cover
Filter by Year
Tazkia Islamic Finance and Business Review
Tazkia Islamic Finance and Business Review (TIFBR) is a peer-reviewed journal published by the Institute for Research and Community Empowerment (IRCE), Tazkia University College of Islamic Economics in collaboration with Association of Islamic Economics Lecturers (ADESY). The Journal is semi-annual journal issued in July and December. The aim of the journal is to disseminate Islamic Economics, finance and business researches done by researchers both from Indonesia and overseas.
Articles by issue : Vol 5, No 2 (2010)
5
Articles
‚Äč
Analisis Komparatif Biaya Hutang Sukuk Dan Obligasi Perusahaan

Jiwandaru, Burhanuddin ( Tazkia University College of Islamic Economics ) , Taufiqurrahman, Muhammad Rizal ( Tazkia University College of Islamic Economics )

Tazkia Islamic Finance and Business Review Vol 5, No 2 (2010)
Publisher : Institute for Research and Community Empowerment (LPPM TAZKIA)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (291.533 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan biaya hutang sukuk dibandingkan dengan obligasi sebagai sumber dana bagi perusahaan. Objek pada penelitian ini adalah seluruh sukuk dan obligasi korporasi yang diterbitkan perusahaan-perusahaan di Indonesia sejak Oktober 2006 sampai Juli 2010. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini ialah dengan membandingkan rata-rata biaya hutang sukuk dengan rata-rata biaya hutang obligasi pada perusahaan. Hasil analisis data menunjukan bahwa rata-rata biaya hutang dari seluruh sukuk hampir sama daripada rata-rata biaya hutang dari seluruh obligasi. Bedasarkan data penelitian juga terdapat 21 obligasi yang memiliki biaya hutang yang sama dengan biaya hutang sukuknya, dan hanya terdapat dua obligasi memiliki biaya hutang yang sedikit lebih tinggi dari biaya hutang sukuknya.JEL Classification : G10, G14, G30Keywords : Biaya Hutang, Obligasi, Sukuk

Pengaruh Current Industry Relative Performance, Future Industry Relative Performance Dan Leverage Terhadap Praktik Manajemen Laba (Studi Komparasi Tiga Bank Konvensional Dan Tiga Bank Syariah)

Wahyudi, Surya ( Tazkia University College of Islamic Economics ) , Laela, Sugiyarti Fatma ( Tazkia University College of Islamic Economics )

Tazkia Islamic Finance and Business Review Vol 5, No 2 (2010)
Publisher : Institute for Research and Community Empowerment (LPPM TAZKIA)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (459.462 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif qualitative yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh dari Current Industry Relative Performance (CRP), Future Industry Relative Performance (FRP) dan Leverage (DEBT) terhadap praktik manajemen laba pada Perbankan Indonesia. CRP, FRP dan DEBT diukur dengan mengggunakan rasio keuangan. Manajemen laba diukur dengan menggunakan total akrual. Data yang digunakan adalah data sekunder dengan karakteristik data time series yang berupa laporan keuangan triwulan bank (BM, BRI, BSM, BMI, dan BSMI) tahun 2004 sampai dengan 2008. Dengan menggunakan regresi berganda dengan taraf nyata 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada bank konvensional berdasarkan Uji Simultan, peubah CRP, FRP dan DEBT mempengaruhi praktik manajemen laba (AD), sedangkan berdasarkan Uji Parsial, hanya peubah CRP dan DEBT yang mempengaruhi praktik manajemen laba. Pada bank syariah, berdasarkan uji Simultan, peubah CRP, FRP, dan DEBT tidak ada yang mempengaruhi praktik manajemen laba (AD), sedangkan berdasarkan Uji Parsial, peubah CRP, FRP dan DEBT tidak mempengaruhi praktik manajemen laba.JEL Classification : G21, M12, M40Kata kunci : Current Industry Relative Performance (CRP), Future Industry Relative Performance (FRP), Leverage (DEBT), Manajemen Laba (Accrual Discretionary)

Analisis Pengaruh Efisiensi Sumber Daya Bank Umum Syariah Terhadap Kinerja Perusahaan

Meutuah, Rosniar ( Tazkia University College of Islamic Economics ) , Takidah, Erika ( Tazkia University College of Islamic Economics )

Tazkia Islamic Finance and Business Review Vol 5, No 2 (2010)
Publisher : Institute for Research and Community Empowerment (LPPM TAZKIA)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (519.756 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskiptif kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data skunder berupa laporan keuangan 2004-2007. Tujuan utama dari skripsi ini adalah untuk melihat pengaruh efisiensi sumber daya perusahaan (modal fisik, modal manusia dan modal struktural) terhadap kinerja perusahaan. Kinerja perusahaan tersebut adalah Profitabilitas, produktivitas dan penilaian pasar. Untuk menghitung efesiensi value added sumber daya perusahaan menggunakan metode Value Added Intellectual Coofesien (VAICTM) yang dikembangkan oleh Ante Pulic tahun 1997. Sedangkan untuk pengukuran kinerja perusahaan yaitu profitabilitas menggunakan Return on Asset (ROA), produktivitas mengunakan Asset Turover (ATO) dan penilaian pasar menggunakan indicator Market to Book ratio (MB). Untuk melihat pengaruh efesiensi sumber daya utama perusahaan dan kinerja perusahaan, maka dilakukan analisis linear multiple regression dengan menggunakan panel regretion. Dari analisis data yang dilakukan, diketahui pada penelitian ini sumber daya perusahaan berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas dan penilaian pasar. Namun tidak berpengaruh terhadap produktifitas Bank Umum Syariah.JEL Classification : G21, J3, J41Kata kunci : Sumber Daya Perusahaan, Produktivitas, Profitailitas, Penilaian Pasar, VAIC TM.

Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Organisasi Pengelola Zakat

Laela, Sugiyarti Fatma ( Accounting Department of Tazkia University College of Islamic Economics )

Tazkia Islamic Finance and Business Review Vol 5, No 2 (2010)
Publisher : Institute for Research and Community Empowerment (LPPM TAZKIA)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (438.104 KB)

Abstract

Penelitian ini menguji faktor-faktor yang memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja efisiensi Organisasi Pengelola Zakat (OPZ). Efisiensi dalam penelitian ini difokuskan pada rasio program spending terhadap total spending. Penelitian ini merupakan penelitian empiris yang menggunakan data primer dan sekunder dengan metode cross section dari dua puluh tiga sampel OPZ. dengan menggunakan metode Ordinary Least Square (OLS), hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa komposisi Dewan Pembina tidak memiliki pengruh yng signifikan terhdp efisiensi OPZ. Namun rasio jumlah Dewan Pengawas terhadap Direktur Pelaksana memiliki pengaruh yang signifikan secara statistik dengan efisiensi OPZ. Semakin tinggi rasio jumlah Dewan Pengawas terhadap Direktur Pelaksana, semakin efisien suatu OPZ. Demikian juga keberadaan laporan auditor independen akan meningkatkan efisiensi OPZ. Empat variabel independen lainnya yaitu, perubahan kompensasi yang dibayarkan kepada pegawai, penerapan program manajemen dan system budaya yang efficiency emphasis, struktur kelembagaan OPZ dan ukuran (size) OPZ tidak terbukti memiliki pengaruh yang signifikan terhadap efisiensi. Variabel ekplanatori dalam model penelitian ini mampu menjelaskan 64.4 persen variasi pergerakan efisiensi OPZ.JEL Classification : I30, L23, L25, L30Keywords : OPZ, Kinerja Efisiensi, Program spending

Analisis Efisiensi Baitul Maal Wat Tamwil Dengan Pendekatan Two Stage Data Envelopment Analysis (Studi Kasus Kantor Cabang BMT MMU Dan BMT UGT Sidogiri)

Ali, Muhammad Mahbubi ( Tazkia University College of Islamic Economics ) , Ascarya, Ir ( Central Banking Education and Studies, Bank of Indonesia )

Tazkia Islamic Finance and Business Review Vol 5, No 2 (2010)
Publisher : Institute for Research and Community Empowerment (LPPM TAZKIA)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (413.907 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat efisiensi Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) dengan mengambil studi kasus BMT MMU dan BMT UGT Sidogiri Pasuruan tingkat cabang dengan total sampel 50 cabang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Two Stage DEA. Tahap pertama mengukur tingkat efisiensi BMT MMU dan BMT UGT dengan menggunakan DEA. Tahap kedua menguji faktor-faktor internal dan eksternal, yang mempengaruhi tingkat efisiensi BMT MMU dan BMT UGT dengan menggunakan pendekatan Tobit. Hasil penghitungan DEA menunjukkan, efisiensi overall technical BMT MMU (0,84) dan BMT UGT (0,88) pada tahun 2008 masih kurang optimal. Penyebab utama inefisiensi untuk BMT MMU adalah penyaluran pembiayaan, sementara sumber utama inefisiensi BMT UGT adalah penghimpunan dana pihak ketiga yang kurang maksimal. Hasil pengolahan Tobit menunjukkan bahwa kekuatan modal dan ukuran BMT memiliki pengaruh positif secara signifikan terhadap efisiensi overall technical pada dua BMT. Sementara dari sisi eksternal, PDRB perkapita memiliki pengaruh negatif secara signifikan. Adapun pertumbuhan pengangguran, tingkat pendidikan, dan komitmen keberagamaan tidak berpengaruh secara signifikan.JEL Classification : G21, R15Keywords : Efisiensi, BMT, Two Stage DEA