cover
Filter by Year
Kinetik: Game Technology, Information System, Computer Network, Computing, Electronics, and Control
Kinetik: Game Technology, Information System, Computer Network, Computing, Electronics, and Control was published by Universitas Muhammadiyah Malang. journal is open access journal in the field of Informatics and Electrical Engineering. This journal is available for researchers who want to improve their knowledge in those particular areas and intended to spread the knowledge as the result of studies. KINETIK journal is a scientific research journal for Informatics and Electrical Engineering. It is open for anyone who desire to develop knowledge based on qualified research in any field. Submitted papers are evaluated by anonymous referees by double-blind peer review for contribution, originality, relevance, and presentation. The Editor shall inform you of the results of the review as soon as possible, hopefully within 4 - 8 weeks. The research article submitted to this online journal will be peer-reviewed at least 2 (two) reviewers. The accepted research articles will be available online following the journal peer-reviewing process.
Articles by issue : Vol 2, No 1, February-2017
8
Articles
Pemetaan Subdomain Pada Cloud Server Universitas Semarang Menggunakan Metode Port Forwarding dan Reverse Proxy

Suprayogi, Mohammad Sani, Pungkasanti, Prind Triajeng

Kinetik: Game Technology, Information System, Computer Network, Computing, Electronics, and Control Vol 2, No 1, February-2017
Publisher : Universitas Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (406.098 KB)

Abstract

Manajemen Jaringan adalah bagian dari ilmu komputer yang berkaitan dengan pengaturan sumberdaya, optimasi, dan keamanan jaringan komputer. Port forwarding dan reverse proxy merupakan salah satu cara untuk pemetaan alamat dalam jaringan komputer. Penelitian mengenai cloud computing telah mulai banyak dilakukan, namun pembahasan mengenai manajemen jaringan masih sering menggunakan metode bridge, yang membutuhkan banyak ip public. Universitas Semarang telah mengimplementasikan cloud computing namun memiliki keterbatasan ip public, sehingga membatasi jumlah server dalam jaringan cloud Universitas Semarang. Hampir sebagian besar universitas dan institusi lain memiliki masalah yang sama (keterbatasan jumlah ip public), maka penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu konfigurasi pada server cloud dengan tujuan untuk mengoptimalkan ip private dalam jaringan, kemudian memetakan subdomain dan ip private pada setiap server supaya dapat diakses oleh pengunjung. Hasilnya Universitas Semarang hanya membutuhkan satu ip public yang berfungsi sebagai gateway terhadap server-server yang berjalan di jaringan cloud. Selain itu teknik ini dapat menjadi pengayaan dalam mata kuliah Jaringan Komputer. 

Editorial Information Vol 2 No 1

Waskito, Adhitya Dio

Kinetik: Game Technology, Information System, Computer Network, Computing, Electronics, and Control Vol 2, No 1, February-2017
Publisher : Universitas Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1433.299 KB)

Abstract

Perancangan Generator 100 Watt Menggunakan Software Magnetik Infolityca

Anam, Choirul, Nurhadi, Nurhadi, Irfan, M

Kinetik: Game Technology, Information System, Computer Network, Computing, Electronics, and Control Vol 2, No 1, February-2017
Publisher : Universitas Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (670.319 KB)

Abstract

Perancangan generator menggunakan softawre merupakan hal yang sangat dibutuhkan sebelum melakukan pembuatan generator karena mampu mensimulasikan diameter, material, ketebalan, jumlah lilitan dan kecepatan putar generator sehingga nantinya ketika melakukan pembuatan generator bisa mencapai tingkat keberhasilan yang tinggi. Para peneliti sebelumnya ketika membuat generator langsung melakukan pembuatan tanpa ada simulasi terlebih dahulu sehingga hasil yang dicapi masih kurang dari target yang diingginkan. Software elektromgantik infolityca merupakan software yang mampu mensimulasi motor dan generator. Software infolityca merupakan software yang berbasis Fenite Element Methode (FEM) atau metode pembagan tak hingga. Adapun generator yang dirancang bertipe radial fluks dengan jumlah 12 slot 8 pole, diameter 13 centimeter, ketebalannya 5 centimeter serta menggunakan 12 lilitan diputar dengan 100 rpm dan frekuensi 66,6667 Hz. Didapatkan hasil dari rancangan generator tanpa beban tegangan outoput sebesar 21,65 volt, arus sebesar 0 ampere dan untuk rancangan generator berbeban didapatkan output tegangan sebesar 23,89, arusnya sebesar 5 Ampere.

Kakas Bantu Perhitungan Nilai Kopling Menggunakan Metrik Cognitive Weighted Coupling Between Object

Pradana, Fajar, Priyambadha, Bayu, Ubaidillah, Muhammad

Kinetik: Game Technology, Information System, Computer Network, Computing, Electronics, and Control Vol 2, No 1, February-2017
Publisher : Universitas Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (572.162 KB)

Abstract

Konsep Object Oriented Programming (OOP) merupakan pemrograman yang dibangun dengan berpusat pada beberapa objek. Dengan konsep OOP dapat dilakukan pengukuran kualitas perangkat lunak dengan melalui kemungkinan hubungan antar beberapa objek atau kopling. Perangkat lunak yang baik adalah perangkat lunak yang memiliki desain yang baik, salah satu ciri-cirinya adalah memiliki nilai kopling yang rendah. Nilai kopling yang tinggi dapat menyebabkan desain perangkat lunak yang semakin kompleks dan buruk, sehingga akan mengakibatkan sulit untuk dipahami, terutama saat maintenance. Untuk meningkatkan kualitas perangkat lunak perlu mengontrol nilai kopling agar dapat meminimalkan kompleksitas perangkat lunak. Namun perhitungan nilai kopling secara manual pada jumlah perangkat lunak yang banyak akan membutuhkan waktu dan sumber daya yang besar. Oleh karena itu dibuatlah kakas bantu perhitungan nilai kopling menggunakan metrik Cognitive Weighted Coupling Between Object (CWCBO). Metrik CWCBO merupakan metrik kopling yang didasarkan pada bobot pemahaman untuk menghitung perbedaan jenis kopling dari berbagai peneliti. Kakas bantu tersebut dibangun dengan bahasa pemrograman utama Java, library Spoon untuk menganalisis source code, dan library JFreeChart untuk menampilkan grafik. Dari hasil pengujian akurasi sistem pada 5 program inputan berbahasa Java didapatkan akurasi sebesar 100%. Pengujian akurasi dilakukan dengan membandingkan perhitungan secara manual dan dengan sistem.

Penggunaan Teknik Keamanan Pada Jaringan Serat Optik Dengan Metode Anti-Jamming Dan Steganografi Menggunakan Modul Optisystem

Rosmiati, Mia, Depari, Ian Pramana, Purba, Arrindra Rizky

Kinetik: Game Technology, Information System, Computer Network, Computing, Electronics, and Control Vol 2, No 1, February-2017
Publisher : Universitas Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (484.526 KB)

Abstract

Serat optic merupakan media transmisi yang dapat menghantarkan informasi dalam bentuk cahaya. digunakannya cahaya sebagai media penghantar informasi membuat media ini dapat menghantarkan informasi dengan kapasitas besar dalam waktu yang sangat singkat. Sehingga saat ini serat optic banyak digunakan dalam Telekomunikasi. jaringan serat optic ini harus disertai dengan teknik keamanan yang andal dalam proses transmisi informasinya, karena jika terjadi  penyerangan  dalam jaringan yang serat optic maka data yang akan diterima oleh receiver akan jauh berbeda dengan data yang dikirim transmitter. Sehingga hal ini sangat fatal jika informasi yang dikirimkan memiliki tingkat kerahasiaan yang sangat tinggi seperti informasi keamanan Negara. Adapun metode yang dapat digunakan dalam pengamanan jaringan serat optic adalah metode Steganography dan metode Anti-jamming. Dari percobaan yang telah dilakukan terlihat bahwa teknik Steganography memiliki tingkat keandalan yang lebih baik jika dibandingkan dengan metode anti-jamming dengan nilai BER untuk metode steganography adalah 1.91219e-077.

Desain Interaksi Pada Gamifikasi Dalam Pemesanan Taksi Online

Supriyanto, Supriyanto, Prihatmanto, Ary Setijadi

Kinetik: Game Technology, Information System, Computer Network, Computing, Electronics, and Control Vol 2, No 1, February-2017
Publisher : Universitas Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (735.173 KB)

Abstract

Aplikasi pemesanan taksi online saat ini menjadi salah satu bagian penting dalam transportasi umum khususnya taksi. Tujuan dari aplikasi ini adalah mempermudah pemesanan taksi yang dilakukan oleh masyarakat. Kemudahan penggunaan transportasi umum diharapkan dapat mengurangi penggunaan kendaraan pribadi. Sehingga akan dapat mengurangi kemacetan lalu lintas di daerah perkotaan. Tetapi mempermudah saja tidak cukup, perlu suatu pendekatan lain agar masyarakat selalu menggunakan aplikasi pemesanan tersebut setiap saat melakukan perjalanan. Salah satu aplikasi hasil penelitian dengan topik Intelligent Transportation System yaitu Semut App memasukkan pendekatan gamifikasi dalam fitur pemesanan taksi online. Desain interaksi yang digunakan dalam gamifikasi pada pemesanan taksi online bertujuan untuk memudahkan pengguna dapat berinteraksi dengan aplikasi dengan baik dalam kehidupan sehari-hari. Artikel ini mendeskripsikan tentang bagaimana bentuk desain interaksi gamifikasi pada pemesanan taksi online yang sesuai dengan kebutuhan dan dapat diterima dengan baik oleh pengguna

Penentuan Kombinasi Jumlah Katalis Dalam Produksi Metanol Menggunakan Metode Fuzzy Dan Evolution Strategies

Santoso, Angga

Kinetik: Game Technology, Information System, Computer Network, Computing, Electronics, and Control Vol 2, No 1, February-2017
Publisher : Universitas Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (543.389 KB)

Abstract

Sebagai salah satu bahan baku utama dalam berbagai industri kimia, cara yang paling umum digunakan dalam memproduksi metanol adalah melalui proses hidrogenasi karbon. Proses ini hanya dapat dilakukan dalam suhu yang sangat tinggi dan untuk mencapai suhu tersebut membutuhkan waktu yang sangat lama. Salah satu cara untuk mengurangi kebutuhan suhu tersebut adalah menggunakan suatu campuran senyawa kimia yang disebut katalis. Komposisi jumlah katalis yang tepat dan suhu yang sesuai merupakan faktor penting yang menentukan banyaknya produksi metanol yang dihasilkan. Mencari angka yang tepat dari semua kemungkinan melalui uji coba di laboratorium membutuhkan banyak waktu. Oleh karena itu, metode Fuzzy digunakan untuk menghitung banyaknya hasil produksi berdasarkan beberapa percobaan di laboratorium dan algoritma evolution strategies digunakan untuk mencari kombinasi jumlah katalis yang tepat. Katalis yang digunakan dalam uji coba adalah CuO-ZnO-ZrO2. Metode Fuzzy yang digunakan memperoleh akurasi sebesar 80.7% dengan membandingkan hasil dari laboratorium. Dari algoritma evolution strategies diperoleh produksi methanol paling besar pada komposisi jumlah katalis 40% Cu, 40% Zn, 20% Zr, dan suhu 230°C. Komposisi tersebut dapat digunakan untuk memproduksi methanol dengan hasil paling banyak tanpa harus mencoba semua kemungkinan komposisi.

Rancang Bangun Sistem Informasi Servis Oli Sepeda Motor Menggunakan Odometer Berbasis LBS

Santana, Renda Arya, Risqiwati, Diah, Sari, Zamah

Kinetik: Game Technology, Information System, Computer Network, Computing, Electronics, and Control Vol 2, No 1, February-2017
Publisher : Universitas Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (565.111 KB)

Abstract

Waktu servis dapat diketahui melalui mengkonversi putaran roda kendaraan menjadi jarak tempuh. Penggunaan sensor magnet Reed Switch untuk menghitung putaran roda sepeda motor, kemudian Mikrokontroller digunakan sebagai pengolah data putaran roda menjadi jarak tempuh. Apabila perhitungan jarak tempuh telah mencapai batas untuk servis oli, maka akan diberikan suatu peringatan berupa suara menggunakan buzzer. Sistem ini juga dilengkapi dengan button reset untuk me-reset perhitungan jarak tempuh dan sd card yang digunakan untuk menyimpan data jarak tempuh. Aplikasi LBS dapat menentukan posisi pengguna maupun bengkel-bengkel resmi Honda yang telah terintegrasi. Dengan kombinasi ini, aplikasi LBS Bengkel akan mencari rute untuk menghubungkan posisi pengguna dengan bengkel motor serta memanfaatkan servis di google yang sudah disertakan layer traffic sehingga pengguna dapat memilih bengkel yang sesuai dengan keinginannya. Dari hasil aplikasi LBS bengkel yang telah dibuat, aplikasi dapat mendaftarkan servis sepeda motor ke bengkel-bengkel yang terintegrasi. Aplikasi tersebut memapu melakukan proses pencarian lokasi bengkel terdekat di sekitar pengguna dan menunjukkan rute dari lokasi pengguna ke bengkel tujuan menggunakan API google map.Kata kunci: Location Based Service (LBS), Mikrokontroler, Bengkel, Reed Switch, Buzzer