cover
Filter by Year
ANALITIKA
Published by Universitas Medan Area
Articles by issue : Vol 7, No 2 (2015): JURNAL ANALITIKA
7
Articles
HUBUNGAN HARGA DIRI SISWA DAN POLA ASUH DEMOKRATIS ORANGTUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

Pandia, Winny Harismayani ( Program Studi Magister Psikologi, Program Pascasarjana, Universitas Medan Area ) , Munir, Abdul ( Universitas Negeri Medan ) , Azis, Azhar ( Universitas Negeri Medan )

ANALITIKA Vol 7, No 2 (2015): JURNAL ANALITIKA
Publisher : Universitas Medan Area

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (343.342 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara harga diri siswa dan pola asuh demokratis orangtua dengan motivasi belajar siswa. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional deskriptif. Penelitian dilakukan terhadap para siswa SMA St. Thomas III Medan yang duduk di kelas X dan XI. Sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria sampel adalah   siswa SMA berusia 14-18 tahun dan memiliki pola asuh orangtua yang demokratis. Berdasarkan kriteria tersebut didapati jumlah siswa yang dijadikan sampel dalam penelitian ini adalah 120 orang. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan skala harga diri, skala pola asuh demokratis, dan skala motivasi belajar. Analisa regresi terhadap data penelitian yang terkumpul menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara harga diri dengan motivasi belajar, adanya hubungan yang signifikan antara pola asuh demokratis dengan motivasi belajar, serta adanya hubungan yang signifikan antara harga diri dan pola asuh demokratis dengan motivasi belajar. 

HUBUNGAN KEYAKINAN DIRI DAN KEMANDIRIAN DENGAN KEMATANGAN VOKASIONAL

Simamora, Ebdinar ( Program Studi Magister Psikologi, Program Pascasarjana, Universitas Medan Area ) , Menanti, Asih ( Universitas Negeri Medan ) , Mutia, Cut ( Universitas Islam Negeri Sumatera Utara )

ANALITIKA Vol 7, No 2 (2015): JURNAL ANALITIKA
Publisher : Universitas Medan Area

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (348.794 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang hubungan antara keyakinan diri dan kemandirian dengan kematangan vokasional. Subjek penelitian adalah siswa/i SMK Negeri 3 Tebing Tinggi jurusan Perhotelan karena para alumni menunjukkan tingkat vokasional rendah yang dominan setelah lulus dan dihadapkan dengan dunia karir. Subjek yang dipilih adalah para siswa/i yang duduk di kelas X dengan proses pemilihan menggunakan teknik total sampling. Sebanyak 120 siswa menjadi subjek penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tiga skala yaitu skala keyakinan diri, kemandirian, dan kematangan vokasional. Data yang diperoleh kemudian dianalisa dengan menggunakan analisis regresi berganda. Dari hasil analisis data diketahui bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara keyakinan diri dan kemandirian dengan kematangan vokasional dimanasumbangan efektif kedua variabel (keyakinan diri dan kemandirian) sebesar 81,2%. Kesimpulan penelitian dapat dijadikan dasar pertimbangan bagi pendidik sekolah untuk memberikan motivasi, pengarahan dan pemahaman kepada siswa bahwa keyakinan diri dan kemandirian dapat meningkatkan kematangan vokasional siswa.

PERBEDAAN KOMPETENSI KOMUNIKASI ANTARA REMAJA YANG MENGGUNAKAN DUA BAHASA (BILINGUAL) DAN SATU BAHASA (MONOLINGUAL)

Marini, Liza ( Fakultas Psikologi, Universitas Sumatera Utara ) , Rahma, Khairiah Mulia ( Fakultas Psikologi, Universitas Sumatera Utara )

ANALITIKA Vol 7, No 2 (2015): JURNAL ANALITIKA
Publisher : Universitas Medan Area

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (298.444 KB)

Abstract

Kompetensi komunikasi penting bagi penyesuaian diri remaja dan dipengaruhi oleh bagaimana para remaja menggunakan bahasanya dalam berkomunikasi sehari-hari. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbedaan kompetensi komunikasi antara remaja yang menggunakan dua bahasa (bilingual) dan satu bahasa (monolingual). Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan tujuan komparatif. Populasi penelitian adalah remaja awal di kota Medan.  Sampel penelitian adalah siswa SMP Krakatau sebagai remaja monolingual dan siswa SMP Shafiyyatul Amaliyyah sebagai remaja bilingual. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 160 orang, yaitu 80 orang siswa bilingual dan 80 orang siswa monolingual yang dipilih dengan menggunakan metode pengambilan sampel acak sederhana (simple random sampling). Alat ukur yang digunakan berupa skala kompetensi komunikasi yang disusun berdasarkan komponen kompetensi komunikasi yang dikemukakan Spitzberg dan Cupach (dalam Greene & Burleson, 2003; Payne, 2005), yaitu knowledge, motivation, dan skill. Hasil analisa data penelitian menggunakan independent sample t-test menunjukkan bahwa ada perbedaan kompetensi komunikasi antara remaja bilingual dan monolingual. Remaja monolingual memiliki kompetensi komunikasi yang lebih baik dari remaja bilingual, terutama pada komponen knowledge dan motivation. Sebagai bahan diskusi, penelitian ini dilakukan pada setting situasi masyarakat yang masih monolingual.

PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KREATIVITAS TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU

Sulaiman, Sulaiman ( Program Studi Magister Psikologi, Program Pascasarjana, Universitas Medan Area ) , Sitompul, Harun ( Universitas Negeri Medan ) , Mutia, Cut ( Universitas Islam Negeri Sumatera Utara )

ANALITIKA Vol 7, No 2 (2015): JURNAL ANALITIKA
Publisher : Universitas Medan Area

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (497.911 KB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran dan kreativitas terhadap hasil belajar IPS Terpadu. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 7 Medan yang berjumlah 10 kelas. Sampel penelitian ditentukan secara acak dengan teknik cluster random sampling sebanyak 64 orang yang berasal dari dua kelas. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen semu (quasi experiment). Instrumen penelitian adalah tes hasil belajar IPS Terpadu dan tes kreativitas dimana data dianalisis dengan menggunakan uji ANAVA Faktorial 2 × 2. Hasil analisa menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan strategi pembelajaran inkuiri dengan siswa yang menggunakan strategi pembelajaran konvensional, terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang memiliki kreativitas tinggi dengan siswa yang memiliki kreativitas rendah, dan ada interaksi antara strategi pembelajaran dan kreativitas terhadap hasil belajar siswa.

EFEKTIVITAS KONSELING REALITAS UNTUK MENINGKATKAN PENYESUAIAN DIRI

Novalina, Susi Diriyanti ( Fakultas Psikologi, Universitas Sumatera Utara )

ANALITIKA Vol 7, No 2 (2015): JURNAL ANALITIKA
Publisher : Universitas Medan Area

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (405.341 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan design pretest-posttest control group yang melibatkan 10 orang subjek penelitian yang terbagi dalam kelompok kontrol (5 orang) dan eksperimen (5 orang). Variabel dalam penelitian ini adalah konseling realitas sebagai variabel bebas dan penyesuaian diri sebagai variabel terikat. Penelitian ini mengambil lokasi di salah satu pendidikan tinggi yang memiliki sistem berasrama di kota Medan. Waktu pemberian perlakuan adalah empat hari dengan jumlah pertemuan sebanyak empat kali (satu hari untuk satu sesi pertemuan). Masing-masing sesi dilaksanakan selama ±180 menit. Setelah pelaksanaan intervensi selesai dilaksanakan, diberikan jeda waktu dua minggu sebelum dilakukan follow up. Data yang diperoleh kemudian dianalisa dengan menggunakan uji Mann Whitney U test.Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling realitas efektif meningkatkan penyesuaian diri taruna.  Sebelum mendapat konseling realitas, kelima subjek penelitian yang tergabung dalam kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol memiliki penyesuaian diri yang berada pada kategori rendah. Kemudian setelah diberikan intervensi konseling realitas pada kelompok eksperimen mengalami peningkatan penyesuaian diri menjadi kategori sedang. Konseling realitas memiliki pengaruh yang besar untuk meningkatkan penyesuaian diri yang terlihat dari nilai effect size sebesar 0,840.  

PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK PEER GROUP TERHADAP EFIKASI DIRI DAN SELF-REGULATED LEARNING

br. Tarigan, Rahmawati ( Program Studi Magister Psikologi, Program Pascasarjana, Universitas Medan Area ) , Milfayetty, Sri ( Universitas Negeri Medan ) , Irawani, Nurmaida ( Program Studi Magister Psikologi, Program Pascasarjana, Universitas Medan Area )

ANALITIKA Vol 7, No 2 (2015): JURNAL ANALITIKA
Publisher : Universitas Medan Area

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (287.003 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik peer group terhadap efikasi diri dan self-regulated learning. Jenis penelitian adalah eksperimen dengan rancangan penelitian pretest-posttest group design. Sampel penelitian adalah 16 orang mahasiswatingkat II di Akademi Kebidanan (Akbid) Helvetia Medan yang mempunyai tingkat efikasi diri dan self-regulated learningyang tergolong rendah. Untuk memperoleh data mengenai efikasi diri dan self-regulated learning digunakan metode kuesioner. Berdasarkan hasil analisa data dengan menggunakan Uji 2 Sampel Independen Kolmogorov-Smirnov ditemukan bahwa bimbingan kelompok dengan teknik peer group memberikan pengaruh terhadap peningkatan efikasi diri dan self-regulated learning siswa di Akbid Helvetia Medan.

HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN SELF-REGULATED LEARNING SISWA

Lubis, Rifi Hamdani ( Program Studi Magister Psikologi, Program Pascasarjana, Universitas Medan Area ) , Lubis, Lahmuddin ( Universitas Islam Negeri Sumatera Utara ) , Azhar Aziz, Azhar Aziz ( Program Studi Magister Psikologi, Program Pascasarjana, Universitas Medan Area )

ANALITIKA Vol 7, No 2 (2015): JURNAL ANALITIKA
Publisher : Universitas Medan Area

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (399.823 KB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial dan kecerdasan emosional dengan self-regulated learning siswa. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan tujuan komparatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Medan yang berjumlah 1.125 orang pada saat penelitian dilakukan. Sampel penelitian dikhususkan pada siswa kelas VIII yang dipilih dengan menggunakan teknik sampling acak sederhana. Sampel penelitian kemudian terpilih  sebanyak 150 orang siswa kelas VIII.  Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan tiga skala yang disusun menurut metode Likert, yakni skala self-regulated learning, skala dukungan sosial dan skala kecerdasan emosional. Analisis data penelitian yang terkumpul dilakukan dengan menggunakan metode statistik berupa teknik korelasi pearson product moment dan analisis regresi ganda (dua prediktor). Hasil analisa data menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara dukungan sosial dengan self-regulated learning, adanya hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan self-regulated learning,serta adanya hubungan yang signifikan antara dukungan sosial dan kecerdasan emosional dengan self-regulated learning pada siswa.