cover
Filter by Year
PSEJ (Pancasakti Science Education Journal)
PSEJ (Pancasakti Science Education Journal) with registered number ISSN 2541-0628 (Online), ISSN 2528-6714 (Print) is a periodical journal conducted by a team of Science Education Studies Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Pancasakti Tegal collaborate with PPII (Perkumpulan Pendidik IPA Indonesia).
Articles by issue : Vol 3, No 1 (2018): In Press (April)
5
Articles
Profil Kompetensi Sains Siswa dalam Pembelajaran Literasi Sains Berpendekatan Inkuiri Saintifik

Basam, Fajri, Rusilowati, Ani, Ridlo, Saiful

PSEJ (Pancasakti Science Education Journal) Vol 3, No 1 (2018): In Press (April)
Publisher : Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis profil kompetensi sains siswa dalam pembelajaran literasi sains berpendekatan inkuiri saintifik. Penelitian ini merupakan penelitian experiment  pretest-posttest control group design dengan sampel sebanyak 86 orang dari 2 kelas masing-masing di SMPN 1 Lilirilau dan MTs DDI Pattojo Kabupaten Soppeng Provinsi Sulawesi selatan. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa kompentensi sains berdasarkan aspek PISA yaitu aspek penjelasan fenomena ilmiah mendapatkan rata-rata persentase tertinggi sebesar 81% dibandingkan kedua aspek lainnya yaitu identifikasi isu sains dengan rata-rata persentase sebesar 76% dan penggunaan fakta-fakta sains sebesar 71%. Sedangkan hasil analisis kompetensi sains berdasarkan aspek literasi sains, di antara keempat aspek, aspek batang tubung pengetahuan memperoleh rata-rata persentase tertinggi sebesar 80% dibandingkan ketiga aspek lainnya yaitu aspek cara menyelidiki sebesar 79%, cara berpikir sebesar 76%, dan interaksi antara SETS sebesar 78%.

Pengembangan Media Pembelajaran Keanekaragaman Hewan Berbasis Game - Offline Pada Mahasiswa Calon Guru Pendidikan Biologi Universitas PGRI Semarang

Rachmawati, Rivanna Citraning, Nurwahyunani, Atip

PSEJ (Pancasakti Science Education Journal) Vol 3, No 1 (2018): In Press (April)
Publisher : Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian “Pengembangan Media Pembelajaran Keanekaragaman Hewan Berbasis Game - Offline Pada Mahasiswa Calon Guru Pendidikan Biologi Universitas PGRI Semarang“ dilaksanakan dengan tujuan menyediakan bahan ajar yang tepat untuk meningkatkan pemahaman konsep dan klasifikasi tentang vertebrata khusus nya Amphibia. Metode penelitian ini merupakan metode Pengembangan  media pembelajaran, diawali dengan tahapan  analisis kebutuhan yang selanjutnya dikembangkan story board, pengembangan maket game edukasi, CD interaktif game offline dan buku panduan. Hasil penelitian bahan ajar berupa media Game Edukasi Amfibia telah dinyatakan memiliki validitas aspek media dengan kriteria kelayakan sangat layak dengan skor yang diperoleh 3,5. Sehingga dapat disimpulkan media Game Edukasi “Amfibia” sangat layak dan direkomendasikan untuk menunjang pembelajaran keanekaragaman hewan khususnya materi “Class Amphibia”.

Aspek Biologi dan Lingkungan Polychaeta Nereis sp. di Kawasan Pertambakan Desa Jeruklegi Kabupaten Cilacap: Potensinya Sebagai Pakan Alami Udang

Wibowo, Eko Setio, Palupi, Endah Sri, Puspita Sari, I Gusti Agung Ayu Ratna, Atang, Atang, Hana, Hana

PSEJ (Pancasakti Science Education Journal) Vol 3, No 1 (2018): In Press (April)
Publisher : Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Cacing Nereis Sp. merupakan hewan invertebrata anggota Familia Nereidae, Classis Polychaeta yang hidup di ekosistem estuarin, sebagai benthik.  Nereis Sp. dapat dimanfaatkan untuk pakan udang karena mengandung asam amino dan asam lemak tak jenuh yang tinggi, untuk menyempurnakan mutu sel gamet pada induk udang dan meningkatkan mutu larva.  Cacing ini banyak terdapat di daerah pertambakan Cilacap tetapi masih belum banyak informasi tentang aspek biologi cacing Nereis Sp. yang di hidup di wilayah ini, sehingga perlu dilakukan  studi tentang aspek biologi cacing Nereis Sp. di wilayah ini untuk informasi usaha pengembangan budidaya cacing lur.  peneiltian ini dilakukan dengan metode survei. Pengambilan sampel di daerah pertambakan desa Jeruklegi kabupaten Cilacap dalam empat stasiun dengan tiga titik pengambilan sampel dan di ulang tiga kali setiap dua minggu sekali.   Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi aspek biologi cacing Nereis sp. dari empat stasiun pengambilan, yaitu jumlah segmen; berat tubuh dan rasio kelamin tidak berbeda nyata (p>0,05).  Kondisi Lingkungan masih mendukung kehidupan Nereis sp. untuk tumbuh dan berkembang biak.

Peningkatan Motivasi dan Kemampuan Kognitif IPA melalui Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw

Sari, Nursina, Rahman, Nanang

PSEJ (Pancasakti Science Education Journal) Vol 3, No 1 (2018): In Press (April)
Publisher : Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Rerata peningkatan motivasi (2) Rerata peningkatan kemampuan kognitif, dan (3) Keterlaksanaan penerapan model pembelajaran kooperatif dengan tipe jigsaw dalam pembelajaran IPA pada peserta didik PGSD. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang mengadaptasi model Kurt Lewin yang dilakukan dalam tiga siklus pembelajaran. Instrumen yang digunakan adalah lembar angket dan lembar observasi motivasi, dan lembar soal serta lembar observasi keterlaksaana pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran IPA dengan menerapkan pembelajaran kooperatif  tipe jigsaw dapat (1) Peserta didik lebih termotivasi dalam prose pembelajaran ditinjau dari hasil angket yaitu pada rerata gain skor tiap siklus I, II, dan III yaitu 0.32, 0.58, 0.63 dengan kategori sedang, dan (2) Efektif dalam meningkatkan hasil belajar kemampuan kognitif peserta didik ditinjau dari perolehan rerata gain skor pada tiap siklus I, II, dan III sebesar 0.49, 0.53, dan 0.6, dengan kategori sedang, (3) Penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran IPA terlaksana dengan baik.Kata Kunci: Motivasi, kognitif, Pembelajaran kooperatif, jigsaw

Perbedaan Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) dan Problem Based Learning (PBL) Ditinjau dari Pencapaian Keterampilan Proses Siswa

Murniyati, Murniyati, Winarto, Winarto

PSEJ (Pancasakti Science Education Journal) Vol 3, No 1 (2018): In Press (April)
Publisher : Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini mengetahui perbedaaan model PjBL dengan model PBL ditinjau dari keterampilan proses sains siswa kelas V. Metode penelitian ini adalah Quasy Exsperimental tipe Non equivalent Control Group Pretest- Posttest Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IVA dan IVB SD Islam Ta’allumul Huda yang berjumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan test  dan obeservasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi dan tes dalam bentuk uraian. Pengujian hipotesis  menggunakan analisis T-test sampel independent dengan taraf signifikansi 5%. Hasil analisis  diperoleh Sig. (2-tailed) nilai pencapaian keterampilan proses IPA adalah 0,029 lebih kecil dari 0,05 (0,029 < 0,05), sehingga dapat disimpulkan Ha diterima dan Ho ditolak. Kesimpuan penelitian ini terdapat perbedaan penerapan model Project Based Learning (PjBL) dan Problem Based Learning (PBL) ditinjau dari  pencapaian keterampilan proses siswa pada pelajaran IPA kelas IV di SD Islam Ta’allumul Huda Bumiayu.Kata Kunci: Problem Based Learning, Project Based Learning, Keterampilan Proses Sains, Sekolah Dasar.