cover
Filter by Year
ANALITIKA
Published by Universitas Medan Area
Articles by issue : Vol 6, No 1 (2014): ANALITIKA JUNI
6
Articles
HUBUNGAN ANTARA KEPEMIMPINAN WANITA DENGAN DISIPLIN KERJA

Wulan, Retno ( Universitas Medan Area ) , Istiana, Istiana ( Universitas Medan Area )

ANALITIKA Vol 6, No 1 (2014): ANALITIKA JUNI
Publisher : Universitas Medan Area

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (329.718 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kepemimpinan wanita dengan disiplinkerja.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan prosedur survey. Populasi penelitian adalah seluruh karyawan PT. PLN (Persero) Area ‘X’ yang berjumlah 30 orang yang dipimpinolehseorangwanita.Pengambilansampelmenggunakantekniktotal samplingyang berarti adalahseluruhkaryawan PT. PLN Persero Area ‘X’ sejumlah 30 orang berpartisipasi sebagai subyek penelitian. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan skala psikologis, yaitu skala persepsi terhadap kepemimpinan wanita dan skala disiplin kerja yang dikembangkan oleh peneliti berdasarkan teori yang relevan. Data yang terkumpul dianalisa dengan menggunakan uji Pearson product moment. Hasil analisa data menunjukkan adanya hubungan positifyang signifikan antara persepsi terhadap kepemimpinan wanita dengan disiplinkerja. Hasil lainnya menunjukkan bahwa subyek penelitan  memiliki persepsi yang negatif terhadap kepemimpinan wanita dan memiliki tingkat kedisiplinan kerja yang tergolong sedang.

HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH OTORITARIAN DAN KONFORMITAS TEMAN SEBAYA DENGAN KENAKALAN REMAJA

Fitri Hartaty, Dwi ( Universitas Medan Area ) , Azis, Azhar ( Universitas Medan Area )

ANALITIKA Vol 6, No 1 (2014): ANALITIKA JUNI
Publisher : Universitas Medan Area

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (357.411 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang hubungan antara pola asuh otoritarian dan konformitas teman sebaya dengan kenakalan remaja.Populasi penelitian adalah siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Kota Pematangsiantaryang berusia 12 sampai dengan 15 tahun dan duduk di kelas VII sampai kelas VIII. Siswa dimaksud adalah yang memiliki kriteria nakal menurut data bimbingan konseling di MTsN Pematangsiantar, tahun ajaran 2012/2013 dengan jumlah populasi 74 siswa.Sampel penelitian dipilih dengan menggunakan tekniktotal sampling yang berarti seluruh anggota populasi berpartisipasi sebagai sampel.Alat pengumpul data yang digunakan adalah skala psikologi, yang terdiri dari skala kenakalan remaja, skala pola asuh otoritarian, dan skala konformitas teman sebaya. Analisa terhadap data yang terkumpul dilakukan dengan menggunakan teknik analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil analisa data diketahui bahwa terdapat hubungan signifikan antara pola asuh otoritarian dengan kenakalan remaja dan terdapat hubungan antara konformitas teman sebaya dengan kenakalan remaja. Diketahui pula bahwaterdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh otoritarian dan konformitas teman sebaya dengan kenakalan remaja. Sumbangan variabel pola asuh otoritarian dan konformitas teman sebaya terhadap kenakalan remaja adalah sebesar 30,8%.

HUBUNGAN ANTARA KEMATANGAN VOKASIONAL DENGAN INTENSI BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA

Metia, Cut ( Universitas Islam Negeri Sumatera Utara )

ANALITIKA Vol 6, No 1 (2014): ANALITIKA JUNI
Publisher : Universitas Medan Area

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (446.057 KB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan antara kematangan vokasional dengan intensi berwirausaha pada mahasiswa. Populasi penelitian adalah mahasiswa/i Psikologi semester VII Universitas Medan Area yang berjumlah 289 orang. Pemilihan sampel penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling yang kemudian menjaring 75orang mahasiswa/i Psikologi Universitas Medan Area. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala kematangan vokasional dan skala intensi berwirausaha yang dikembangkan peneliti berdasarkan teori yang relevan.Teknik analisa data yang digunakan adalah teknik korelasi Pearsonproduct moment. Berdasarkan hasil analisa data diketahui bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara kematangan vokasional dengan intensi berwirausaha pada mahasiswa/i Psikologi semester VII Universitas Medan Area.

HUBUNGAN GAYA KEPEMIMPINAN SPIRITUAL DAN BUDAYA ORGANISASI DENGAN IKLIM ORGANISAS

Salianto, Salianto ( Universitas Medan Area ) , Lubis, Rahmi ( Universitas Medan Area )

ANALITIKA Vol 6, No 1 (2014): ANALITIKA JUNI
Publisher : Universitas Medan Area

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (379.81 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara gaya kepemimpinan spiritual dan budaya organisasi dengan iklim organisasi. Populasi penelitian adalah seluruh karyawan Bank Mandiri Syariah Kabanjahe yang berjumlah 42orang. Mengingat keterbatasan jumlah anggota populasi, maka seluruhnya dijadikan sampel penelitian (teknik total sampling). Penelitian ini menggunakan tiga macam skala sebagai alat pengumpulan data yang disusun berdasarkan metode penskalaan Likert. Ketiga skala tersebut adalah skala gaya kepemimpinan spiritual, skala budaya organisasi, dan skala iklim organisasi. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisa dengan menggunakan uji statistik regresi linier dan regresi ganda.Berdasarkan hasil analisa data, diketahui bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara gaya kepemimpinan spiritual dengan iklim organisasi, demikian pula antara budaya organisasi dengan iklim organisasi. Selain itu, diketahui pula bahwa secara bersama-sama, variabel gaya kepemimpinan spiritual dan budaya organisasi memiliki hubungan yang signifikan dengan iklim organisasi.

PENGARUH KESIAPAN BERUBAH, KOMITMEN TERHADAP ORGANISASI DAN KOMUNIKASI TENTANG PERUBAHAN ORGANISASI TERHADAP PENERAPAN PERFORMANCE MANAGEMENT SYSTEM

Harimurti, Etti ( Universitas Sumatera Utara ) , Mariatin, Emmy ( Universitas Medan Area )

ANALITIKA Vol 6, No 1 (2014): ANALITIKA JUNI
Publisher : Universitas Medan Area

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (383.111 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kesiapan berubah pekerja, komitmen pekerja terhadap organisasi dan komunikasi organisasi tentang perubahanterhadap penerapan performance management system.Populasi penelitian adalah seluruh karyawan kantor PT. Permata Hijau Group kota Medan.Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Kriteria inklusi sampel penelitian adalah karyawan tetap PT. Permata Hijau Group yang telah lulus masa percobaan. Data penelitian dikumpulkan melalui skala kesiapan berubah, skala komitmen terhadap organisasi, skala komunikasi tentang perubahan organisasi, dan skala penerapan performance management system. Semua skala diadaptasi berdasarkan teori yang relevan. Analisa data penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik analisa linier berganda. Hasil analisa data menunjukkan pengaruh positif dan signifikan dari variabel kesiapan berubah, komitmen terhadap organisasi, dan komunikasi tentang perubahan organisasi, terhadap penerapan performance management system

HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRIDENGAN KECEMASAN PADA CALON TKI

Yulina Sitanggang, Ony Eta ( Universitas Medan Area ) , Sri Wahyuni, Nini ( Universitas Medan Area )

ANALITIKA Vol 6, No 1 (2014): ANALITIKA JUNI
Publisher : Universitas Medan Area

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (290.544 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui hubungan antara efikasi diri dengan kecemasan pada calon Tenaga Kerja Indonesia (TKI).Populasi penelitian adalah para calon TKI yang berada di asrama PT. Bina Kridatama LestariMedan dan sedang mengikuti persiapan pelatihan dan akan segera dikirim sebagai calon TKI. Sampel penelitian berjumlah 40 orang yang dipilih dengan menggunakan total sampling. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan skala kecemasan dan skala efikasi diri. Analisa terhadap data yang sudah dikumpulkan untuk mencari hubungan antar variabel dilakukan dengan menggunakan teknik analisa Pearsonproduct moment. Untuk melihat perbedaan kecemasan antara calon TKI laki-laki dan perempuan, analisa data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis varians satu jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif antara efikasi diri dengan kecemasan pada calon TKI dengan tingkat kontribusi sebesar 47,5%. Dapat disimpulkan, semakin tinggi efikasi diri, akan semakin rendah tingkat kecemasan yang dimiliki oleh calon TKI.