cover
Filter by Year
Publikauma : Jurnal Administrasi Publik Universitas Medan Area
Published by Universitas Medan Area
Articles by issue : Vol 4, No 1 (2016): PUBLIKAUMA JUNI
8
Articles
Peran Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Dalam Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa di Desa Melati II Kecamatan Perbaungan

Hardiani, Dian, Matondang, Armansyah

Publikauma : Jurnal Administrasi Publik Universitas Medan Area Vol 4, No 1 (2016): PUBLIKAUMA JUNI
Publisher : Publikauma : Jurnal Administrasi Publik Universitas Medan Area

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (588.762 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran Badan Permusyawaratan Desa dalam pengawasan penyelenggaraan pemerintahan desa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Kualitatif dengan sifat peneltian Deskriptif. Metode pengumpulan data yangdigunakan adalah 1) wawancara, 2) dokumentasi, 3) observasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Badan Permusyawaratan Desa  di Desa Melati II Kecamatan Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai kurang berperan dalam menjalankan fungsi pengawasannya

Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Sales di PT. Sumatera Berlian Motors

Saputra, Ridho Eko, Muthalib, Abdul

Publikauma : Jurnal Administrasi Publik Universitas Medan Area Vol 4, No 1 (2016): PUBLIKAUMA JUNI
Publisher : Publikauma : Jurnal Administrasi Publik Universitas Medan Area

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (537.566 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja team sales di PT. Sumatera Berlian Motors. Jumlah populasi pada penelitian ini adalah 53 responden, dan dengan menggunakan metode sampling jenuh maka jumlah sampel adalah 53 responden. Teknik pengumpulan data pada penilitian ini adalah dengan menggunakan kuesioner yang terdiri atas 29 butir soal untuk variabel budaya organisasi dan 27 butir soal untuk variabel kinerja karyawan dengan teknik cronbach alpha diperoleh nilai reliabilitas sebesar 0,864 untuk variabel budaya organisasi dan 0,800 untuk variabel kinerja karyawan. Sedangkan pengujian hipotesis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh persamaan regresi linier sederhana yaitu Y = 38,461 + 0.489X. Hasil uji determinasi dari nilai R2 adalah 0,213. Uji-t diperoleh thitung = 3,713. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara budaya organisasi terhadap kinerja karyawan

Implementasi Program Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS) Dalam Meningkatkan Pelayanan Administrasi Kesehatan di Rumah Sakit Umum Sibuhuan

Suryani, Ade Irma, Suharyanto, Agung

Publikauma : Jurnal Administrasi Publik Universitas Medan Area Vol 4, No 1 (2016): PUBLIKAUMA JUNI
Publisher : Publikauma : Jurnal Administrasi Publik Universitas Medan Area

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (356.596 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Implementasi Program Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan di Rumah Sakit Umum Kabupaten Padang Lawas. Masalah yang diteliti adalah sejauhmana sasaran dari program BPJS. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dan didukung data skunder. Jenis data yang digunakan adalah data primer di peroleh dari hasil wawancara dan data sekunder diperoleh data pengolahan data dan observasi. Tehnik analisa data dimulai dari pengumpulan informasi melalui wawancara dan pada tahap akhir dengan menarik kesimpulan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan Implementasi Program Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan yang diterapkan di Rumah Sakit umum Sibuhuan Kabupaten Padang Lawas sudah berjalan dengan baik.

Peranan Promosi Jabatan Terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil Di Sekretariat DPRD Kabupaten Padang Lawas

Harahap, Ari Sanjaya, Angelia, Nina

Publikauma : Jurnal Administrasi Publik Universitas Medan Area Vol 4, No 1 (2016): PUBLIKAUMA JUNI
Publisher : Publikauma : Jurnal Administrasi Publik Universitas Medan Area

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (245.283 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang menggunakan kepustakaan dan penelitian langsung dilapangan seperti penyebaran angket dan observasi. Analisis data yang digunakan untuk mengetahui peranan promosi jabatan terhadap kinerja pegawai adalah dengan interactive model analysis dari Miles dan Huberman yaitu dengan tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Responden dalam penelitian adalah sebanyak 21 pegawai negeri sipil Kantor Sekretariat DPRD Kabupaten Padang Lawas. Hasil penelitian berdasarkan data yang sudah diperoleh dan pengamatan peneliti bahwa peranan promosi jabatan mempengaruhi kinerja pegawai. Analisis data terhadap angket penelitian dapat diketahui bahwa peranan promosi jabatan secara positif terhadap kinerja pegawai Di Kantor Sekretariat DPRD Kabupaten Padang Lawas. 

Efektivitas Pelayanan Paspor Pada Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Medan

Waruwu, Henrikus, Masitho, Beby

Publikauma : Jurnal Administrasi Publik Universitas Medan Area Vol 4, No 1 (2016): PUBLIKAUMA JUNI
Publisher : Publikauma : Jurnal Administrasi Publik Universitas Medan Area

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (323.623 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pelayanan publik pada Kantor Imigrasi Kelas I  Khsusus Medan. Metode penelitian ini adalah metode deskriftif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 50 orang yang diambil secara accidental (kebetulan) dalam kurun waktu 10 hari kerja. Hasil penelitian bahwa pelayanan Paspor pada Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Medan Efektif hal ini karena petugas  tanggap dalam menindaklanjuti keluhan pemohon, tidak ada petugas yang menerima imbalan dari masyarakat pada proses pengurusan paspor dan terlaksananya sistem  pelayanan paspor terpadu (One Stop Service) pemohon dapat menyelesaikan permohonan paspor satu hari dengan syarat berkas yang lengkap mulai dari alur permohonan, foto,wawancara,sidik jari dan penyerahan slip pembayaran serta pengambilan paspor 3 hari kerja terhitung setelah melakukan pembayaran di bank BNI.

Peran Camat Dalam Mengawasi Kinerja Pegawai di Kantor Camat Medan Denai Kota Medan

Sarumaha, Wira Yusniawati, Dewi, Rosmala

Publikauma : Jurnal Administrasi Publik Universitas Medan Area Vol 4, No 1 (2016): PUBLIKAUMA JUNI
Publisher : Publikauma : Jurnal Administrasi Publik Universitas Medan Area

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (303.212 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran camat dalam mengawasi kinerja pegawai dikantor camat Medan denai kota Medan. Metode yang digunakan dalam pengamatan ini adalah deskriptif dengan pendekatan induktif dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pengawasan oleh Camat sudah baik yang dibuktikan melalui tiga indikator yaitu pemantauan, pemeriksaan, dan evaluasi. Baiknya pelaksanaan pengawasan Camat berpengaruh kepada kondisi disiplin kerja pegawai/aparatKecamatan yang masuk dalam kategori cukup, dilihat dari tiga sub indikator yaitu ketaatan terhadap jam kerja, ketepatan waktu dalam menyelesaikan tugas, ketepatan waktu dalam menyelesaikan tugas dan tingkat pelanggaran terhadap peraturan.

Peran Dinas Kebersihan Dalam Pengelolaan Sampah Rumah Tangga di TPA Terjun Kecamatan Medan Marelan

Sari, Dewita, Ritonga, Syafruddin

Publikauma : Jurnal Administrasi Publik Universitas Medan Area Vol 4, No 1 (2016): PUBLIKAUMA JUNI
Publisher : Publikauma : Jurnal Administrasi Publik Universitas Medan Area

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (343.939 KB)

Abstract

Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif jenis deskriptif dengan wawancara dan juga observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan peran dinas kebersihan dalam pengelolaan sampah rumah tangga di TPA Terjun Kecamatan medan marelan belum maksimal dan ada beberapa kekurangan dari segi eksternal misalnya, alokasi dana yang di berikan Pemerintah pusat sangat minim dikarenakan biaya banyak terpakai untuk mengganti alat-alat yang sudah tua seperti excavator dan buldozer maupun truk sampah. Kemudian masih kurangnya pemahaman terhadap pemulung yang membakar sampah sembarangan di lahan yang masih di pakai. Maka dari itu diperlukannya tinjauan langsung oleh pemerintah pusat ke TPA agar bisa menyesuaikan anggaran yang di perlukan di TPA supaya pekerjaan berjalan dengan lancar dan melakukan pengawasan terus sehingga maksud dan tujuan dapat terwujud.

Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Anggota Perpustakaan Kota Medan

Sari, Purnama, Jamil, Bahrum

Publikauma : Jurnal Administrasi Publik Universitas Medan Area Vol 4, No 1 (2016): PUBLIKAUMA JUNI
Publisher : Publikauma : Jurnal Administrasi Publik Universitas Medan Area

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (433.754 KB)

Abstract

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan Perpustakaan Kota Medan dari 95 responden 75 responden (78,9%) menyatakan sangat baik, 20 responden (21,1%) menyatakan baik. Hal ini menunjukkan bahwa dari kualitas pelayanan di Perpustakaan Kota Medan sangat baik karena pegawai perpustakaan sudah memenuhi harapan dari anggota baik dari pelayanan yang diberikan pegawai kepada anggota dan sarana prasarana yang memadai. Kepuasan Anggota hasil penelitian menunjukan dimana 68 responden (71,6%) menyatakan Sangat puas dan 27 responden (28,4%) menyatakan Puas. Anggota merasa puas karena pegawai sudah melakukan pelayanan yang maksimal untuk melayani para pengguna perpustakaan, baik mengenai jawaban yang diberikan oleh pegawai, maupun dari keramahan pegawai perpustakaan yang dianggap anggota sudah maksimal.Kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasaan anggota karena nilai signifikan 0,000<0,05 maka H0ditolak, dan Haditerima.