cover
Filter by Year
ANALITIKA
Published by Universitas Medan Area
Articles by issue : Vol 8, No 2 (2016): ANALITIKA DESEMBER
7
Articles
HUBUNGAN HARGA DIRI DAN OPTIMISME DENGAN KESEJAHTERAAN SUBJEKTIF PADA MAHASISWA MAGISTER PSIKOLOGI UNIVERSITAS MEDAN AREA

Safarina, Nur Afni ( Universitas Medan Area )

ANALITIKA Vol 8, No 2 (2016): ANALITIKA DESEMBER
Publisher : Universitas Medan Area

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (939.243 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan harga diri dan optimisme dengan kesejahteraan subjektif mahasiswa Magister Psikologi UMA. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional. Sampel penelitian ini berjumlah 75 mahasiswa magister psikologi UMA yang masih aktif dengan menggunakan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tiga skala, yaitu skala Kesejahteraan subjektif, Skala harga diri dan skala optimisme. Analisis data menggunakan teknik Analisis Regresi Berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) ada hubungan positif yang signifikan antara harga diri dan optimisme dengan kesejahteraan subjektif, dimana koefisien rx12y = 0,640 dan  p = 0,000 dengan konstribusi sebesar 40,9%. (2) ada hubungan positif yang signifikan antara harga diri dengan kesejahteraan subjektif, dimana koefisien rx1y = 0,635 dan p = 0,000, konstribusi sebesar 40,3%. (3) ada hubungan positif yang signifikan antara optimisme dengan kesejahteraan subjektif, dimana koefisien rx2y = 0,414 dan p = 0,000, dengan konstribusi sebesar 17,1%, dengan demikian dinyatakan bahwa seluruh hipotesis dapat diterima.

HUBUNGAN KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN DISIPLIN KERJA DENGAN KINERJA PERAWAT RUMAH SAKIT TK.II PUTRI HIJAU MEDAN

Harahap, Ryana Elanda Yunita ( Universitas Medan Area )

ANALITIKA Vol 8, No 2 (2016): ANALITIKA DESEMBER
Publisher : Universitas Medan Area

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (895.816 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan melihat Hubungan Kepemimpinan transformasional dan Disiplin kerja dengan Kinerja Perawat Rumah Sakit Tk.II Putri Hijau Medan. Hipotesis yang di ajukan adalah ada hubungan kepemimpinan transformasional dan disiplin kerja dengan kinerja perawat. Penelitian ini dilakukan terhadap 73 orang perawat, teknik pengambilan data dengan metode skala dan metode dokumentasi yaitu skala kepemimpinan transformasional dan disiplin kerja, populasi berjumlah 292 orang, teknik pengambilan sampel adalah sampel accidental. Hasil penelitian menunjukkan: (a) Terdapat hubungan positif yang signifikan antara kepemimpinan transformasional dan disiplin kerja dengan kinerja perawat. Hal ini berdasarkan data Freg = 69,373; dan koefisien regresi rx1x2y = 0,815; p < 0,000. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka hipotesis yang diajukan dinyatakan diterima. (b)Kepemimpinan transformasional juga memiliki hubungan positif yang signifikan dengan kinerja perawat dengan korelasi rx1y = 0,815; p < 0,000; dan tergolong sangat kuat. (c) Hasil penelitian juga diketahui bahwa displin kerja perawat turut berkontribusi pada peningkatan kinerja perawat itu sendiri. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan positif yang signifikan antara disiplin kerja dengan kinerja perawat dengan koefisien korelasi rx2y = 0,779; p < 0,000; dan tergolong kuat. (d) Telah diketahui bahwa kepemimpinan transformasional dan disiplin kerja secara bersama-sama tergolong sangat kuat terhadap kinerja perawat. Dengan kata lain masih terdapat 33,5% dari faktor lain yang berkaitan dengan kinerja perawat. 

PENGARUH KONSELING PASTORAL TERHADAP KEMANDIRIAN DAN SIKAP KEBERAGAMAAN SISWA

Sahana, Senta Dewi ( Universitas Medan Area )

ANALITIKA Vol 8, No 2 (2016): ANALITIKA DESEMBER
Publisher : Universitas Medan Area

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (933.332 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling pastoral terhadap kemandirian dan sikap keberagamaan siswa di SMK Cinta Rakyat Pematang Siantar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dalam bimbingan konseling dengan rancangan penelitian pretest-posttest-control group design. Sampel penelitian adalah 30 orang siswa kelas 2 di SMK Cinta Rakyat Pematang Siantar. Data dikumpulkan dengan menggunakan skala tentang kemandirian dan sikap keberagamaan siswa. Berdasarkan hasil analisis, ditemukan bahwa konseling pastoral berpengaruh terhadap kemandirian dan sikap keberagamaan di SMK Cinta Rakyat Pematang Siantar.

PENGARUH KEPUASAN KERJA DAN JOB INSECURITY TERHADAP TURNOVER INTENTION STAF PENGAJAR DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS ISLAM SUMATERA UTARA

Yani, Dita ( Universitas Islam Sumatera Utara )

ANALITIKA Vol 8, No 2 (2016): ANALITIKA DESEMBER
Publisher : Universitas Medan Area

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (913.86 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepuasan kerja dan job insecurity terhadap turnover intention staf pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara. Metode yang digunakan adalah kuantitatif, dengan alat ukur berupa skala turnover intention, skala kepuasan kerja dan skala job insecurity. Pengambilan sampel menggunakan total sampling dan jumlah sampel yang digunakan adalah 116 orang staf pengajar. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda dengan menggunakan SPSS versi 21.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan darikepuasan kerja dan job insecurity terhadap turnover intention staf pengajar (Fhitung = 147,259 > Ftabel = 3,08, p = 0,000 < 0,05), terdapat pengaruh yang signifikan dari kepuasan kerja terhadap turnover intention (-thitung = -6,966 < -ttabel = -1,981 dengan Sig. (0,000) < 0,05), dan terdapat pengaruh yang signifikan dari job insecurity terhadap turnover intention staf pengajar (thitung = 6,399 > ttabel = 1,981 dengan Sig. (0,000) < 0,05). Secara umum, kontribusi kepuasan kerja dan job insecurity terhadap turnover intention adalah sebesar 72,3%. Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa tingkat turnover intention, kepuasan kerja dan job insecurity staf pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara tergolong sedang.

PENGARUH BUDAYA ORGANISASI TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN MELALUI KEPUASAN KERJA

Suwandi, Suwandi ( Universitas Medan Area )

ANALITIKA Vol 8, No 2 (2016): ANALITIKA DESEMBER
Publisher : Universitas Medan Area

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1148.566 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi terhadap prestasi kerja karyawan melalui kepuasan kerja. Subyek penelitian adalah karyawan PT Waruna Nusa Sentana – Head Office. Metode Analisis Jalur menunjukkan hasil bahwa budaya organisasi berpengaruh terhadap kepuasan kerja karyawan, kepuasan kerja tidak berpengaruh terhadap prestasi kerja karyawan, budaya organisasi tidak berpengaruh terhadap prestasi kerja karyawan dan kepuasan kerja sebagai variabel intervening tidak memberikan efek mediasi yang diharapkan sehingga nilai pengaruh langsung budaya organisasi terhadap prestasi kerja karyawan (0,667) lebih besar daripada nilai pengaruh tidak langsung budaya organisasi terhadap prestasi kerja melalui kepuasan kerja karyawan (0,285). Budaya organisasi dan kepuasan kerja memberikan pengaruh sebesar 92,5% terhadap prestasi kerja karyawan. Hasil penelitian lainnya menunjukkan bahwa budaya organisasi di PT Waruna Nusa Sentana – Head Office tergolong lemah, tingkat kepuasan kerja karyawan tergolong rendah dan tingkat prestasi kerja karyawan tergolong rendah.

HUBUNGAN KONTROL DIRI DAN HARGA DIRI DENGAN KECERDASAN MORAL SISWA SMK SINAR HUSNI 2 TR LABUHAN DELI

Mulkan, Khairul ( Universitas Medan Area )

ANALITIKA Vol 8, No 2 (2016): ANALITIKA DESEMBER
Publisher : Universitas Medan Area

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1007.442 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kontrol diri dan  harga diri dengan kecerdasan moral siswa SMK Sinar Husni 2 TR Labuhan Deli.  Subjek penelitan berjumlah 107 orang siswa SMK Sinar Husni 2 TR Labuhan Deli, dengan menggunakan teknik pengambilan sampel ramdom sampling .  Hasil penelitian  menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan  antara kontrol diri dengan kecerdasan moral siswa, terdapat hubungan positif  yang signifikan antara harga diri dengan kecerdasan moral siswa, serta terdapat hubungan positif yang signifikan antara kontrol diri dan harga diri dengan kecerdasan moral siswa.  Hasil ini  ditunjukkan  dengan  F = 47,205 dan p =0,001, p< 0,05. Ini menandakan bahwa semakin tinggi kontrol diri dan harga diri maka semakin baik kecerdasan moral.  Kontrol diri  memberi kontribusi terhadap  kecerdasan moral  sebesar 47,5 %  dan harga diri memberikan kontribusi terhadap kecerdasan moral sebesar  4,2 %.  Kontribusi kontrol diri dan harga diri memberikan kontribusi  terhadap kecerdasan moral sebesar 47,6 %,hal ini berarti masih terdapat       52,4 % faktor lain yang dapat mempengaruhi kecerdasan moral.

Pengaruh Kepercayaan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan di Perusahaan Seiko Laundry Medan

Harumi, Sasha Dwi ( Universitas Medan Area )

ANALITIKA Vol 8, No 2 (2016): ANALITIKA DESEMBER
Publisher : Universitas Medan Area

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (958.975 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menguji pengaruh kepercayaan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan di perusahaan Seiko Laundry Medan. Subjek penelitian adalah pelanggan Seiko Laundry sebanyak 128 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan purposive sampling. Peneliti menggunakan 3 (tiga) jenis skala yaitu skala kepercayaan, skala kepuasan pelanggan dan skala loyalitas pelanggan. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil analisis didapatkan koefisien determinasi antara X1 dan X2 dengan Y sebesar R2 = 0,053 dengan p = 0,034 < 0,05. Nilai tersebut menunjukkan bahwa secara bersama-sama terdapat pengaruh yang signifikan antara kepercayaan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan. Koefisien determinasi antara X1 dengan Y sebesar R2 = 0,052 dengan p = 0,009 < 0,05. Nilai tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kepercayaan terhadap loyalitas pelanggan. Koefisien determinasi antara X2 dengan Y sebesar R2 = 0,005 dengan p = 0,005 < 0,05. Nilai tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan.