cover
Filter by Year
Kinetik: Game Technology, Information System, Computer Network, Computing, Electronics, and Control
Kinetik: Game Technology, Information System, Computer Network, Computing, Electronics, and Control was published by Universitas Muhammadiyah Malang. journal is open access journal in the field of Informatics and Electrical Engineering. This journal is available for researchers who want to improve their knowledge in those particular areas and intended to spread the knowledge as the result of studies. KINETIK journal is a scientific research journal for Informatics and Electrical Engineering. It is open for anyone who desire to develop knowledge based on qualified research in any field. Submitted papers are evaluated by anonymous referees by double-blind peer review for contribution, originality, relevance, and presentation. The Editor shall inform you of the results of the review as soon as possible, hopefully within 4 - 8 weeks. The research article submitted to this online journal will be peer-reviewed at least 2 (two) reviewers. The accepted research articles will be available online following the journal peer-reviewing process.
Articles by issue : Vol 1, No 1, May-2016
6
Articles
Sensor Fusion Accelerometer dan Gyroscope untuk Pengukuran Perubahan Kinematik Pergelangan Kaki

Kusuma, Wahyu Andhyka, Sari, Zamah, Sari, Anggreani Tyas

Kinetik: Game Technology, Information System, Computer Network, Computing, Electronics, and Control Vol 1, No 1, May-2016
Publisher : Universitas Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (596.587 KB)

Abstract

Sensor fusion merupakan metode penggabungan dua jenis sensor yang berbeda dimana memiliki karaktersitik yang hampir sama untuk mendapatkan suatu fungsi baru. Salah satu fungsi dari sensor fusi adalah mendapatkan perbandingan antara dua sensor yang digabungkan. Penelitian tentang perubahan kinematik telah jamak dilakukan, hal ini dikarenakan dengan melihat perubahan kinematik manusia dapat menentukan pola pergerakan, klasifikasi, hingga proses rehabilitasi medis. Seluruh anggota tubuh yang terhubungkan oleh sendi dan bergerak dapat diukur nilai kinematiknya. Penelitian ditujukan pada pergelangan kaki untuk mengetahui langkah serta pergerakan naik turunnya pergelangan kaki, hasil dari penelitian ini diharapkan mampu mendukung penelitian lanjutan untuk membantu proses rehabilitasi medis pada pasien yang mengalami cidera pergelangan kaki. Penelitian yang dilakukan pada empat orang yang berbeda melakukan aktivitas lari, jalan lambat, jalan ditempat, dan jalan cepat didapatkan perbedaan rata-rata dari kedua sensor yang dihasilkan oleh gyro x dan acc x adalah 10,27%, gyro y dan acc y adalah -25,39%, gyro z dan acc z adalah -10,33%. Dari kedua sensor tersebut dapat disimpulkan bahwa accelerometer dan gyroscope dapat digunakan untuk mengukur besarnya perubahan kinematik.

VOL 1 NO 1 (2016) COVER

Kusuma, Wahyu Andhyka

Kinetik: Game Technology, Information System, Computer Network, Computing, Electronics, and Control Vol 1, No 1, May-2016
Publisher : Universitas Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (374.532 KB)

Abstract

Peringkasan Tweet Berdasarkan Trending Topic Twitter Dengan Pembobotan TF-IDF dan Single Linkage Angglomerative Hierarchical Clustering

Annisa, Annisa, Munarko, Yuda, Azhar, Yufis

Kinetik: Game Technology, Information System, Computer Network, Computing, Electronics, and Control Vol 1, No 1, May-2016
Publisher : Universitas Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (539.422 KB)

Abstract

Fitur yang paling sering digunakan pada Twitter ialah Trending Topic. Trending Topic merupakan fitur yang menampilkan beberapa hashtag berisi topik yang sedang trend saat ini. Jika pengguna ingin mengetahui informasi mengenai suatu trending topic, pengguna bisa mengklik salah satu hashtag dan barulah muncul beberapa tweet terkait dengan hashtag tersebut. Agar menghemat waktu pengguna Twitter dalam membaca suatu trending topic tanpa perlu membaca beberapa tweet terlebih dahulu, maka dilakukanlah analisa dengan tujuan membuat text summarization untuk trending topic pada Twitter menggunakan algoritma TF-IDF dan Single Linkage Agglomerative Hierarchical Clustering. Penelitian ini menggunakan 100 trending topic untuk data tes pada sistem dan setiap trending topic terdiri atas 50 tweet berbahasa indonesia, sedangkan untuk pengujian digunakan 30 data trending topic diambil secara acak (data mewakili trending topic dengan sub tema minimal 2 dan maksimal 9 dari 100 data tes pada sistem). Dari 30 data pengujian, 1 data menghasilkan semua ringkasan sama persis dengan ahli,  dan 29 data menghasilkan 1-4  ringkasan sama persis dengan ahli (terdiri atas 2-9 ringkasan untuk setiap trending topic).

Sistem Pengaturan Kecepatan Motor Induksi Tiga Fasa Menggunakan Kontroler PID Berbasis Genetic Algorithm

Wildan, Fatih Mutamimul, Hakim, Ermanu Azizul, Suhardi, Diding

Kinetik: Game Technology, Information System, Computer Network, Computing, Electronics, and Control Vol 1, No 1, May-2016
Publisher : Universitas Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (335.019 KB)

Abstract

Motor induksi tiga fasa merupakan peralatan penggerak yang paling banyak digunakan dalam dunia industri karena mempunyai konstuksi yang kuat dan sederhana. Dalam pengaturan kecepatan pada motor induksi tiga fasa diperlukan adanya inverter sebagai alat yang berfungsi untuk megatur kecepatan motor dengan mengubah nilai frekuensi. Untuk mengatur nilai frekuensi yang sesuai pada inverter dibutuhkan suatu krontroler, salah satu kontroler yang paling banyak digunakan adalah kontroler PID. Nilai parameter kontrol yang ada pada kontroler PID sangat berpengaruh terhadap respon kecepatan motor, sehingga diperlukan sebuah metode pencarian yang mana digunakan GA dalam penentuan parameter kontrol PID. Penentuan parameter kontrol PID menggunakan GA dilakukan dengan lima jangkauan pembatasan pada nilai pembangkitan individu sehingga didapatkan berbagai macam nilai yang berbeda-beda dan diharapkan sesuai dengan respon kecepatan yang diinginkan. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan diketahui bahwa respon kecepatan motor setelah diberikan kontroler PID berbasis GA dapat mencapai kecepatan referensi 120 rad/s dengan kecepatan aktual saat beban 100 Nm sebesar 120,1 rad/s sehingga didapatkan ess 0,083%.

Interaktif Augmented Reality untuk Katalog Penjualan Rumah Berbasis Android

Husniah, Lailatul, Saputro, Fendy, Cahyono, Eko Budi

Kinetik: Game Technology, Information System, Computer Network, Computing, Electronics, and Control Vol 1, No 1, May-2016
Publisher : Universitas Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (475.371 KB)

Abstract

Pertumbuhan bisnis properti di Indonesia setiap tahun mengalami peningkatan, namun tidak banyak pihak pengembang properti di Indonesia yang memanfaatkan teknologi Augmented Reality (AR) sebagai media promosi untuk memasarkan produk, rata-rata masih menggunakan brosur. Penelitian tentang katalog penjualan rumah menggunakan AR juga bukan hal baru, ada beberapa penelitian sejenis yang sudah pernah dilakukan sebelumnya, namun dikonsentrasikan pada pendeteksian marker untuk menampilkan model 3D baik menggunakan marker khusus atau brosur yang dijadikan sebagai marker. Marker yang berhasil dideteksi menampilkan objek denah dan bentuk rumah 3D. Penelitian ini fokus pada pembuatan katalog penjualan rumah menggunakan teknologi AR dengan menambahkan  fitur yang belum ada pada penelitian sebelumnya. Beberapa fitur yang ditambahkan adalah mengubah warna cat dinding, pintu dan jendela pada model rumah 3D, sehingga pengguna dapat mengubah warna sesuai dengan warna yang disediakan. Katalog penjualan rumah menggunakan teknologi AR yang dikembangkan berjalan pada platform android mobile dan dibuat menggunakan aplikasi Unity. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah SDLC Waterfall. Hasil pengujian menunjukkan bahwa aplikasi dapat berjalan sesuai dengan yang direncanakan khususnya fitur-fitur yang ditambahkan seperti fitur untuk mengganti warna cat dinding, pintu dan jendela pada objek rumah 3D dapat dijalankan dengan baik.

Sistem Monitoring Dan Controlling Air Nutrisi Aquaponik Menggunakan Arduino Uno Berbasis Web Server

Maarif, Amanda Fahmi, Wijaya, Ikhlal Aldhi, Ghani, Nurulli Abdul, Wijaya, Aldhyth Sugiharto

Kinetik: Game Technology, Information System, Computer Network, Computing, Electronics, and Control Vol 1, No 1, May-2016
Publisher : Universitas Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (801.069 KB)

Abstract

Aquaponik merupakan sistem pertanian berkelanjutan mengombinasikan sistem akuakultur dan hidroponik sebagai satu kesatuan sistem bersifat simbiotik. Dalam budidaya sistem aquaponik faktor penting yang mempengaruhi  perkembangan ekosistem adalah Derajat Keasaman (PH) yang berdampak langsung pada daya serap nutrisi pada akar tanaman dan perkembangan hewan yang hidup pada ekosistem. Faktor lain adalah  Elektrokonduktivitas (EC), kemampuan menghantarkan ion listrik dalam larutan ke akar tanaman. Derajat Keasaman (PH) air normal untuk ekosistem aquaponik berksiar pada nilai 6-7, untuk EC berkisar pada nilai 0.8-1.2 ms/cm. Dari penelitian dihasilkan sebuah alat mampu memonitoring dalam bentuk web server sekaligus melakukan otomatisasi dalam mengontrol kadar PH dan EC. Berdasarkan hasil pengujian sistem diperoleh hasil sensor Analog PH Meter Kit dan Analog Electrical Conductivity Meter mampu memonitoring air aquarium sesuai standar alat ukur yang digunakan yaitu PH meter dan EC Solution. Sistem juga mampu mengontrol perubahan yang terjadi pada air aquarium sesuai dengan standar PH dan EC.