Journal of Information Technology and Computer Science (JOINTECS)
Published by Universitas Widyagama
JOINTECS terbit 2 (dua) kali dalam setahun, yaitu pada bulan Agustus dan Pebruari dengan versi cetak p-ISSN: 2541-3619 dan versi elektronik dengan sistem OJS dengan e-ISSN: 2541-6448. (medio online) yang mewajibkan setiap naskah yang masuk, proses review, editing, sampai pada publikasi, dan semua yang berhubungan dengan sistem, wajib menggunakan Open Journal Sistem (OJS). JOINTECS dapat diakses melalui website http://publishing-widyagama.ac.id/ejournal-v2/index.php/jointecs yang telah mendukung penuh fitur-fitur OJS tersebut.
Articles by issue : Vol 2, No 2 (2017)
9
Articles
Sistem Penunjang Keputusan Pelayanan Teknis PT. PLN Dengan Metode Simple Additive Weighting

Arni, Mike Puji Arni, Nusantara, Laura Saraswati, Zainuddin, M. Roziq

JOINTECS (Journal of Information Technology and Computer Science) Vol 2, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Widyagama Malang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (205.104 KB)

Abstract

Intisari— Pelayanan Teknis adalah satu produk PT. PLN Persero dalam rangka peningkatan pelayananan kepada Pelanggan. Khususnya pada PT. PLN Rayon Gondang Wetan, Pasuruan, pelayanan teknis untuk gangguan berfungsi optimal apabila setiap pengaduan dan keluhan data pelanggan mampu terselesaikan dengan baik. Untuk itu dikembangkan sistem DSS (Decision Support System) agar data gangguan pelanggan dapat dikelola secara benar dan tepat, serta memberikan gambaran kepada Manager dan Supervisor Teknik guna memudahkan pengambilan keputusan. Pada penelitian ini untuk pengelompokan jenis gangguan, gejala gangguan dan variabel lain yang menunjang dalam proses penanganan gangguan digunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW). Dengan metode ini, dengan cepat mengetahui gangguan yang sering terjadi untuk cepat ditindak lanjuti dalam proses laporan kepada Pimpinan PT. PLN APJ Pasuruan.

Perancangan Visualisasi Tiga Dimensi (3D) Pesawat Lepas Landas

Ramadhan, Ahmad Jery, Agustina, Ina, Gufroni, M

JOINTECS (Journal of Information Technology and Computer Science) Vol 2, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Widyagama Malang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1479.768 KB)

Abstract

Penelitian ini membahas pemodelan dalam bentuk 3D dengan mengambil objek pesawat terbang sebagai objek utama. Membuat benda pesawat terbang dibuat semudah mungkin oleh penulis menggunakan benda standar 3D dan berubah bentuk. Dalam pemodelan ada tambahan efek khusus agar terlihat lebih atraktif. Perangkat lunak yang digunakan untuk pembuatan model pesawat adalah Unity 3D. diharapkan pembuatan model pesawat model 3D akan bermanfaat bagi pembaca, terutama penggemar animasi model 3D. Dengan demikian teknik pemodelan menggunakan Unity 3D maka objek animasi yang menghasilkan kelancaran dan sangat cocok untuk pembuatan model organik.

Analisis Kepuasan Pelanggan Travel Menggunakan Metode Fuzzy Service Quality

Sholikah, Hesti, Iriananda, Syahroni Wahyu

JOINTECS (Journal of Information Technology and Computer Science) Vol 2, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Widyagama Malang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (302.645 KB)

Abstract

Travel Satria Trans merupakan usaha yang bergerak dalam bidang jasa travel dan juga rental mobil. Supaya dapat terus berkembang dan dapat bersaing di dunia bisnis Satria Trans perlu memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan. Untuk mengukur kualitas pelayanan dapat menggunakan metode metode Fuzzy-Servqual yang digunakan untuk menentukan variabel kebutuhan pelanggan yang tidak terpenuhi dengan menghitung gap (kesenjangan) antara pelayanan yang diberikan dengan harapan pelanggan sebagai voice of costumer. Kriteria yang menjadi prioritas utama untuk diperbaiki dan peningkatan kualitas pelayanan jasa adalah dimensi Tangibles. Hasil penilitian menunjukkan nilai gap negatif adalah -0,912, artinya harapan pelanggan masih belum tercapai. Hasil perhitungan Indeks Kepuasan Pelanggan (IKP) sebesar 83,76%. Berdasarkan hasil tersebut dapat dijadikan motivasi untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan terhadap pelanggannya.

Peningkatan Konektifitas Service VPLS Redundant Path Dengan Rapid Spanning Tree Protocol

Iqromuddin, Fikri, Nathasia, Novi Dian, Fitri, Iskandar

JOINTECS (Journal of Information Technology and Computer Science) Vol 2, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Widyagama Malang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (304.6 KB)

Abstract

Virtual Private LAN Service is already very popular among the enterprise industry which is a point to point network or multipoint to multipoint l2VPN service, VPLS provides transparent bridge between customers connected to geographically dispersed locations delivered via MPLS backbone by utilizing features such as MPLS Fast reroute and traffic engineering. Redundant paths can be applied to the VPLS service on the access side and backbone to maintain link performance that aims to minimize down time during network fails on the VPLS service. In this research, the implementation of redundant path using RSTP to prevent forwarding loop switching network in VPLS service to protect end-to-end data traffic with VPLS mesh-pseudowire and spoke-pesudowire with RSTP is the most optimal result compared to STP and build reliable network System with high performance for use in modern industry.

Perancangan Game Puzzle Pemadam Kebakaran Menggunakan Metode Linear Congruential Generator (LCG)

Prasetyo, Bobby, Agustina, Ina, Gufroni, M

JOINTECS (Journal of Information Technology and Computer Science) Vol 2, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Widyagama Malang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (487.634 KB)

Abstract

Perkembangan game yang ada saat ini begitu pesat dan menjadi bagian dari gaya hidup. Game puzzle adalah sebuah aplikasi permainan untuk mengasah kemampuan berpikir, dimana pengguna harus menyusun puzzle dengan cara menggeser potongan gambar dengan waktu tersingkat untuk mendapatkan score tertinggi. Pada game ini, pengguna dapat memilih dua level permainan puzzle yaitu 3X3 atau 4X4 dan memilih gambar puzzle yang ingin dimainkan. Game puzzle ini sekaligus bertujuan untuk menambah pengetahuan tentang macam macam mobil pemadam kebakaran dan kegunaanya. Ini menjadi alasan penulis untuk membuat aplikasi permainan ini. Game ini menggunakan metode Linear Congruential Generator (LCG) yang diterapkan untuk mengacak puzzle pada awal permainan. Skor yang didapat pengguna bergantung pada waktu pengguna menyelesaikan puzzle, setiap 30 detik pertama score 100, kemudian 30 detik berikutnya score berkurang menjadi 90 dan seterusnya. Semakin cepat user menyelesaikan puzzle maka semakin tinggi skor yang didapat. Game puzzle pemadam kebakaran ini menggunakan sistem operasi Android

Pemanfaatan Neural Network Perceptron Pada Pengenalan Pola Karakter

Yudhistiro, Kukuh

JOINTECS (Journal of Information Technology and Computer Science) Vol 2, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Widyagama Malang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1420.668 KB)

Abstract

Berbagai metode pada jaringan syaraf tiruan telah diterapkan dengan menggunakan algoritma Perceptron. Algoritma Perceptron dapat digunakan untuk mengidentifikasi pola karakter yang dapat dilatih perceptron untuk mengenalinya. Algoritma perceptron adalah algoritma dalam jaringan syaraf tiruan yang mencakup jaringan syaraf tiruan.

Sistem Pakar Deteksi Tingkat Kesuburan Tanah Menggunakan Fuzzy Logic

Nidomudin, Ahmad, Nugroho, Achmadi Prasita, Cholis, Mohammad Nur

JOINTECS (Journal of Information Technology and Computer Science) Vol 2, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Widyagama Malang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1386.465 KB)

Abstract

Pada sektor pertanian, tanah merupakan faktor yang berperan sangat penting dalam menentukan usaha pertanian. Kesuburan tanah adalah salah satu faktor penentu keberhasilan usaha pertanian. Setiap daerah memiliki tingkat kesuburan tanah yang berbeda-beda dan bergantung pada jenis tanah dan letak geografinya. Pengolahan tanah yang tidak tepat dengan karateristik jenis tanaman dapat mengakibatkan tanaman mudah layu dan pertumbuhan tanaman tidak maksimal. Faktor tersebut kerap sekali menjadi penyebab utama terjadinya gagal panen yang tidak diketahui oleh petani. Setiap tanaman mempunyai toleransi nilai kehidupan untuk tumbuh dengan baik sedangkan nilai aspek-aspek tanah juga tidak sama dari setiap tanah petani. Penelitian ini menyajikan perancangan sistem pakar deteksi tingkat kesuburan tanah untuk jenis tanaman menggunakan metode fuzzy logic digunakan untuk menentukan jenis tanaman sesuai data dari pakar pertanian, yang diharapkan dapat membantu petani dalam memilih jenis tanaman yang tepat sesuai dengan tingkat kesuburan tanah tertentu. Hasil pengukuran yang diperoleh sudah sesuai dengan perhitungan dan kriteria tanah yang telah dilakukan di daerah tertentu.

Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Satu Atap (SIMTAP) Berbasis Web GIS (Geographic Information System)

Idris, Muhammad, Hariyanto, Rudi, Widodo, Anang Aris

JOINTECS (Journal of Information Technology and Computer Science) Vol 2, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Widyagama Malang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (280.989 KB)

Abstract

Kantor kepala desa merupakan salah satu instansi pemerintah yang memberikan pelayanan pendataan penduduk. Kenyataannya di desa Pohgading masih menggunakan sistem manual dalam pemrosesan dan pengolahan datanya. Pendataan Penduduk yang tepat, cepat dan akurat sangat di perlukan. Tujuan utama penelitian ini adalah merancang Sistem Pendataan Kependudukan Desa Pohgading yang di lengkapi dengan Web GIS (Geographic Information System). Metode yang diambil penulis yaitu dengan melaksanakan Observasi, Wawancara, dan Studi kepustakaan. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan kemudahan dalam pendataan penduduk. Dengan adanya sistem Web GIS yang menampilkan peta perumahan penduduk akan lebih maksimal dalam memantau perkembangan penduduk dan pendataannya akan lebih mudah.

Pemanfaatan Aplikasi Sistem Informasi Geografis (SIG) untuk Pemetaan SMK Kota Malang

Sulaksono, Aditya Galih

JOINTECS (Journal of Information Technology and Computer Science) Vol 2, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Widyagama Malang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1085.508 KB)

Abstract

Kota Malang merupakan kota yang sudah sangat terkenal karena banyaknya pusat–pusat pendidikan yang dimilikinya. Tidak hanya para pelajar lokal yang berebut kursi untuk bisa bersekolah dikota malang namun juga dari berbagai penjuru daerah juga datang untuk untuk dapat menempuh bangku pendidikan di kota yang berhawa sejuk ini. SMK adalah salah satu tujuan yang sangat baru juga menarik bagi para calon anak didik saat ini. Dengan motto SMK Bisa, sekolah-sekolah kejuruan seperti ini mampu memberikan keyakinan bagi para calon anak didik untuk dapat bersaing di dunia kerja selepas lulus nanti. Untuk menunjang fasilitas para pelajar SMK di kota Malang, pemerintah maupun instansi swasta membangun beberapa sekolah baik negeri maupun swasta dengan kemampuan dan keunggulan masing-masing sekolah. Sekolah-sekolah ini tersebar dibeberapa tempat yang cukup strategis. Namun bagi calon siswa yang bahkan belum pernah mengetahui tata letak sekolah SMK di Malang Raya, hal ini akan cukup kesulitan untuk memilih berbagai macam SMK yang sesuai dengan keinginan mereka. Untuk mempermudah para calon siswa dalam mencari tempat belajar yang sesuai di kota Malang maka perlu dilakukan analisa data nama sekolah, kuota penerimaan siswa baru per tahun, jumlah ruang kelas yang dimiliki dan lokasi. Kemudian setelah semua data terkumpul akan dilakukan pengelompokan informasi menurut akreditasi dan lokasi.