cover
Filter by Year
JURNAL AKUNTANSI DAN BISNIS : Jurnal Program Studi Akuntansi
Published by Universitas Medan Area
Articles by issue : Vol 2, No 2 (2016): November
10
Articles
PENGARUH STRATEGI PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA CARREFOUR CITRA GARDEN MEDAN

Sihaloho, Sri Hartini, Utama, Amrin Mulia

JURNAL AKUNTANSI DAN BISNIS : Jurnal Program Studi Akuntansi Vol 2, No 2 (2016): November
Publisher : JURNAL AKUNTANSI DAN BISNIS : Jurnal Program Studi Akuntansi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (419.19 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Periklanan, promosi penjualan danPenjualan tatap muka terhadap keputusan pemebelian konsumen pada Carrefour Citra GardenMedan.Jenis penelitian ini deskriptif adalah penelitian yang dilakukan untuk mengetahui nilaivariabel mandiri, baik satu variabel atau lebih (independen) tanpa membuat perbandingan, ataumenghubungkan dengan variabel yang lain. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 1500 orang,dengan menggunakan rumus slovin yang di jadikan responden berjumlahh 94 orang. Hasilpenelitian dalam penelitian ini pada uji t periklanan dengan nilai thitung> ttabel (9,487 >1,661),kemudian variabel promosi penjualaan diperoleh thitung> ttabel (3,676>1,661) dan kemudianvariabel penjualan tatap muka diperoleh thitung> ttabel (4,713>1,661)Dengan demikian dapatdisimpulkan bahwa variabel variabel periklanan, promosi penjualan dan penjualan tatap mukasecara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen padaCarrefour Citra Garden Medan. nilai Fhitung>Ftabel (64,067>3.10) dengan hipotesis Ho ditolakdan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel periklanan, promosi penjualan danpenjualan tatap muka secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadapkeputusan pembelian konsumen pada Carrefour Citra Garden Medan. Koefisien determinasi (KD) = R2 x 100%, sehingga diperoleh KD = 67,0%. Angka tersebut menunjukkan bahwasebesar 67,0 % keputusan pembelian (variabel terikat) dapat dijelaskan oleh variabel periklanan,promosi penjualan, penjualan tatap muka. Sisanya sebesar 33,0% dipengaruhi oleh faktor-faktorlain yang tidak dijelaskan dalam penelitian iniKata Kunci : Periklanan, Promosi Penjualan, Penjualan Tatap Muka, KeputusanPembelian.

Analisis Rasio Leverage Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Otomotif Dan Komponen Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia

Nasution, Ilham Ramadhan

JURNAL AKUNTANSI DAN BISNIS : Jurnal Program Studi Akuntansi Vol 2, No 2 (2016): November
Publisher : JURNAL AKUNTANSI DAN BISNIS : Jurnal Program Studi Akuntansi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (403.584 KB)

Abstract

Para kreditur dan pemegang saham seringkali tertarik melihat besarnya Return OnEquity(ROE) suatu perusahaan untuk mengetahui kemampuan perusahaan atas modal yangtelah ditanamkan dalam perusahaan. Salah satu cara untuk memprediksi ROE adalah denganmenggunakan rasio keuangan, yaitu rasio leverage. Penelitian ini difokuskan pada Debt Ratio(DR), Debt to Equity Ratio (DER), dan Long Term Debt to Equity Ratio (LTDER).Tujuanpenelitian ini adalah untuk mengetahui apakah DR,DER, dan LTDER secara parsial dansimultan terhadap ROE. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan otomotif dan komponennyayang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.Metode penelitian dalam skripsiini adalah denganmenggunakan desain kausal. Penelitian dilakukan untuk periode 2010-2014. Jenis data yangdigunakan adalah data sekunder. Data diperoleh dari situs resmi Bursa Efek Indonesia. Datayang telah dikumpulkan dianalisis dengan metode analisis data yang terlebih dahuludilakukan pengujian asumsi klasik sebelum melakukan pengujian hipotesis. Pengujianhipotesis dalam penelitian ini menggunkan regresi berganda dengan uji f dan uji t pada levelsignifikansi 5% (α=0,05).Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa DR berpengaruh signifikansecara parsial terhadap ROE. Dan secara simultan DR,DERdan LTDER berpengaruhsignifikan baik terhadap ROE.Kata kunci : Debt Ratio (DR), Debt to Equity Ratio (DER), Long Term Debt to EquityRatio (LTDER), dan Return on Equity (ROE).

ANALISIS PENGARUH CURRENT RATIO (CR) DAN NET PROFIT MARGIN (NPM) TERHADAP HARGA SAHAM DI PERUSAHAAN MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI)

Anshari, Budi

JURNAL AKUNTANSI DAN BISNIS : Jurnal Program Studi Akuntansi Vol 2, No 2 (2016): November
Publisher : JURNAL AKUNTANSI DAN BISNIS : Jurnal Program Studi Akuntansi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (494.018 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Current Ratio (CR) dan Net ProfitMargin (NPM) secara parsial dan simultan Terhadap Harga Saham di Perusahaan Makanan danMinuman yang Terdaftardi Bursa Efek Indonesia (BEI). Populasi dan sampel penelitian iniadalah perusahaan makanan dan minuman di Bursa Efek Indonesia periode 2011sampai dengan2014 yang dijadikan sampel penelitian. Sampel penelitian ini diperoleh 10 perusahaan yang telahdiseleksi menggunakan purposive sampling dengan kriteria tertentu, yaitu perusahaan makanandan minuman yang mengeluarkan laporan keuangan selama empat tahun berturut-turut yaitutahun 2011 sampai dengan 2014. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah datakuantitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Variabelpenelitian yang digunakan dalam penelitian ini variabel dependen (Harga Saham) danindependen (Current Ratio dan Net Profit Margin). Teknik pengumpulan data yang digunakandalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah ujikualitas data, uji asumsi klasik dan uji hipotesis menggunakan uji-t secara parsial, uji-F secarasimultan dengan level of significance 5% dan uji koefisien determinasi.Hasil penelitianmenunjukkan bahwa Current Ratio (CR)dan Net Profit Margin(NPM) secara simultan tidakberpengaruh tehadap harga saham, sedangkan hasil dari uji-t menunjukkan bahwa CurrentRatio(CR)dan Net Profit Margin (NPM) secara parsial tidak mempunyai pengaruh signifikanterhadap harga saham.Kata Kunci : Current Ratio (CR), Net Profit Margin (NPM) dan Harga Saham.

LABA AKUNTANSI DAN ARUS KAS OPERASI TERHADAP PERUBAHAN HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN OTOMOTIF YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI)

Perdamenta, Harry

JURNAL AKUNTANSI DAN BISNIS : Jurnal Program Studi Akuntansi Vol 2, No 2 (2016): November
Publisher : JURNAL AKUNTANSI DAN BISNIS : Jurnal Program Studi Akuntansi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (473.803 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Laba Akuntansi dan Arus Kas Operasi secara parsial dan simultan terhadap Harga Saham pada Perusahaan Otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Populasi dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan otomotif di Bursa Efek Indonesia periode 2011 sampai 2014 yang dijadikan sampel penelitian. Sampel penelitian ini diperoreh 10 perusahaan yang terseleksi menggunakan Purposive Sampling dengan kriteria tertentu. Jenis data yang digunakan pada penelitian ini adalah data kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah data sekunder. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu variabel dependen (Harga saham) dan variabel independen (laba akuntansi dan arus kas operasi). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi.Teknikanalisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model analisis regresi berganda (linear), uji asumsi klasik, dan uji hipotesis.Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan program SPSS versi 19.00. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa laba akuntansi tidak berpengaruh terhadap harga saham pada perusahaan otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI), namun arus kas operasi berpengaruh signifikan terhadap harga saham pada perusahaan otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI).Secara simultan laba akuntansi dan arus kas operasi tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham pada perusahaan otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI).Kata Kunci: Laba akuntansi, Arus kas operasi dan Harga Saham

PENGARUH STRATEGI BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN JASA PENJUALAN TIKET PADA PT.AZKEL PRIMA UTAMAMEDAN

Rosmika, T. Enita

JURNAL AKUNTANSI DAN BISNIS : Jurnal Program Studi Akuntansi Vol 2, No 2 (2016): November
Publisher : JURNAL AKUNTANSI DAN BISNIS : Jurnal Program Studi Akuntansi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (465.558 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh bauran pemasaran jasa yang terdiridari produk, harga, promosi, lokasi, orang, proses, dan bukti fisik terhadap keputusan konsumenyang membeli tiket menggunakan jasa perusahaanPT.Azkel Prima Utama Medan. Populasidalam penelitian ini adalah pelanggan PT.Azkel Prima Utama sebanyak 95 responden. Metodeyang digunakan dalam pengambilan sampel adalah simple random sampling.Jenis penelitianyang digunakan merupakan jenis penelitian eksplanasi (penjelasan) dan hipotesis di uji denganmenggunakan analisis regresi linier berganda dengan taraf signifikan 0.05 (5%). Hasil penelitianmembuktikan bahwa variabel produk, harga, promosi, lokasi, orang, proses, bukti fisik, customerservice berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen menggunakan jasapercetakan pada PT.Azkel Prima Utama Medan. Berdasarkan uji signifikan parsial bahwa darikedelapan variabel bebas yang dominan berpengaruh terhadap keputusan konsumen adalahvariabel orang sedangkan variabel tempat dan proses berpengaruh negatif dan signifikan. NilaiAdjusted R2 sebesar 0,660 berarti 66% variabel keputusan konsumen dapat dijelaskan olehproduk, harga, promosi, lokasi, orang, proses, dan bukti fisik Sedangkan sisanya 34% dapatdijelaskan oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti oleh penelitian ini.Kata Kunci : Bauran Pemasaran Jasa dan Keputusan Konsumen.

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPERNGARUHI PERTUMBUHAN JUMLAH INDUSTRI BESAR DAN SEDANG DI PROVINSI SUMATERA UTARA

., Imsar

JURNAL AKUNTANSI DAN BISNIS : Jurnal Program Studi Akuntansi Vol 2, No 2 (2016): November
Publisher : JURNAL AKUNTANSI DAN BISNIS : Jurnal Program Studi Akuntansi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (176.193 KB)

Abstract

Fluktuasi jumlah industri besar dan menengah setiap tahun, tentu akan mempengaruhi kerja di Provinsi Sumatera Utara. Banyak hal diperkirakan mempengaruhi fluktuasi jumlah industribesar dan menengah di Provinsi Sumatera Utara. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh PDB, upah minimum riil, tingkat suku bunga, dan jumlah penduduk dengan jumlah pengembangan industri besar dan menengah di Sumatera Utara provinve secara simultan danparsial. Data yang digunakan adalah sumber daya sekunder data dari BI dan BPS Provinsi Sumatera Utara yaitu variabel CONSTANS harga dari PDB, upah minimum riil, tingkat suku bunga, dan penduduk di Provinsi Sumatera Utara sebagai rangkaian waktu dari tahun 1998 sampai 2015. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode OLS (Ordinary Least Square) dengan estimasi model regresi linear berganda memerlukan bantuan Eviews 5.1 Program. Hasil penelitian ini secara simultan variabel PDB, upah minimum riil, tingkat suku bunga, dan populasi uninfluence signifikan terhadap jumlah industri besar dan menengah di Provinsi Sumatera Utara. Sementara sebagian menyimpulkan bahwa variabel upah riil minimum berpengaruh negatif dan signifikan, dan jumlah variabel populasi memiliki efek positif dan signifikan terhadap perkembangan jumlah industri besar dan menengah di Provinsi Sumatera Utara. Kemudian untuk variabel GDP memiliki efek positif dan variabel tingkat suku bunga memiliki efek negatif terhadap jumlah industri besar dan menengah di Provinsi Sumatera Utara. Hasil ini menunjukkan penelitian bahwa variabel yang paling dominan pada pengembangan jumlah industri besar dan menengah di Provinsi Sumatera Utara adalah jumlah variabel populasi.Kata kunci: Jumlah Besar dan Sedang Industries, GDP, The Real Upah Minimum, TingkatBunga, Penduduk.

PENGARUH RASIO KEUANGAN TERHADAP PERTUMBUHAN LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR INDUSTRI KONSUMSI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN KALBE FARMA TBK PERIODE 2007-2014)

Safitri, Isnaniah Laili Khatmi

JURNAL AKUNTANSI DAN BISNIS : Jurnal Program Studi Akuntansi Vol 2, No 2 (2016): November
Publisher : JURNAL AKUNTANSI DAN BISNIS : Jurnal Program Studi Akuntansi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (541.271 KB)

Abstract

Sebagai satu perusahaan farmasi terbesar di Indonesia, PT Kalbe Farma tbk sebagai salahsatu perusahaan farmasi terbesar di Indonesia, gencar melakukan akuisisi strategis terhadapperusahaan-perusahaan farmasi lainnya, membangun merek-merek produk yang unggul, danmenjangkau pasar internasional yang terintegrasi dengan daya inovasi, strategi pemasaran,pengembangan merek, distribusi, kekuatan keuangan, keahlian riset dan pengembangan sertaproduksi yang sulit ditandingi dalam mewujudkan misinya untuk meningkatkan kesehatan untukkehidupan yang lebih baik. Agar dapat mencapai misi tersebut, maka diperlukan dana tambahanberupa laba yang diperoleh dari operasional perusahaan. Tujuan dalam penelitian ini adalahuntuk mengetahui pengaruh berbagai rasio keuangan terhadap pertumbuhan laba PT. Kalbe Farma tbk. Rasio yang digunakan dalam penelitian ini berupa Debt to Asset Ratio, Net ProfitMargin, Inventory Turnover, Return on Equity. Penelitian ini menggunakan sampel berjumlah32 laporan keuangan. Laporan keuangan yang dimulai dari tahun 2007 hingga 2014 per kuartal.Data dalam penelitian ini diperoleh dari data primer dan data sekunder. Hasil penelitianmenunjukan Variabel Debt to Asset Ratio memiliki pengaruh signifikan terhadap pertumbuhanlaba PT. Kalbe Farma tbk (signifikan 0.000 < 0.05 dan thitung 4.135 >ttabel 1.694), Variabel Netprofit margin tidak berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan laba PT. Kalbe Farma tbk(signifikan 0.397 > 0.05 dan thitung 0.860 <ttabel 1.694), Variabel Inventory turnover memilikipengaruh signifikan terhadap pertumbuhan laba PT. Kalbe Farma tbk (signifikan 0.018 < 0.05dan thitung 1.775 >ttabel 1.694), Variabel Return on equity tidak berpengaruh signifikan terhadappertumbuhan laba PT. Kalbe Farma tbk (signifikan 0.837> 0.05 dan thitung -0.207 <ttabel1.694).Secara simultan debt to asset ratio,net profit margin, inventory turnover dan return onequityberpengaruh secaara signifikan terhadap pertumbuhan laba (signifikan 0.000 < 0.05 danNilai Fhitung 6.> Ftabel 2.90).Kata Kunci : Rasio Keuangan, Debt To Asset Ratio, Net Profit Margin, Inventory Turnover,Retun On Equity, Pertumbuhan Laba.

PENGARUH NILAI INFORMASI DAN DORONGAN IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE SAMSUNG

Hartini, Sri

JURNAL AKUNTANSI DAN BISNIS : Jurnal Program Studi Akuntansi Vol 2, No 2 (2016): November
Publisher : JURNAL AKUNTANSI DAN BISNIS : Jurnal Program Studi Akuntansi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (133.534 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis nilai informasi dan doronganiklanterhadap keputusan pembelian Smartphone Samsung di Medan,Penelitian inimenggunakan metode asosiatif yang melibatkan 100 orang responden. Pengumpulan datadilakukan dengan menggunakan pembagian kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis denganmenggunakan formula statistik, yakni dengan menggunakan analisis regresi berganda yangpengolahannya dilakukan dengan program SPSS versi 19. data penelitian adalah data primerdan data skunder. Populasi penelitian ini mahasiswa yang memakai Smartphone Samsung.Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa variabel (nilai informasi, , dan dorongan iklan)berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan hasil penelitian, makahipotesis 1 yang menyatakan, diduga bahwa terdapat pegaruh positif antara faktor-faktor(nilai informasi, dan dorongan iklan) terhadap keputusan pembelian Smartphone Samsung.Berdasarkan hasil tersebut, maka hipotesis 2 yang menyatakan diduga dianatara keduavariabel ( nilai informasi, , dan dorongan iklan) diketahui variabel nilai informasi yang palingberpengaruh positif terhadap keputusan pembelian Smartphone Samsung..Kata kunci : Nilai informasi, , dorongan, dan keputusan pembelian

EFEKTIVITAS PENAGIHAN PAJAK PENGHASILAN PASAL 21 TERHADAP PENERIMAAN PAJAK MELALUI SURAT PAKSA (STUDI KASUS PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA (KPP) MEDAN PETISAH)

Tambunan, Bonifasius H.

JURNAL AKUNTANSI DAN BISNIS : Jurnal Program Studi Akuntansi Vol 2, No 2 (2016): November
Publisher : JURNAL AKUNTANSI DAN BISNIS : Jurnal Program Studi Akuntansi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (148.957 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat efektivitas penagihan pajak dengan suratpaksa di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Medan Petisah terhadap penerimaan pajak.,Penelitianini menggunakan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasiberupa bukti catatan atau laporan historis dalam bentuk arsip seperti penerimaan pajak, surattagihan pajak, dan surat paksa yang diterbitkan sepanjang tahun 2012 sampai 2014.Teknikanalisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Hasil analisisdeskriptif menunjukkan bahwa pengaruh penagihan pajak melalui surat paksa mulai dari Tahun2012 sampai dengan Tahun 2014 yang mengalami peningkatan setiap tahunnya, dan efektivitaspenagihan pajak penghasilan pasal 21 melalui surat paksa yang kurang efektif dan efisien dalamhal kurangnya kesadaran Wajib Pajak untuk membayar tagihan perpajakannya sehinggamenyebabkan meningkatnya jumlah penerbitan surat paksa baik dari segi lembar maupun darisegi nominalnya.Kata Kunci : Efektivitas Penagihan Pajak, Pajak Penghasilan.

DETERMINASI TINGKAT MATERIALITAS DENGAN PENGALAMAN AUDITOR SEBAGAI PEMODERASI PENGARUH KEMAMPUAN MENDETEKSI DAN ETIKA PROFESI

Ika, Desi, Pribadi, Angelia

JURNAL AKUNTANSI DAN BISNIS : Jurnal Program Studi Akuntansi Vol 2, No 2 (2016): November
Publisher : JURNAL AKUNTANSI DAN BISNIS : Jurnal Program Studi Akuntansi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (212.354 KB)

Abstract

Determinasi tingkat materialitas sangat menentukan tingkat salah saji atau kekeliruanyang dapat ditoleransi. Salah saji atau kekeliruan dapat mempengaruhi pengambilan keputusanoleh pengguna laporan keuangan. Oleh sebab itu, perlu dilakukan pengujian faktor-faktor yangmempengaruhi pertimbangan auditor menentukan tingkat materialitas. Penelitian ini memiliki 4(empat) variabel yaitu variabel bebas (independent variable) dalam hal ini adalah pengetahuanmendeteksi kekeliruan dan etika profesi. Sedangkan varibel terikat (dependent variable) dipenelitian ini adalah determinasi tingkat materialitas. Terakhir, pengaruh antar variabel tersebutakan dimoderasi oleh variabel pengalaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengalamanauditor bukan sebagai variabel pemoderasi. Hal ini disebabkan oleh auditor tidak memerlukanpengalaman yang banyak untuk menentukan tingkat materialitas baik pada tingkat laporankeuangan maupun tingkat saldo akun. Ketika auditor menerima perikatan, maka auditor telahmenyusun prosedur audit yang digunakan sebagai pedoman untuk melakukan pekerjaan mereka.Prosedur audit dapat digunakan oleh setiap auditor tanpa memperhatikan banyaknya pengalamanmengaudit seseorang.Kata Kunci : Determinasi Tingkat Materialitas, Pengalaman Auditor, PengetahuanMendeteksi Kekeliruan dan Etika Profesi.