waktu luang untuk menjalani proses pembelajaran yang terhalang oleh suatu pekerjaan dan lain sebagainya, sehingga terdapatlah perkuliahan online untuk memudahkan masyarakat yang ingin melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi seperti Diploma dan Sarjana. Perguruan Tinggi Raharja sudah menerapkan sistem pembelajaran online yaitu idu.ilearning.co atau sering disebut iLearning+, namun pembelajaran iLearning+ kurang efektif dimana masih banyak mahasiswa yang kurang komunikasi dengan dosen, kurangnya informasi seputar perkuliahan. solusi agar proses belajar mengajar menjadi lebih efektif terus dikembangkan, terdapatnya gamifikasi didalam pembelajaran online agar mahasiswa menjadi lebih semangat dan alternatif dalam mengorganisasi dan mengkondisikan situasi belajar agar lebih menarik dan tidak membosankan, sehingga dapat menyenangkan dan membangun engagement bagi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan online, dan juga terdapatnya leaderboard yang berupa level keaktifan mahasiswa, guna untuk mengetahui seberapa aktif mahasiswa dalam mengerjakan tugas maupun mempelajari materi perkuliahan yang sudah diberikan oleh dosen.
Kata kunci : Pendidikan ilearning, iDu ILP, gamification, perguruan tinggi raharja
Along with the development of technology that is growing rapidly so that teaching methods should follow the times where already many universities and colleges that use the lecture online, it can be easier for people who do not have the time to undergo a learning process that is blocked by an occupation and so forth, so that there exists a lecture online to facilitate the public who wish to continue their education to a higher level such as the Diploma and Strata. Higher Education Prog already implementing online learning system that is idu.ilearning.co often called iLearning +, but learning iLearning + less effective where there are still many students who lack communication with teacher lack of information about the lecture. solution so that the learning process becomes more effective continue to be developed, the presence of gamification in online learning so that students have become more enthusiastic and alternatives in organizing and conditioning the learning situation to make it more interesting and not boring, so it can be fun and build engagement for students in the upper division courses online, and also the presence of the leaderboard in the form of the activity level of students, in order to determine how active the students in doing the task or learn the lecture material that has been given by the lecturer.
Keywords: Education, ilearning IDUs ILP, gamification, college raharja
APLIKASI SISTEM PENJUALAN SPAREPART MOTOR PADA BENGKEL BAROKAH MOTOR BERBASIS WEB
s.kom, aris, rinja, mochamad, jherico, taufan
Technomedia Journal Vol 1 No 2 (2017)
Publisher : iLearning Journal Center
Show Abstract
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (929.476 KB)
Bengkel Barokah Motor merupakan salah satu usaha keluarga yang bergerak dibidang retail dengan menjual sparepart motor. Proses administrasi penjualan merupakan salah satu kegiatan penting bagi proses penjualan sparepart motor di bengkel ini. Untuk mendukung sistem aplikasi penjualan ini, perlu adanya sistem komputerisasi untuk membuat laporan penjualan yang cepat, akurat serta efisien dalam pengerjaannya. Namun dalam kenyataannya, hal tersebut memang tidak sesuai dengan keinginan dan harapan yang ditentukan, k arena belum adanya sistem komputerisasi yang digunakan di bengkel tersebut. Bengkel Barokah Motor masih menggunakan sistem manual dalam pengolahan data administrasinya. Sehingga masih seringnya terjadi kesalahan pada saat pencatatan data. Untuk itu perlu dirancang suatu sistem aplikasi penjualan. Sistem tersebut dirancang menggunakan metode OOAD, dan digambarkan melalui diagram UML seperti activity diagram, sequence diagram, use case diagram, class diagram dan state chart diagram. Sistem dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP, dan database yang digunakan adalah MySQL. Hasil penelitian ini adalah sebuah sistem aplikasi penjualan yang digunakan untuk mencatat setiap transaksi yang terjadi serta membuat laporan penjualan secara cepat dan akurat. Sehingga dengan adanya sistem tersebut, user akan sangat terbantu dalam mengerjakan pekerjaannya.
Kata kunci : aplikasi sistem penjualan, sparepart motor.
Workshop Barokah Motor is one of the family businesses engaged in retail selling motor spare parts. Sales administration process is one of the important activities for motor spare parts sales process at this workshop. To support this sales application systems, the need for a computerized system to create sales reports are fast, accurate and efficient in the process. But in reality, it does not correspond with the wishes and expectations are determined, due to the lack of computerized systems used in the workshop. Workshop Barokah Motor still use manual systems in data processing administration. So it is still frequent errors during data recording. For that we need to design a system application sales. The system is designed using OOAD methods, and illustrated by diagrams like UML activity diagrams, sequence diagrams, use case diagram, class diagram and state chart diagrams. The system is built using the PHP programming language, and the database used is MySQL. The result of this research is a sales application system used to record each transaction and create sales reports quickly and accurately. So with such a system, the user will be greatly helped in doing his job.
Keyword: App sales system, motor spare parts
Perancangan Sistem Absensi Online Menggunakan Android Guna Mempercepat Proses Absensi
Husain, Al, Aji Prastian, Abdul Haqy, Ramadhan, Andre
Technomedia Journal Vol 1 No 2 (2017)
Publisher : iLearning Journal Center
Show Abstract
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (804.465 KB)
Sistem absensi saat ini perlu memerlukan pembaharuan sistem yang baru. Karena dengan melakukan hal ini akan berdampak sangat baik bagi perusahaan dilihat dari sisi efisien, efektif, dan cepat. Dalam hal ini perusahaan berlomba membuat sistem absensi yang dapat berjalan pada teknologi saat ini seperti smartphone android. Hal tersebut membutuhkan sebuah design rancangan sebelum sistem ini dibuat sehingga dapat mengetahui permasalahan dan solusi pada sistem yang akan dibuat. Design sistem absensi online digunakan untuk mempercepat absen hanya melalui smartphone android yang dimiliki oleh masing-masing karyawan. Hal ini membutuhkan jaringan lokal yang berjarak hanya didalam lingkungan perusahaan sehingga karyawan tidak dapat absen diluar perusahaan. Guna membuat sebuah laporan dengan metode sistem diatas, memerlukan metode pengumpulan data sistem yang berjalan, wawancara, observasi, analisa sistem yang diusulkan, dan metode prototipe dan testing sebagai pembentukan sistem usulan yang memadai sebagai alternative solusi terbaik dari permasalahan yang ada.
Kata Kunci :Sistem, Absensi, Design, Jaringan
The current system requires absences need renewal of the new system. Because by doing this will have an impact is very good for the company as seen from the side of efficient, effective, and fast. In this case the company raced to make attendance system that can run on current technologies such as android smartphone. It requires a design draft before this system was created so as to know the problems and solutions on the system to be created. Online attendance system design used to speed up the timesheet only through android smartphone which is owned by each employee. This requires a local network which is just in a corporate environment so that employees can not be absent outside of the company. To create a report with the method above, the system requires a method of data collection system that runs, interviews, observation, analysis of the proposed system, and the method of prototype and testing as the establishment of an adequate proposal system as alternative best solution of existing problems.
Key Word : System, Absence, Design, Network
PENERAPAN GO+ BERBASIS WEB UNTUK MENINGKATKAN MUTU PELAYANAN LEMBAGA KEUANGAN MAHASISIWA
Tiara, Khanna, Nurhaeni, Tuti, Faradisa, Yeti
Technomedia Journal Vol 1 No 2 (2017)
Publisher : iLearning Journal Center
Show Abstract
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (922.57 KB)
Informasi yang cepat dan akurat sangat diperlukan dalam zaman yang pesat ini. Guna menunjang keperluan masyarakat yang selalu membutuhkan informasi yang cepat dan akurat. Informasi dalam lembaga pendidikan pun sama pentingnya untuk memberikan fasilitas yang memadai. Salah satu informasi yang dibutuhkan dalam pendidikan adalah informasi tagihan rincian biaya perkuliahan. Dalam penelitian sebelumnya informasi rincian biaya kuliah hanya bisa dilihat di lokal dan hanya bisa menggunakan Box Sis. Untuk meningkatkan kebutuhan mahasiswa maka di buatlah sistem yang menampilkan informasi rincian biaya kuliah yang bisa di akses di mana pun dan kapanpun. Penelitian ini menggunakan metode mind mapping dan analisa SWOT. Green Orchestra Plus (GO+) adalah sistem informasi tagihan pembayaran perkuliahan yang bisa diakses secara online melalui gadget masing-masing. Dengan GO+ setiap mahasiswa mudah mengetahui informasi tagihan yang harus dibayarkan dan jika tidak ada tagihan sistem tersebut pun akan menampilkan bahwa mahasiswa tersebut tidak ada tagihan atau sudah lunas. Adanya GO+ yang mudah diakses online maka kemudahan dan mutu pelayanan mahasiswa bisa terwujud. Pada saat mahasiswa ingin mengetahui tagihan yang harus dibayarkan, mahasiswa tidak perlu mengantri di box sis atau bertanya langsung pada kasir. Sehingga mahasiswa tidak perlu mengantri di Box Sis dan mahasiswa tidak perlu pergi ke kampus jika sedang tidak berada di kampus. Penyediaan sistem GO+ diharapkan mampu memberikan kemudahan bagi setiap mahasiswa Perguruan Tinggi Raharja dalam mencari informasi tagihan pembayaran perkuliahan.
Kata kunci : Tagihan Pembayaran, Green Orchestra Plus, online
Fast and accurate information is needed in an age of rapid. To support the needs of the community which is always in need of quick and accurate information. Information in any institution are equally important to provide adequate facilities. One of the information needed in education is the billing information details on fees and associated costs. In previous research information tuition details can only be seen on the premises and can only use Box Sis. The student then needs to improve on the make system that displays information details tuition can be accessed wherever and whenever. This research method using mind mapping and SWOT analysis. Green Orchestra Plus (GO +) is a system of payment and associated billing information which can be accessed online through gadget respectively. With GO + every student easily know the information the invoice which must be paid and if no Bill of any of the system will show the students that there are no bills or have already paid off. The existence of GO + then the ease and quality of student services can be realized. At a time when students want to find out the Bills to be paid, students do not need to queue up at the box sis or ask directly at the cashier. So that students do not need to queue up at the Box and the students dont have to go to campus if youre not on campus. Provision of the system GO + are expected to provide ease for every College student Raharja in search of information bill payments and associated costs.
Keywords: bill payments, Green Orchestra Plus, online