cover
Filter by Year
Jurnal Administrasi Publik : Public Administration Journal
Published by Universitas Medan Area
Articles by issue : Vol 5, No 1 (2015): JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK JUNI
7
Articles
KAJIAN PENGGALIAN POTENSI DAN PENINGKATAN PENDAPATAN ASLI DESA DI KABUPATEN SEKADAU PROVINSI KALIMANTAN BARAT

Simangunsong, Fernandes ( Institut Pemerintahan Dalam Negeri )

Jurnal Administrasi Publik : Public Administration Journal Vol 5, No 1 (2015): JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK JUNI
Publisher : Universitas Medan Area

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (211.655 KB)

Abstract

Urgensi sumber pendapatan asli desa dalam membiayai penyelenggaraan pemerintahan desa dan yang menjadi permasalahannya adalah bagaimana upaya yang dilakukan oleh pemerintah desa dalam menggali dan meningkatkan sumber pendapatan asli desa agar dapat menunjang pelaksanaan pembangunan desa dan bagaimana menggali kontribusi pendapatan asli desa dalam menunjang penyelenggaraan pemerintahan desa

POLITIC OF ISLAMIC DEVELOPMENT IN THE CITY OF HANOI (VIETNAM): STUDY OF HALAL FOOD RESTAURANT

Warjio, Warjio ( Department of Political Science, FISIPOL, North Sumatra University (USU), Medan, Indonesia ) , Kusmanto, Heri ( Department of Political Science, FISIPOL, North Sumatra University (USU), Medan, Indonesia )

Jurnal Administrasi Publik : Public Administration Journal Vol 5, No 1 (2015): JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK JUNI
Publisher : Universitas Medan Area

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (152.222 KB)

Abstract

For Muslims, halal food is important. This is not only of the demands of sharia but also related to the issue of identity. Wherever they are, halal food can not be separated from them, except in emergency circumstances. Included in this when they are in a country where people are not Muslims. Hanoi City, is one of the cities in the country of Vietnam that majority of the people are Buddhist. As a city that is building itself and become one of the tourist destination, Hanoi is visited by many tourists, including Muslim tourists. For Muslim travelers, the main problems encountered when in Hanoi is halal food. To meet the demands of these Muslim travelers, a few restaurants in the city of Hanoi providing halal food. Enterprises providing halal food is done by the employer Muslim or not. The results of my research, several restaurants, found several problems associated with this halal food. This paper will explain how the exploratory effort to develop halal food in the city of Hanoi. Who are involved in the effort to develop the halal food? What are the problems faced in the effort to build the halal food? 

PENGARUH KOMITMEN PADA TUGAS DAN PEMBERIAN IMBALAN TERHADAP DISIPLIN KERJA PEGAWAI BADAN LINGKUNGAN HIDUP KABUPATEN LABUHANBATU SELATAN

Daulay, Ikhwan Hidayat ( Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Selatan ) , Kariono, Kariono ( Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara )

Jurnal Administrasi Publik : Public Administration Journal Vol 5, No 1 (2015): JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK JUNI
Publisher : Universitas Medan Area

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (297.479 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh komitmen terhadap disiplin kerja pegawai. Untuk mengetahui pengaruh pemberian imbalan terhadap disiplin kerja pegawai. Dan untuk mengetahui pengaruh komitmen kerja dan pemberian imbalan secara bersama-sama terhadap disiplin pegawai. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik korelasi dan regresi linier sederhana dan ganda serta korelasi parsial. Semua perhitungan dalam analisis data menggunakan bantuan Program SPSS versi 14.0 for windows secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap disiplin kerja pegawai dengan nilai Fhit (64,964).  Variabel komitmen secara partial berpengaruh positif dan signifikan terhadap disiplin kerja pegawai dengann nilai thitung (4,069). Variabel Pemberian Imbalan secara partial berpengaruh positif dan signifikan terhadap disiplin kerja pegawai, dengan thitung (4,870). Nilai R Square pada tabel diatas adalah 0,797, hal ini menunjukkan bahwa 79,70% variabel Komitmen dan Pemberian Imbalan secara simultan berpengaruh terhadap Displin Kerja Pegawai sedangkan sisanya sebesar 20.30% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan ke dalam model penelitian ini seperti kepemimpinan, motivasi kerja, kepuasan kerja dan lain sebagainya.

PENGARUH KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR SUB.DOLOG WIL.IV PADANGSIDIMPUAN (STUDI PADA KANTOR SUB.DOLOG WIL.IV PADANGSIDIMPUAN)

Ritonga, Tri Eva Juniangsih ( Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik-UMST ) , Tarigan, Usman ( Program Studi Magister Administrasi Publik Universitas Medan Area )

Jurnal Administrasi Publik : Public Administration Journal Vol 5, No 1 (2015): JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK JUNI
Publisher : Universitas Medan Area

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (234.028 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh kepemimpinan terhadap kinerja pegawai pada Kantor Sub.Dolog Wil.IV Padangsidimpuan.Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode penelitian deskriptif, disini dimaksudkan sebagai cara untuk melakukan penelitian dalam rangka memperoleh data dan informasi yang relevan untuk dijadikan dasar pengambilan keputusan.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai pada Kantor Sub. Dolog Wil.IV  Padangsidimpuan yaitu sebanyak 26 orang. Data diambil dari angket atau kuesioner pada objek yang diteliti dan laporan-laporan lainnya.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai. Dari hasil analisis deskriptif variable kepemimpinan yang paling berpengaruh terhadap kinerja pegawai pada Kantor Sub. Dolog Wil.IV Padangsidimpuan adalah apabila pimpinan melibatkan bawahan dalam mengambil keputusan, memberi keteladanan yang baik terhadap bawahan, dan pemimpin memberi alternative pemecahan masalah yang belum ada aturannya.

PENGARUH MOTIVASI DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI LINGKUNGAN BALAI BESAR KONSERVASI SUMBER DAYA ALAM SUMATERA UTARA

Darmanto, Darmanto ( Kementerian Kehutanan Provinsi Sumatera Utara ) , Harahap, R. Hamdani ( Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik universitas Sumatera Utara )

Jurnal Administrasi Publik : Public Administration Journal Vol 5, No 1 (2015): JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK JUNI
Publisher : Universitas Medan Area

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (224.896 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi terhadap kinerja pegawai di Lingkungan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Sumatera Utara, mengetahui pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja pegawai di Lingkungan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Sumatera Utara, dan mengetahui pengaruh motivasi dan disiplin kerja secara bersama-sama terhadap kinerja pegawai di Lingkungan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Sumatera Utara. Tipe penelitian adalah penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif analistis, kuantitatif dalam pengertian bahwa dalam penelitian ini dilakukan pengujian statistik, khususnya untuk mengukur seberapa besar kaitan atau kekuatan pengaruh diantara variabel-variabel yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi berpengaruh nyata terhadap kinerja pegawai lingkungan Balai Besar KSDA Sumatera Utara. Besaran pengaruh motivasi terhadap kinerja pegawai adalah sebesar 36,48%, sedangkan sisanya 63,52% ditentukan oleh factor lain. Disiplin kerja berpengaruh nyata terhadap kinerja pegawai lingkungan Balai Besar KSDA Sumatera Utara. Besaran pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja pegawai adalah sebesar 15,22%, sedangkan sisanya 84,78% ditentukan oleh faktor lain. Motivasi dan disiplin kerja secara bersama-sama berpengaruh terhadap kinerja pegawai lingkungan Balai Besar KSDA Sumatera Utara. Besaran pengaruh motivasi dan disiplin kerja secara bersama-sama terhadap kinerja pegawai adalah sebesar 36,68%, sedangkan sisanya 63,32% ditentukan oleh faktor lain.

IMPLEMENTASI PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR 46 TAHUN 2013 TENTANG PAJAK PENGHASILAN ATAS PENGHASILAN DARI USAHA YANG DITERIMA ATAU DIPEROLEH WAJIB PAJAK YANG MEMILIKI PEREDARAN BRUTO TERTENTU(STUDI DI KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA MEDAN KO

Simanjuntak, Wedy Jhonson ( Dirjen Pajak Pratama Medan Kota ) , Kadir, Abdul ( Program Studi Magister Administrasi Publik Universitas Medan Area )

Jurnal Administrasi Publik : Public Administration Journal Vol 5, No 1 (2015): JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK JUNI
Publisher : Universitas Medan Area

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (233.034 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Implementasi Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 46 Tahun 2013 Tentang Pajak Penghasilan atas penghasilan dari usaha yang diterima atau diperoleh Wajib Pajak yang memiliki peredaran bruto tertentu  di Kantor Pelayanan Pajak  Pratama Medan Kota. Sampel diambil secara purposive  sampling sebanyak 22 orang yang terdiri dari aparatur dari Kantor Pelayanan Pajak Pratama Medan Kota. Analisis data dilakukan dengan metode deskriftif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2013 Tentang Pajak Penghasilan atas penghasilan dari usaha yang diterima atau diperoleh Wajib Pajak yang memiliki peredaran bruto tertentu  di Kantor Pelayanan  Pajak  Pratama Medan Kota sesuai dengan kriteria yang ditetapkan, yaitu dalam kategori baik dalam arti bahwa Implementasi Peraturan Pemerintah ini telah berjalan efektif atau berhasil sebagaimana diharapkan. Namun apabila dilihat dari masing-masing indikator, menunjukkan adanya perbedaan angka skor rata-rata dimana indikator sumber-sumber menunjukkan kategori sedang, sedangkan ketiga indikator lainnya (komunikasi, kecenderungan dan struktur birokrasi) termasuk dalam kategiri baik. Faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan Implementasi adalah faktor keterbatasan sumber daya manusia, sarana dan prasarana serta keterbatasan sumber-sumber keuangan. Untuk lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat wajib pajak perlu peningkatan sarana dan prasarana pada Kantor Pelayanan  Pajak Pratama Medan Kota.

EVALUASI TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PEMBANGUNAN JALAN LINGKUNGAN DI KELURAHAN DWIKORA KECAMATAN MEDAN HELVETIA KOTA MEDAN TAHUN 2012

Siregar, Doni Edwin ( Kelurahan Dwikora Kecamatan Helvetia Pemerintah Kota Medan ) , Kariono, Kariono ( Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik-USU )

Jurnal Administrasi Publik : Public Administration Journal Vol 5, No 1 (2015): JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK JUNI
Publisher : Universitas Medan Area

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (240.819 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menegtahui tingkat kepuasan masyrakat terhadap pembangunan jalan lingkungan di Kelurahan Dwikora yang terletak di Kecamatan Medan Helvetia Kota Medan merupakan salah satu kelurahan yang mendapatkan pembangunan jalan lingkungan pada tahun 2012. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode survey bersifat deskriptif yaitu penelitian yang dilakukan untuk mengetahui nilai variabel mandiri, baik satu variabel atau lebih (independent) tanpa membuat perbandingan, atau menghubungkan antara variabel satu dengan variabel yang lain. Populasi dalam penelitian ini adalah Kepala Keluarga di wilayah lingkungan Kelurahan Dwikora Kecamatan Medan Helvetia yang telah dilaksanakan pembangunan jalan lingkungan yang berjumlah 410 Kepala Keluarga. Sedangkan jumlah sampel yang dijadikan responden dalam penelitian ini sebanyak 150 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah proportionate stratified random sampling (sampel acak berlapis proporsional). Variabel dievaluasi dari aspek kepuasan masyarakat, yang diukur dengan variabel indeks kepuasan masyarakat (IKM) sesuai dengan Kepmen PAN Nomor: 25 Tahun 2004. Untuk analisis data dilakukan berdasarkan skoring dari hasil kuesioner dengan menggunakan skala likert 1-4 dan dianalisis dengan perhitungan indeks kepuasan masyarakat (IKM) sesuai dengan Kepmen PAN Nomor : 25 Tahun 2004. Dari hasil perhitungan diperoleh nilai indeks kepuasan masyarakat (IKM) sebesar 3,03 yang berarti tingkat kepuasan masyarakat termasuk “kategori baik”.