cover
Filter by Year
Kinetik: Game Technology, Information System, Computer Network, Computing, Electronics, and Control
Kinetik: Game Technology, Information System, Computer Network, Computing, Electronics, and Control was published by Universitas Muhammadiyah Malang. journal is open access journal in the field of Informatics and Electrical Engineering. This journal is available for researchers who want to improve their knowledge in those particular areas and intended to spread the knowledge as the result of studies. KINETIK journal is a scientific research journal for Informatics and Electrical Engineering. It is open for anyone who desire to develop knowledge based on qualified research in any field. Submitted papers are evaluated by anonymous referees by double-blind peer review for contribution, originality, relevance, and presentation. The Editor shall inform you of the results of the review as soon as possible, hopefully within 4 - 8 weeks. The research article submitted to this online journal will be peer-reviewed at least 2 (two) reviewers. The accepted research articles will be available online following the journal peer-reviewing process.
Articles by issue : Vol 1, No 2, August-2016
6
Articles
‚Äč
Rancang Bangun Sistem Monitoring Listrik Prabayar Dengan Menggunakan Arduino Uno

Risqiwati, Diah, Rizal, Ahmad Ghozali, Sari, Zama

Kinetik: Game Technology, Information System, Computer Network, Computing, Electronics, and Control Vol 1, No 2, August-2016
Publisher : Universitas Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (757.807 KB)

Abstract

AbstrakKebutuhan akan listrik akan terus meningkat dari tahun ke tahun, hal ini dikarenakan pembuatan produk yang menggunakan listrik sebagai energi nya juga gencar dikeluarkan oleh produsen sehingga kebutuhan akan listrik sudah menjadi kebutuhan yang sangat vital untuk masing-masing individu. Saat ini di negara kita telah dikembangkan listrik prabayar disamping listrik pasca bayar yang telah berjalan, fungsi dari listrik prabayar ini adalah untuk dapat mengontrol penggunaan dari listrik itu sendiri. Namun, penggunaan listrik prabayar tidak sepenuhnya digunakan secara optimal oleh pelanggan, dikarenakan pelanggan tidak mengetahui beban dari alat listrik yang digunakan sehingga tidak dapat melakukan kontrol dari pulsa listrik yang dibeli. Dari permasalahan itu peneliti mengusulkan untuk membuat suatu alat kontrol dengan menggunakan arduino uno sehingga pemilik dapat mengontrol penggunaan listriknya secara real time. Board Arduino berfungsi sebagai sistem kontrol pengambilan data, sebelum data tersebut di olah pada server. Terdapat sistem sensor berfungsi untuk pengambilan data ampere yaitu sensor AC712-20A dan modul relay sebagai saklar elektrik berfungsi untuk memutus daya listrik ketika pulsa tidak mencukupi. Dari hasil pengujian yang telah dilakukan, terdapat kesalahan pengukuran rata-rata sensor ACS712-20A dengan multitester sebesar 26%, sedangkan untuk pengukuran billing listrik prabayar terdapat kesalahan sebesar 6%.

Pemilihan Dan Migrasi VM Menggunakan MCDM Untuk Peningkatan Kinerja Layanan Pada Cloud Computing

Fadil, Abdullah, Wibisono, Waskitho

Kinetik: Game Technology, Information System, Computer Network, Computing, Electronics, and Control Vol 1, No 2, August-2016
Publisher : Universitas Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1143.986 KB)

Abstract

Komputasi awan atau cloud computing merupakan lingkungan yang heterogen dan terdistribusi, tersusun atas gugusan jaringan server dengan berbagai kapasitas sumber daya komputasi yang berbeda-beda guna menopang model layanan yang ada di atasnya. Virtual machine (VM) dijadikan sebagai representasi dari ketersediaan sumber daya komputasi dinamis yang dapat dialokasikan dan direalokasikan sesuai dengan permintaan. Mekanisme live migration VM di antara server fisik yang terdapat di dalam data center cloud digunakan untuk mencapai konsolidasi dan memaksimalkan utilisasi VM. Pada prosedur konsoidasi vm, pemilihan dan penempatan VM sering kali menggunakan kriteria tunggal dan statis. Dalam penelitian ini diusulkan pemilihan dan penempatan VM menggunakan multi-criteria decision making (MCDM) pada prosedur konsolidasi VM dinamis di lingkungan cloud data center guna meningkatkan layanan cloud computing. Pendekatan praktis digunakan dalam mengembangkan lingkungan cloud computing berbasis OpenStack Cloud dengan mengintegrasikan VM selection dan VM Placement pada prosedur konsolidasi VM menggunakan OpenStack-Neat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pemilihan dan penempatan VM melalui live migration mampu menggantikan kerugian yang disebabkan oleh down-times sebesar 11,994 detik dari waktu responnya. Peningkatan response times terjadi sebesar 6 ms ketika terjadi proses live migration VM dari host asal ke host tujuan. Response times rata-rata setiap vm yang tersebar pada compute node setelah terjadi proses live migration sebesar 67 ms yang menunjukkan keseimbangan beban pada sistem cloud computing.

Deteksi Gerak Otot Frontalis Berbasis Citra 3 Dimensi Menggunakan Gray Level Co-Occurrence Matrix (GLCM)

Wibowo, Hardianto, Hery Purnomo, Mauridhi, Mulyanto Yuniarno, Eko

Kinetik: Game Technology, Information System, Computer Network, Computing, Electronics, and Control Vol 1, No 2, August-2016
Publisher : Universitas Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (707.04 KB)

Abstract

Ekspresi wajah atau mimik merupakan salah satu dari hasil gerak otot pada wajah. Dalam kamus besar bahasa Indonesia, ekspresi merupakan pengungkapan atau proses menyatakan, yaitu memperlihatkan atau menyatakan maksud, gagasan perasaan dan lain sebagainya. Ekspresi wajah atau mimik dipengaruhi oleh saraf tujuh atau nervuse facialis. Dalam penelitian yang dilakukan paul ekman didapat sebuah standarisasi ekspresi dalam format pergerakkan yang disebut dengan Facial Action Coding System (FACS). Dalam penelitiannya paul ekman menyatakan enam ekspresi dasar yaitu bahagia, sedih, terkejut, takut, marah dan jijik. Dalam anatomy otot, bahwa setiap otot yang bergerak pasti terjadi kontraksi, dan pada saat terjadi kontraksi, otot akan mengembang atau mengelembung. Otot dibagai menjadi tiga bagian yaitu origo dan insersio sebagai ujung otot dan belly sebagai titik tengah otot, jadi setiap terjadi gerakkan maka otot bagian beli akan mengembang atau menggelembung. Teknik pengambilan data yaitu dengan merekam data dalam bentuk 3D, setiap terjadi kontraksi maka otot bagian beli akan mengelembung dan data inilah yang akan diolah dan dibandingkan. Dari pengolahan data ini akan didapat kekuatan maksimum kontraksi yang akan dipakai sebagai acuan untuk besaran pergeseran otot khususnya pada otot frontalis. Dalam deteksi pergerakkan akan menggunakan metode gray level co-occurrence matrix (GLCM), dan akan didapatkan pula besaran pergeseran otot secara maksimal. Dari hasil pengujian didapatkan nilai pergeseran pergerakkan otot sebesar 1,367 4,460.

Sistem Informasi Manajemen Layanan SMS Center Universitas Muhammadiyah Malang

Suropaty, Rifki Pujiansyah, Maskur, Maskur, Wahyuni, Evi Dwi

Kinetik: Game Technology, Information System, Computer Network, Computing, Electronics, and Control Vol 1, No 2, August-2016
Publisher : Universitas Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (665.982 KB)

Abstract

Universitas Muhammadiyah Malang memiliki sebuah legacy system, yakni layanan SMS gateway. Selama sistem ini digunakan muncul beberapa kebutuhan baru, yakni kebutuhan akan fungsional dan non fungsional, diantaranya adalah automatic reply yang diintegrasikan dengan data request, automatic broadcast dan interface yang responsif. Munculnya berbagai kebutuhan baru ini menandakan bahwa institusi berharap performa dan fungsionalitas dari legacy system bertambah. Ketika perlu untuk memperbarui software dan berharap performa, keandalan, dan fungsionalitasnya bertambah, tanpa mempengaruhi fungsi utamanya, software re-engineering dapat mengatasi masalah seperti ini. Software re-engineering dapat diimplementasikan pada legacy system (SMS gateway) untuk ditransformasikan kedalam sistem informasi manajemen layanan SMS center, sehingga beberapa kebutuhan baru seperti automatic reply yang diintegrasikan dengan data request, automatic broadcast, dan interface yang responsif dapat direalisasikan. Pada software re-engineering terdapat model proses yang harus dilakukan dalam proses implementasi. sehingga proses transformasi dari legacy system ke sistem informasi manajemen layanan SMS center serta proses penambahan beberapa kebutuhan baru dapat berjalan dengan baik, sehingga apa yang diharapkan institusi dapat direalisasikan.

Pengembangan Mekanisme Otentikasi Dan Otorisasi Manajemen Config Pada Kasus Shared Web Hosting Berbasis Linux Container

Saifuddin, Saifuddin, Ijtihadie, Royyana Muslim, Pratomo, Baskoro Adi

Kinetik: Game Technology, Information System, Computer Network, Computing, Electronics, and Control Vol 1, No 2, August-2016
Publisher : Universitas Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (688.279 KB)

Abstract

A large part of the service providers website using an operating system Linux, when one of the websites in the Shared web can be taken over, most likely other websites will also be mastered by reading config connecting to the database, the mechanism used to read a config file with the command in linux by default is available, using the command ln -s also known by the term symlink who can read the directory where the web, although different config directory.The results show config on web applications that are in the directory in a single server can be read using these methods but can not be decoded to read user, password, and dbname, because it has given authorization can be decoded only from the directory already listed. on testing performance for latency, memory, and CPU system be followed, to get good results the previous system. The test results using the cache, the response time generated when accessed simultaneously by 20 click per user amounted to 941.4 ms for the old system and amounted to 786.6 ms.

Efisien Epidemic: Pemilihan jarak terjauh dan arah pergerakan kendaraan untuk pendistribusian pesan darurat pada VDTN

Akbi, Denar Regata, Wibisono, Waskitho

Kinetik: Game Technology, Information System, Computer Network, Computing, Electronics, and Control Vol 1, No 2, August-2016
Publisher : Universitas Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (953.413 KB)

Abstract

AbstractVANET has characteristics of high mobility vehicles and fast changes of the topology, it causes process data communication interrupted frequently. It can be minimized by Vehicular Technology Delay Tolerant Networking (VDTN). The Epidemic protocol is one of which was used to the distribution of message on VANET, the mecanism of Epidemic protocol caused amount of message, thus impacting in distribution unefficient message and the performance can be lower.The porposed of this research are to solve the problem of Epidemic protocol, namely e-Epidemic protocol. This proposed protocol are the development of Epidemic protocol that give more attention on the vehicles direction and farest vehicle.The results based on the number of messages distribution showed the number of messages average which owned e-Epidemic protocol is 8% whereas epidemic protocol is 92%. And based on the delay value, e-Epidemic protocol only has delay as much as 17%, meanwhile epidemic protocol has delay 83%.