cover
Filter by Year
ANALITIKA
Published by Universitas Medan Area
Articles by issue : Vol 8, No 1 (2016): ANALITIKA JUNI
7
Articles
Hubungan Konsep Diri Dan Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Interaksi Sosial Mahasiswa

Pasaribu, Selamat ( Universitas Islam Negeri Sumatera Utara )

ANALITIKA Vol 8, No 1 (2016): ANALITIKA JUNI
Publisher : Universitas Medan Area

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (208.47 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan melihat hubungan konsep diri dan dukungan sosial teman sebaya dengan interaksi sosial mahasiswa UIN Sumatera Utara. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa jurusan PBI FITK UINSU berjumlah 480 orang. Sampel berjumlah 120 orang yang dipilih dengan menggunakan proportional random sampling. Instrumen pengumpulan data adalah angket dan data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 39,94% responden memiliki konsep diri yang tergolong di bawah rata-rata. Sementara itu, sebanyak sebesar 45% responden memiliki skor dukungan sosial teman sebaya yang tergolong di atas rata-rata. Selanjutnya diketahui bahwa sebanyak 46,67% responden memiliki skorinteraksi sosial yang berada di atas rata-rata. Besarnya hubungan variabel dukungan sosial dengan interaksi sosial mahasiswa jurusan PBI FITK UINSU adalah sebesar 17,8%. Besarnya hubungan konsep diri dan dukungan sosial teman sebaya secara bersama-sama terhadap interaksi sosial mahasiswa jurusan PBI FITK UINSU adalah sebesar 21,3%. 

Hubungan Antara Pola Asuh Permissive Indulgent Dan Interaksi Sosial Dengan Kematangan Emosi

Nasution, Meutia Fajar Sari ( Universitas Medan Area )

ANALITIKA Vol 8, No 1 (2016): ANALITIKA JUNI
Publisher : Universitas Medan Area

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (124.459 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh permissive indulgent dan interaksi sosial dengan kematangan emosi pada siswa SMA Negeri 2 Medan. Sampel dalam penelitian ini  adalah siswa SMA Negeri 2 Medan berjumlah 88 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan screening tes. Alat ukur penelitian ini mengunakan skala permissive indulgent, interaksi sosial dan kematangan emosi. Metode analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan  bahwa ada hubungan yang signifikan permissive indulgent dan interaksi sosial dengan kematangan emosi. 

emahaman Nilai Sosial Dan Prestasi Belajar Siswa SD Ditinjau Dari Status Ketiadaan Ayah

Tarigan, Angeline Hosana Zefany ( Program Studi Magister Psikologi, Program Pascasarjana, Universitas Medan Area )

ANALITIKA Vol 8, No 1 (2016): ANALITIKA JUNI
Publisher : Universitas Medan Area

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (154.992 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara status ketiadaan ayah dengan pemahaman nilai sosial siswa SD, apakah ada hubungan antara status ketiadaan ayah dengan prestasi belajar siswa SD, serta apakah ada hubungan antara status ketiadaan ayah dengan pemahaman nilai sosial dan prestasi belajar siswa SD. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan metode analisis Multivariate Anova (Manova). Subyek penelitian adalah siswa SD yang berjumlah 36 orang yang diketahui tidak memiliki ayah. Hasil analisis menunjukkan nilai F dan nilai signifikansi (nilai p) untuk variabel status ketiadaan ayah terhadap pemahaman nilai sosial adalah 0,844 dan 0,365. Karena nilai p > 0,05, maka hal ini berarti Ho1 diterima atau tidak ada hubungan antara status ketiadaan ayah dengan pemahaman nilai sosial siswa SD. Nilai F dan nilai P untuk variabel status ketiadaan ayah terhadap prestasi belajar adalah 0,520 dan 0,476. Karena nilai p > 0,05, maka hal ini berarti Ho2 diterima atau tidak ada hubungan antara status ketiadaan ayah dengan prestasi belajar siswa SD. Nilai F dan nilai P untuk variabel status ketiadaan ayah terhadap pemahaman nilai sosial dan prestasi belajar adalah 0,503 dan 0,609. Karena nilai p > 0,05, maka hal ini berarti Ho3 diterima atau tidak ada hubungan antara status ketiadaan ayah dengan pemahaman nilai sosial dan prestasi belajar siswa SD. Bisa juga disimpulkan bahwa ketiadaan ayah tidak memiliki hubungan dengan pemahaman nilai sosial dan prestasi belajar siswa SD.

Hubungan Dukungan Sosial Dan Kecerdasan Emosional Dengan Self Regulated Learning

Lubis, Rifi Hamdani ( Universitas Medan Area, Indonesia )

ANALITIKA Vol 8, No 1 (2016): ANALITIKA JUNI
Publisher : Universitas Medan Area

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (285.637 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang hubungan antara dukungan sosial dan kecerdasan emosional dengan self regulated learning. Populasi penelitian adalah siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Medan dengan sampel penelitian yaitu siswa kelas VIII yang dipilih secara random sebanyak 150 siswa. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan skala dukungan sosial, skala kecerdasan emosional, dan skala self regulated learning yang disusun berdasarkan teori yang relevan dengan menggunakan metode Likert. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara dukungan sosial dengan self-regulated learning pada siswa dengan kekuatan hubungan sebesar 8,35% ;  adanya hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan self-regulated learning pada siswa dengan kekuatan hubungan sebesar 22,27%; dan adanya hubungan yang signifikan antara dukungan sosial dan kecerdasan emosional terhadap self-regulated learning pada siswa dengan kekuatan hubungan sebesar 25,29 %. 

Ciri - Ciri Kepribadian Dan Kepatutan Sosial Sebagai Prediktor Subjective Well-Being (Kesejahteraan Subyektif) Pada Remaja Akhir

Giyati, Giyati ( Universitas Mercu Buana, Yogyakarta ) , Wardani, Indra Ratna Kusuma ( Universitas Mercu Buana, Yogyakarta )

ANALITIKA Vol 8, No 1 (2016): ANALITIKA JUNI
Publisher : Universitas Medan Area

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (235.885 KB)

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan antara ciri-ciri kepribadian dan kepatutan sosial dengan subjective well-being pada remaja akhir. Sampel penelitian berjumlah 186 remaja laki-laki dan perempuan, usia 18-21 tahun, telah menyelesaikan serangkaian skala subjective well-being, skala ciri-ciri kepribadian Big Five Personality dan skala kepatutan sosial Marlowe Crowne. Analisis regresi berganda digunakan untuk menguji hubungan antara ciri-ciri kepribadian dan kepatutan sosial dengan subjective well-being pada remaja akhir (hipotesis pertama). Analisis korelasi Parsial digunakan untuk menguji hubungan antara ciri-ciri kepribadian dengan subjective well-being pada remaja akhir (hipotesis kedua), dan hubungan antara kepatutan sosial dengan subjective well-being pada remaja akhir (hipotersis ketiga). Hasil analisis data menunjukkan bahwa ada hubungan kuat antara ciri-ciri kepribadian dan kepatutan sosial dengan subjective well-being, ada hubungan antara ciri-ciri kepribadian dengan subjective well-being, dan ada hubungan antara kepatutan sosial dengan subjective well-being. Dengan demikian ciri-ciri kepribadian (Big Five Personality) dan kepatutan sosial (Marlowe Crowne) dapat dijadikan prediktor subjective well-being pada remaja akhir.   

Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan

Edward, Ronny ( Universitas Medan Area )

ANALITIKA Vol 8, No 1 (2016): ANALITIKA JUNI
Publisher : Universitas Medan Area

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (149.966 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan transformasional dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan pada PT. Waruna Nusa Sentana. Alat ukur penelitian adalah skala kepemimpinan transformasional yang disusun berdasarkan dimensi kepemimpinan transformasional yang dikemukakan oleh Bass dan Avolio, skala motivasi kerja berdasarkan dimensi motivasi kerja yang dikemukakan oleh David Clarence McCelland. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan analisis statistik regresi linier berganda. Analisa data menggunakan software pengolahan data statistik yaitu SPSS 20.0 for windows. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 500 orang dengan penentuan sampel sebanyak 100 orang karyawan PT. Waruna Nusa Sentana. Hasil uji statistik dengan menggunakan analisis regresi berganda menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional dan motivasi kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan PT. Waruna Nusa Sentana. Adapun pengaruh kepemimpinan transformasional dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan adalah sebesar 63,4% dan sisanya sebesar 36,6% dipengaruhi oleh faktor lainnya. 

Hubungan Self Regulated Learning Dan Kematangan Emosi Dengan Prokrastinasi Akademik

Ilyas, Ilyas ( Universitas Medan Area )

ANALITIKA Vol 8, No 1 (2016): ANALITIKA JUNI
Publisher : Universitas Medan Area

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (117.954 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan ingin mengetahui : Hubungan Self Regulated Learning Dan Kematangan Emosi Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Siswa SMK Negeri 1 Stabat. Penelitian dilakukan terhadap 123 orang siswa, tehnik pengambilan data dengan metode skala yaitu skala Self Regulated Learning, skala Kematangan Emosi dan skala Prokrastinasi, yang sebelumnya ketiga  skala tersebut diuji cobakan terhadap 50 orang siswa. Populasi adalah siswa kelas X dan XI yang berjumlah 1232 orang siswa, tehnik pengambilan sampel adalah simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan ; 1). Ada hubungan negatif yang sangat signifikan antara Self Regulated Learning dan kematangan emosi terhadap prokrastinasi akademik 2). Ada hubungan negatif yang sangat signifikan antara Self Regulated Learning dengan prokrastinasi akademik pada siswa SMK Negeri 1 Stabat 3). Ada hubungan negatif yang sangat signifikan antara kematangan emosi terhadap prokrastinasi akademik pada siswa SMK Negeri 1 Stabat.