PSEJ (Pancasakti Science Education Journal)
PSEJ (Pancasakti Science Education Journal) with registered number ISSN 2541-0628 (Online), ISSN 2528-6714 (Print) is a periodical journal conducted by a team of Science Education Studies Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Pancasakti Tegal collaborate with PPII (Perkumpulan Pendidik IPA Indonesia).
Articles by issue : Vol 3, No 2 (2018): OKTOBER 2018
7
Articles
Peningkatan Pembelajaran Materi Pesawat Sederhana di Sekolah Dasar melalui Model Two Stay Two Stray

Hidayat, Muhamad Taufik, Daroni, Daroni, Setijowati, Umi

PSEJ (Pancasakti Science Education Journal) Vol 3, No 2 (2018): OKTOBER 2018
Publisher : Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Hasil belajar materi pesawat sederhana siswa kelas 5 Sekolah Dasar Negeri (SDN) Tegalwangi 01 Kecamatan Talang Kabupaten Tegal masih rendah. Peneliti menerapkan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS). Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kelas saat pelaksanaan pre test sebesar 59,78 meningkat pada hasil post test menjadi 76,55 dengan peningkatan ketuntasan belajar klasikal dari 44,68% menjadi 80,85%. Selain itu, nilai rata-rata kelas pada siklus I sebesar 65,9 meningkat pada siklus II menjadi 74,98 dengan peningkatan ketuntasan belajar klasikal dari 70,21% menjadi 89,36%. Aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 73,43% meningkat pada siklus II menjadi 75,84%. Perolehan nilai performansi guru telah mencapai indikator keberhasilan dengan perolehan nilai akhir pada siklus I sebesar 73,5 meningkat pada siklus II menjadi 78,74. Penerapan model pembelajaran TSTS dapat meningkatkan pembelajaran IPA materi pesawat sederhana.

Penerapan Metode Pembelajaran Kocok Sumpit untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Materi Getaran dan Gelombang

Rizal, Rizal

PSEJ (Pancasakti Science Education Journal) Vol 3, No 2 (2018): OKTOBER 2018
Publisher : Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

PPenelitian ini secara umum bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar  Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) melalui penggunaan Metode Pembelajaran kocok sumpit pada siswa kelas VIII C MTs Negeri 2  Tegal semester genap Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian mengunakan metode analisis deskriptif dan dilaksanakan dari bulan Januari  sampai dengan bulan Maret 2018. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Tegal Tahun Pelajaran 2017/2018. Sampel  yang digunakan adalah kelas VIII C. Sampel diberi perlakuan dengan metode pembelajaran kocok sumpit.  Data dikumpulkan dengan metode tes untuk prestasi belajar, keaktifan persepsi dan kesan siswa dengan metode angket. Pada siklus I siswa yang berhasil mencapai KKM ada  17 siswa (44,73 %) sedangkan pada  siklus II siswa yang lulus KKM ada 27 siswa (71,5 %). Berdasar hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan metode kocok sumpit dapat meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas VIII C Tahun Pelajaran 2017/2018 yang ditandai dengan adanya siswa yang lulus KKM sebanyak 27 siswa (92,85 %), ini berarti tingkat keberhasilannya lebih dari 70%.

Pertumbuhan Rimpang dan Kadar Kurkumin Temulawak Melalui Pemberian Kompos Daun Jati, Air Kelapa dan Limbah Cair Ampas Tahu

Kusnadi, Kusnadi, Nugraha, Prasetya Putra

PSEJ (Pancasakti Science Education Journal) Vol 3, No 2 (2018): OKTOBER 2018
Publisher : Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji kompos daun jati, air kelapa, limbah cair ampas tahu terhadap pertumbuhan rimpang dan kadar kurkumin temulawak. Dengan Rancangan Acak Lengkap pola faktorial dengan 3 faktorial dan 3 kali ulangan, Faktor I : Konsentrasi kompos daun jati dengan 3 level, yaitu J0 = 0 %, J1 = 25 %, J2 = 50 %. Faktor II adalah pemberian air kelapa terdiri dari 3 taraf yaitu : K0 : (0 %), K1: 25 % dan K2 : 50 %. Faktor III adalah pemberian, limbah cair ampas tahu terdiri dari 3 taraf yaitu : T0 : (0 %), T1:  25 % dan T2 : 50 %. Perlakuan dengan menggunakan air kelapa j1k2t2 dan j2k2t2 menghasilkan tinggi tumbahan temulawak yang lebih tinggi dengan hasil masing-masing adalah 37,70 cm dan 37,60 cm. Kadar kurkumin yang dihasilkan dari perlakuan j1k2t2 dan j2k2t2 masing-masing adalah 59,94 mg/100 g dan 60,26 mg/100 g.

Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Fisika Materi Suhu dan Kalor Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw

Pamungkas, Sigit

PSEJ (Pancasakti Science Education Journal) Vol 3, No 2 (2018): OKTOBER 2018
Publisher : Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan motivasi dan hasil belajar fisika materi suhu dan kalor melalui proses pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada siswa kelas XI TITL 3 SMK N 1 Warureja. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes digunakan untuk mengetahui hasil serapan pengetahuan setelah tindakan. Sedangkan teknik nontes digunakan untuk mengumpulkan data perubahan minat dan aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kualitas dalam proses pembelajaran. Peningkatan kualitas tersebut dibuktikan dengan proses pembelajaran yang makin lancar pada siklus II dan suasana kelas yang makin kondusif.. Disiklus I tingkat aktifitas kelas dari 63,33 % meningkat menjadi 93,33 % pada siklus II.  Dari hasil angket menyatakan tujuh siswa (23%) setuju disiklus I dan meningkat menjadi 27 (90%) siswa menyatakan setuju disiklus II. Di siklus I tingkatan ketuntasan belajar sebesar 43,33 %  menigkat menjadi 80 % di siklus II.

Kompetensi Guru IPA SMP di Kecamatan Mlati dalam Mengerjakan Soal IPA Model PISA

Setyawarno, Didik, Rosana, Dadan, Widodo, Eko, Setianingsih, Wita

PSEJ (Pancasakti Science Education Journal) Vol 3, No 2 (2018): OKTOBER 2018
Publisher : Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi guru IPA SMP se-kecamatan Mlati, Sleman Yogyakarta dalam mengerjakan soal IPA model Programme Internationale for Student Assesment (PISA). Kompetensi PISA yang diujikan mencakup menjelaskan fenomena secara ilmiah dan mengevaluasi dan mendesain penyelidikan ilmiah. Jenis penelitian ini adalah survei yang dilaksanakan di SMP N 2 Mlati Yogyakarta. Subjek penelitian ini adalah guru IPA dengan jumlah 12. Jumlah subjek penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik cluster sampling yang terbagi menjadi empat wilayah yaitu bagian timur, barat, selatan, dan utara sehingga bisa mewakili secara guru-guru IPA di SMP Mlati Yogyakarta. Instrumen penelitian yang digunakan adalah butir soal IPA model PISA berjumlah lima yang telah divalidasi oleh dosen ahli. Teknik analisis data dilakukan dengan cara kuantitatif deskriptif dengan cara mengkonversi ke dalam kategori. Hasil analisis menunjukkan bahwa kompetensi guru IPA dalam mengerjakan soal IPA model PISA masih bervariasi. Nilai prosentasi guru IPA mampu mengerjakan soal untuk kompetensi menjelaskan fenomena secara ilmiah, mendesain penyelidikan ilmiah, dan mengevaluasi terkait dengan penyelidikan ilmiah dan masing-masing 41,67%, 25%,  dan 87,5%  dengan kategori masing-masing cukup (C), kurang (K), dan baik sekali (BS).

Pengintegrasian Materi Struktur Atom pada Mata Pelajaran Kimia Berbasis Nilai-Nilai Qur’ani

Kisworo, Banu, Azizah, Dewiantika

PSEJ (Pancasakti Science Education Journal) Vol 3, No 2 (2018): OKTOBER 2018
Publisher : Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Hasil wawancara dengan guru kimia di salah satu sekolah MAN di kota Cirebon pada tanggal 10 September 2017 menunjukkan data bahwa pembelajaran kimia khususnya pada materi struktur atom belum menerapkan pembelajaran berbasis qur’ani. Fakta tersebut menggambarkan rendahnya penerapan nilai – nilai islami di sekolah yang berada dalam lingkungan Departemen Agama melalui Al-Qur’an. Padahal jika kita tinjau lebih dalam materi struktur atom banyak mengungkap banyak sekali gejala alam yang dijelaskan dalam Al-qur’an. Tujuan dalam penelitian ini yaitu memberikan masukan mengenai materi kimia pada struktur atom yang terintegrasi Al-qur’an. Penelitian dilakukan dengan menganalisis materi struktur atom yang berkaitan dengan penjelasan yang terdapat pada terjemahan Al-qur’an dan Al-Hadits. Metode penelitian ini adalah deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan 15 ayat Al-qur’an terintegrasi dengan materi struktur atom. (2). Materi Struktur Atom menggunakan model pengintegrasian nested dengan memasukkan ayat – ayat qur’ani dan perhitungan numerik baik jumlah ayat, no surat, maupun no juz dalam setiap sub bab materi kimia.

Pengembangan E-Learning Berbasis Schoology pada Materi Impuls dan Momentum untuk Melatihkan Literasi Digital

Misbah, Misbah, Pratama, Wahyu Aji, Hartini, Sri, Dewantara, Dewi

PSEJ (Pancasakti Science Education Journal) Vol 3, No 2 (2018): OKTOBER 2018
Publisher : Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan media e-learning berbasis schoology. Tujuan penelitian secara khusus untuk mendeskripsikan: (1) validitas media, (2) kepraktisan media, dan (3) efektivitas  media. Jenis penelitian ini adalah Research & Development (R&D) model ADDIE. Subjek uji coba penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA 1 SMAN 6 Banjarmasin berjumlah 32 orang. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi media, lembar keterlaksanaan RPP, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan: (1) validitas media diperoleh skor 3,94 berkategori valid, (2) kepraktisan media diperoleh skor 3,77 berkategori sangat praktis, dan (3) efektivitas media diperoleh skor 0,41 berkategori sedang. Simpulan penelitian ini adalah pengembangan e-learning berbasis schoology pada materi impuls dan momentum untuk melatihkan literasi digital layak digunakan pada pembelajaran.