cover
Filter by Year
Articles by issue : Vol 2, No 1 (2010)
5
Articles
‚Äč
ANALISIS PENGARUH PEMILIHAN METODA AKUNTANSI TERHADAP TINGKAT UNDERPRICING SAHAM PERDANA

Sunrowiyati, Siti

Jurnal Kompilasi Ilmu Ekonomi (KOMPILEK) Vol 2, No 1 (2010)
Publisher : STIE Kesuma Negara Blitar

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (502.934 KB)

Abstract

Underpricing merupakan fenomena umum yang sering dijumpai pada setiap pasar modal dan telah dibuktikan oleh peneliti di banyak negara. Metoda akuntansi yang digunakan dalam penelitian ini adalah depresiasi aktiva tetap dan penilaian persediaan. Terdapat 74 perusahaan yang dijadikan sebagai sampel akhir. Hipotesis yang diajukan diuji menggunakan regresi berganda dengan tiga model. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa reputasi penjamin emisi berpengaruh secara statistik signifikan terhadap tingkat underpricing saham perdana. Walaupun begitu, penelitian ini tidak berhasil membuktikan pengaruh pemilihan metoda akuntansi untuk depresiasi aktiva tetap dan penilaian persediaan, sinyal kepemilikan, dan reputasi auditor terhadap tingkat underpricing saham perdana. Implikasi penelitian adalah bahwa investor hendaknya menggunakan informasi mengenai reputasi penjamin emisi yang digunakan perusahaan IPO dalam memutuskan pilihan investasi agar mendapat keuntungan yang diinginkan.Kata kunci: IPO, pemilihan metoda akuntansi, reputasi auditor, reputasi underwriter, dan sinyal kepemilikan.

PENGARUH IKLAN DAN MEREK SEPEDAMOTOR SUZUKI TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN

Setiawan, Rony Ika

Jurnal Kompilasi Ilmu Ekonomi (KOMPILEK) Vol 2, No 1 (2010)
Publisher : STIE Kesuma Negara Blitar

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (649.634 KB)

Abstract

Selain pengaruh dari iklan, konsumen pun akan lebih mementingkan arti produk. Oleh sebab itu produsen harus mampu mempertahankan kualitas dan manfaat produk dalam suatu merek, terutama untuk merek yang telah lama dikenal oleh masyarakat.Saat ini telah banyak produk sepedamotor yang mempunyai ciri fisik yang hampir sama dengan produk sepedamotor Suzuki, dengan menampilkan iklan yang boleh dikatakan memberikan tawaran-tawaran dan persaingan yang ketat terhadap sepedamotor Suzuki. Dalam penelitian ini, akan diteliti mengenai iklan dan merek sepedamotor Suzuki.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklan dan merek sepedamotor Suzuki secara individu terhadap minat beli. Periklanan merupakan salah satu dari variabel promotional mix yang ditujukan sebagai sarana informasi tentang suatu produk bagi konsumen, dan melalui merek dapat dengan mudah untuk mengenal produk yang ditawarkan perusahaan.Dengan latarbelakang yang telah diuraikan di atas, maka pokok permasalahan yang akan dibahas adalah: Apakah iklan berpengaruh terhadap minat beli sepedamotor Suzuki dan Apakah merek berpengaruh terhadap minat beli sepedamotor Suzuki?Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner, wawancara dan kepustakaan. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 60 responden dengan metode accidental sampling.Teknik analisis data dengan menggunakan analisis koefisien korelasi product moment untuk mengetahui hubungan antara iklan dan merek secara individu terhadap minat beli.Perhitungan koefisien korelasi dari variabel merek, variabel iklan dengan variabel minat beli secara individu sebesar 0,138 dan 0,161, mempunyai arti bahwa korelasi sangat rendah dan setelah dilakukan uji hipotesis maka dianggap tidak mempunyai arti.Kata Kunci : Iklan, Merk, Minat Beli

ANALISIS PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KUALITAS PELAYANAN UMUM DI KANTOR KECAMATAN WATES KABUPATEN BLITAR

Sunandes, Aris

Jurnal Kompilasi Ilmu Ekonomi (KOMPILEK) Vol 2, No 1 (2010)
Publisher : STIE Kesuma Negara Blitar

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (502.533 KB)

Abstract

In order to give quality services as an effort to fulfill the requirement and expectation of customers, an organization can based on dimension quality of services which can be used for strategies and annalistic framework of execution. One way to measure a quality of services is by using dimension quality model of services namely tangibles, reliability, responsiveness, assurance and empathy. This research is to know the variable of tangibles, reliability, responsiveness, assurance and empathy. The Research methodology is validity test, reliabilities test, servqual analysis, and Important Performance Analysis. The result can be inferred that the perception of society toward the quality of public services is at Kecamatan Wates, Blitar Regency is all of the things that can be perceptive and analyzed, society has suitable perception of performance at Kecamatan Wates, Blitar Regency. It can be proved by the level of society satisfaction in which around satisfied and very satisfied, while in the position of satisfied enough only on the perception of the readiness of sub regency chief handling sigh of society. Generally the perception of society toward quality of public services at Kecamatan Wates, Blitar Regency is good. The priority of quality of services which has to improve is the willingness of subregency chief handling sight of society. It is because services having intangible characters, it means that it cannot be seen, felt, holds, kissed or heard, before it is bought.Kata Kunci : Persepsi Masyarakat, Kualitas Pelayanan Umum

MENCIPTAKAN DAYA TARIK INVESTASI UNTUK MENDORONG PERTUMBUHAN EKONOMI

-, Pudjihardjo

Jurnal Kompilasi Ilmu Ekonomi (KOMPILEK) Vol 2, No 1 (2010)
Publisher : STIE Kesuma Negara Blitar

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (566.549 KB)

Abstract

Investasi mempunyai peran yang sangat penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi suatu wilayah. Dengan demikian diperlukan berbagai upaya untuk menciptakan iklim investasi yang kondusif agar para investor bersedia menanamkan modalnya.Upaya itu diantaranya adalah memperbaiki kelembagaan, menciptakan stabilitas (mencakup stabilitas politik, stabilitas sosial budaya, dan stabilitas keamanan), kondisi ketenagakerjaan yang baik, serta ketersediaan infrastruktur fisik.Dalam upaya meningkatkan investasi, pemerintah daerah perlu melakukan langkah-langkah positif dalam menciptakan iklim investasi yang baik di daerah. Diantaranya adalah dengan melakukan reformasi birokrasi layanan investasi, membangun sistem informasi potensi investasi, serta peningkatan provisi infrastruktur fisik.Kata Kunci: investasi, pertumbuhan ekonomi

PENGGUNAAN ECONOMIC VALUE ADDED (EVA) DAN Z-SCORE SEBAGAI METODE PENILAIAN KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN

Putra, Iwan Setya

Jurnal Kompilasi Ilmu Ekonomi (KOMPILEK) Vol 2, No 1 (2010)
Publisher : STIE Kesuma Negara Blitar

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (697.266 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif dengan tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui bagaimana tingkat kinerja keuangan perusahaan PT. HM Sampoerna Tbk pada tahun 2002-2006 berdasarkan penerapan analisis Economic Value Added dan teori kebangkrutan model Altman (Z-Score). Untuk keperluan analisis data, maka data yang digunakan dalam penelitian ini adalah laporan keuangan PT. HM Sampoerna Tbk tahun 20022006.Adapun tahapan analisa data, pertama adalah menghitung nilai Z-Score kemudian menentukan nilai EVA. Untuk menentukan nilai EVA didapat dengan tahapan, pertama menghitung biaya modal hutang (cost of debt), menghitung biaya modal saham (cost of equity), menghitung struktur modal, menghitung biaya modal rata-rata tertimbang (WACC), menentukan nilai EVA dengan cara mengurangkan nilai WACC (cost of capital) pada laba setelah pajak, dan terakhir menginterpretasikan data hasil penelitian.KATA KUNCI: Kinerja Keuangan, Economic Value Added, Kebangkrutan