cover
Filter by Year
ANALITIKA
Published by Universitas Medan Area
Articles by issue : Vol 3, No 2 (2011): ANALITIKA DESEMBER
7
Articles
HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN BELAJAR DAN MANAJEMEN WAKTU DENGAN MOTIVASI MENYELESAIKAN STUDI PADA MAHASISWA PASCASARJANA YANG TELAH MENIKAH

Aziz, Azhar ( Universitas Medan Area ) , Nina K. Ginting, Monika ( Universitas Medan Area )

ANALITIKA Vol 3, No 2 (2011): ANALITIKA DESEMBER
Publisher : Universitas Medan Area

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1123.776 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara manajemen waktu dan lingkungan belajar dengan motivasi menyelesaikan studi pada mahasiswa pascasarjana yang telah menikah. Subyek penelitian adalah mahasiswa pascasarjana Universitas Medna Area yang berjumlah 60 orang yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data yang didapat dari skala menunjukkan bahwa variabel lingkungan belajar, manajemen waktu, dan motivasi menyelesaikan studi tergolong kurang baik. Selain itu diketahui bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara lingkungan belajar dan manajemen waktu dengan moticasi menyelesaikan studi (R = 0,839). Selanjutnya, bobot sumbangan dari variabel lingkungan belajar dan variabel manajemen waktu dengan variabel motivasi menyelesaikan studi adalah sebesar 70,4 %. Berarti masih terdapat 29,6 % pengaruh dari variabel lain terhadap motivasi menyelesaikan studi, dimana faktor-faktor lain tersebut dalam penelitian ini tidak dikaji.

HUBUNGAN MOTIVASI KERJA DAN LOCUS OF CONTROL DENGAN KINERJA KARYAWAN

Hardjo, Suryani ( Universitas Medan Area ) , Bahri Nasutin, Syaiful

ANALITIKA Vol 3, No 2 (2011): ANALITIKA DESEMBER
Publisher : Universitas Medan Area

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1034.725 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara motivasi kerja dan locus of control dengan kinerja karyawan. Subyek penelitian adalah pegawai PDAM Tirtanadi cabang Medan Labuhan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara motivasi kerja dan locus of control dengan kinerja karyawan (Freg = 1,117 dimana p ˂ 0,050). Selain itu, ditemukan pula bahwa ada hubungan yang positif antara motivasi kerja terhadap kinerja karyawan pada pegawai PDAM Tirtanadi cabang Medan Labuhan dengan sumbangan 33,3 %. Ada hubungan yang positif antara locus of control terhadapt kinerja karyawan sebesar 24,4 %. Total sumbangan efektif dari kedua variabel bebas (motivasi kerja dan locus of control) terhadap kinerja karyawan adalah sebesar 57,7 %. Dari hasil ini diketahui bahwa masih terdapat 42,3 % pengaruh dari faktor lain terhadap kinerja karyawan.

HUBUNGAN ANTARA KEBIASAAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN AKTIVITAS BELAJAR

Batubara, Arbani ( Universitas Medan Area )

ANALITIKA Vol 3, No 2 (2011): ANALITIKA DESEMBER
Publisher : Universitas Medan Area

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (964.964 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara kebiasaan belajar dan motivasi belajar dengan aktivitas belajar. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah para mahasiswa – mahasiswi yang tengah menjalani pendidikan di Politekkes Tuntungan Medan. Metode analisis data dengan menggunakan Analisis Regresi Dua Prediktor menunjukkan hasil bahwa terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara kebiasaan belajar dan motivasi belajar dengan aktifitas belajar (Freg = 9,701 dimana p ˂ 0,0100. Diketahui pula bahwa total sumbangan kedua variabel bebas terhada variabel terikat adalah sebesar 33,3 % yang berarti masih terdapat 66,7 % pengaruh dari variabel lain terhadap aktivitas belajar namun tidak diteliti dalam penelitian ini.

HUBUNGAN ANTARA KOMITMEN ORGANISASI, MORIL KERJA DAN MOTIVASI KERJA DENGAN KINERJA KARYAWAN

Lubis, Rahmi ( Universitas Medan Area ) , Yudha Wastuti, Sri Ngayomi ( Universitas Medan Area )

ANALITIKA Vol 3, No 2 (2011): ANALITIKA DESEMBER
Publisher : Universitas Medan Area

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1159.176 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara komitmen organisasi, moril kerja dan motivasi kerja terhadao kinerja karyawan. Subyek penelitian adalah karyawan PT. Bnak Sumut Cabang Utama Medan. Metode Analisis Tiga Prediktor menujukkna hasil bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara komitmen organisasi, moril kerja dan motivasi kerja terhadap kinerja (Freg = 2,095 dimana p ˂ 0,050. Adapun sumbangan dari variabel komitmen organisasi memberikan kontribusi 27 % terhadap kinerja kerja. Sementara itu variabel moril kerja berpengaruh atau memiliki peran terhadap kinerja sebesar 24,5 %. Dan motivasi kerja memberikan kontribusi terhadao kinerja kerja sebesar 32,2 %. Total sumbangan efektif dari ketiga variabel bebas (komitmen organisasi, moril kerja dan motivasi kerja) terhadap kinerja kerja adalah sebesar 83,7 %.

HUBUNGAN INTELEGENSI DAN POLA ASUH ORANGTUA DEMOKRATIS DENGAN HARGA DIRI SISWA

Alamiah S, Nina Siti ( Universitas Medan Area ) , Harpina Suci, Dini ( Universitas Medan Area )

ANALITIKA Vol 3, No 2 (2011): ANALITIKA DESEMBER
Publisher : Universitas Medan Area

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (878.127 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan intelegensi dan pola asuh orangtua demokratis dengan harga diri siswa. Subyek penelitian adalah siswa SMAN 4 Medan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecenderungan intelegensi siswa tergolong di atas rata-rata, kecenderungan pola asuh orantua demokratis tergolong tinggi, dan harga diri siswa juga tergolong tinggi. Secara bersama-sama terdapat hubungan intelegensi dan pola asuh orangtua ddemokratis dengan harga diri siswa dengan koefien korelasi multipel sebesar 0.726 dan sumbangan efektif sebesar 52,7 %.

HUBUNGAN IKLIM SEKOLAH DAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN KEBIASAAN BELAJAR

Lubis, Zulkarnain ( Universitas Medan Area ) , Malau, Feranika ( Universitas Medan Area )

ANALITIKA Vol 3, No 2 (2011): ANALITIKA DESEMBER
Publisher : Universitas Medan Area

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1052.307 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan iklim sekolah dan motivasi berprestasi dengan kebiasaan belajar. Sampel dalam penelitian ini adalah 175 orang siswa/i SMA Methodist I kelas IX dan X tahun pelajaran 2010/2011. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara iklim sekolah dan motivasi berprestasi dengan kebiasaan belajar (Freg = 4,709 dimana p ˂ 0,050). Selain itu, diketahui pula bahwa iklim sekolah dan motivasi berprestasi yang dimiliki siswa Methodist 1 Medan ini dapat membantu terjadinya peningkatan kebiasaan belajar ke arah yang lebih baik. Hal ini diketahui dengan melihat kontribusi iklim sekolah dan motivasi berprestasi memberikan sumbangan sebesar 40,3 % terhadap kebiasaan belajar. Dari hasil ini juga diketahui bahwa masih ada 59,7 % faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi kebiasaan belajar pada siswa di SMA Methodist 1 Medan.

HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DAN REGULASI DIRI DALAM BELAJAR DENGAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA

Minauli, Irna ( Universitas Medan Area ) , Butar-butar, Imelda Butar-butar ( Universitas Medan Area )

ANALITIKA Vol 3, No 2 (2011): ANALITIKA DESEMBER
Publisher : Universitas Medan Area

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (874.566 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri dan regulasi diri dalam belajar dnegan prestasi akademik. Sampel penelitian adalah mahasiswa-mahasiswi Sekolah Tinggi Theologia HKBP P. Siantar sejumlah 70 orang yang diambil secara acak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang sangat signifikan antara efikasi diri dan regulasi diri dalam belajar, ada hubungan positif yang signifikan antara efikasi diri dengan prestasi akademik, dan ada hubungan yang sangat signifikan antara regulasi diri dalam belajar dengan prestasi akademik. Total hubungan variabel efikasi diri dan regulasi diri dalam belajar dalam penelitian ini dengan prestasi akademik mahasiswa adalah sebesar 89,1 %. Dari hasil ini maka diketahui bahwa masih terdapat 10,9 % pengaruh dari faktor lain terhadap prestasi akademik mahasiswa di STT-HKBP P. Siantar.