cover
Filter by Year
JOURNAL OF INFORMATICS AND TELECOMMUNICATION ENGINEERING
Published by Universitas Medan Area
Articles by issue : Vol 1, No 1 (2017): Edisi Juli
6
Articles
Perancangan Link Komunikasi Jaringan Akses Seluler Untuk Aplikasi Cdma 2000-1x Di Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat

putri, syarifah muthia

JOURNAL OF INFORMATICS AND TELECOMMUNICATION ENGINEERING Vol 1, No 1 (2017): Edisi Juli
Publisher : Universitas Medan Area

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (778.135 KB)

Abstract

Pemerataan pembangunan di seluruh wilayah Indonesia dilakukan pada bidang pendidikan, transportasi, tenaga listrik, pengairan, air bersih, dan juga telekomunikasi. Telekomunikasi saat ini sudah menjadi kebutuhan primer bagi masyarakat. Perancangan link komunikasi jaringan akses seluler untuk aplikasi CDMA 2000-1x di kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat diharapkan dapat menjadi referensi untuk pembangunan telekomunikasi pada wilayah urban, sub urban, dan rural. Berdasarkan data di kabupaten Bima diperlukan 12 sel pada daerah urban dengan OBQ 403.66 kbps/km2, 4 sel pada wilayah sub urban dengan OBQ 427.87 kbps/km2, dan 1 sel pada wilayah rural dengan OBQ 411.67 kbps/km2. Kata Kunci :CDMA, OBQ, JaringanNirkabel

ANALISA ALGORITMA DATA MINING ECLAT dan HUI MINER

Lubis, Juanda Hakim ( Universitas Medan Area )

JOURNAL OF INFORMATICS AND TELECOMMUNICATION ENGINEERING Vol 1, No 1 (2017): Edisi Juli
Publisher : Universitas Medan Area

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (770.693 KB)

Abstract

Frequent pattern mining memainkan peran penting di dalam data mining. Salah satu metode yang digunakan adalah metode asosiasi. Metode asosiasi digunakan untuk mencari dan menganalisa data transaksi penjualan yang terjadi. Hal ini dapat dilakukan dengan memeriksa perilaku pelanggan terkait dengan produk - produk yang dibeli. Dengan menggunakan aturan asosiasi, kita dapat mengetahui seberapa sering item yang dibeli bersama-sama dalam suatu transaksi. Salah satu algoritma yang digunakan adalah Eclat. Eclat pada dasarnya adalah pencarian algoritma depth-first menggunakan persimpangan yang ditetapkan. Kelebihan dari Eclat adalah proses dan performa penghitungan support dari semua itemsets dilakukan dengan lebih efisien dibandingkan dengan algoritma HUI-miner apriori. Akan tetapi dalam penelitian ini diperoleh hasil algoritma HUI-miner lebih efektif dan lebih stabil dari segi waktu jika di bandingkan dengan eclat.

PERBANDINGAN METODE LOW BIT CODINGDENGAN PHASE CODING PADA DIGITAL AUDIO WATERMARKING

sembiring, zulfikar

JOURNAL OF INFORMATICS AND TELECOMMUNICATION ENGINEERING Vol 1, No 1 (2017): Edisi Juli
Publisher : Universitas Medan Area

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (562.997 KB)

Abstract

Penggunaan file audio sebagai media distribusi informasi digital sangat populer sekarang ini karena semakin canggihnya perangkat keras maupun perangkat lunak yang dapat mengolah file audio digital tersebut. Ditambah lagi dengan semakin mudahnya akses internet dimana saja baik melalui perangkat mobile ataupun tidak. Karena semakin banyaknya penggunaan file audio digital oleh perorangan atau perusahaan misalnya dalam produksi musik, atau video klip maka semakin sulit untuk menentukan keaslian suatu file audio digital dan sulitnya mencegah tingkat tindak pencurian atau pembajakan yang sangat merugikan pihak pememilik hak cipta. Ada beberapa metode dalam menentukan keaslian file audio digital dan mencegah tindak pembajakan terhadap media digital, yaitu digital watermarking. Pada jurnal ini akan dibahas dua buah metode watermarking yaitu metode low bit coding dan phase coding. Tujuannya ialah untuk mengetahui beberapa kelebihan dan kekurangan dalam penerapannya kedalam file audio digital. Karena ada beberapa aspek yang harus diketahui dalam menentukan baik atau tidaknya tingkat pengamanan pada file audio digital. Sehingga kita dapat menentukan metode yang mana yang pantas digunakan dalam menentukan keaslian file audio digital dalam mencegah tindak pencurian atau pembajakan.Kata kunci :audio, watermarking, low bit coding, phase coding

RANCANG BANGUN ALAT INFORMASI KODE ERROR MESIN GAME BERBASIS MIKROKONTROLER

Chandra, Novi

JOURNAL OF INFORMATICS AND TELECOMMUNICATION ENGINEERING Vol 1, No 1 (2017): Edisi Juli
Publisher : Universitas Medan Area

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1177.192 KB)

Abstract

 Mengisi kupon atau tiket adalah salah satu kegiatan yang sering dilakukan didalam arena permainan keluarga dan sering terjadi dalam proses permainan game tiba–tiba   error, sehingga customer   akan sibuk untuk mencari dan memanggil petugas yang berjaga. Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah tersebut perlu adanya sistem kendali otomatis dengan cara membuat “Rancang Bangun Alat Informasi Kode Error Mesin Game Berbasis Mikrokontroler”. Alat informasi kode error mesin game ini sangat membantu dalam mengetahui apabila tiket habis atau tidak keluar, karena sistem ini bekerja berdasarkan tiket yang melewati sensor LDR  yang terpasang pada dispenser tiket pada mesin game. Pada proses perancangan alat ini penulis menggunakan metode eksperimen dan perancangan yang mana dalam proses eksperimen didapatkan hasil perancangan alat keseluruhan, aplikasi mikrokontroler untuk mengirim informasi kode error mesin game dapat bekerja sesuai yang diharapkan karena dapat dengan cepat mengetahui mesin error tiket habis. Buzzer akan aktip sebagai alarm pemberitahuan tiket habis dan LCD akan menampilkan nama mesin game serta kode error mesin game tersebut. Kata kunci: Tampilan LCD, Mikrokontroler, Kode Error Mesin Game, Sensor LDR, Buzzer.

Stasiun Pemantau Kualitas Udara Berbasis Web

sebayang, matius arihta ( Universitas Medan Area )

JOURNAL OF INFORMATICS AND TELECOMMUNICATION ENGINEERING Vol 1, No 1 (2017): Edisi Juli
Publisher : Universitas Medan Area

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (841.815 KB)

Abstract

Stasiun Pemantau Kualitas Udara Berbasis Web adalah sebuah sistem yang dirancang khusus untuk dapat mengumpulkan, menginformasikan dan menyajikan data mengenai kualitas udara di titik atau daerah yang telah terpasang sensor dan telah terintegrasi dengan peranti lunak aplikasi web sehingga memudahkan pengguna untuk mengakses informasi tersebut kapanpun dan dimanapun pengguna berada.Semakin tingginya angka pengguna kendaraan bermotor mengakibatkan meningkatnya sumber pencemaran udara. Gas – gas hasil pembuangan kendaraan bermotor tersebut  dapat menimbulkan pencemaran dan apabila melebihi batas normal dapat berakibat buruk terhadap kesehatan manusia dan makhluk hidup disekitarnya. Semakin tinggi dan meningkatnya angka pencemaran udara maka sudah saatnya diperlukan suatu sistem yang dapat mengukur kadar kontaminan udara. Sistem ini telah dibangun dengan menggunakan mikrokontroler board Arduino Uno, sensor pendeteksi gas dan sensor pendeteksi suhu serta kelembaban udara, untuk perangkat lunaknya dibangun dengan menggunakan  bahasa C Arduino, bahasa pemrograman web berbasis PHP, web server Apache, dan database MySQL. Pemanfaatan database di dalam sistem ini bertujuan untuk menyimpan data yang telah dibaca atau dideteksi oleh sensor sehingga data dapat tetap tersimpan dan dapat ditampilkan ataupun disajikan apabila dikemudian hari data pengukuran ini diperlukan.Dengan demikian informasi ini dapat dijadikan acuan sehingga dapat dihindari dampak buruk udara yang tercemar. Kata Kunci :Apache; Arduino Uno; MySQL; Pencemaran Udara; PHP

Implementasi Algoritma Apriori Pada Data Benchmark Kosarak Dan Mushrooms

muliono, Rizki ( Universitas Medan Area )

JOURNAL OF INFORMATICS AND TELECOMMUNICATION ENGINEERING Vol 1, No 1 (2017): Edisi Juli
Publisher : Universitas Medan Area

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (932.364 KB)

Abstract

Algoritma apriori saat ini lebih banyak digunakan untuk mencari frequent itemsets dan mencari aturan asosiasi untuk menemukan knowledge. Proses mencari frequent itemsets pada data secara berulang-ulang yang ada didalam database dan diakhiri ketika kandidat itemsets sampai K+1 tidak ada lagi. Algorima Apriori menggunakan secara umum menggunakan banyak jumlah memori dan waktu eksekusi dalam menemukan kombinasi dan perbandingan frequent itemsets. Hasil yang di dapatkan dengan menggunakan algoritma apriori bisa di katakan akurat saat menseleksi kombinasi itemset yang ada pada dataset sesuai dengan nilai support dan confidens nya. Untuk mengetahui seberapa akurat dan berapa jumlah sumberdaya yang di gunakan serta bagaimana perilaku algoritma apriori terhadap dataset dengan jumlah kolom data yang berbeda, maka implementasi agoritma apriori di ujikan dengan data benchmark kosarak.dat dan mushrooms.dat dengan nilai minimum support yang sama. Kedua data sets tersebut memiliki format yang berbeda pada jumlah kolom datanya yaitu data pada semua baris memiliki jumlah kolom karakter data, pada datasets kosarak.datmemiliki kolom karakter dengan panjang berbeda-beda pada setiap barisnya sedangkan pada datasets mushrooms.dat memiliki kolom karakter sebanyak 23 karakter data, artinya datasets tersebut memiliki model blok data linear atau sama. Hasil dari implementasi algoritma apriori terhadap kedua datasets tersebut didapatkan perilaku proses pada apriori yang ditampilkan dari hasil waktu eksekusi dan memori yang dipakai bahwa datasets kosarak lebih sedikit menggunakan waktu dibandingkan dengan datasets mushrooms namun penggunaan memori lebih boros, semakin kecil nilai minimum support semakin banyak komparasi kandidat yang dicari. Kata Kunci : apriori; datamining; implementasi; kosarak; mushrooms