Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains
Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains is a national journal which published by the Institute of Islamic Studies (IAIN) of Ponorogo managed by Its PGMI department. Ibriez journal, has been publishing both online and print since December 2016. The journal published to facilitate publication of the research result to improve quality and quantity of science. Ibriez journal publishes in twice a year around June and December. This journal also invites the Author who has opus which focus on education, Islam and science to submitted the research result.
Articles by issue : Vol 2 No 2 (2017)
10
Articles
Pengaruh Kemampuan Membaca Pemahaman Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Pokok Bahasan Soal Cerita Kelas IV

Rudyanto, Hendra Erik

Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains Vol 2 No 2 (2017)
Publisher : IAIN Ponorogo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (654.813 KB)

Abstract

Membaca, menulis dan berhitung merupakan kesatuan yang menjadi kebiasaan semua orang. Apalagi bagi peserta didik, tiada hari tanpa ketiga kegiatan tersebut. Ketika siswa mengalami hambatan dalam memahami isi soal cerita, maka siswapun sulit untuk menyelesaikan soal dengan baik. Dengan demikian, prestasi belajar siswa akan menurun karena berulang kali melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal. Tujuan dari penelitian adalah untuk membuktikan apakah terdapat pengaruh antara kemampuan membaca pemahaman terhadap prestasi belajar matematika pada pokok bahasan soal cerita kelas IV SDN 02 Kertosari Kabupaten Madiun tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa kelas IV SDN 02 Kertosari yang berjumlah 28 siswa dari dua sekolah di kelurahan Kertosari. Teknik sampling yang digunakan dengan teknik sampel jenuh, sehingga yang ada pada populasi digunakan sebagai sampel secara keseluruhan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik tes pilihan ganda pada variabel X dan tes isian pada variabel Y. Uji prasyarat yang dilakukan adalah uji normalitas, uji linearitas, dan uji homogenitas. Analisis data penelitian menggunakan regresi linear sederhana dengan menghitung nilai a, nilai b, dan nilai r, nilai t, serta koefisien determinasi untuk mengetahui seberapa besar kontribusi antar variabel.Berdasarkan hasil penelitian, koefisien determinasi yang didapatkan adalah 0,5254 atau 52,54% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kemampuan membaca pemahaman terhadap prestasi belajar matematika pada pokok bahasan soal cerita siswa kelas IV SDN 02 Kertosari tahun pelajaran 2016/2017.

Menanamkan Nilai Pendidikan Karakter Pada Siswa Melalui Pembelajaran Sastra Dengan Model Permainan Gobak Sodor

Kirom, Sabitul

Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains Vol 2 No 2 (2017)
Publisher : IAIN Ponorogo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (927.428 KB)

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan tentang pembelajaran sastra dengan model permainan gobak sodor dalam menanamkan nilai pendidikan karakter yang terfokus pada (1) pelaksanaan pembelajaran, (2) kendala yang dihadapi selama pembelajaran, dan (3) upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru melaksanakan pembelajaran sastra dengan model permainan gobak sodor untuk menanamkan nilai pendidikan karakter pada siswa. Kendala yang dialami guru yaitu guru susah mengatur peserta didik selama proses pembelajaran dan tempat yang digunakan sebagai arena untuk pembelajaran cukup luas. Guru mengatasi kendala tersebut dengan mengatur peserta didik secara tegas selama pembelajaran dan pengaturan jadwal dengan guru mata pelajaran lain.

Program Pembelajaran IPA Berbasis Masalah untuk Menumbuhkan Metakognisi Siswa MTS di Salatiga

Zuhaida, Anggun

Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains Vol 2 No 2 (2017)
Publisher : IAIN Ponorogo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (960.326 KB)

Abstract

Perkembangan bahan kajian tentang IPA yang pesat menuntut para pendidik agar mampu merancang dan melaksanakan pendidikan yang lebih terarah pada pengusaan konsep IPA. Perkembangan IPA tidak hanya ditunjukkan oleh kumpulan fakta, melainkan timbul akibat adanya metode ilmiah dan sikap ilmiah. IPA tidak hanya sekedar  pengetahuan, melainkan melibatkan operasi mental, keterampilan dan strategi dalam menemukan konsep IPA itu sendiri. Program pembelajaran IPA berbasis masalah untuk menumbuhkan metakognisi merupakan pelaksanaan perangkat pembelajaran, khususnya silabus, RPP, lembar kerja, media, dan asesmen. Model pembelajaran yang dipakai dalam penelitian ini adalah model problem based learning (PBL). Inovasi model pembelajaran merujuk pada penggunaan model PBL dalam pelaksanaan pembelajaran yang digunakan untuk mengetahui pencapaian metakognisi. Secara umum, penelitian ini dilakukan dengan prosedur penelitian Research & Development. Penelitian dilakukan pada MTs di Kota Salatiga dengan subjek penelitian  siswa kelas VIII dengan cara pengambilan sampling yaitu purposive sampling. Tujuan akhir dari penelitian ini adalah untuk meninjau karakteristik Program Pembelajaran IPA berbasis masalah, serta menganalisis tingkat pencapaian kemampuan metakognisi. Indikator-indikator metakognisi yang digunakan adalah mengacu pada tipe-tipe Metakognisi Schraw dan Dennison (1994:472-474). Hasil pencapaian keterampilan metakognisi pada aspek tes essay menunjukkan hasil yang positif, aspek kinerja menunjukkan indikator yang dominan adalah planning, sedangkan dari hasil angket menunjukkan dominasi indikator evaluasi.

Penggunaan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berbasis Discovery Learning Pada Materi Mendeskripsikan Perubahan Sifat Benda

Santi, Novi Nitya, Chotimah, Anggun Chusnul

Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains Vol 2 No 2 (2017)
Publisher : IAIN Ponorogo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1106.95 KB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa LKS yang sering digunakan di Sekolah Dasar saat ini cenderung hanya berisikan rangkuman materi dan latihan soal. Siswa mempelajari materi dan evaluasi berdasarkan LKS yang mereka gunakan dalam kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu, diperlukan adanya pengembangan LKS berbasis Discovery Learning yang tidak hanya berisikan rangkuman materi dan soal, namun juga disertai praktikum yang akan melatih siswa untuk berfikir secara ilmiah. Penelitian ini digunakan untuk mengetahui dampak penggunaan LKS berbasis Discovery Learning pada materi perubahan sifat benda. Dampak penggunaan LKS dilihat dari respon guru dan siswa terhadap penggunaan LKS berbasis Discovery Learning, serta bagaimana dampak penggunaan LKS terhadap kemampuan siswa dalam mendeskripsikan perubahan sifat benda. Hasil penelitian ini yaitu respon guru terhadap penggunaan LKS berbasis Discovery Learning yang telah diterapkan dalam pembelajaran memperoleh respon baik.  Hasil angket respon guru yaitu lebih dari 50 % jawaban guru termasuk dalam kriteria sangat setuju. Respon siswa terhadap penggunaan LKS berbasis Discovery Learning memperoleh respon positif dari siswa. Hal ini dapat diketahui dari presentase jawaban siswa yaitu dari 10 pernyataan memiliki kriteria baik yaitu nilai presentase ≥ 50 %. Selaini tu, dampak penggunaan LKS berbasis Discovery Learning terhadap kemampuan siswa dalam mendeskripsikan perubahan sifat benda yaitu memiliki dampak positif. Hal ini dapat diketahui dari hasil penilaian pretes dan postes. Pada hasil pretesterdapat 2 siswa yang memperolehnilai di bawah KKM. Sedangkan pada nilai postes siswa mengalami peningkatan yaitu hanya 1 siswa yang mendapatkan nilai di bawah KKM.

Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV SDN Kertosari I Kabupaten Madiun

Kusumawati, Naniek

Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains Vol 2 No 2 (2017)
Publisher : IAIN Ponorogo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (770.663 KB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN Kertosari I Kabupaten Madiun sejumlah 20 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Triangulasi serta kegiatan pengumpulan data menggunakan siklus yang terdiri dari 2 siklus. Peningkatan hasil belajar siswa dengan aspek kemampuan siswa dalam memecahkan masalah, kemampuan siswa dalam melakukan percobaan, kerjasama dalam kelompok. Ketuntasan hasil belajar siswa pada pra siklus yaitu 25%, siklus I adalah 65% dan siklus II mencapai 90%. Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa materi perubahan lingkungan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SDN Kertosari I Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2016/2017.

Pengembangan Media Audio Visual Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Untuk Sekolah Dasar

Yuanta, Friendha

Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains Vol 2 No 2 (2017)
Publisher : IAIN Ponorogo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (901.531 KB)

Abstract

Bahasa Indonesia merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan di sekolah dasar. Salah satu kegiatan berbahasa adalah menyimak. Berdasarkan hasil pengamatan diketahui bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia pada ketrampilan menyimak cerita belum berjalan secara optimal. Hal ini dapat dilihat dari setiap pembelajaran guru masih menggunakan metode ceramah. Sehingga siswa terlihat kurang antusias dan cenderung pasif. Penggunaan media audio visual dalam pembelajaran diharapkan adanya peningkatan dalam proses pembelajaran, terutama dalam hal menyimak cerita. Kegiatan pengembangan ini dilaksanakan dengan tujuan menghasilkan media audio visual mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 3 semester 2 yang efektif, membuat siswa dapat menerima pembelajaran dengan baik. Metode yang digunakan dalam pengembangan ini menggunakan model Dick and Carey. Model ini memiliki sepuluh langkah prosedural, hanya saja untuk pengembangan ini diadaptasi menjadi sembilan langkah, yakni: (1) mengidentifikasi tujuan umum pembelajaran (2) analisis pembelajaran (3) mengidentifikasi karakteristik siswa (4) merumuskan tujuan khusus pembelajaran (5) mengembangkan instrumen penilaian (6) mengembangkan strategi pembelajaran (7) mengembangkan dan memilih bahan pembelajaran (8) merancang dan melaksanakan evaluasi formatif (9) merevisi produk pembelajaran. Hasil akhir yang diperoleh dari pengembangan media audio visual ini adalah produk yang dikembangkan termasuk dalam kriteria valid/layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Hifdzil Quran dan Kemampuan Membaca Al-Quran Mahasiswa Prodi PGMI Jurusan Tarbiyah STAIN Pamekasan

Sadiyah, Halimatus

Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains Vol 2 No 2 (2017)
Publisher : IAIN Ponorogo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (822.35 KB)

Abstract

Kemampuan membaca al-Quran merupakan kemampuan utama yang harus dimiliki oleh peserta didik yang beragama Islam, oleh sebab itu, pendidikan yang mengarahkan kemampuan membaca al-Quran haruslah dilaksanakan dengan baik, sistematis dan terencana. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kemampuan membaca al-Quran mahasiswa dan implementasi Hifdzil Quran Juz 30 di prodi PGMI Jurusan Tarbiyah STAIN Pamekasan, selain itu juga untuk menggambarkan dan mengungkap (to describe and explore) implementasi program Hifdzil Quran Juz 30 prodi PGMI Jurusan Tarbiyah STAIN Pamekasan. Adapun tingkat kemampuan membaca al-Quran mahasiswa program studi PGMI Jurusan Tarbiyah secara keseluruhan sudah cukup baik, karena pada dasarnya semua mahasiswa bisa membaca al-Quran, akan tetapi ada beberapa mahasiswa yang masih belum menguasai ilmu tajwid, dan memerlukan bimbingan khusus dari dosen bimbingan hafalannya. Untuk Implementasi Hifdzil Qurannya sudah cukup baik, karena sebagian besar mahasiswa sudah menyetor dan menyelesaikan hafalannya. Namun ada beberapa catatan penting yang harus diperhatikan yaitu terkait laboratorium al-Quran sebagai tempat mahasiswa bimbingan masih belum ada juga kerjasama pihak-pihak terkait ada yang belum maksimal.

Identifikasi Miskonsepsi Konsep Fotosintesis Melalui Two-Tier Diagnostic Test dan Wawancara Diagnostik

Roosyanti, Anna

Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains Vol 2 No 2 (2017)
Publisher : IAIN Ponorogo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (704.347 KB)

Abstract

Pada konsep Fotosintesis, siswa Sekolah Dasar sering memiliki konsepsi (pemahaman) yang salah. Penyebab miskonsepsi ini salah satunya bersumber dari guru. Sebagai calon guru Sekolah Dasar, mahasiswa diharapkan dapat mengajarkan konsep Fotosintesis dengan benar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi miskonsepsi pada konsep Fotosintesis yang terjadi pada mahasiswa calon guru Sekolah Dasar melalui two-tier diagnostic test dan wawancara diagnostik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, yang memaparkan jenis miskonsepsi yang terjadi. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Wijaya Kusuma Surabaya semester 1 tahun akademik 2016-2017, sebanyak 22 mahasiswa. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut: (1) Terdapat miskonsepsi yang dialami oleh mahasiswa pada konsep Fotosintesis. Konsepsi (pemahaman) mahasiswa paling rendah pada konsep Proses Fotosintesis membutuhkan cahaya yaitu sebesar 18,18%, sedangkan konsepsi paling tinggi yaitu pada konsep Produk yang dihasilkan dari proses Fotosintesis dengan prosentase sebesar 81,83%. (2) Sumber atau penyebab dari miskonsepsi yang dialami oleh mahasiswa yaitu berasal dari prakonsepsi mahasiswa dan bahan ajar. Simpulan pada penelitian ini yaitu two-tier diagnostic test dan wawancara diagnostik dapat dijadikan sebagai referensi dalam melakukan identifikasi terhadap miskonsepsi pada konsep Fotosintesis.

Penggunaan Model Pembelajaran SAVI Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Pada Siswa Kelas V SD Al Husna Kota Madiun

Yanto, Eka Nofri Ari

Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains Vol 2 No 2 (2017)
Publisher : IAIN Ponorogo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (653.749 KB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti di SD Al Husna (IFDS), diketahui bahwa proses pembelajaran di kelas V masih bersifat konvensional sehingga kurang mengembangkan pola pikir dan kreatifitas siswa. Terdapat beberapa guru khususnya pada mata pelajaran IPS kelas V hanya berceramah dan siswa hanya mendengarkan, mencatat dan menghafalkan materi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa khususnya pada mata pelajaran IPS kelas VA dengan menggunakan model pembelajaran SAVI. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), prosedur penelitian yang digunakan berupa siklus yang terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan  refleksi.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes kognitif dan alat pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen soal dan lembar observasi. Hasil analisis data yang diperoleh menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada hasil belajar yang berdampak pada prestasi belajar siswa.Hal ini dapat dilihat dari hasil presentase rata-rata pada siklus I yaitu 75% yang artinya ada 15 dari 20 siswa yang tuntas. Terjadi peningkatan pada siklus yang ke II yaitu 80% yang artinya ada 16 dari 20 siswa yang tuntas dalam pembelajaran. Pada siklus terakhir juga mengalami peningkatan yang signifikan dari siklus sebelumnya yaitu 90% yang artinya ada 18 dari 20 siswa yang tuntas pada siklus terkhir ini. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran SAVI dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD Al Husna (IFDS).

Jenis-jenis Benalu dengan Tanaman Inang Pada Ruang Terbuka Hijau Kota Surabaya

Chamidah, Dina

Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains Vol 2 No 2 (2017)
Publisher : IAIN Ponorogo

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (706.705 KB)

Abstract

Ruang Terbuka Hijau berfungsi sebagai wadah (container) untuk kehidupan manusia, baik secara individu maupun berkelompok, serta wadah makhluk lainnya untuk hidup dan berkembang secara berkelanjutan. Keindahan dan nilai manfaat tanaman di Ruang Terbuka Hijau sering terganggu dengan adanya benalu. Keberadaan benalu sering mengindikasikan terjadinya gangguan ataupun kerusakan tumbuh-tumbuhan inang yang diparasitinya. Benalu sudah banyak diketahui oleh masyarakat, namun belum pernah mendapatkan perhatian dalam penanganannya. Selama ini belum banyak penelitian tentang  kerusakan tanaman atau kerugian yang disebabkan oleh benalu.Pelaksanaan penelitian bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya benalu pada ruang terbuka hijau kota Surabaya dan untuk mengetahui identifikasi dominansi benalu dengan tanaman inang yang ada di ruang terbuka hijau Kota Surabaya. Penelitian tentang jenis-jenis benalu dengan tanaman inangnya pada ruang terbuka hijau Kota Surabaya, Jawa Timur dilakukan di beberapa titik pengamatan, yaitu : Wilayah Surabaya Pusat, Wilayah Surabaya Utara, Wilayah Surabaya Timur, Wilayah Surabaya Selatan, dan Wilayah Surabaya Barat. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode jelajah (cruise method) dengan mendatangi tempat-tempat dimana banyak vegetasi tanaman, pada setiap satu titik terdapat 500 vegetasi tanaman yang memungkinkan menjadi inang benalu. Hasil penelitian didapatkan 3 jenis benalu, 1 jenis benalu dari suku Crypteroniaceae yaitu Henslowia frutescens .Champ. yang memarasiti 39 jenis tanaman inang dan 2 jenis benalu dari suku Loranthaceae, yaitu Loranthus Sp dan Macrosolen cochinchinensis (Lour.) van Tiegh.