cover
Filter by Year
Jurnal Administrasi Publik : Public Administration Journal
Published by Universitas Medan Area
Articles by issue : Vol 1, No 2 (2011): Jurnal Administrasi Publik Desember
7
Articles
MODEL PENYUSUNAN RENCANA STRATEGIS (RENSTRA)

R a m l a n, R a m l a n

Jurnal Administrasi Publik : Public Administration Journal Vol 1, No 2 (2011): Jurnal Administrasi Publik Desember
Publisher : Universitas Medan Area

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (651.396 KB)

Abstract

Pada hekekatnya selama lebih dari tiga dekade terakhir, sistem pemerintahan dan pembangunan daerah belum pernah mengembangkan suatu standar pengukuran kinerja pemerintah daerah yang menggambarkan kepada kepentingan masyarakat luas. Sehingga menimbulkan tuntutan adanya perubahan alam manajemen pemerintahan dan pembangunan tersebut agar lebih berdaya guna dan berhasil guna. Rencana Strategis diharapkan dapat dijadikan sebagai suatu penjabaran yang lebih konkrit dari tuntutan reformasi tersebut sehingga kebijakan yang ada dapat lebih terbuka dan dapat diramalkan, akuntabilitas publik dapat lebih dipercaya, birokrasi yang professional, dan adanya aturan atau patokan yang jelas.Dari hasil penelitian, model penyusunan rencana strategis (renstra) Dinas Tata Kota dan Tata Bangunan Kota Medan dapat disimpulkan bahwa masukan (input) perencanaan sudah dipenuhi tetapi masih diperlukannya perhatian pada pemanfaatan anggaran untuk memberikan nilai tambah, proses penyusunan telah dilaksanakan 8 (delapan) langkah Bryson tetapi masih diperlukannya perhatian pada langkah penjelasan misi, dari keterlibatan stakehorder juga telah mendapatkan tanggapan setuju dari responden tetapi masih diperlukan perhatian pada keikutsertaan masyarakat.

IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGAWASAN DAN PENGENDALIAN MUATAN LEBIH

Zulkarnaen, T. Reza

Jurnal Administrasi Publik : Public Administration Journal Vol 1, No 2 (2011): Jurnal Administrasi Publik Desember
Publisher : Universitas Medan Area

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (630.595 KB)

Abstract

Angkutan barang memiliki peran penting dalam mendukung pertumbuhan ekonomi suatu daerah.   Pergerakan angkutan barang  di Provinsi Sumatera Utara dari tahun ke tahun terus meningkat seiring dengan peningkatan perekonomian dan kemajuan   teknologi kendaraan bermotor khususnya angkutan barang. Keadaan tersebut menimbulkan masalah terhadap sarana dan prasarana keselamatan jalan serta kondisi jalan.Pengawasan dan Pengendalian muatan lebih merupakan tugas pengawasan keselamatan jalan yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Penimbangan Kendaraan Bermotor ( UPPKB ). Peraturan Pemerintah Nomor 25 Tahun 2000 tentang Kewenangan Pemerintah dan Kewenangan Provinsi sebagai Daerah  Otonom menyebutkan bahwa pengelolaan dan pengoperasian jembatan timbang merupakan kewenangan Pemerintah Provinsi sedangkan Pemerintah Pusat bertugas melaksanakan pembinaan dan pengawasan serta memberikan tindakan korektif   dalam rangka peningkatan kinerja jembatan timbang.

ANALISIS KINERJA APARATUR BIROKRASI

Rizal, M. Fauzul

Jurnal Administrasi Publik : Public Administration Journal Vol 1, No 2 (2011): Jurnal Administrasi Publik Desember
Publisher : Universitas Medan Area

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (495.25 KB)

Abstract

Analisa terhadap kinerja birokrasi sampai saat ini menjadi sangat penting karena memiliki nilai yang sangat strategis. Pengukuran kinerja aparatus dapat diterjemahkan sebagai suatu kegiatan evaluasi yang menilai atau melihat keberhasilan dan kegagalan pelaksanaan tugas dan fungsi yang diemban. Di sisi lain pengukuran keberhasilan maupun kegagalan instansi pemerintah dalam menjalankan tuas dan fungsinya sulit dilakukan secara objektif, disebabkan karena belum diterapkannyasistem pengukuran kinerja yang dapat menginformasikan tingkat keberhasilan secara objektif dan terukur dari pelaksanaan program-program suatu instansi pemerintah.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kinerja aparatur pada Seketariat Daerah Kabupaten Aceh Timur cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari indikator efektivitas, kualitas layanan yang responsivitas. Penelitian ini juga menunjukan bahawa faktor kepemimpinan dan budaya sangat berpengaruh terhadap kinerja aparatur pada sekreteriat Daerah Kabupaten Aceh Timur. Optimalisasi peran serta kepemimpinan perlu dilakukan untuk memperbaiki/meningkatkan kinerja aparatur pada sekreteriat Daerah Kabupaten Aceh Timur di masa yang akan datang yaitu melalui keikutsertaan pegawai pada kursus-kursus, pelatihan teknis fungsional dalam bidang tugas menuju aparatus yang profesional.

ANALISIS PELAYANAN PUBLIK TERHADAP ADMINISTRASI PENERBITAN AKTA KELAHIRAN

PERLAUNGAN SIRAIT, RONALD SAKTI MUDA

Jurnal Administrasi Publik : Public Administration Journal Vol 1, No 2 (2011): Jurnal Administrasi Publik Desember
Publisher : Universitas Medan Area

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (582.91 KB)

Abstract

Sejalan dengan perkembangan zaman menuju globalisasi dan telah dirancangkannya otonomi daerah agar terwujudnya masyarakat yang adil dan makmur baik dalam Pendapatan, Pendidikan, Pekerjaan maupun pelayanan kepada masyarakat, harus didukung pelayanan kepada masyarakat dimana kehendak seluruh masyarakat untuk mendapatkan pelayanan yang baik harus diwujudkan dengan tindakan (action) dari instansi dalam tata pemerintahan yang baik (good goverment).Sama halnya dengan instansi publik lainnya di Indonesia, pelayanan publik oleh aparatur pemerintahan pada Dinas Kependudukan Kota Medan tentunya masih banyak dijumpai kelemahan sehingga belum dapat memenuhi kualitas seperti yang diharapkan oleh masyarakat kota Medan yang berurusan dengan instansi tersebut, khususnya dalam hal urusan penerbitan akta kelahiran.

IMPLEMENTASI PROGRAM MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU BERBASIS SEKOLAH

Hamdi, M. Mahfud

Jurnal Administrasi Publik : Public Administration Journal Vol 1, No 2 (2011): Jurnal Administrasi Publik Desember
Publisher : Universitas Medan Area

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (694.257 KB)

Abstract

Permasalahan pendidikan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia dewasa ini salah satunya adalah masih rendahnya mutu pendidikan pada setiap jenjang dan satuan pendidikan, khususnya pada jenjang pendidikan dasar dan menengah. Berbagai upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan telah dilaksanakan oleh pemerintah dalam hal ini Departemen Pendidikan Nasional, misalnya pengembangan kurikulum nasional maupun lokal, peningkatan kompetensi guru melalui pendidikan dan pelatihan, pengadaan buku dan alat pelajaran, pengadaan dan perbaikan sarana dan prasarana pendidikan, sertifikasi guru dan peningkatan mutu manajemen sekolah. Namun demikian, dari berbagai upaya tersebut belum menunjukkan indikator mutu pendidikan yang signifikan.kinerja implementasi program MPMBS di SMP Negeri 6 Kisaran, menunjukkan kinerja yang baik dan adanya kepatuhan (compliance) baik dilihat dari aspek administrasi maupun tahap-tahap pelaksanaannya. Sedangkan dari aspek daya tanggap (responsivitas),  segenap warga sekolah cukup memberikan  respon yang baik, dengan indikasi dari partisipasi warga sekolah dalam implementasi program MPMBS. Dan dari hasil kebijakan menunjukkan adanya peningkatan mutu pendidikan, antara sebelum dan sesudah implementasi program MPMBS. Sesudah implementasi program MPMBS terbukti prestasi siswa cukup meningkat baik di bidang akademik maupun non-akademik.

HUBUNGAN ANTARA PENDIDIKAN, MOTIVASI DAN BUDAYA KERJA DENGAN KINERJA PEGAWAI

Mujiburrahman, Mujiburrahman

Jurnal Administrasi Publik : Public Administration Journal Vol 1, No 2 (2011): Jurnal Administrasi Publik Desember
Publisher : Universitas Medan Area

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (429.881 KB)

Abstract

Pegawai Inspektorat Kabupaten Aceh Timur sebagai aparat pengawas internal pemerintah mempunyai tugas pokok melakukan pengawasan dan pembinaan diseluruh instansi dilingkungan pemerintah Kabupaten Aceh Timur. Institusi pengawasan  diharapkan dapat menjadi  detektor dini untuk mengetahui terjadinya  penyimpangan dalam pelaksanaan tugas dilingkungan pemerintah Kabupaten Aceh Timur. Walaupun Inspektorat tidak secara langsung melayani masyarakat namun peran Inspektorat sangat diharapkan masyarakat dalam memberikan melakukan pembinaan dan usaha mengurangi praktek-praktek KKN dilingkungan pemerintah Kabupaten Aceh Timur.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaiamana hubungan atara pendidikan, motivasi dan budaya kerja dengan kinerja pegawai Inspektorat Kabupaten Aceh Timur .Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan antara pendidikan dengan kinerja pegawai Inspektorat Kabupaten Aceh Timur adalah tidak signifikan.

KINERJA PROFESIONAL PEGAWAI ADMINISTRASI IAIN SUMATERA UTARA

Jamaluddin, Jamaluddin

Jurnal Administrasi Publik : Public Administration Journal Vol 1, No 2 (2011): Jurnal Administrasi Publik Desember
Publisher : Universitas Medan Area

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (622.52 KB)

Abstract

Sebagai lembaga pendidikan tinggi yang memiliki tugas pokok menyelenggarakan Tri Dharma Perguruan Tinggi (pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat), IAIN Sumatera Utara dituntut untuk dapat menyelenggarakan Tri Dharma Perguruan Tinggi tersebut secara konsekuen. Itula seluruh sebabnya seluruh personil organisasi yang terlibat dalam proses manajerial IAIN Sumatera Utara diharapkan mampu melaksanakan tugasnya sesuai dengan tuntunan tugas yang tertera dalam uraian tugas masing-masing.Peran strategis pegawai administrasi dalam melaksanakan tugas pokoknya adalah untuk mencapai visi dan misi IAIN Sumatera Utara. Kinerja professional para pegawai, bagaimana akan mempengaruhi kinerja organisasi. Karenanya, peningkatan mutu keprofesinalan pegawai selayaknya diiringi dengan kemampun pegawai dalam melakasanakan tugas pokok berdasarkan uraian tugas yang telah dibebankan kepada masing-masing pegawai itu. Keprofesionalan pegawai inilah yang menjadi kata kunci agar para pegawai dapar malaksanakan tugas sebagai bagian dari upaya IAIN Sumatera Utara mencapai tujuan-tujuan yang telah ditetapkannya.