cover
Filter by Year
ANALITIKA
Published by Universitas Medan Area
Articles by issue : Vol 6, No 2 (2014): ANALITIKA DESEMBER
7
Articles
PENGARUH PERSEPSI KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR

Haryati, Endang ( Universitas Medan Area ) , Mariatin, Emmy ( Universitas Medan Area ) , Supriyantini, Sri ( Universitas Sumatera Utara )

ANALITIKA Vol 6, No 2 (2014): ANALITIKA DESEMBER
Publisher : Universitas Medan Area

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (363.921 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan transformasional dan budaya organisasi terhadap organizational citizenship behavior. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah karyawan Politeknik LP3i Medan dengan masa kerja lebih dari dua tahun yang kemudian diketahui berjumlah 53 orang. Teknik pengambilan sampel adalah total sampling dikarenakan jumlah populasi yang tidak terlalu banyak. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan skala persepsi kepemimpinan transformasional, skala budaya organisasi, observasi dan dokumentasi untuk menilai budaya organisasi, dan skala organizational citizenship behavior. Analisis regresi linier berganda digunakan untuk menguji hipotesis penelitian.Analisa data menunjukkan adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara persepsi kepemimpinan transformasional dan budaya organisasi terhadap organizational citizenship behavior, adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara persepsi kepemimpinan transformasional terhadap organizational citizenship behavior, sertaadanya pengaruh yang positif dan signifikan dari budaya organisasi terhadap organizational citizenship behavior.

PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN KEADILAN ORGANISASI TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB)

Nazmah, Nazmah ( Universitas Medan Area ) , Mariatin, Emmy ( Universitas Medan Area ) , Supriyantini, Sri ( Universitas Sumatera Utara )

ANALITIKA Vol 6, No 2 (2014): ANALITIKA DESEMBER
Publisher : Universitas Medan Area

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (384.616 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh motivasi kerja dan keadilan organisasi terhadap organizational citizenship behaviour (OCB). Populasi penelitian adalah karyawan tetap/organikPT. Summit Oto Finance dengan masa kerja lebih dari dua tahun. Jumlah anggota populasi adalah 61 orang. Dikarenakan jumlah subyek yang terbatas, maka seluruhnya dilibatkan sebagai sampel penelitian (teknik total sampling). Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan skala motivasi kerja, skala persepsi keadilan organisas,i dan skalaorganizational citizenship behaviour (OCB). Analisis regresi linier berganda digunakan untuk menguji hipotesis penelitian. Analisa data menunjukkanadanya pengaruh  yang signifikan antara motivasi kerja dan keadilan organisasi terhadap organizational citizenship behavior pada karyawan PT. Summit Oto Finance. Variabel motivasi kerja dan keadilan organisasi memiliki kontribusi terhadap organizational citizenship behavior sebesar 54.7%. Secara spesifik diketahui bahwa karyawan PT. Summit Oto Finance memiliki motivasi kerja, persepsi mengenai keadilan organisasi, serta organizational citizenship behavior yang berada di kategori sedang.

GAMBARAN SOFT SKILLS MAHASISWA DI UNIVERSITAS SUMATERA UTARA

Marini, Liza ( Universitas Sumatera Utara ) , Rola, Fasti ( Universitas Sumatera Utara ) , Ulfasari, Dian ( Universitas Sumatera Utara )

ANALITIKA Vol 6, No 2 (2014): ANALITIKA DESEMBER
Publisher : Universitas Medan Area

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (534.99 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk melihat gambaran soft skills pada mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU). Responden penelitian ini adalah mahasiswa USU sejumlah 745 orang yang merupakan perwakilan dari jurusan eksakta dan non eksakta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Alat ukur yang digunakan adalah skala skala soft skills yang dibuat dalam bentuk self-rating scale. Peneliti mengkompilasi pendapat Simpson (2006) dan O’Brien (1997) menjadi aspek-aspek soft skills sebagai berikut : communication, self management, managing relationship, problem solving, teamwork, effort, dan ethics. Skala ini terdiri dari 45 item yang diujicobakan dan kemudian diperoleh 24 item yang memenuhi syarat untuk digunakan dalam penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar soft skills mahasiswa USU berada di kategori baik. Sebagian besar mahasiswa USU diketahui tergolong baik dalam hal communication, managing relationship, teamwork serta effort.  Sementara itu, dalam hal self-management, ethic, dan problem solving,  sebagian besar mahasiswa USU hanya berada di kategori cukup.

KONTRIBUSI KOMUNIKASI PERSUASIF GURU TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI DAN MOTIVASI BELAJAR

Rahimah Simorangkir, Nur ( Universitas Medan Area ) , Menanti, Asih ( Universitas Negeri Medan ) , Aziz, Azhar ( Universitas Medan Area )

ANALITIKA Vol 6, No 2 (2014): ANALITIKA DESEMBER
Publisher : Universitas Medan Area

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (396.989 KB)

Abstract

Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi komunikasi persuasif guru terhadap kepercayaan diri dan motivasi belajar siswa. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII di SMP Islam Al-Ulum Terpadu Medan. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara acak (random sampling) dengan jumlah sampel terpilih sebanyak 78 orang. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan skala komunikasi persuasif guru, skala kepercayaan diri, dan skala motivasi belajar. Teknik analisa data yang digunakan adalah multivariate analysis of variance (MANOVA).Analisis data penelitian menunjukkan bahwa terdapat kontribusi positif antara komunikasi persuasif dan kepercayaan diri. Diketahui pula bahwa terdapat kontribusi yang positif antara komunikasi persuasif dan motivasi belajar. Secara spesifik, diketahui bahwa dalam penelitian ini, komunikasi persuasif guru tergolong tinggi, kepercayaan diri siswa tergolong sedang, dan motivasi belajar siswajuga tergolong sedang.

HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN BELAJAR DAN MANAJEMEN WAKTU DENGAN MOTIVASI MENYELESAIKAN STUDI

Nina K. Ginting, Monika ( Universitas Medan Area ) , Azis, Azhar ( Universitas Medan Area )

ANALITIKA Vol 6, No 2 (2014): ANALITIKA DESEMBER
Publisher : Universitas Medan Area

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (331.094 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara manajemen waktu dan lingkungan belajar dengan motivasi menyelesaikan studi.Penelitian ini berjenis kuantitatif korelasional. Populasi penelitian adalah mahasiswa/i program pascasarjana di Universitas Medan Area yang telah menikah. Pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan skala psikologis yang dikembangkan oleh peneliti berdasarkan teori yang relevan. Ketiga skala tersebut adalah skala lingkungan belajar, skala manajemen waktu, dan skala motivasi menyelesaikan studi. Data yang terkumpul kemudian dianalisa dengan menggunakan teknik analisis regresi dua prediktor.Hasil penelitian menemukan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara lingkungan belajar dan manajemen waktu dengan motivasi menyelesaikan studi pada mahasiswa pascasarjana Universitas Medan Area yang berstatus telah menikah. Bobot sumbangan dari variabel lingkungan belajar dan manajemen waktu terhadapmotivasi menyelesaikan studi adalah sebesar 70,4%. Namun kenyataan di lapangan, para mahasiswa pascasarjana Universitas Medan Area yang berstatus telah menikah memiliki lingkungan belajar, manajemen waktu, dan motivasi menyelesaikan studi yang berada di kategori kurang baik.

HUBUNGAN ANTARA KEBIASAAN BELAJAR DAN DUKUNGAN ORANGTUA DENGAN PRESTASI BELAJAR

Hartati Ningsih, Sri ( Universitas Medan Area ) , Sulistyaningsih, Wiwik ( Universitas Sumatera Utara ) , Hardjo, Suryani ( Universitas Medan Area )

ANALITIKA Vol 6, No 2 (2014): ANALITIKA DESEMBER
Publisher : Universitas Medan Area

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (445.087 KB)

Abstract

Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kebiasaan belajar dan dukungan orangtua dengan prestasi belajar. Populasi penelitian adalah siswa/i SMP Negeri V Stabat. Sampel penelitian dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling yang kemudian menjaring 62 orang siswa kelas VIII SMP Negeri V Stabat. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan analisa dokumentasi berupa nilai rapor, tes SPM untuk memperoleh data tentang kecerdasan,  skala kebiasaan belajar, dan skala dukungan orangtua. Data yang terkumpul dianalisa dengan menggunakan teknik analisa regresi berganda. Analisa data menunjukkan hasil bahwa ada hubungan yang signifikan antara kebiasaan belajar dan dukungan orangtua dengan prestasi belajar. Total sumbangan efektif dari variabel kebiasaan belajar dan dukungan orangtua terhadap prestasi belajar adalah sebesar 66,4%.

HUBUNGAN ANTARA KEPERCAYAAN DIRI DENGAN PENYESUAIAN DIRI REMAJA

Hasmayni, Babby ( Universitas Medan Area )

ANALITIKA Vol 6, No 2 (2014): ANALITIKA DESEMBER
Publisher : Universitas Medan Area

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (328.121 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kepercayaan diri dengan penyesuaian diri pada remaja. Jenis penelitian adalah kuantitatif korelasional. Populasi penelitian adalah siswa kelas I, II dan III MAN I Rantau Utara. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah stratified proportional sampling yang kemudian menjaring 94 orang siswa sebagai sampel. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan skala kepercayaan diri dan skala penyesuaian diri yang dikembangkan oleh peneliti berdasarkan teori yang relevan. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisa dengan menggunakan uji statistik korelasi product moment. Hasil analisa data menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara kepercayaan diri dengan penyesuaian diri pada remaja yang merupakan siswa/siswi MAN I Rantau Utara. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi kepercayaan diri, maka semakin tinggi penyesuaian diri remaja. Sebaliknya, semakin rendah kepercayaan diri maka semakin rendah penyesuaian diri remaja. Lebih spesifik, diketahui pula bahwa para remaja yang merupakan siswa/siswi MAN I Rantau Utara memiliki kepercayaan diri dan kemampuan menyesuaikan diri yang berada di kategori tinggi.