Technomedia Journal
Articles by issue : Vol 1 No 1 (2016)
10
Articles
‚Äč
Fitur Form Emailer Dalam Memaksimalkan Penggunaan Rinfo Form Pada Perguruan Tinggi

Handayani, Indri, Aini, Qurotul, Alfiansah, Reza

Technomedia Journal Vol 1 No 1 (2016)
Publisher : iLearning Journal Center

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (918.037 KB)

Abstract

Guna mempercepat pengisian ISAP dan Pemeriksaan ISAP, Perguruan Tinggi Raharja membutuhkan fitur yang dapat memonitoring perkuliahan, kehadiran dosen, dan kelengkapan silabus mata kuliah. Berdasarkan hasil penelitian pada ISAP iLearning Plus di Perguruan Tinggi Raharja belum ada sistem khusus yang berbasis online untuk memonitoring kehadiran dosen, maupun kesesuaian materi perkuliahan yang diberikan dengan Isian Satuan Acara Perkuliahan (ISAP) yang sudah di rencanakan. Dalam pengisian ISAP dosen masih datang ke koordinator iLearning Plus dan masih harus mengisi ISAP secara manual. Hal ini mengakibatkan proses pengisian ISAP dan memonitoring kehadiran menjadi tidak berjalan optimal. Oleh karena itu, rinfo form membantu memaksimalkan pengisian ISAP khususnya dosen iLearning Plus. Kata Kunci: isian satuan acara perkuliahan (ISAP), Rinfo form, monitoring In order to speed up charging and Inspection ISAP, Higher Education Prog requires features that can monitor the course , the presence of lecturers , and the completeness of the course syllabus. Based on the results of research on ISAP iLearning Plus in Higher Education Prog no special system for monitoring the presence of an online-based lecturer , as well as the suitability of the lecture material given by the Field Unit Class Events (ISAP), which has been planned. In charging ISAP lecturers still coming to Plus coordinator iLearning and still had to manually fill ISAP. This resulted in the charging process ISAP and monitoring presence into not running optimally. Therefore , rinfo form helps maximize charging ISAP especially lecturers iLearning Plus . Keywords: stuffing unit lecture event ( ISAP ) , Rinfo forms , monitoring  

IMPLEMENTASI FGR (FIRST GENERATION RESOURCES) DENGAN MENGGUNAKAN MAILCHIMP SEBAGAI SARANA INFORMASI DI PERGURUAN TINGGI

Aini, Qurotul, Handayani, Indri, Huda, Nuril

Technomedia Journal Vol 1 No 1 (2016)
Publisher : iLearning Journal Center

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (794.876 KB)

Abstract

Proses tool digital marketing itu sangat penting dalam penyebaran informasi yang sangat berkualitas dan menarik. Di beberapa Perguruan Tinggi sudah menerapkan tool digital marketing. namun proses yang sebelumnya yang berjalan masih dalam ruang lingkup yang kecil. sedangkan yang membutuhkan tool digital marketing ini sangat banyak untuk menyebarkan informasi. dalam penelitian ini terdapat 3 masalah perihal konsep tool digital marketing. jalan keluar masalah ini adalah yaitu dengan menerapkan MailChimp. tool digital marketing ini diharapkan bisa sangat berguna bagi para dosen ataupun mahasiswa/i dalam penyebaran informasi secara modern. Sangat diharapkan penyebaran informasi FGR (First Generation Resources) dengan menggunkan tool digital marketing yaitu MailChimp dapat berguna di Perguruan Tinggi. Kata kunci: plagiarisme, FGR, MailChimp   The process of digital marketing tool that is very important in the dissemination of information that is very high quality and attractive. In some universities are already implementing digital marketing tool. but the process before running still in small scope. while requiring digital marketing tool is very much to spread information. in this study there are three problems concerning the concept of digital marketing tool. way out of this problem is by implementing MailChimp. This digital marketing tool is expected to be very useful for professors or students in modern information dissemination. It is desirable dissemination of information FGR (First Generation Resources) by using digital marketing tool that can be useful in MailChimp College. Keywords: plagiarism, FGR, MailChimp  

Media Audio Visual Menggunakan Videoscribe Sebagai Penyajian Informasi Pembelajaran Pada Kelas Sistem Operasi

Yusup, Muhamad, Aini, Qurotul, Pertiwi, Komala Dwi

Technomedia Journal Vol 1 No 1 (2016)
Publisher : iLearning Journal Center

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (834.312 KB)

Abstract

Dalam proses belajar mengajar, diperlukannya konten materi sebagai bahan ajar perkuliahan. Konten materi tersebut tentunya harus jelas dan mudah dipahami supaya mahasiswa dapat mengerti konten materi yang dipelajari itu. Materi yang dijelaskan pun bentuk atau formatnya bisa berupa format slide materi dengan menggunakan power point atau drive serta berupa format media video pembelajaran. Media yang biasa digunakan untuk memperlancar komunikasi proses belajar mengajar disebut dengan media pembelajaran. Namun masih kurang optimalnya dalam proses video pembelajaran tersebut. Dalam melakukan penelitian ini didapatkan 3 permasalahan yang terjadi. Hal yang diterapkan ini merupakan pembuatan video pembelajaran sebagai penyajian informasi serta merupakan inovasi pembelajaran kelas sistem operasi pada program iLearning plus. Serta dibuatnya gaya kerangka pemikiran dalam penelitian yang digunakan untuk model penelitian korelasi. Untuk hal ini dilakukan 10 literature review perihal media audio visual menggunakan videoscribe di setiap universitas, sekolah atau pendidikan lainnya. Diimplementasikan video pembelajaran pada kelas sistem operasi program iLearning Plus. Setelah adanya video pembelajaran berupa media audio visual sebagai penyajian informasi pembelajaran serta mempermudah mahasiswa untuk memahami dan mendalami materi yang telah disampaikan. Kata kunci: Videoscribe, Media Audio Visual, Video Pembelajaran In the process of teaching and learning, the need for creative content as lectures teaching materials. The creative content must be clear and easy to understand so that students can understand the content of  the  materials studied. The material described any form or format can be in the form of a slide format material using a power point or drive as well as the form of instructional video media formats. Media used to facilitate communication with the teaching and learning process called learning media. But  still  less  than  optimal  in  the  process  of  learning  videos.  In  conducting  this  study,  the  three problems that occur. It is applied is an instructional video creation as the presentation of information and increase the effectiveness of classroom learning operating system on program iLearning plus. As well as the style made in the research framework  used to model the correlation study. For this was done 10 literature review concerning the audio-visual media using videoscribe in every university, school  or  othereducation.  Implemented  instructional  video  in  class  operating  system  program iLearning Plus. After the video lessons in the form of audio-visual media is expected to increase the effectiveness of learning and easier for students to understand and explore the material that was submitted. Keywords: Videoscribe, Media Audio Visual, Video Learning

Optimalisasi Penerapan ROOSTER Berbasis OsTicket Untuk Meningkatkan Mutu Pelayanan

Rahardja, Untung, Tiara, Khanna, Utami, Ria

Technomedia Journal Vol 1 No 1 (2016)
Publisher : iLearning Journal Center

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (880.098 KB)

Abstract

Dalam sebuah Perguruan Tinggi, penyediaan suatu pelayanan informasi sangatlah penting apalagi jika didukung dengan kecanggihan teknologi yang kian berkembang sangat pesat. Perguruan Tinggi Raharja merupakan salah satu kampus yang bergerak dibidang IT yang memiliki sebuah sarana atau media dalam hal pelayanan informasi kepada seluruh Pribadi Raharja yang merupakan bagian dan masih berkesinambungan didalam sebuah pelayanan lainnya yaitu iDuHelp!. Pelayanan informasi tersebut dinamakan ROOSTER (Role Online System Ticketing Raharja) yang fungsinya yaitu memberikan sebuah pelayanan berupa penyampaian informasi didalam sebuah tiket online yang dibuat oleh operator iDuHelp! dan tiket tersebut diberikan kepada customer iDuHelp! untuk mendapatkan pelayanan terusan yang akan ditindaklanjuti kepada pihak yang terkait yang disebut PIC atau admin dari masing-masing TPi dan FiR yang ada pada Perguruan Tinggi Raharja. ROOSTER merupakan sistem yang sudah berjalan cukup lama dari generasi ke generasi dan terus melakukan pengembangan serta perbaikan agar sistem tersebut dapat digunakan lebih optimal lagi, tujuan ROOSTER itu sendiri yaitu agar seseorang atau customer mendapatkan informasi yang akurat dari pihak yang terpercaya serta tersampaikan dengan tepat waktu. Terdapat beberapa kendala dalam sistem ROOSTER yang berjalan saat ini, seperti tiket overdue yang tidak pernah tampil lagi, ketidakakuratan sebuah data yang membuat tiket dengan full name yang tampil membuat pengguna ROOSTER tidak nyaman dan keliru dan informasi kerap kali terlambat diterima oleh customer, sehingga dibutuhkannya suatu perbaikan agar performa ROOSTER dapat berjalan lebih baik lagi dan nyaman digunakan. Kata kunci: ROOSTER, Pelayanan Informasi, iDuHelp! In a university, providing an information service is important especially if backed up with increasingly sophisticated technology is developing very rapidly. Prog College is one of the campus engaged in IT who have a medium or media in terms of information services to the whole person Prog that is part and still continuous in a more services are iDuHelp !. The information ministry called ROOSTER (Role Online Ticketing System Prog) whose function is to give a service in the form of information delivery in an online ticket made by the operator iDuHelp! and the ticket is given to the customer iDuHelp! to obtain the services of the canal will be followed to the relevant parties called PIC or administrator of each TPI and FIR contained in Higher Education Prog. ROOSTER is a system that has been running for a long time from generation to generation and continue to develop as well as improvements to the system can be used more optimally, the purpose ROOSTER itself, namely that persons or customers get accurate information from reputable parties and delivered in a timely manner. There are some constraints in the system ROOSTER currently running, such as ticket overdue that never appear again, inaccuracy of a data to create a ticket with a full name that appears to make the user ROOSTER uncomfortable and wrong and the information is often too late accepted. Keywords: ROOSTER, Information Services, iDuHelp!  

Penerapan RinfoSheet Sebagai Media Penunjang Pembuatan Laporan Untuk Mahasiswa

Tiara, khanna, Rasdiana, Erlita, Somantri, Nursam

Technomedia Journal Vol 1 No 1 (2016)
Publisher : iLearning Journal Center

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (826.503 KB)

Abstract

Pada Perguruan Tinggi Sistem Pembelajaran masih dibilang sangat konservatif. Hal seperti ini dapat di lihat dengan cara pembelajaran yang mahasiswa jalani saat ini ketika mereka membuat sebuah laporan, dan mahasiswa masih memberikan sebuah laporan yang berupa printout kepada Dosen. kemudian Dosen melakukan pengecekan pada lembar laporan yang sudah di printout. Bila ada kesalahan didalam pembuatan laporan maka mahasiswa harus memperbaikinya dan harus printout ulang dan diserahkan kembali kepada dosen yang berhubungan untuk  di koreksi ulang. Hal seperti ini  sangat  tidak   efektif  dikarenakan  harus  mengeluarkan  kertas  yang  sangat  banyak   dan mengakibatkan printout yang secara berulang sebelum dan sudah diperbaiki. Proses pembuatan laporan tersebut seperti halnya yang sedang berjalan di Perguruan Tinggi Raharja. untuk  dapat memudahkan mahasiswa ataupun Dosen adalah dapat menggunakan RinfoSheets sebagai sarana untuk   membantu  proses  pembuatan laporan. RinfoSheet adalah salah satu fasilitas yang ada di RinfoDrive dan sudah ada atau disediakan didalam Email Rinfo. Fasilitas yg disediakan oleh gmail digunakan sebagai identitas Perguruan Tinggi Raharja dengan akun @raharja.info yang disebut dengan Rinfo dan fasilitas yang Gmail sediakan yaitu GoogleDrive dinamakan Rinfo drive k arena diterapkan di Perguruan Tinggi Raharja sebagai identitasnya yang selanjutnya akan identik  dengan nama Rinfo. Dengan adanya RinfoSheets proses pembuatan laporan dalam proses pembelajaran sangat mudah bisa dilakukan secara online atau terkoneksi jaringan dan bisa digunakan dimanapun  dan  kapanpun  selama  masih  terkoneksi  dengan  jaringan.  Dengan  menggunakan  RinfoSheets diharapkan bisa memudahkan mahasiswa dalam proses pembuatan laporan dan laporan grafik  dalam proses pembelajaran Pada Perguruan Tinggi. Kata kunci : RinfoSheet, Laporan, Pembelajaran On Perguruan Tinggi Raharja Learning System is still arguably very conservative. Things like this can  be  seen by way of learning that students re-enact the moment when they make a report, and students  still  give  a  report  in  the  form  of  a  printout  to  the  Lecturer.  then  the Professor do some checking on the report sheet printouts. If there is a mistake in the making of the report then students must fix it and should be repeated and handed printouts back to the lecturer who relate to corrections. Something  lik e  this  is  not  very  effective  because  of  having  to  issue  a paper  very  much  and the resulting printout that repeatedly before and been repaired. The process of mak ing such reports as well as progress in College Raharja. to be able to facilitate students or Professors are able to use RinfoSheets as a means to help the process of creating a report. RinfoSheet is one of the facilities in RinfoDrive and already exists or is provided in the Email Rinfo. Yg facilities provided by gmail is u sed as the identity of the College Raharja with @raharja. account info is called with Rinfo and Gmail provide that is GoogleDrive named Rinfodrive because it applied in College Raharja as credentials that will be identical to the name Rinfo. With the RinfoSheets report creation process in the learning process  so  easy  can be done online or connected to the network  and can be used wherever and whenever as long as it is still connected to the network. Using RinfoSheets is expected to be able to facilitate students in the process of creating reports and charts in the report learning In Perguruan Tinggi Raharja. Keywords : RinfoSheet, Reports, Learning  

OPTIMALISASI VIEWBOARD RHJFOX BERBASIS BOOTSTRAP SEBAGAI SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN

Rahardja, Untung, Tiara, Khanna, Erviani, Maya Ima

Technomedia Journal Vol 1 No 1 (2016)
Publisher : iLearning Journal Center

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1046.329 KB)

Abstract

Seiring dengan pesatnya perkembangan di dunia telekomunikasi yang ditandai dengan era digital, khususnya di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi. Raharja Fox atau biasa juga disebut dengan RhjFox, merupakan sebuah forum online resmi yang dibuat untuk Perguruan Tinggi Raharja sebagai tempat untuk berdiskusi dan bertukar pikiran dalam hal hobi, pendapat, atau aktifitas lainnya. RhjFox juga bertujuan untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan Pribadi Raharja, untuk mengembangkan kreatifitas pada Pribadi Raharja, untuk menyediakan informasi mengenai Perguruan Tinggi Raharja, serta untuk menjadi tempat diskusi dan bertukar pendapat atau pikiran. Keistimewaan RhjFox adalah dapat menyajikan informasi yang berhubungan dengan Perguruan Tinggi Raharja maupun informasi dari pengetahuan luar Perguruan Tinggi Raharja. viewboard RhjFox adalah sebuah Tampilan yang menggambarkan aktifitas didalam RhjFox yang datanya bersumber dari database RhjFox untuk para member RhjFox seperti Pribadi Raharja, Staff, dan Dosen. Dengan adanya viewboard RhjFox dapat bertujuan untuk menginformasikan mengenai data-data yang ada di database RhjFox sehingga menjadi sebuah penunjang keputusan yang nantinya akan menampilkan informasi akurat dan terkini yang berkaitan dengan perihal RhjFox. Database merupakan persyaratan dalam membuat sebuah Sistem Penunjang Keputusan berbasis komputer. Sistem penunjang keputusan ini membantu dan memberikan alternatif untuk pihak manajerial, dan kepada khalayak ramai umumnya. Hal ini berguna untuk memudahkan pengambil keputusan yang terkait dengan masalah mengolah data yang terdapat pada RhjFox menjadi sebuah viewboard. Kata kunci : RhjFox, Viewboard, Penunjang Keputusan Along with the rapid development of telecommunications in the world characterized by the digital age, particularly in the field of information and communication technology. Raharja Fox or also known as RhjFox, is an official online forum created for Raharja College as a place to discuss and exchange  ideas  in  terms  of  hobbies,  opinions,  or  other  activities.  RhjFox  also  aims  to  enhance personal  knowledge  and  insight Raharja,  to  develop  creativity  in  Personal  Raharja,  to  provide information about College Raharja, as well as to be a place of discussion and exchange opinions or thoughts. RhjFox privilege is able to present information related to College Raharja nor information from knowledge outside College Raharja. viewboard RhjFox is a Display which describes activities in RhjFox whose data is sourced from the database RhjFox to the member RhjFox as Personal Raharja, Staff, and professors. With the viewboard RhjFox can aim to inform about the existing data in the database  of  RhjFox  so  that  it  becomes  an  ancillary  decision  that  later  will  display  current and accurate  information  relating  to  the  subject RhjFox. The database is a requirement in mak ing a computer-based Decision Support Systems. This decision support system to assist and provide an alternative to the managerial, and party to the general audience. It is useful to mak e it easier for decision makers associated with processing the data contained on a RhjFox into a viewboard. Keywords: RhjFox, Viewboard, Decision Support  

Penerapan Viewboard GO+ Berbasis Yii Sebagai Media Monitoring Pembayaran Mahasiswa

Tiara, Khanna, Nurhaeni, Tuti, amalia, Ika

Technomedia Journal Vol 1 No 1 (2016)
Publisher : iLearning Journal Center

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (938.135 KB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi yang semakin cepat dan selalu berubah-ubah dari tahun-ketahun membuat inovasi dalam membuat suatu karya yang kreatif, seperti halnya Perguruan Tinggi Raharja sangat membutuhkan sistem informasi yang relevan, akurat, cepat, dan efisien untuk menunjang keberlangsungan aktivitas akademik kedepannya. Green Orchestra Plus atau biasa juga disebut dengan GO+, merupakan sebuah sistem pelayanan informasi pembayaran mahasiswa secara online yang dibuat untuk Perguruan Tinggi Raharja sebagai sistem yang memberikan informasi pembayaran berupa RBK,RBR, dan cara pembayaran dengan menggunakan Virtual Account. GO+ memiliki tujuan yaitu membantu mahasiswa mendapatkan informasi pembayaran secara mudah dan cepat.  Adapun tujuan viewboard GO+ adalah sebagai tempat dan wadah informasi dari data-data yang ada di database GO+ sehingga nantinya akan menampilkan informasi akurat dan terkini yang berkaitan dengan pembayaran mahasiswa. Dengan adanya tujuan viewboard ini juga dapat memudahkan staff memonitoring data mahasiswa. Database merupakan persyaratan dalam memonitoring sebuah data berbasis komputer. Sistem pemonitoring ini membantu dan memberikan alternatif untuk pihak staff keuangan dan untuk seluruh Pribadi Raharja. Hal ini berguna untuk memudahkan staff memonitoring semua yang berkaitan dengan masalah mengolah data yang terdapat pada GO+ menjadi sebuah viewboard. Viewboard ini berbasis Web karena viewboard yang diterapkan untuk menampilkannya menggunakan Website, dan caranya pembuatannya menggunakan tools Yii Framework. Kata kunci: GO+, Viewboard, Monitoring The development of information technology is getting faster and ever-changing from year to year making innovation in creating a work that is creative, as does College Raharja desperately need information systems that are relevant, accurate, fast, andefficient in order to support the sustainability of the academic activities in the future. Green Orchestra Plus or also called as GO +, is a system of information service of student online payments are made to higher education as a system that gives Raharja payment information in the form of RBK, RBR, and payment method using Virtual accounts. GO + has a purpose and that is helping students get payment information easily and quickly. As for the purpose of viewboard is to GO places and container information from data that is in the databases GO + so that later will display current and accurate information relating to the payment of the student. With the purpose of viewboard it can also make it easier for staff to monitor students data. The database is a requirement in the monitor of a computer-based data. This pemonitoring help system and provide an alternative to the managerial, and party to the general audience. It is useful to mak e it easier for staff to monitor all issues relating to theprocessing of data contained on the GO + into a viewboard. This Web-based Viewboard because viewboard are applied to display it using the Website, and the way of its creation using tools Yii Framework. Keywords: GO +, Viewboard, Monitoring  

Penerapan Mata Uang Armo (AirzonE-Mall Money) Pada Marketplace AirzonE-Mall Sebagai Inovasi Pembelajaran Internet dan E-commerce

Aini, Qurotul, Rahardja, Untung, Nurani, Dita Lintang

Technomedia Journal Vol 1 No 1 (2016)
Publisher : iLearning Journal Center

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (861.923 KB)

Abstract

Penelitian  yang  bersubjek  pada  inovasi  pembelajaran  internet  dan  e-commerce  dengan sebuah sistem marketplace online AirzonE-Mall yang dibangun menggunakan CMS (Content Managemen System). Dalam penelitian ini penulis mendapati 3 (tiga) masalah yang dihadapi pada   proses   pembelajaran.   Sehingga   didapati   pemecahan   masalah   melalui   inovasi pembelajaran  yang  muncul dari aktifitas di AirzonE-Mall yaitu mata uang khusus bagi user yang disebut dengan Armo (AirzonE-Mall Money). Armo merupakan mata uang virtual yang didapatkan dari aktifitas user pada komunitas online ZPreneur yang menaungi AirzonE-Mall sebagai  media  pembelajaran  e-commerce.  Proses  pembelajaran  yang  sebelumnya  berjalan dengan  3  (tiga)  alur  monoton  dapat  dibuat  menjadi  alur  yang  menarik. Dilakukan  11 (sebelas)  literature  review  sebagai  acuan  penulis  dalam  mengembangkan  sistem  AirzonE-Mall. Selanjutnya diterapkan 15 (lima belas) strategi untuk menunjang pengembangan sistem AirzonE-Mall.  Implementasi  yang  dilakukan  penulis  yaitu  melalui aktifitas  yang  dilakukan mahasiswa   pada   ZPreneur   yang   diatur   sedemikian   rupa   dengan   menerapkan   sistem gamifikasi.   Diharapkan   dengan   inovasi   pembelajaran   ini menjadi   hal   menarik   bagi mahasiswa dalam proses pembelajaran internet dan e-commerce. Kata kunci: AirzonE-Mall,  Armo, Inovasi Pembelajaran Be   subject   research   on  learning  innovation  internet  and  e-commerce  with  an  online marketplace  system  AirzonE-Mall  which  was  built  using  a  CMS  (Content  Management System).  In  this  study  the  authors  found  three  (3)  problems  encountered  in  the  learning process.  Thus found solving through learning innovations arising from activities in AirzonE-Mall  is  a  special  currency  for  the user who called the ARMO (AirzonE-Mall Money). ARMO is  the  virtual  currency  earned  from  user  activity  onan  online  community  ZPreneur  that houses  AirzonE-Mall  as  a  learning  medium  of  e-commerce. The learning process previously run  with  3  (three)  monotonous  groove  can  be  made into an attractive flow. Do 11 (eleven) literature   review   as   a   reference   the   author in   developing   the   system  AirzonE-Mall. Furthermore  applied  15  (fifteen)  strategy  to  support  the  development  of  systems  AirzonE-Mall.  Implementation  by  the  author  is  through  activities  done  by  the  students on ZPreneur arranged in such a way by applying gamification system. Learning innovation is expected to be a matter of interest to the student in the learning process of the Internet and e-commerce. Keywords: AirzonE-Mall,  Armo, Learning Innovation.  

PEMANFAATAN RINFO FORM SEBAGAI MEDIA PEMBUATAN KUESIONER DALAM PROSES PENGUMPULAN DATA PADA PERGURUAN TINGGI

Rasdiana, Erlita, Muhamad, Fadil Nur, Kurniaji, Ridwan

Technomedia Journal Vol 1 No 1 (2016)
Publisher : iLearning Journal Center

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (977.641 KB)

Abstract

Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner jika dilakukan dengan cara yang konvensional akan  memerlukan  banyak   kertas  dan  memerlukan  biaya  lebih untuk  memperoleh data. Saat ini mayoritas pengguna gadget pasti memiliki email, dikarenakan email adalah salah satu media yang paling aman dan sangat mudah untuk saling bertukar file data maupun hal yang lain, dan semestinya pula k ita harus memaksimalkan penggunaan fasilitas yang sudah ada tersebut yak ni salah satunya adalah GOOGLE DOC. Google doc. adalah salah satu fasilitas dari gmail.com. Kali ini penulis akan memperkenalkan salah satu fasilitas dari google doc tersebut yaitu Google Form, google form ini memilik i banyak fungsi di antaranya untuk membuat formulir pendaftaran, kemudian untuk  membuat daftar ceklis, membuat daftar daftar lain yang caranya dengan meminta seseorang untuk  mengisi daftar pertanyaan yang telah di buat sesusai keperluan. Form yang telah dibuat nantinya ak an di share, sehingga akan ada beberapa orang yang bersangkutan setuju dan dapat mengisi beberapa pertanyaan yang kita buat pada google form tersebut, selain dengan cara di share formulir ini juga dapat langsung dikirimkan via email, ketika sudah ada orang yang mengisi form yang telah dibuat mak a  data  harus  tersebut  dikirim  kembali  sehingga  akan  menghasilkan  data  jawaban  dari  pertanyaan yang telah yang diajukan, sehingga dapat digunakan sebagai acuan untuk kegiatan yang diselenggarakan.  formulir  lewat  internet  ini  adalah  aspek   yang  sangat  membantu  sekali untuk  mempermudah  pengumpulan  data.  Google  Form  telah  di  gunakan  oleh  Tim  OJRS+  dalam pengumpulan  data  tingkat  kepuasan  mahasiswa  dalam  penggunaan  sistem  informasi  OJRS+ Diharapkan penggunaan Google Form ini dapat memudahkan dalam pengumpulan data terutama dari segi keakuratan data serta mengurangi penggunaan kertas pada perguruan tinggi. Kata kunci : Google form, kuesioner, perguruan tinggi Collecting data using questionnaires if done in a conventional manner will require a lot of paper and cost more to acquire the data. Currently the majority of users of the gadget definitely has email, in karnakan email is one of the medias most secure and very easy to exchange data files or anything else,  and  should  also  we  have  to  maximize  the  use  of  existing  facilities  such that one of them is GOOGLE DOC , Google doc. is one of the perks of gmail.com. This time the author will introduce a facility of google doc that is Google Form, google this form has many functions in between to mak e the registration form, and then to make a list of the check list, mak e a list of other lists that way by asking someone to fill out a questionnaire which has been made sesusai purposes. Forms that have been made will be shared, so there will be some people concerned agree and can fill some of the questions that we create on google the form, other than by way shared this form can also be sent directly via email, when already there are people who fill form that has been made then the data must be sent back so that it will generate data answers to questions that have been raised, so that it can be used as a reference for the activities organized. form over the internet this is an aspect that is very helpful to facilitate the collection of data. Google Form has been in use by Team OJRS + in the data collection level of student satisfaction in the use of information systems OJRS + It is hoped that the use of this Google Form can facilitate the collection of data, especially in terms of data accuracy and reduce the use of paper incollege. Keywords: Google form, questionnaire, college  

Pemanfaatan Google Scholar Dan Citation Dalam Memenuhi Kebutuhan Pembuatan Skripsi Mahasiswa Pada Perguruan Tinggi

Rahardja, Untung, Tiara, Khanna, Rosalinda, Iis Ariska

Technomedia Journal Vol 1 No 1 (2016)
Publisher : iLearning Journal Center

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (792.005 KB)

Abstract

Pada perkembangan teknologi saat ini, menulis dokumen secara digital sudah banyak dilakukan oleh para mahasiswa. Namun, mencari sumber referensi yang sah dan mengetahui apakah tulisan tersebut mengandung unsur plagiarism atau tidak masih mengalami banyak  kendala. Selama ini terkadang para mahasiswa masih banyak yang mencari referensi dari sumber yang belum terpercaya, padahal hal tersebut dapat menjadi hal yang sangat fatal untuk penulisan laporan Tugas Akhir (TA) dan Skripsi. Oleh karena itu Google mensupport dengan adanya sistem google scholar sebagai sumber informasi dan referensi yang sah. Selain google scholar, Google pun mensupport dengan pembuatan Citation (Daftar Pustaka),yang k ita ketahui selama ini membuat daftar pustaka dilakukan dengan cara  manual. Karena  perkembangan  jaman  Google  kembali mensupport  pembuatan  data menggunakan citation dengan terkomputerisasi oleh sistem. Pada penelitian ini menggunakan metode mind  mapping dan analisa SWOT. Diharapkan dengan adanya penelitian ini mahasiswa mampu membuat laporan Tugas Akhir (TA) dan Skripsi menemukan referensi yang lebih luas dan dapat memudahkan para penguji sidang menemukan plagiarism pada laporan Tugas Akhir dan Skripsi  yang dibuat oleh mahasiswa. Kata kunci : Skripsi, Google Scholar, Citation On development of current technologies, writing documents digitally has been done by the students. However, finding a legitimate reference source and find out whether the text contains elements of palgiarism or not still encountered many constraints. During this time the students sometimes still mecari references  from  sources  that  have not been reliable, but it can be very fatal for the final project  report  writing  (TA)  and  Thesis.  Therefore  Google  support  by  having  the  system  google scholar as a source of information and reference. In addition to google scholar, Google any support with the creation of Citation (bibliography), which we know as long as it mak es the references done by manual. Because of the changing times Google returns support creation of data using the citation with a computerized system. On the research method using mind mapping and SWOT analysis. It is hoped this research with the students are able to make the final project reports (TA) and Thesis find a broader reference and can facilitate the trial examiners find final project reports on plagiarism and Thesis made by students. Keywords : Thesis, Google Scholar, Citation