cover
Filter by Year
ANALITIKA
Published by Universitas Medan Area
Articles by issue : Vol 5, No 1 (2013): ANALITIKA JUNI
5
Articles
HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN PERSEPSI PENGEMBANGAN KARIR DENGAN KEPUASAN KERJA

Yulianti Siregar, Chairiah ( Universitas Medan Area ) , Hardjo, Suryani ( Universitas Medan Area )

ANALITIKA Vol 5, No 1 (2013): ANALITIKA JUNI
Publisher : Universitas Medan Area

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (323.56 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan komunikasi interpersonal dan persepsi pengembangan karir dengan kepuasan kerja. Populasi penelitian adalah karyawan pimpinan di PT. Perkebunan Nusantara III (Persero). Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan 127 orang kemudian terpilih sebagai sampel. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan analisa dokumentasi data karyawan, skala komunikasi interpersonal, skala persepsi pengembangan karir, dan skala kepuasan kerja. Data yang terkumpul kemudian dianalisa dengan menggunakan uji korelasi Pearson product moment.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang  signifikan antara komunikasi interpersonal dan persepsi terhadap pengembangan karir dengan kepuasan kerja karyawan.  Secara bersama-sama, variabel komunikasi interpersonal dan persepsi terhadap pengembangan karir berkontribusi terhadap kepuasan kerja sebanyak 13,9%.

HUBUNGAN KECEMASAN KEMATIAN DAN DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP MOTIVASI KERJA KARYAWAN ODHA (ORANG DENGAN HIV-AIDS)

Mora Siregar, Indo ( Universitas Medan Area ) , Hardjo, Suryani ( Universitas Medan Area )

ANALITIKA Vol 5, No 1 (2013): ANALITIKA JUNI
Publisher : Universitas Medan Area

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (330.395 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecemasan kematian dan dukungan sosial terhadap motivasi kerja karyawan ODHA (Orang Dengan HIV-AIDS). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi penelitian adalah karyawan ODHA yang tergabung dalam Kelompok Dukungan Sebaya (KDS) Medan Plus yang berjumlah 329 orang. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 42 orang. Data penelitian kemudian dikumpulkan dengan menggunakan skala kecemasan kematian, skala dukungan sosial, dan skala motivasi kerja. Data penelitian kemudian dianalisa dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil analisa menunjukkan bahwa kecemasan kematian dan dukungan sosial memiliki hubungan yang signifikan dan erat dengan motivasi kerja karyawan ODHA. Kecemasan kematian secara signifikan berpengaruh negatif terhadap motivasi kerja karyawan ODHA sementara dukungan sosial secara signifikan berpengaruh positif terhadap motivasi kerja karyawan ODHA.

PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN KEADILAN ORGANISASI TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB)

Nazmah, Nazmah ( Universitas Medan Area ) , Mariatin, Emmy ( Universitas Medan Area ) , Supriyantini, Sri ( Universitas Sumatera Utara )

ANALITIKA Vol 5, No 1 (2013): ANALITIKA JUNI
Publisher : Universitas Medan Area

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (378.063 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh motivasi kerja dan keadilan organisasi terhadap organizational citizenship behaviour (OCB). Populasi penelitian adalah karyawan tetap/organikPT. Summit Oto Finance dengan masa kerja lebih dari dua tahun. Jumlah anggota populasi adalah 61 orang. Dikarenakan jumlah subyek yang terbatas, maka seluruhnya dilibatkan sebagai sampel penelitian (teknik total sampling). Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan skala motivasi kerja, skala persepsi keadilan organisas,i dan skalaorganizational citizenship behaviour (OCB). Analisis regresi linier berganda digunakan untuk menguji hipotesis penelitian. Analisa data menunjukkanadanya pengaruh  yang signifikan antara motivasi kerja dan keadilan organisasi terhadap organizational citizenship behavior pada karyawan PT. Summit Oto Finance. Variabel motivasi kerja dan keadilan organisasi memiliki kontribusi terhadap organizational citizenship behavior sebesar 54.7%. Secara spesifik diketahui bahwa karyawan PT. Summit Oto Finance memiliki motivasi kerja, persepsi mengenai keadilan organisasi, serta organizational citizenship behavior yang berada di kategori sedang.

PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL PECAH PIRING DAN ULAR NAGA TERHADAP KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA DINI

Khairani Nasution, Rahmi ( Universitas Medan Area ) , I. Siregar, Nurmaida ( Universitas Medan Area )

ANALITIKA Vol 5, No 1 (2013): ANALITIKA JUNI
Publisher : Universitas Medan Area

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (359.051 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan tradisional pecah piring dan ular naga terhadap kecerdasan interpersonal anak usia dini. Jenis penelitian adalah kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Tempat penelitian adalah TK Negeri Pembina Lubuk Pakam. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dan menjaring sampel sebanyak 35 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar checklist yang digunakan sebagai pedoman observasi terhadap kecerdasan interpersonal anak. Pengamatan pada khususnya dilakukan terkait sensitifitas sosial, kewaspadaan sosial, dan komunikasi sosial anak. Uji statistik yang digunakan untuk menganalisa data adalah Wilcoxon Signed Ranks dan Mann U Whitney. Analisa data penelitian menunjukkan bahwa permainan tradisional pecah piring dan ular naga berpengaruh terhadap kecerdasan interpersonal anak usia dini. Diketahui pula bahwa subyek yang mendapat perlakuan memiliki kecerdasan interpersonal yang lebih tinggi.

PERANAN KOHESIVITAS KELOMPOK DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR

Ruliza Harahap, Eka ( Universitas Sumatera Utara ) , Novliadi, Ferry ( Universitas Sumatera Utara ) , Leila, Gustiarti ( Universitas Sumatera Utara )

ANALITIKA Vol 5, No 1 (2013): ANALITIKA JUNI
Publisher : Universitas Medan Area

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (434.783 KB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peranan kohesivitas kelompok dan kecerdasan emosional terhadap organizational citizenship behavior. Populasi penelitian adalah karyawan departemen produksi PT. Tanimas Soap Industries dimana seluruh anggota populasi berpartisipasi sebagai subyek penelitian. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan tiga skala psikologi yaitu skala kohesivitas kelompok, skala kecerdasan emosional, dan skala organizational citizenship behavior. Analisa terhadap data yang terkumpul dilakukan dengan menggunakan uji regresi linear sederhana dan berganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kohesivitas kelompok dan kecerdasan emosional berperan terhadap organizational citizenship behavior.Kecerdasan emosional diketahui memberikan sumbangan lebih besar terhadap organizational citizenship behavior dibandingkan kohesivitas kelompok. Aspek group integration social dari kohesivitas kelompok dan dimensi self-awareness dari kecerdasan emosional memberikan kontribusi paling besar terhadap organizational citizenship behavior.