cover
Filter by Year
ANALITIKA
Published by Universitas Medan Area
Articles by issue : Vol 4, No 2 (2012): ANALITIKA DESEMBER
7
Articles
KAITAN ANTARA KEBAHAGIAAN PEKERJA DAN EMPLOYEE ENGAGEMENT STUDI EMPIRIKAL

Subarso Isriadi, Thomas ( Universitas Sumatera Utara ) , Zulkarnain, Zulkarnain ( Universitas Sumatera Utara )

ANALITIKA Vol 4, No 2 (2012): ANALITIKA DESEMBER
Publisher : Universitas Medan Area

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (566.121 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki hubungan antara employee happiness dengan employee engagement. Hasil penelitian akan digunakan sebagai dasar melakukan intervensi. Intervensi akan dilakukan terhadap variabel happiness dan kemudian mengukur pengaruh terhadap employee engagement. Subyek penelitian adalah pekerja diperusahaan perkebunan sebanyak 98 orang. Penelitian ini menggunakan instrumen skala engagement dan skala happiness.Penelitian membuktikan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kebahagiaan dengan employee engagement. Intervensi dilakukan dalam dua angkatan dengan peserta masing-masing angkatan sebanyak 18 orang. Untuk mengukur efektivitas intervensi, peneliti menggunakan t-test untuk mengukur perbedaan dari pretest dan posttest baik untuk kebahagiaan maupun employee engagement. Hasil dari analisis t-test menunjukkan perbedaan yang signifikan terhadap employee engagement setelah intervensi. Intervensi telah meningkatkan employee engagement.

PERBEDAAN AGRESIVITAS DITINJAU DARI POLA ASUH ORANG TUA

Novita, Eryanti ( Universitas Medan Area )

ANALITIKA Vol 4, No 2 (2012): ANALITIKA DESEMBER
Publisher : Universitas Medan Area

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (451.159 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan agresitivitas ditinjau dari pola asuh orang tua pada siswa SMAN 1 Medan. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis varians satu jalur atau anava satu jalur dimana seluruh anggota populasi dijadikan sebagai sampel dengan jumlah 52 orang. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara siswa yang diasuh dengan pola asuh otoriter, demokratis dan permisif dengan bilangan signifikansinya <0,010 yaitu p = 0,000. Dengan melihat nilai rata–rata diketahui bahwa siswa yang diasuh dengan pola asuh otoriter memiliki agresivitas yang lebih tinggi (nilai rata–rata 125, 250) dibandingkan dengan siswa yang diasuh dengan pola asuh permisif (nilai rata–rata 111,111) dan demokratis (nilai rata –rata 83,364). Sementara itu, diketahui bahwa agresivitas siswa SMAN 1 Medan berada pada kategori rendah.

HUBUNGAN ANTARA KUALITAS KEHIDUPAN KERJA DAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR DENGAN PRODUKTIVITAS KERJA

Marlinda, Marlinda ( Universitas Medan Area ) , Turnip, Kaiman ( Universitas Medan Area )

ANALITIKA Vol 4, No 2 (2012): ANALITIKA DESEMBER
Publisher : Universitas Medan Area

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (582.955 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuihubungan antara kualitas kehidupan kerja dan organizational citizenship behavior dengan produktivitas kerja karyawan PT. Wijaya Karya Beton, Tbk. Medan.Hipotesa yang diajukan adalah ada hubungan positif antara kualitas kehidupan kerja dan organizational citizenship behavior dengankepuasan kerja karyawan.Subjek penelitian adalah karyawan tetap bagian produksi PT. Wika Beton Tbk. Medansebanyak 52 orang yang diambil berdasarkan karakteristik yang telah ditetapkan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah total sampling.Hasil penelitian yang diperoleh adalah terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara kualitas kehidupan kerja dan OCB dengan produktivitas kerja. Hasil ini dibuktikan dengan koefisien korelasi Freg = 25,297; p = 0,000a dimana p < 0,010.

HUBUNGAN KONTROL DIRI DAN IKLIM SEKOLAH DENGAN PERILAKU BULLYING

Masitah, Masitah ( Universitas Medan Area ) , Minauli, Irna ( Universitas Medan Area )

ANALITIKA Vol 4, No 2 (2012): ANALITIKA DESEMBER
Publisher : Universitas Medan Area

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (685.491 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kontrol diri daniklim sekolah dengan perilaku bullying siswa SMP. Subjek penelitian berjumlah 96 orang siswa SMPSwasta Budi Agung Medan, dengan menggunakan teknik pengambilan sampel random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan antara kontrol diri dengan perilaku bullying siswa SMP, terdapat hubungan negatif yang signifikan antara iklim sekolah dengan perilaku bullying siswa SMP, serta terdapat hubungan negatif yang signifikan antara kontrol diri dan iklim sekolah dengan perilaku bullying siswa SMP. Hasil ini ditunjukkan dengan F= 58,797 dan p < 0,05. Ini menandakan bahwa semakin tinggi kontrol diri dan semakin positif iklim sekolah maka semakin rendahperilaku bullying.Sebaliknya semakin rendah kontrol diri dan semakin negatif iklim sekolah maka semakin tinggiperilaku bullying.Kontrol dirimemberikan kontribusi terhadap perilaku bullyingsebesar 48,3% dan iklim sekolahmemberikan kontribusi terhadap perilaku bullyingsebesar 32,1%. Kontribusikontrol diri dan iklim sekolah terhadap perilaku bullying sebesar 55,8%, hal ini berarti masih terdapat 44,2%  faktor lain yang dapat mempengaruhi perilaku bullying.

PERBEDAAN POST POWER SYNDROME DITINJAU DARI PERBEDAAN JABATAN PADA PENSIUNAN

Nafeesa, Nafeesa ( Universitas Medan Area )

ANALITIKA Vol 4, No 2 (2012): ANALITIKA DESEMBER
Publisher : Universitas Medan Area

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (613.189 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan Post Power Syndrome ditinjau dari perbedaan jabatan pada pensiunan Pertamina.Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan Post Power Syndrome yang sangat signifikan antara anggota Himpana Medan dengan berbagai jabatan yang berbeda (FA = 33,194 ; P < 0,010 ; uji dua ekor), dimana : Post Power Syndrome anggota Himpana Medan dengan jabatan kepala bagian (Mean A1 = 225,800) lebih tinggi dari jabatan staf (Mean A2 = 207,040).Post Power Syndrome anggota Himpana Medan jabatan kepala bagian (Mean A1 = 225,800) lebih tinggi dari jabatan karyawan biasa (Mean A3 = 190,320).Post Power Syndrome anggota Himpana Medan dengan jabatan staf (Mean A2 = 207,040) lebih tinggi dari karyawan biasa (Mean A3 = 190,320).

REGULASI DIRI DARI RESIDENYANG MENJALANI PROGRAM REHABILITASI KETERGANTUNGAN NARKOBA

Sembiring M, Shirley Melita ( Universitas Medan Area )

ANALITIKA Vol 4, No 2 (2012): ANALITIKA DESEMBER
Publisher : Universitas Medan Area

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1052.965 KB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui gambaran kemampuan regulasi diri dari residen yang sedang menjalani program rehabilitasi ketergantungan narkoba di panti rehabilitasi ‘X’ Medan.Metode penelitian adalah deskriptif dengan menggunakan teknik survey. Sampling dilakukan dengan menggunakan teknik purposif terhadap para residen yang berusia 20 – 30 tahun dengan total sampel sebanyak 24 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum para residen mengalami kesulitan meregulasi diri di fase performance/volitional control dibandingkan di fase forethought atau di fase self-reflection.

COGNITIVE BEHAVIOURAL THERAPY (CBT) UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS REMAJA GAY

Wardani, Ayu ( Universitas Sumatera Utara ) , Sulistyaningsih, Wiwik ( Universitas Sumatera Utara )

ANALITIKA Vol 4, No 2 (2012): ANALITIKA DESEMBER
Publisher : Universitas Medan Area

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (618.358 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pra-eksperimen yang bertujuan menguji pengaruhterapi Cognitive Behaviour Therapy (CBT) untuk meningkatkan kesejahteraan psikologis pada remaja gay. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh CBTuntuk meningkatkan kesejahteraan psikologis. Kedua subjek mengalami perubahan pada tingkat kesejahteraan psikologis dari rendah menjadi sedang, yang menunjukkan subjek mengalami peningkatan pada kesejahteraan psikologisnya.