cover
Filter by Year
JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study
Published by Universitas Medan Area
Articles by issue : Vol 2, No 1 (2016): JURNAL SIMBOLIKA APRIL
10
Articles
Komparasi Model Kompetensi Komunikasi Guru dalam Proses Belajar Mengajar: Studi Kasus pada SMPN 1 Bukit dengan SMPS Blang Panas Kecamatan Bukit Kabupaten Bener Meriah Provinsi Aceh

Hidayat, Wahyu ( Universitas Sumatera Utara )

JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study Vol 2, No 1 (2016): JURNAL SIMBOLIKA APRIL
Publisher : Communication Sciences Department Faculty of Social and Political Sciences Medan Area Univ

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (743.027 KB)

Abstract

AbstrakTujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kompetensi komunikasi guru, mendeskripsikan model komunikasi guru dalam proses belajar mengajar, dan membandingkan model-model kompetensi komunikasi yang digunakan oleh guru dalam proses belajar mengajar di SMPN 1 Bukit dan SMPS  Blang Panas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi komunikasi guru di SMPN 1 Bukit telah memenuhi kriteria yang disyaratkan, sedangkan kompetensi komunikasi guru di SMPS Blang Panas belum memenuhi kriteria. Selain itu, model komunikasi guru pada SMPN 1 Bukit lebih bervariasi dan mampu menyesuaikan dengan kondisi yang ada, sedangkan model komunikasi guru pada SMPS Blang Panas lebih monoton dengan hanya menerapkan satu model komunikasi dalam proses belajar mengajar. Hasil penelitian juga menunjukkan perbedaan pada kemampuan berkomunikasi guru secara verbal, non verbal, perbedaan kemampuan bergaul secara santun dan efektif dengan siswa-siswi di kelas, serta perbedaan kemampuan penguasaan teknologi komunikasi dalam proses belajar mengajar. Selanjutnya, guru-guru di SMPN 1 Bukit mampu memadukan tiga kategori model komunikasi sekaligus (komunikasi satu arah, dua arah, dan transaksi), sedangkan pada SMPS Blang Panas, guru hanya mampu menerapkan model komunikasi satu arah saja.   

Respon Masyarakat Terhadap Pesan Komunikasi Survei Sosial Ekonomi Nasional Pada BPS Kota Pematangsiantar

Naibaho, Marlina ( Universitas Sumatera Utara )

JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study Vol 2, No 1 (2016): JURNAL SIMBOLIKA APRIL
Publisher : Communication Sciences Department Faculty of Social and Political Sciences Medan Area Univ

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (710.388 KB)

Abstract

AbstrakRespon masyarakat terhadap Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) yang dilakukan oleh BPS Kota Pematangsiantar melalui pemberian data yang lengkap, akurat dan mutakhir menjadi sebuah kebutuhan, dimana hal tersebut akan dipengaruhi oleh pesan komunikasi yang diterima oleh masyarakat. Penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif ini menggunakan teori Stimulus Organism Response dari DeFleur untuk mengetahui respon masyarakat terhadap pesan komunikasi Susenas dan ada tidaknya perbedaan respon masyarakat terhadap pesan komunikasi Susenas berdasarkan golongan pendapatan rumah tangga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa respon masyarakat secara keseluruhan terhadap Susenas di Kota Pematangsiantar adalah positif, diikuti oleh respon afektif, sebaliknya respon kognitif adalah negatif. Hasil uji hipotesis Kruskal Wallis menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan respon masyarakat yang berbeda golongan pendapatan rumah tangga terhadap pesan komunikasi Susenas. 

Strategi Komunikasi Pemasaran Objek Wisata Gundaling dan Pemandian Air Panas Semangat Gunung

Sembiring, Junaidi Pranata ( Universitas Sumatera Utara )

JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study Vol 2, No 1 (2016): JURNAL SIMBOLIKA APRIL
Publisher : Communication Sciences Department Faculty of Social and Political Sciences Medan Area Univ

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (818.833 KB)

Abstract

AbstrakPenelitian ini dilakukan untuk mengetahui Strategi Komunikasi Pemasaran objek wisata Gundaling dan Pemandian Air Panas Semangat Gunung serta hal-hal yang menjadi pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pemasaran oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Karo. Penelitian ini menggunakan metode fonomenologi. Informan terdiri dari para pengunjung lokasi penelitian, para pelaku wisata, organisasi wisata dan Kepala Bidang Pemasaran dan Promosi Usaha Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah kombinasi dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan dokumentasi. Analisis data, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dalam memenuhi keabsahan data penelitian ini digunakan triangulasi dengan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Karo melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata telah melakukan strategi komunikasi pemasaran yang dirancang oleh internal tanpa melibatkan para pelaku wisata dalam perencanaan. Dalam pemasaran objek wisata Gundaling dan Pemandian Air Panas Semangat Gunung dilakukan komunikasi pemasaran terpadu (IMC) melalui advertising, public relations, sales promotion dan personal selling. Strategi komunikasi pemasaran antara lain berfokus pada: image, daya tarik alam, dukungan masyarakat dan kemajuan teknologi informasi. Strategi komunikasi pemasaran yang menonjolkan keunikan Karo yaitu seni budaya dan daya tarik alam untuk memenangkan persaingan dengan daerah lain.  

Televisi Berlangganan dan Identitas Diri: Studi Resepsi Remaja terhadap Tayangan Drama Seri Korea Decendents Of The Sun di KBS World

Briandana, Rizki ( Universitas Mercu Buana Jakarta )

JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study Vol 2, No 1 (2016): JURNAL SIMBOLIKA APRIL
Publisher : Communication Sciences Department Faculty of Social and Political Sciences Medan Area Univ

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (882.137 KB)

Abstract

AbstrakDi era globalisasi, televisi adalah sumber kekuatan yang menyediakan gambar, bahasa dan simbol, di mana khalayak dapat melihat kembali bagaimana media membangun identitas mereka. Seiring dengan perkembangan teknologi, saat ini di Indonesia banyak bermunculan TV berlangganan dengan sangat pesat. Dan drama seri Korea mendapat sambutan hangat dari peminat-peminatnya. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan drama Korea yang ditayangkan baik di stasiun televisi swasta maupun di televisi berlangganan. Pendekatan analisis resepsi digunakan karena pada dasarnya audiens aktif meresepsi teks dan tidak  terlepas dari pandangan moralnya, baik pada tahap mengamati, menginterpretasi atau dalam membuat kesimpulan. Dari hasil penelitian, ditemukan bahwa bagaimana responden menggunakan hasil menonton untuk membangun identitas dirinya. Aktivitas menonton drama seri Korea digunakan sebagai salah satu upaya eksplorasi (exploration) yaitu usaha mencari informasi dan pemahaman yang mendalam. Secara spesifik responden menggunakan hasil dari aktivitas menonton tersebut sebagai salah satu cara untuk menggali informasi dan penemuan hal-hal baru yang dapat menjadi referensi mereka dalam membangun identitas diri.   

Komunikasi dan Pariwisata: Peran User Generated Content bagi Traveler dalam Media Sosial

Dwityas, Nindyta Aisyah ( Universitas Mercu Buana Jakarta )

JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study Vol 2, No 1 (2016): JURNAL SIMBOLIKA APRIL
Publisher : Communication Sciences Department Faculty of Social and Political Sciences Medan Area Univ

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (634.65 KB)

Abstract

AbstrakMedia sosial sebagai salah satu platform web 2.0 yang menyuguhkan interaktivitas kepada penggunanya. Situs jejaring sosial ini adalah situs online yang paling populer di internet. Generasi kedua dari layanan berbasis web ditandai dengan kandungan yang diciptakan oleh konsumen atau yang disebut dengan consumer generated content (CGC) yang memungkinkan orang untuk berbagi informasi. Penelitian ini menganalisa CGC pada salah satu komunitas pariwisata terbesar di Indonesia yaitu Backpacker Indonesia. Para traveler mengakses media sosial sebagai salah satu media utama yang menjadi sumber User Generated Content untuk membantu dan “mengawal” proses pengambilan keputusan berpariwisata yang mereka lakukan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara terhadap anggota komunitas “Backpacker Indonesia” terhadap komunikasi dan interaksi yang dilakukan dalam situs komunitas. Seiring dengan berubahnya bentuk kolaborasi serta model bisnis pariwisata, para traveler juga bersama-sama membentuk citra dari destinasi wisata melalui cerita yang saling mereka bagikan melalui berbagai platform media sosial. Informasi yang tersedia di dalam forum dan ulasan yang diberikan oleh pengguna atau konsumen dalam menyediakan data yang relevan sangat membatu para traveler lain dalam kegiatan pariwisatanya.   

Studi Korelasi Pemanfaatan Internet Pada Bagian Humas Pemda Singkil Terhadap Peningkatan Kinerja Kehumasan

Wijaya, Satya Dharma ( Universitas Sumatera Utara )

JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study Vol 2, No 1 (2016): JURNAL SIMBOLIKA APRIL
Publisher : Communication Sciences Department Faculty of Social and Political Sciences Medan Area Univ

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (995.032 KB)

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan pemanfaatan internet yang dilakukan Humas Pemda Singkil terhadap peningkatan kinerja kehumasan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teori Uses and Gratifications dari Blumer dan Katz. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh staf yang ada di bagian Humas Pemda Aceh Singkil yang berjumlah 37 orang. Penelitian ini menggunakan penelitian populasi atau total sampling dengan jumlah sampel sebanyak 37 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebar kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data tunggal dan uji hipotesis dengan menggunakan korelasi Spearman. Hasil analisis menunjukkan nilai koefisien korelasi kedua variabel penelitian sig. (2-tailed) adalah 0,009. Maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara penggunaan internet dengan peningkatan kinerja. Hasil korelasi penggunaan internet dengan peningkatan kinerja diperoleh nilai r = 0,426 dan nilai p=0,009 (p<0,05) dengan taraf signifikansi variabel di level 0,05. Artinya terdapat hubungan yang positif antara penggunaan internet pada bagian humas dengan peningkatan kinerja kehumasan.   

Pengaruh Kompetensi dan Iklim Komunikasi Terhadap Motivasi Kerja Penyuluh Pertanian Lapangan pada Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Kabupaten Karo

Sebayang, Feri Nanta ( Universitas Sumatera Utara )

JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study Vol 2, No 1 (2016): JURNAL SIMBOLIKA APRIL
Publisher : Communication Sciences Department Faculty of Social and Political Sciences Medan Area Univ

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (582.707 KB)

Abstract

Kompetensi komunikasi dan iklim komunikasi merupakan faktor penting yang dapat meningkatkan motivasi kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi komunikasi dan iklim komunikasi terhadap motivasi kerja penyuluh pertanian lapangan. Penelitian ini menggunakan metode korelasional. Populasi dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah penyuluh pertanian lapangan yang berada di bawah naungan Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Kabupaten Karo, yang berjumlah 135 orang. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah total sampling. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh kompetensi komunikasi terhadap motivasi kerja dan juga menunjukkan bahwa ada pengaruh iklim komunikasi terhadap motivasi kerja. Kemudian uji regresi linier berganda menunjukkan bahwa ada pengaruh kompetensi komunikasi dan iklim komunikasi terhadap motivasi kerja. Hal ini dibuktikan dengan nilai dengan signifikansi <0,05. Maka, dapat disimpulkan bahwa komunikasi yang dipadukan dengan iklim komunikasi dapat meningkatkan motivasi kerja penyuluh pertanian lapangan.

Corporate Social Responsibility P.T. Pupuk Iskandar Muda dan Pemberdayaan Masyarakat Sekitarnya

Rishky, Kana ( Universitas Sumatera Utara )

JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study Vol 2, No 1 (2016): JURNAL SIMBOLIKA APRIL
Publisher : Communication Sciences Department Faculty of Social and Political Sciences Medan Area Univ

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (972.166 KB)

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui Program Corporate Social Responsibility (CSR) P.T. Pupuk Iskandar Muda (P.T. PIM) yang dilaksanakan kepada masyarakat sekitarnya dan untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara Program CSR PTPIM dengan pemberdayaan masyarakat sekitar. Penelitian dilakukan di desa-desa yang menjadi Wilayah Ring I dari P.T. PIM. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 4.883 rumah tangga dan penentuan sampel menggunakan metode stratified random sampling dan rumus Slovin sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 99 jiwa. Pengumpulan data menggunakan projektif kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa P.T. PIM mengklasifikasikan Program CSRnya dalam tiga bidang yaitu bidang sosial, ekonomi dan lingkungan. Program CSR di bidang sosial meliputi pendidikan, kesehatan, keagamaan, budaya, sosial kesejahteraan umum dan olah raga. Program CSR di bidang ekonomi yakni kegiatan-kegiatan untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat. Sedangkan program CSR di bidang lingkungan mencakup kegiatan pelestarian lingkungan. Hasil analisis korelasi menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara program CSR P.T. PIM di bidang sosial, ekonomi, dan lingkungan dengan pemberdayaan masyarakat sekitarnya. Arah hubungan menunjukkan arah positif dan koefisien korelasi menunjukkan hubungan antarvariabel yang kuat 

Komunikasi Kelompok Pada Kelompok Srikandi Khayangan dalam Mewujudkan Kemandirian Sebagai Mitra Binaan PT. Pertamina EP. Pangkalan Susu

Primantara, Victorio Chatra ( Universitas Sumatera Utara )

JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study Vol 2, No 1 (2016): JURNAL SIMBOLIKA APRIL
Publisher : Communication Sciences Department Faculty of Social and Political Sciences Medan Area Univ

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (711.793 KB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini menggunakan Teori Konstruksi Sosial, Komunikasi Kelompok Kecil, Saluran Komunikasi dalam Kelompok, Teori Perkembangan Kelompok Tuckman dan Kemandirian. Tujuannya adalah untuk mengetahui makna kelompok bagi setiap anggota, faktor yang melatarbelakangi anggota bergabung dalam kelompok serta efektivitas komunikasi antara anggota dengan ketua dalam mendukung kemandirian kelompok. Adapun yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah sebanyak enam orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui observasi partisipasi, wawancara dan studi dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman melalui tiga kegiatan yang bersamaan yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi hambatan komunikasi antara anggota dan ketua terdahulu karena beberapa hal seperti tertutup dari informasi, kurangnya kejujuran dan tidak terbuka terhadap permasalahan yang terjadi. Perubahan dalam kelompok terjadi dengan adanya pemilihan ketua baru, diskusi dua arah, komunikasi yang lebih sehat dan lebih terbuka sehingga tujuan awal kelompok ini menjadi jelas. Banyaknya kebijakan dan peraturan yang dibuat secara bersamaan sebagai panduan anggota untuk menghantarkan kelompok kepada jalur yang benar yaitu menjadi kelompok pemberdayaan yang mandiri.   

Kualitas Komunikasi Pasangan Suami Istri Dalam Menjaga Keharmonisan Perkawinan

Pangaribuan, Lisbon

JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study Vol 2, No 1 (2016): JURNAL SIMBOLIKA APRIL
Publisher : Communication Sciences Department Faculty of Social and Political Sciences Medan Area Univ

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (781.642 KB)

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses komunikasi yang terjadi dalam hubungan antarpribadi suami istri; hambatan yang dihadapi suami istri dalam berkomunikasi; dan kualitas komunikasi pasangan suami istri dalam upaya menjaga keharmonisan perkawinan. Subjek terdiri dari enam pasangan suami istri yang berdomisili di Kelurahan Tanjung Pinggir, Kota Pematangsiantar. Subjek merupakan pasangan yang belum pernah bercerai atau tidak sedang menuju perceraian, hidup dalam upaya terus-menerus menjaga keharmonisan, dan telah memiliki keturunan. Peneliti memakai paradigma konstruktivis dan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dengan observasi, wawancara mendalam, dan studi kepustakaan. Instrumen pengumpulan data menggunakan alat perekam dan daftar pertanyaan wawancara serta menjamin keabsahan data dengan triangulasi kejujuran peneliti dan sumber data. Data dianalisis dengan metode dari Bogdan dan Biklen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada umumnya informan memiliki proses komunikasi yang ditandai dengan adanya saling bertukar informasi, selalu membatasi topik yang ingin dibicarakan, dan mengungkap sesuatu yang tidak disukai dari pasangan demi kebaikan. Hambatan komunikasi pada informan terdiri dari hambatan fisik, psikologis, dan konflik. Kualitas komunikasi informan terdiri dari keterbukaan, empati, sikap mendukung, sikap positif, kejujuran, dan kesetaraan. Namun informan ketiga dan keempat tidak memiliki aspek