Journal of Information Technology and Computer Science (JOINTECS)
Published by Universitas Widyagama
JOINTECS terbit 2 (dua) kali dalam setahun, yaitu pada bulan Agustus dan Pebruari dengan versi cetak p-ISSN: 2541-3619 dan versi elektronik dengan sistem OJS dengan e-ISSN: 2541-6448. (medio online) yang mewajibkan setiap naskah yang masuk, proses review, editing, sampai pada publikasi, dan semua yang berhubungan dengan sistem, wajib menggunakan Open Journal Sistem (OJS). JOINTECS dapat diakses melalui website http://publishing-widyagama.ac.id/ejournal-v2/index.php/jointecs yang telah mendukung penuh fitur-fitur OJS tersebut.
Articles by issue : Vol 1, No 1 (2016)
8
Articles
Smarthome Automatic Lighting Berbasis Web

Afilusuf, Ryan, Marisa, Fitri, Wijaya, Indra Dharma

Journal of Information Technology and Computer Science (JOINTECS) Vol 1, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Widyagama Malang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2637.645 KB)

Abstract

Dalam penelitian ini tujuan utama adalah untuk merancang sebuah Aplikasi Pengendali lampu rumah via website sebagai pengganti tombol atau saklar namun berbasis web "Online". Adapun protokol komunikasi data yang digunakan dalam penelitian ini ialah Mikrokontoller Arduino Uno yang dirancang khusus agar dapat terintegrasi dengan Website. peralatan ini dapat digunakan untuk mengendalikan lampu dari jarak jauh tanpa harus menekan saklar konfensional. sehingga dapat membantu pemakai untuk mengendalikan dan melakukan perintah penjadwalan ON/OFF Berdasarkan Jam lampu listrik di rumah dari jarak jauh menggunakan web.

Sistem Penunjang Keputusan Pembelian Smartphone Dengan Menggunakan Metode Fuzzy Tsukamoto

Anggun, Aditya, Marisa, Fitri, Wijaya, Indra Dharma

Journal of Information Technology and Computer Science (JOINTECS) Vol 1, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Widyagama Malang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3124.782 KB)

Abstract

Logika fuzzy merupakan salah satu metode untuk melakukan analisis sistem yang mengandung ketidakpastian. Pada penelitian ini digunakan metode Fuzzy Tsukamoto. Perancangan sistem untuk memperoleh output dilakukan dalam 3 tahapan, yaitu Fuzzyfikasi, Inferensi, dan defusifikasi. Pada penelitian ini defuzzyfikasi dilakukan dengan menggunakan metode weight average dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP (Berbasis Web). Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu nilai output yang dapat membantu user untuk menentukan smartphone yang akan dibeli berdasarkan suatu spesifikasi. Metode ini memeriksa dan menghitung parameter-parameter yang telah ditentukan, kemudian mencocokkan dengan aturan-aturan, dan terakhir menghitung nilai akhir sebagai hasil penilaian.

Penerapan Algoritma Apriori Terhadap Data Penjualan di Toko Gudang BM

-, Aditya, Marisa, Fitri, Purnomo, Dwi

Journal of Information Technology and Computer Science (JOINTECS) Vol 1, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Widyagama Malang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (373.943 KB)

Abstract

Kemudahan untuk menjual suatu produk di pasaran menggunakan media internet membuat banyaknya pedagang – pedagang baru bermunculan. Keterbatasan modal menjadi kendala sebagian besar pedagang baru tersebut. Penerapan algoritma apriori untuk mencari produk yang laku di pasaran dapat mengatasi masalah pedagang baru tersebut. Algoritma apriori merupakan salah satu cabang dari data mining, yang berfungsi untuk mencari informasi – informasi dari sebuah kumpulan data. Dalam penelitian ini, hasil algoritma apriori dapat digunakan untuk menjadi bahan pertimbangan dalam membuat strategi pemasaran, pengoptimalan penjualan, serta sebagai bahan pertimbangan untuk melakukan penyetokan ulang.

Aplikasi Pengenalan Rambu Lalu Lintas Menggunakan Metode Fuzzy Mamdani Berbasis Android

Ismail, Junianto, Marisa, Fitri, Wijaya, Indra Dharma

Journal of Information Technology and Computer Science (JOINTECS) Vol 1, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Widyagama Malang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3649.632 KB)

Abstract

Berkendara adalah salah satu aktivitas manusia yang sering dilakukan untuk melakukan perjalanan dari satu tempat ke tempat yang lain, Kasus kecelakaan yang terjadi dari tahun ke tahun semakin meningkat. Hal tersebut dipandang penulis sebagai penyebab rendahnya tingkat kesadaran masyarakat tentang pentingnya mematuhi rambu lalu lintas guna meningkatkan keselamatan berkendara. Maka dari itu, dirancang sebuah aplikasi pengenalan rambu lalu lintas menggunakan metode fuzzy mamdani berbasis android, yang diharapkan dapat memberi pemahaman dan pembelajaran kepada masyarakat akan pentingnya berkendara

Sistem Rekomendasi Distribusi Tetes Tebu Di UD. Lancar Menggunakan Metode Fuzzy Sugeno Berbasis Web

-, Yuliana, Marisa, Fitri, Purnomo, Dwi

Journal of Information Technology and Computer Science (JOINTECS) Vol 1, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Widyagama Malang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (383.043 KB)

Abstract

Limbah tebu biasa disebut dengan tetes tebu atau molase memiliki banyak manfaat diantaranya yaitu untuk sebagai bahan baku ethanol, bedak, pasta gigi dan juga pembuatan ternak. Karena banyaknya industri yang menggunakan, membuat permintaan molase menjadi meningkat. Banyak masyarakat memanfaatkannya untuk usaha distribusi tetes tebu. Karena banyak permintaan, membuat banyak pengusaha tetes tebu akhirnya tidak mendapat bagian ketika ada pengusaha besar yang sudah terlebih dahulu membelinya. Berdasarkan masalah yang telah diuraikan, diangkat penelitian mengenai sistem rekomendasi distribusi tetes tebu di UD. Lancar menggunakan Fuzzy Sugeno berbasis web. Keunggulan metode fuzzy adalah pengambilan keputusan perangkingan yang akan menyeleksi alternatif terbaik dari sejumlah alternatif. Penggunaan logika fuzzy memudahkan dan mengefisienkan penggunaan sistem pakar yang diimplementasikan ke dalam bahasa mesin.

Sistem Klasifikasi Kualitas Batu Boulder Berdasarkan Tekstur Berbasis Pengolahan Citra Digital

Abdillah, Rifqy, Marisa, Fitri, Purnomo, Dwi

Journal of Information Technology and Computer Science (JOINTECS) Vol 1, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Widyagama Malang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3094.485 KB)

Abstract

Dalam pertambangan batu boulder (batu gajah) terdapat tiga macam batu yaitu batu burik, batu baik dan batu pecelan. Batu burik yang berlubang dapat memperburuk kualitas batu. Penentuan kualitas batu boulder (batu gajah) dapat dilakukan secara manual dengan pengamatan visual. Sistem manual membutuhkan waktu yang lama dan menghasilkan produk yang tidak konsisten karena keterbatasan visual, kelelahan dan perbedaan persepsi masing-masing pengamat. Pada skripsi ini dirancang sebuah sistem klasifikasi untuk mengetahui kualitas batu boulder (batu gajah) dengan menggunakan analisis tekstur berbasis pengolahan citra digital, untuk mendapatkan hasil yang tepat dan objektif. Data citra yang diambil yaitu sampel batu boulder (batu gajah) menggunakan kamera hp 8 MP. Algoritma yang digunakan adalah alogaritma contrast stretching untuk meningkatkan kualitas citra, serta untuk klasifikasi batu boulder (batu gajah) menggunakan komposisi nilai dari kalibrasi jumlah RGB citra batu boulder (batu gajah) tersebut. Hasil akhir penelitian adalah output klasifikasi batu boulder (batu gajah) berdasarkan kualitas sample citra batu yang kita input. Sehingga memudahkan pegawai dalam menentukan kualitas batu yang dihasilkan dari lokasi tambang.

Sistem Penunjang Keputusan Kelayakan Produk Contoh pada PT.Roi Surya Prima Farma (Studi Perbandingan Metode SAW dan GAP analisis)

huda, Sofyan, Marisa, Fitri, Purnomo, Dwi

Journal of Information Technology and Computer Science (JOINTECS) Vol 1, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Widyagama Malang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1334.485 KB)

Abstract

Kesulitan untuk menilai sebuah produk yang bisa dikatakan stabil dan layak untuk disampel kepada seorang dokter menjadi masalah yang selalu muncul saat proses pengiriman akan dilaksanakan di PT.RSPF. Penilaian ini berdasarkan penilaian uji stabilitas dari produk itu sendiri yakni stabilitas ruang, stabilitas oven, stabilitas Ph, stabilitas viskositas dan uji mikro. Penelitian ini memiliki tujuan untuk membangun sebuah sistem penunjang keputusan yang mampu memberikan penilaian dalam kelayakan pengiriman sampel produk terhadap dokter dengan menggunakan metode Profile Matching (gap analysis) dan Simple Additive Weighting (SAW) berdasarkan kriteria-kriteria penilaian yang telah ditentukan sebagai acuan. Kemudian output dari kedua metode tersebut akan dibandingkan dengan data hasil yang nyata, dari sana akan didapat mana metode yang paling cocok untuk jenis masalah pengiriman sampel produk ini.Implementasi sistem menggunakan bahasa pemrograman PHP dan DBMS MySQL.

Implementasi Google Speech Untuk Penentuan Level Pembelajaran Iqro’ Berbasis Android

Arifin, fangqi, Marisa, Fitri, Wijaya, Indra Dharma

Journal of Information Technology and Computer Science (JOINTECS) Vol 1, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Widyagama Malang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3777.244 KB)

Abstract

Dewasa ini perkembangan teknologi yang berkembang pesat telah mendorong sebagian manusia untuk berinovasi dalam menciptakan berbagai penemuan untuk memudahkan aktivitas manusia itu sendiri termasuk dalam bidang pembelajaran.Salah satu inovasi tersebut adalah menggunakan teknologi google speech berbasis android sebagai sebagai media pembelajaran yang interaktif.Menurut Heinich yang dikutip oleh Azhar Arsyad (2011:4), media pembelajaran adalah perantara yang membawa pesan atau informasi bertujuan instruksional atau mengandung maksud- maksud pengajaran antara sumber dan penerima. Voice/Speech recognition adalah suatu pengembangan teknik dan system yang memungkinkan computer untuk menerima masukan berupa kata yang diucapkan.Android studio adalah sebuah IDE untuk Android Development yang diperkenalkan google pada acara Google I/O 2013.Android Studio merupakan pengembangkan dari Eclipse IDE.Android Studio merupakan IDE resmi untuk pengembangan aplikasi Android.