cover
Filter by Year
ANALITIKA
Published by Universitas Medan Area
Articles by issue : Vol 4, No 1 (2012): ANALITIKA JUNI
7
Articles
PERBEDAAN MINAT SEKOLAH DAN MOTIVASI BELAJAR DITINJAU DARI POLA ASUH ORANGTUA

Hasmayani, Babby ( Universitas Medan Area ) , Simatupang, Hotman ( Universitas Medan Area )

ANALITIKA Vol 4, No 1 (2012): ANALITIKA JUNI
Publisher : Universitas Medan Area

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1116.564 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat perbedaan minat sekolah dan motivasi belajar ditinjau dari pola asuh orangtua, dimana dalam hal ini pola asuh orangtua yang dimaksud adalah otoriter, demokratis dan permisif. Subyek dalam penelitian ini adalah para siswa yang merupakan anak dari para jemaat di Huria Kristen Indonesia (HKI) Resort Medan V yang berjumlah 90 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan minat sekolah antar siswa yang diasuh dengan pola asuh otoriter, pola asuh demokratis dan permisif (koefisien perbedaan Anava F = 35,375 dengan p = 0,000). Selain itu, diketahui pula bahwa terdapat perbedaan motivasi belajar antara siswa yang diasuh dengan pola asuh otoriter, pola asuh demokratis dan permisif (koefisien perbedaan Anava F = 21,378 dengan p = 0,000).

PERBEDAAN MOTIVASI KERJA DAN KETERLIBATAN KERJA DENGAN KINERJA

Damayanti, Nefi ( Universitas Medan Area ) , Tjendana, Martinus ( Universitas Medan Area )

ANALITIKA Vol 4, No 1 (2012): ANALITIKA JUNI
Publisher : Universitas Medan Area

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1044.383 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara motivasi kerja dan keterlibatan kerja dengan kinerja. Subyek penelitian adalah karyawan Pasar Swalayan Maju Bersama Outlet Glugur Medan. Pengambilan sampel dilaksanakan dengan cara total sampling dan data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan metode Analisis Regresi Dua Prediktor. Berdasarkan analisis data diketahui bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara variabel motivasi kerja dan keterlibatan kerja dengan kinerja karyawan. Total sumbangan efektif dari kedua variabel bebas (motivasi kerja dan keterlibatan kerja) terhadap kinerja karyawan adalah sebesar 12,0 % dan berarti masih ada 88 % faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi kinerja karyawan namun tidak diteliti dalam penelitian ini.

HUBUNGAN KONSEP DIRI DAN KECERDASAN EMOSI DENGAN MOTIVASI BELAJAR

Irawani Siregar, Nurmaida ( Universitas Medan Area ) , Ernawati, Sri ( Universitas Medan Area )

ANALITIKA Vol 4, No 1 (2012): ANALITIKA JUNI
Publisher : Universitas Medan Area

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (800.099 KB)

Abstract

Peneliti mengangkat permasalahan motivasi belajar guru pendidikan agama Buddha yang peneliti anggap masih rendah sehingga permasalahannya yaitu apakah ada hubungan yang signifikan antara konsep diri dan kecerdasan emosi dengan motivasi belajar pada guru-guru pendidikan agama Buddha di kota Medan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara konsep diri dan kecerdasan emosi dengan motivasi belajar (koefisien Freg = 128.672 dimana p < 0,05). Bobot sumbangan dari variabel konseo diri dan kecerdasan emosi terhadap variabel motivasi belajar adalah sebesar 81,9 %.

HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN PERSEPSI PENGEMBANGAN KARIR DENGAN KEPUASAN KERJA

Hardjo, Suryani ( Universitas Medan Area ) , Yulianti Siregar, Chairiah ( Universitas Medan Area )

ANALITIKA Vol 4, No 1 (2012): ANALITIKA JUNI
Publisher : Universitas Medan Area

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1299.349 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan komunikasi interpersonal dan persepsi pengembangan karir dengan kepuasan kerja. Subyek penelitian adalah karyawan PT. Perkebunan Nusantara III (Persero) dengan subyek penelitian sebanyak 127 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara komunikasi interpersonal dan persepsi terhadap pengembangan karir dengan kepuasan kerja karyawan (F =10,041 dengan p ˂ 0,010, antara komunikasi interpersonal dengan kepuasan kerja (korelasi Freg = 0,329 dengan p ˂ 0,01, dan antara persepsi terhadap pengembangan karir dengan kepuasan kerja (korelasi rx2y = 0.247 dengan p ˂ 0,010). Selain itu, hasil analisis data menunjukkan pula bahwa secara bersama-sama komunikasi interpersonal dan persepsi terhadap pengembangan karir berkontribusi terhadap kepuasan kerja (13,9%).

HUBUNGAN MOTIVASI BERPRESTASI DAN IKLIM ORGANISASI DENGAN PRODUKTIVITAS KERJA

Mariatin, Emmy ( Universitas Medan Area ) , Rahmah Siregar, Yurina ( Universitas Medan Area )

ANALITIKA Vol 4, No 1 (2012): ANALITIKA JUNI
Publisher : Universitas Medan Area

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (915.194 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara motivasi berprestasi dan iklim organisasi dengan produktivitas kerja. Subyek penelitian adalah karyawan PT. Ikaindo Medan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi berprestasi dan iklim organisasi terhadap produktivitas kerja karyawan Freg = 5.093; p = 0.008) dengan total sumbangan efektif dari kedua variabel bebas (motivasi berprestasi dan iklim organisasi) terhadap produktivitas kerja karyawan adalah sebesar 69,2 %.

HUBUNGAN ANTARA GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN KEPUASAN KERJA DENGAN KOMITMEN ORGANISASI

Turnip, Kaiman ( Universitas Medan Area ) , Dwina, Dwina ( Universitas Medan Area )

ANALITIKA Vol 4, No 1 (2012): ANALITIKA JUNI
Publisher : Universitas Medan Area

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (871.946 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara gaya kepemimpinan transformasional dan kepuasan kerja dengan komitmen organisasi. Subyek penelitian adalah pegawai PT. POS Indonesia Medan. Analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara gaya kepemimpinan transformasional dan kepuasan kerja terhadap komitmen organisasi karyawan (koefisien Freg = 2,371; p = 0,021). Diketahui pula bahwa total sumbangan efektif dari kedua variabel bebas (persepsi gaya kepemimpinan transformasional dan kepuasan kerja) terhadap komitmeb organisasi karyawan adalah sebesar 54,9 % sementara 45,1 % dipengaruhi oleh faktor lain di luar variabel penelitian.

HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL ORANGTUA DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR

Metia, Cut ( Universitas Medan Area ) , Zahara, Fenty ( Universitas Medan Area )

ANALITIKA Vol 4, No 1 (2012): ANALITIKA JUNI
Publisher : Universitas Medan Area

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1263.808 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan dukungan sosial orantua dan motivasibelajar dengan kemandirian belajar. Subyek penelitian ini adalah para siswa di SMA Negeri 7 Medan yang berjumlah 72 orang. Berdasarkan analisis dengan Teknik Korelasi Product Moment, diketahui bahwa terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara dukungan sosial orangtua dengan kemandirian belajar (rxly = 0,459 > rtabel = 0,227 atau p < 0,010); terdapat hubungan yang sangat signifikan antara motivasi belajar dengan kemandirian belajar (rx2y = 0,463 > rtabel = 0,227 atau p < 0,010); total sumbangankedua variabel bebas terhadap variabel terikat adalah sebesar 42,5 % yang berarti masih terdapat 57,5 % pengaruh dari variabel lain terhadap kemandirian belajar.