cover
Filter by Year
Jurnal Dedikasi Masyarakat
Articles by issue : Vol 1, No 2 (2018): Jurnal Dedikasi Masyarakat
5
Articles
OPTIMALISASI LAHAN BERBASIS PERTANIAN RAKYAT UNTUK MENDUKUNG AGROEKOWISATA DI KABUPATEN KUPANG-NTT

Moata, Melinda R.S. ( Politeknik Pertanian Negeri Kupang ) , Muhamad, Endeyani ( Politeknik Pertanian Negeri Kupang ) , Sengadji, Haryati ( Politkenik Pertanian Negeri Kupang ) , Neonufa, Nimrod ( Politkenik Pertanian Negeri Kupang, ) , Benu, Yason E. ( Politkenik Pertanian Negeri Kupang ) , Puay, Yofris ( Politkenik Pertanian Negeri Kupang )

Jurnal Dedikasi Masyarakat Vol 1, No 2 (2018): Jurnal Dedikasi Masyarakat
Publisher : Universitas Muhammadiyah Parepare

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (391.443 KB)

Abstract

Kabupaten Kupang sebagai kabupaten terluas kedua di propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) masih mengandalkan sektor pertanian, kehutanan dan perikanan sebagai sektor terbesar penyumbang PDRB. Namun pertumbuhan ekonomi untuk ketiga sektor ini menurun dalam lima tahun terakhir. Padahal usaha tani tidak hanya budidaya tetapi juga dapat sebagai sumber objek wisata alam. Salah satu contoh adalah gunung batu Fatuleu yang terletak di Kecamata Fatuleu Tengah telah menjadi daya tarik para wisatawan yang berkunjung setiap minggu. Hal ini merupakan peluang untuk pertumbuhan ekonomi rakyat yang tinggal di daearah sekitarnya. Desa Oelbiteno merupakan salah satu desa dari empat desa yang ada di Kecamatan Fatuleu Tengah, juga memiliki potensi pengembangan agroekowisata. Namun sistem pertanian rakyatnya masih bersifat tradisional. Karena itu, untuk peningkatan pertumbuahan ekonomi desa dan masyarakat perlu adanya alih guna lahan dari pertanian campuran subsistem menjadi agroekowisata. Ada beberapa komoditi unggulan yang dapat dikembangkan yaitu pisang, nenas, cendana, kopi, hortikultur, serta tanaman pakan ternak dan rumput. Kegiatannya adalah pemberdayaan masyarakat melalui desain teras kebun, pembimbingan dan pendampingan petani agar usaha taninya dapat bernilai ekonomis dan mempunyai dampak ekologi yang baik. Dengan memanfaatkan beberapa objek alam (mata air dan kolam), peternakan (sapi) dan pertanain terassering dengan komiditi unggulan diharapkan dapat memberi peluang usaha agroekowisata sehingga ekonomi masyarakat dan pengembangan desa yang berkelanjutan.

PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM PEMBELAJARAN PEMBUATAN PAKAN DARI LIMBAH AMPAS SAGU DI DESA BUNTU TERPEDO

Haedar, Haedar ( Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Muhammadiyah Palopo ) , Suardi, Ahmad ( Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Muhammadiyah Palopo ) , Sapri, Hendra ( Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Muhammadiyah Palopo ) , Kasran, Muhammad ( Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Muhammadiah Palopo )

Jurnal Dedikasi Masyarakat Vol 1, No 2 (2018): Jurnal Dedikasi Masyarakat
Publisher : Universitas Muhammadiyah Parepare

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (118.588 KB)

Abstract

Ketersediaan dan kualitas pakan masih menjadi masalah krusial pada peternakan di Indonesia pada umumnya dan khususnya di Luwu Raya. Potensi bahan baku lokal berupa limbah ampas sagu sangat melimpah khususnya di Desa Buntu Terpedo Kecamatan Sabbang, namun sampai saat ini belum dimanfaatkan sebagaimana mestinya hanya dibiarkan menumpuk pada tempat-tempat pengolahan tepung sagu sehingga menyebabkan pencemaran lingkungan.  Salah satu solusi yang dapat diterapkan adalah pengembangan pakan alternatif yang diupayakan dengan pemanfaatan limbah industri sebagai bahan pakan lokal yaitu ampas sagu. Tujuan program KKN-PPM ini agar masyarakat bisa memnafaatkan limbah ampas sagu sebagai pakan ternak dengan cara Fermentasi. Metode pelaksanaan berupa pelatihan dan pendampingan aspek teknis pembuatan pakan ternak dari ampas sagu. Program KKN-PPM ini menghasilkan luaran berupa (1) Metode Rencana Bisnis untuk pengembangan Usaha Pakan Ternak unggas; (2) Teknologi tepat guna dalam pemanfaatan Limbah ampas sagu; (3) Terjadi transfer ilmu pengetahuan dan teknologi; (4) Produk berupa Pakan ternak komersil skala industri kecil.

PEMBERDAYAAN KELOMPOK WANITA TANI MELALUI DIVERSIFIKASI PANGAN DI KECAMATAN BUNTU BATU KABUPATEN ENREKANG

Yusuf, Muhammad ( Politeknik Negeri ujung Pandang ) , Rosalin, Rosalin ( Politeknik Negeri Ujung Pandang ) , Usdyana, Nur Fitriani ( Politeknik Pertanian Negeri Pangkep )

Jurnal Dedikasi Masyarakat Vol 1, No 2 (2018): Jurnal Dedikasi Masyarakat
Publisher : Universitas Muhammadiyah Parepare

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (419.669 KB)

Abstract

Desa Buntu Mondong (Kecamatan Buntu Batu) merupakan desa yang terletak di Kabupaten Enrekang. Desa tersebut memiliki potensi dalam pengembangan produk pangan dari buah salak yang menjadi komodtas khas Kabupaten ini. Desa tersebut memiliki beberapa kelompok wanita tani yang berkecimpung dalam pengolahan keripik dan dodol salak, namun dari segi kualitas dan kuantitas produk yang dihasilkan masih sangat rendah. Pelaksanaan penyuluhan dan pelatihan bagi Kelompok Wanita Tani Macenning dan Kelompok Wanita Tani Salak Canning di Desa Buntu Mondong, terutama dalam hal diversivikasi produk pangan merupakan solusi yang ditawarkan dalam rangka meningkatkan nilai tambah (value added) produk keripik dan dodol salak. Penyuluhan dan pelatihan yang telah dilaksanakan antara lain adalah penyuluhan sanitasi dan hygiene proses produksi, aplikasi pelabelan dan kemasan pangan, penyuluhan P-IRT dan sertifikasi halal produk, analisis kimia gizi dan umur simpan produk, perancangan peralatan dan diversifikasi pembuatan produk di kedua mitra tersebut. Diharapkan dengan kegiatan ini dapat membina dan memacu kedua mitra untuk menghasilkan produk yang bersaing dipasaran sehingga dapat meningkatkan kehidupan ekonomi di desa tersebut. Pelaksanaan pengabdian masyarakat ini dievaluasi setiap bulannya dan dapat menjadi percontohan bagi kelompok wanita tani lain di Kabupaten Enrekang.

DIVERSIFIKASI JAMUR TIRAM SEBAGAI PANGAN LOKAL PADA KELOMPOK WANITA TANI DI KECAMATAN MALUA KABUPATEN ENREKANG

Usdyana, Nur Fitriani ( Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan ) , Ahmad, Ilham ( Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan ) , Yusuf, Muhammad ( Politeknik Negeri Ujung Pandang )

Jurnal Dedikasi Masyarakat Vol 1, No 2 (2018): Jurnal Dedikasi Masyarakat
Publisher : Universitas Muhammadiyah Parepare

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (438.244 KB)

Abstract

Desa Tallung Tondok (Kecamatan Malua) merupakan desa yang terletak di Kabupaten Enrekang. Desa tersebut memiliki potensi dalam pengembangan produk pangan dari jamur tiram yang menjadi komodtas khas Kabupaten ini. Desa tersebut memiliki beberapa kelompok wanita tani yang berkecimpung dalam pengolahan keripik dan nugget jamur tiram, namun dari segi kualitas dan kuantitas produk yang dihasilkan masih sangat rendah.  Pelaksanaan penyuluhan dan pelatihan bagi Kelompok Wanita Tani Kartini dan Kelompok Wanita Tani Buntu Landang di Desa Tallung Tondok, terutama dalam hal diversivikasi produk pangan merupakan solusi yang ditawarkan dalam rangka meningkatkan nilai tambah (value added) produk keripik dan dodol salak. Penyuluhan dan pelatihan yang telah dilaksanakan antara lain adalah penyuluhan sanitasi dan hygiene proses produksi, aplikasi pelabelan dan kemasan pangan, penyuluhan P-IRT dan sertifikasi halal produk, analisis kimia gizi dan umur simpan produk, perancangan peralatan dan diversifikasi pembuatan produk di kedua mitra tersebut. Diharapkan dengan kegiatan ini dapat membina dan memacu kedua mitra untuk menghasilkan produk yang bersaing dipasaransehingga dapat meningkatkan kehidupan ekonomi di desa tersebut. Pelaksanaan pengabdian masyarakat ini dievaluasi setiap bulannya dan dapat menjadi percontohan bagi kelompok wanita tani lain di Kabupaten Enrekang.

PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS MELALUI PELATIHAN PENGEMBANGAN MODUL DI MADRASAH TSANAWIYAH KABUPATEN SIGI SULTENG

Muhsin, Muhsin ( Universitas Tadulako Palu )

Jurnal Dedikasi Masyarakat Vol 1, No 2 (2018): Jurnal Dedikasi Masyarakat
Publisher : Universitas Muhammadiyah Parepare

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (104.854 KB)

Abstract

Pengabdian masyarakat ini dilakukan setelah melakukan analisis lapangan bahwa guru-guru membutuhkan media dan modul di sekolah tingkat madrasah (MTs) di Kabupaten Sigi. Desain pengabdian ini adalah skim Ipteks bagi Masyarakat (IbM). Tujuan pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan kualitas pengajaran Bahasa Inggris melalui media dan modul strategi dengan pembimbingan melalui pelatihan dan lokakarya (training and workshop). Fokus dalam pengabdian ini adalah desain dan mengembangkan multimedia berbasis IT dan mentransfer pengetahuan dan keterampilan dalam penggunaan media instruksional di dalam kelas. Metode pendekatan yang dilakukan untuk mencapai tujuan dan target adalah metode pendekatan kelompok yang dilaksanakan dalam lokakarya dengan bentuk demontrasi/praktikum, pembimbingan, pendampingan, dan partisipasi. Hasil yang diperoleh yaitu: pertama, meningkatnya kualitas pengajaran dan pembelajaran Bahasa Inggris di MTs Kabupaten Sigi. Kedua, tersedianya media yang digunakan langsung dalam kegiatan belajar mengajar di kelas yaitu Flash Cards dan Leaflet. Ketiga, tersedianya produk modul strategi bagaimana membuat media sederhana yang dapat digunakan dalam pengajaran Bahasa Inggris di kelas. Hasil menunjukkan penggunaan media yang efektif mencapai 87% dari total partisipan yang aktif dan terlibat dalam kegiatan belajar mengajar Bahasa Inggris dengan menggunakan flash cards dan Leaflet. Output pengabdian ini telah tercapai sesuai dengan target yang dinyatakan dalam kegiatan workshop yaitu mendesain dan mengembangkan media sederhana, seperti flash card dan leaflet sebagai media instruksional dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Selain itu, kemampuan dan keterampilan guru meningkat dalam menggunakan media pengajaran yang membantu tercapainya kesuksesan pembelajaran Bahasa Inggris.