cover
Filter by Year
JURNAL GALUNG TROPIKA
Jurnal Galung Tropika dengan nomor p-ISSN 2302-4178 (cetak) dan e-ISSN 2407-6279 (online) adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan hasil penelitian di bidang Pertanian, Peternakan, Perikanan, dan Biologi Tanaman. Serta menyajikan informasi hasil penelitian dan artikel ilmiah untuk pembangunan pertanian berkelanjutan di Indonesia yang dipublikasikan secara elektronik dan cetak.
Articles by issue : Vol 3, No 3 (2014)
12
Articles
PENGARUH PENAMBAHAN FUKOIDAN PADA PAKAN TERHADAP RESPON IMUN NON SPESIFIK INDUK IKAN NILA (OREOCHROMIS NILOTICUS)

Sani, Asrianti ( Jurusan Budidaya Perikanan Politeknik Pertanian Negeri Pangkep ) , Dahlia, Dahlia ( Jurusan Budidaya Perikanan Politeknik Pertanian Negeri Pangkep ) , Amrullah, Amrullah ( Jurusan Budidaya Perikanan Politeknik Pertanian Negeri Pangkep ) , Yuliadi, Yuliadi ( Jurusan Budidaya Perikanan Politeknik Pertanian Negeri Pangkep )

JURNAL GALUNG TROPIKA Vol 3, No 3 (2014)
Publisher : Fapetrik-UMPAR

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (176.341 KB)

Abstract

Penelitian ini  bertujuan  untuk melihat  pengaruh  bahan aktif fukoidan  komersil pada berbagai dosis terhadap respon  kekebalan induk  nila (Oreochromis niloticus).  Disain penelitian adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL), terdiri atas 4 perlakuan (A = pakan + fukoidan komersil 0% sebagai kontrol; B = pakan + fukoidan komersil 0,1%; C = pakan + fukoidan komersil 0,2%; dan D  = pakan + fukoidan komersil 0,3%) masing-masing  diulang sebanyak  2  kali. Hasil  penelitian menunjukkan penambahan fukoidan komersil dalam pakan akan meningkatkan respon kekebalan non spesifik pada induk ikan nila. Nilai respon kekebalan tertinggi diperoleh  pada konsentrasi fukoidan komersil  0,3 %, dengan kadar haematokrit  38.8000±2.92, indeks fagositik  32.1833±3.29,  total leukosit  142.67±58.97 sel/mm3, diferensial leukosit terdiri atas limfosit 90.2333±0.87%, monosit 6.0500±0.40%, dan neutrofil 24.9500±6.08%.

ANALISIS KANDUNGAN PROTEIN KASAR (PK) DAN SERAT KASAR KOMBINASI RUMPUT GAJAH (PANNISETUM PURPUREUM) DAN TUMPI JAGUNG YANG TERFERMENTASI

Udding, Ramlah ( Prodi Ilmu Peternakan Fapetrik UMPAR ) , Nohong, Budiman ( Fakultas Peternakan UNHAS ) , Munir, Munir ( Prodi Ilmu Peternakan Fapetrik UMPAR )

JURNAL GALUNG TROPIKA Vol 3, No 3 (2014)
Publisher : Fapetrik-UMPAR

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (52.907 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah  untuk mengetahui  pengaruh fermentasi kombinasi rumput gajah dan tumpi jagung dengan Trichoderma sp. terhadap kandungan  protein kasar (PK) dan serat kasar (SK). Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan ulangan sebanyak tiga kali dan tiga taraf perlakuan yaitu R0= kontrol 100% rumput gajah, R1= 90%  rumput gajah + 10%  tumpi jagung  (Trichoderma sp.), R2= 80%  rumput gajah + 20%  tumpi jagung  (Trichoderma  sp.) dan, R3= 70%  rumput gajah + 30%  tumpi jagung  (Trichoderma  sp.). Kandungan  protein kasar kombinasi  rumput gajah dan tumpi jagung yang terfermentasi tidak berpengaruh nyata, walaupun demikian tetapi tetap mengalami peningkatan kandungan protein kasar. Yang  tertinggi ke terendah adalah R2 (10,00%), R3 (9,98%), R0 (9,85%) dan R1 (9,39%).  Hasil analisis ragam kandungan serat kasar  kombinasi rumput gajah dan tumpi jagung yang terfermentasi,  memperlihatkan sangat berpengaruh nyata. Kandungan serat kasar dari yang tertinggi ke terendah adalah R0 (33,99%), R2 (28,01%), R3 (025,27%) dan R1 (24,48%).  Perlakuan R0 berbeda nyata terhadap perlakuan R1, R2 dan R3 tetapi perlakuan R1,R2 dan R3 tidak berbeda nyata. Kandungan protein kasar rumput gajah dan tumpi jagung yang terfermentasi yang tertinggi adalah 80% rumput gajah + 20% tumpi jagung dan kandungan serat kasar  rumput gajah dan tumpi jagung yang terfermentasi yang terendah adalah 90% rumput gajah + 10% tumpi jagung.

KEGIATAN PENANGKAPAN IKAN DI PESISIR BARAT SELATAN PULAU KEI KECIL KEPULAUAN KEI MALUKU TENGGARA

Tahapary, Jacomina ( Politeknik Perikanan Negeri Tual Maluku Tenggara ) , Amir, Syamsul Marlin ( Politeknik Pertanian Negeri Pangkep )

JURNAL GALUNG TROPIKA Vol 3, No 3 (2014)
Publisher : Fapetrik-UMPAR

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (26.038 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan memancing di selatan barat kepulauan Kei Kecil pulau Kei Maluku Tenggara, menjadi pelopor untuk penelitian-penelitian berikutnya dan mengembangkan kegiatan memancing di Maluku. Penelitian ini dilakukan dengan survei lapangan dengan pengambilan sampel secara sengaja (purposive sampling). Data gathering di pesisir Barat kepulauan Kei Kecil mencakup beberapa Ohoi (desa), yaitu  Tetoat, Ohoi Ngursit, Ohoi Wirin, Ohoi Madwat, Ohoi Ohoibadar, Ohoi Waab, Ohoi Watngil, Ohoi Ohoira, Ohoi Ohoiren, Ohoi Somlain, Ohoi Matwaer, Ohoi Ohoidertutu, dan Ohoi Ohoitom. Data yang dikumpulkan berupa jenis dan ukuran meliputi jenis alat tangkap, ukuran alat tangkap, jenis ikan hasil tangkapan, dan daerah penangkapan. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif, menurut  jenis alat tangkap. Aktivitas di selatan Pulau Kei Kecil kepulauan Kei Maluku Tenggara didominasi oleh penangkapan  tradisional   yaitu  gill net, hand line, lift net , trap net dan  jala (throwing net). Fishing ground terletak di sekitar pantai dan pulau-pulau kecil di sekitar Ohoi.

KAJIAN PEMBERIAN BERBAGAI DOSIS GARAM TERHADAP KUALITAS IKAN BANDENG (CHANOS CHANOS SP.) ASIN KERING

Patang, Patang ( Jurusan Pendidikan Teknologi Pertanian Fakultas Teknik UNM ) , Yunarti, Yunarti ( Jurusan Agribisnis Politeknik Pertanian Negeri Pangkep )

JURNAL GALUNG TROPIKA Vol 3, No 3 (2014)
Publisher : Fapetrik-UMPAR

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (129.279 KB)

Abstract

Penelitian  bertujuan untuk mengetahui pengaruh berbagai dosis garam terhadap kualitas ikan bandeng asin kering. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni-Juli 2014, dengan  bahan baku berupa ikan bandeng yang dikeringkan dengan  alat pengering (dry room). Sebelum dikeringkan, ikan disiangi dan dicuci dengan menggunakan air bersih dan diberi garam berdasarkan perlakuan yang dicobakan yaitu 9%, 18%, 27% dan kontrol (tanpa garam). Untuk menguji kualitas ikan asin, dilakukan pengujian secara organoleptik. Metode uji organoleptik ikan asin kering dipakai standar uji skoring (scoring test) yaitu dengan menggunakan skala angka 1 (satu) sebagai nilai terendah dan angka 9 (sembilan) untuk nilai tertinggi. Hasil uji selanjutnya dianalisis dengan analisis deskriptif.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan uji organoleptik terhadap ikan asin bandeng yang diberi perlakuan pemberian garam, maka hasil terbaik adalah pemberian garam sebesar 27% menyusul tanpa pemberian garam (kontrol), pemberian garam sebesar 18% dan pemberian garam sebesar 9%.

IDENTIFIKASI PENYAKIT DUA VARIETAS TOMAT (LICOPERSICON ESCULENTUM MILL.) YANG TERIMBAS ASAM FUSARAT TERHADAP JAMUR PATOGEN DI KABUPATEN SIDRAP

Satrinah, Satrinah ( Prodi Agroteknologi Fapetrik UMPAR ) , Ambar, Abdul Azis ( Prodi Agroteknologi Fapetrik UMPAR ) , Rahim, Iradhatullah ( Prodi Agroteknologi Fapetrik UMPAR )

JURNAL GALUNG TROPIKA Vol 3, No 3 (2014)
Publisher : Fapetrik-UMPAR

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (77.08 KB)

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui indeks luas daun, gejala penyakit yang muncul akibat serangan jamur, persentase penyakit yang muncul akibat jamur, intensitas serangan jamur Fusarium Oxysporum, dan mengetahui  varietas yang tahan terhadap penyakit yang disebabkan oleh jamur. Percobaan dilakukan di kebun petani di Desa Cipo Takari Kabupaten Sidrap, dimulai pada bulan Juni sampai September 2013. Gejala penyakit yang muncul akibat serangan jamur yaitu penyakit bercak daun Alternaria, penyakit bercak daun Cercospora, dan penyakit busuk daun Phytopthora.

ANALISIS USAHATANI RUMPUT LAUT (EUCHEUMA CATTONI) KECAMATAN MANDALLE KABUPATEN PANGKEP

Asriany, Asriany ( Jurusan Agribisnis Politeknik Pertanian Negeri Pangkep )

JURNAL GALUNG TROPIKA Vol 3, No 3 (2014)
Publisher : Fapetrik-UMPAR

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (67.622 KB)

Abstract

Pengembangan usaha budidaya rumput laut merupakan salah satu pembangunan wilayah pesisir dalam rangka peningkatan ekonomi kerakyatan. Dengan potensi yang tersedia budidaya rumput laut menjadi alternatif pemberdayaan masyarakat pesisir di Kabupaten Pangkep sekaligus upaya meningkatkan pendapatan petani khususnya di Desa Mandalle.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode usahatani,  pendapatan,  dan tingkat keuntungan usahatani  rumput  laut  jenis eucheuma cottoni di Kabupaten Pangkep. Lokasi penelitian ditentukan secara sengaja  (purposive)  dengan pertimbangan bahwa lokasi tersebut merupakan salah satu sentra produksi rumput lauteucheuma cottoni  di Kabupaten Pangkep. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis pendapatan bersih dan analisis tingkat keuntungan (R/C-Ratio). Petani rumput laut di desa Mandalle Kabupaten Pangkep menggunakan metode  long line  atau bisa disebut dengan metode tali panjang. Metode budidaya ini menggunakan tali panjang yang dibentangkan. Pendapatan yang diperoleh setiap petani rumput laut eucheuma cottoni di Desa Mandalle sebesar Rp.3.344.407 per siklus  dan  R/C Ratio  dari  usahatani  rumput  laut di Desa Mandalle  sebesar  2,04  artinya bahwa secara finansial menguntungkan dan layak untuk dikembangkan sebagai kegiatan usaha perikanan.

PENGARUH PIGMEN DALAM PAKAN TERHADAP KONSENTRASI DAN DISTRIBUSI KROMATOFOR PADA JARINGAN KULIT JUVENIL IKAN KOI (CYPRINUS CARPIO)

Dahlia, Dahlia ( Jurusan Budidaya Perikanan Politeknik Pertanian Negeri Pangkep )

JURNAL GALUNG TROPIKA Vol 3, No 3 (2014)
Publisher : Fapetrik-UMPAR

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (107.381 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat konsentrasi dan distribusi kromatofor pada jaringan kulit juvenil  ikan koi melalui pemberian pakan pembawa pigmen.  Disain yang digunakan  adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL),  terdiri atas  tiga perlakuan  dengan masing-masing dua ulangan. Perlakuan tersebut adalah  pakan tanpa bahan pigmen  (P), pakan dengan penambahan bahan pigmen asal tepung kepala udang (Q), dan pakan dengan penambahan bahan pigmen asal tepung spirulina (R).  Hasil yang didapatkan menunjukkan bahwa  pemberian pakan yang mengandung  bahan pigmen asal tepung spirulina menyebabkan konsentrasi dan distribusi  kromatofor  pada  jaringan  kulit  lebih tinggi dibandingkan dengan  pakan yang mengandung bahan pigmen  asal tepung kepala udang.  Konsentrasi dan distribusi kromatofor pada  jaringan  kulit yang lebih tinggi akan meningkatkan kecerahan warna juvenil ikan koi.

EVALUASI KANDUNGAN LEMAK SUBKUTAN DAN ABDOMINAL BROILER YANG DIBERI TEPUNG LEMPUYANG (ZINGIBER AROMATICUM VAL) DAN TEPUNG KUNYIT (CURCUMA DOMESTICUM) DALAM PAKAN SUBTITUSI

Yunus, Munawir ( Fakultas Pertanian Peternakan dan Perikanan UMPAR ) , Amin, Nurul ( Fakultas Pertanian Peternakan dan Perikanan UMPAR ) , Nurhaeda, Nurhaeda ( Fakultas Pertanian Peternakan dan Perikanan UMPAR )

JURNAL GALUNG TROPIKA Vol 3, No 3 (2014)
Publisher : Fapetrik-UMPAR

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (59.194 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui level kombinasi tepung kunyit dan tepung lempuyang yang dapat memberi pengaruh terhadap kandungan lemak abdominan dan subkutan. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak  Lengkap  (RAL) dengan ulangan sebanyak tiga kali dan  lima taraf perlakuan yaitu P0 = kontrol, P1= 0,5% tepung lempuyang + tepung kunyit 0,5%, P2 = 2,5% tepung lempuyang + tepung kunyit 0,5%, P3 =  4,5% tepung lempuyang  + tepung kunyit 0,5%  dan P4  =  6,5% tepung lempuyang  + tepung kunyit 0,5%. Persentase lemak pada perlakuan P0 dan P1 lebih tinggi, perlakuan P0 dan P1 berbeda sangat nyata dengan perlakuan P2, P3 dan P4. Perlakuan P2 tidak berbeda sangat nyata dengan perlakuan P3 dan P4. Persentase lemak  tertinggi ke terendah diperoleh dari perlakuan P0 sebesar (4,20%),  P1 (3,62%), P2 (2,27%), P4 (2,23%) dan P3 (1,61%).  Suplementasi tepung lempuyang (Zingiber  aromaticum val) dalam ransum, berbeda sangat nyata pada taraf  1% terhadap persentase ayam pedaging. Perlemakan dibawah kulit relatif sedikit dibanding lemak abdomen.  Berdasarkan hasil  penelitian diperoleh  pemberian suplementasi tepung lempuyang dan tepung kunyit dengan konsentrasi suplementasi tepung lempuyang 4,5% pada pakan dapat menurunkan persentase lemak broiler. Sedangkan persentase lemak optimun adalah perlakuan 3 (tepung lempuyang 4,5% + tepung kunyit 0,5%) yaitu 1,61%.

PENERAPAN BERBAGAI SUMBER BAHAN BAKAR DAN KONSENTRASI GARAM PADA PENGASAPAN IKAN LAYANG

Sukainah, Andi ( Prodi Pendidikan Teknologi Pertanian Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar ) , Patang, Patang ( Prodi Pendidikan Teknologi Pertanian Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar ) , Yunarti, Yunarti ( Jurusan Agribisnis Politeknik Pertanian Negeri Pangkep ) , Yuliadi, Yuliadi ( Budidaya Perikanan, Politeknik Pertanian Negeri Pangkep )

JURNAL GALUNG TROPIKA Vol 3, No 3 (2014)
Publisher : Fapetrik-UMPAR

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (102.098 KB)

Abstract

Ikan asap merupakan salah satu metode pengawetan ikan dengan tujuan memberi rasa dan aroma ikan asap. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh berbagai bahan  bakar asap dan berbagai dosis garam yang diberikan pada ikan asap terhadap mutu ikan asap Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Program Studi Pendidikan Teknologi Pertanian Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. Penelitian berlangsung  Juni-September 2014. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan mengaplikasikan perlakuan berupa penggunaan bahan bakar ikan asap antara tempurung kelapa dan kayu bakar, serta pemberian berbagai dosis garam. Selanjutnya, ikan yang telah diasapi dilakukan uji organoleptik untuk mengetahui mutu ikan asap. Hasil Penelitian menunjukkan penggunaan sumber bahan bakar tempurung kelapa lebih baik dari pada kayu bakar. Semakin tinggi dosis garam, semakin baik hasilnya untuk semua sumber bahan bakar.

ANALISIS KANDUNGAN ASAM SIANIDA (HCN) PADA KACANG KORO PEDANG (CANAVALIA ENSIFORMIS) DENGAN MENGGUNAKAN LAMA PERENDAMAN NaCL YANG BERBEDA

Arianto, A ( Prodi Ilmu Peternakan Fapetrik UMPAR ) , Nohong, Budiman ( Fakultas Peternakan UNHAS ) , Nurhaedah, Nurhaedah ( Prodi Ilmu Peternakan Fapetrik UMPAR )

JURNAL GALUNG TROPIKA Vol 3, No 3 (2014)
Publisher : Fapetrik-UMPAR

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (67.868 KB)

Abstract

Tujuan peneletian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lama perendaman NaCl yang berbeda terhadap kandungan asam sianida HCN pada kacang koro pedang. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan ulangan tiga kali dan tiga taraf perlakuan yaitu. TO= kontrol, TI= perendaman 1 hari, T2= perendaman 3 hari, T3= perendaman 5 hari. Analisis sidik ragam memperlihatkan, perendaman dengan NaCl yang berbeda berpengaruh sangat nyata pada taraf 0,05%. Kandungan rata-rata asam sianida (HCN) tertinggi ke terendah diperoleh dari perlakuan TO (38,27 ppm), T1 (23,32 ppm), T2 (19,99 ppm), T3 (15,46).  Kandungan asam sianida (HCN) yang tebaik diperoleh pada perlakuan perendaman 5 hari dengan rata-rata kandungan HCN 15,46 ppm.