cover
Filter by Year
ANALITIKA
Published by Universitas Medan Area
Articles by issue : Vol 5, No 2 (2013): ANALITIKA DESEMBER
5
Articles
HUBUNGAN EFIKASI DIRI AKADEMIK DAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN PENYESUAIAN DIRI

Rahmayati, T. Elfira ( Program Studi Magister Psikologi, Program Pascasarjana, Universitas Medan Area ) , Lubis, Zulkarnain ( Program Studi Magister Psikologi, Program Pascasarjana, Universitas Medan Area )

ANALITIKA Vol 5, No 2 (2013): ANALITIKA DESEMBER
Publisher : Universitas Medan Area

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (356.487 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan efikasi diri akademik dan dukungan sosial dengan penyesuaian diri siswa. Populasi penelitian adalah siswa/i kelas VII SMP Swasta Budi Agung Medan yang berjumlah 209  siswa. Pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling dengan jumlah sampel terpilih sebanyak 120 orang. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan skala penyesuaian diri, skala efikasi diri akademik, dan skala dukungan sosial yang dikembangkan berdasarkan teori yang relevan. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil analisa menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara efikasi diri akademik dan dukungan sosial dengan  penyesuaian diri  pada siswa. Semakin tinggi efikasi diri akademik yang dimiliki siswa dan semakin tinggi dukungan sosial yang diberikan  maka semakin tinggi penyesuaian diri siswa, dan sebaliknya. Selain itu, diketahui pula bahwa siswa SMP Swasta Budi Agung Medan memiliki efikasi diri akademik yang tergolong baik, dukungan sosial yang tergolong baik dan penyesuaian diri yang tergolong baik pula.

HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSI DAN EFIKASI DIRI DENGAN PRESTASI BELAJAR

Hulu, Tulozomasi ( Program Studi Magister Psikologi, Program Pascasarjana, Universitas Medan Area ) , Minauli, Irna ( Program Studi Magister Psikologi, Program Pascasarjana, Universitas Medan Area )

ANALITIKA Vol 5, No 2 (2013): ANALITIKA DESEMBER
Publisher : Universitas Medan Area

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (258.305 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan meneliti hubungan antara kecerdasan emosi dan efikasi diri dengan prestasi belajar. Populasi penelitian adalah siswa/i kelas XI SMA Santo Thomas-3 Medan. Pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan kemudian diketahui berjumlah 100 orang. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan skala kecerdasan emosi, skala efikasi diri, dan analisis dokumentasi terhadap Daftar Kumpulan Nilai (DKN) untuk melihat prestasi belajar siswa. Data penelitian yang terkumpul dianalisa dengan menggunakan uji statistik korelasi product moment dan analisis regresi berganda. Hasil analisa data menunjukkan bahwa secara bersama-sama, ada hubungan yang sangat signifikan antara kecerdasan emosional dan efikasi diri dengan prestasi belajar pada siswa siswa/i SMA Santo Thomas-3 Medan. Selain itu, didapat informasi bahwa efikasi diri siswa/i   SMA Santo Thomas-3 Medan tergolong baik dan kecerdasan emosional mereka pun tergolong tinggi. 

RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOURAL THERAPY (REBT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REGULASI EMOSI REMAJA KORBAN KEKERASAN SEKSUAL

Anggreiny, Nila ( Fakultas Psikologi, Universitas Sumatera Utara ) , Sulistyaningsih, Wiwik ( Fakultas Psikologi, Universitas Sumatera Utara )

ANALITIKA Vol 5, No 2 (2013): ANALITIKA DESEMBER
Publisher : Universitas Medan Area

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (254.49 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pra-eksperimen yang bertujuan menguji pengaruh terapi Rational Emotive Behaviour Therapy (REBT) untuk meningkatkan regulasi emosi  pada remaja korban kekerasan seksual. Sampel penelitian adalah remaja korban kekerasan seksual dan memiliki kesulitan dalam regulasi emosi (skor DERS > 132) yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian diketahui berjumlah dua orang. Alat ukur yang digunakan adalah Difficulties in Emotion Regulation Scale (DERS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh REBT untuk meningkatkan kemampuan regulasi emosi. Pada kedua subjek, aspek strategy  mengalami peningkatan yang menunjukkan subjek mulai mampu menemukan cara dalam meregulasi emosi.

PERBEDAAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN DAN KOMPETENSI SOSIAL GURU SD NEGERI YANG SUDAH SERTIFIKASI DAN YANG BELUM SERTIFIKASI

Gaol, Munika Lumban ( Program Studi Magister Psikologi, Program Pascasarjana, Universitas Medan Area ) , Aziz, Azhar ( Program Studi Magister Psikologi, Program Pascasarjana, Universitas Medan Area )

ANALITIKA Vol 5, No 2 (2013): ANALITIKA DESEMBER
Publisher : Universitas Medan Area

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (354.823 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah ada perbedaan kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial pada guru SD Negeri yang sudah sertifikasi dan yang belum sertifikasi.  Penelitian dilakukan di SD Negeri yang ada di Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proportional random sampling dimana sampel terdiri dari 92 orang guru yang sudah disertifikasi dan 140 orang guru yang belum disertifikasi. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan skala kompetensi kepribadian dan skala kompetensi sosial. Data yang terkumpul dianalisa dengan menggunakan uji-t tidak berpasangan. Hasil analisa data menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan dalam hal kompetensi kepribadian antara guru yang sudah disertifikasi dengan guru yang belum disertifikasi. Selain itu, diketahui pula bahwa ada perbedaan yang signifikan dalam hal kompetensi sosial antara guru yang sudah disertifikasi dengan guru yang belum disertifikasi.

EFEKTIVITAS TERAPI REALITAS UNTUK MENINGKATKAN SELF-REGULATED LEARNING PADA MAHASISWA UNDERACHIEVER

Siregar, Suri Mutia ( Fakultas Psikologi, Universitas Sumatera Utara ) , Sulistyaningsih, Wiwik ( Fakultas Psikologi, Universitas Sumatera Utara )

ANALITIKA Vol 5, No 2 (2013): ANALITIKA DESEMBER
Publisher : Universitas Medan Area

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (264.528 KB)

Abstract

Penelitian eksperimental ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas intervensi terapi realitas untuk meningkatkan self-regulated learning pada mahasiswa underachiever. Subjek penelitian adalah sepuluh orang mahasiswa underachiever dari Universitas Sumatera Utara yang memiliki skor self-regulated learning rendah  (X<120). Desain penelitian ini adalah  pretest-posttest control-group design. Terapi realitas dalam penelitian ini dilakukan secara berkelompok selama lima hari. Modul terapi disusun berdasarkan langkah-langkah WDEP yang dikemukakan oleh Glasser dan Wubbolding (Corey, 1996). Alat ukur yang digunakan adalah skala self-regulated learning yang disusun berdasarkan teori yang relevan. Data yang diperoleh dari pretest dan posttest dianalisa dengan analisis kovarian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terapi realitas efektif meningkatkan self-regulated learning pada mahasiswa underachiever dan efek dari terapi realitas tetap bertahan hingga satu minggu setelah terapi diberikan. Terapi realitas memberikan hasil yang bervariasi diantara subyek dimana variasi hasil tersebut ditentukan oleh kemampuan subjek dalam membuat rencana perilaku pada tahapan planning and commitment.