PSEJ (Pancasakti Science Education Journal)
PSEJ (Pancasakti Science Education Journal) with registered number ISSN 2541-0628 (Online), ISSN 2528-6714 (Print) is a periodical journal conducted by a team of Science Education Studies Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Pancasakti Tegal collaborate with PPII (Perkumpulan Pendidik IPA Indonesia).
Articles by issue : Vol 2, No 2 (2017): OKTOBER 2017
10
Articles
Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa

Sari, Desi Novita Anggun, Rusilowati, Ani, Nuswowati, Murbangun

PSEJ (Pancasakti Science Education Journal) Vol 2, No 2 (2017): OKTOBER 2017
Publisher : Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (400.977 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil kemampuan literasi sains siswa yang memperoleh pembelajaran proyek berbantuan modul bila dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran ceramah disertai percobaan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA di Pontianak. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Pengumpulan data kemampuan literasi sains dilakukan dengan menggunakan instrumen tes yang telah divalidasi ahli dan diuji reliabilitasnya. Rata-rata kemampuan literasi sains siswa yang memperoleh pembelajaran proyek pada penelitian ini adalah 433, sedangkan rata-rata kemampuan literasi sains siswa yang memperoleh pembelajaran ceramah disertai percobaan adalah 263. Profil kemampuan literasi sains siswa menunjukkan bahwa pembelajaran proyek berbantuan modul lebih baik pengaruhnya terhadap kemampuan literasi sains siswa dibandingkan pembelajaran ceramah disertai percobaan. Kemampuan menjelaskan fenomena ilmiah pada kedua kelompok siswa dalam penelitian ini lebih tinggi dibandingkan dua kompetensi literasi sains lainnya yaitu kemampuan mengevaluasi dan merancang penyelidikan ilmiah serta kemampuan menafsirkan data dan bukti ilmiah.

Pengembangan Media Komik Misugi Anaya Pembelajaran IPA Kelas III Materi Sumber Energi dan Kegunaannya

Wakhyudin, Husni, Permatasari, Raden Roro Novita

PSEJ (Pancasakti Science Education Journal) Vol 2, No 2 (2017): OKTOBER 2017
Publisher : Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (553.495 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendapatkan media yang layak digunakan dalam pembelajaran tentang sumber energi dan kegunaannya pada kelas III SD Negeri Pandeanlamper 04 Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan subjek penelitian siswa kelas III SD Negeri Pandeanlamper 04 Semarang semester II. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode kuesioner, observasi, dan wawancara yang sebelumnya dilakukan uji validasi terhadap seluruh instrumen. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Prosedur pengembangan media komik menggunakan model ADDIE yang dikelompokkan dalam lima tahap, yakni analisis, rancangan, pengembangan, implemetsi dan evaluasi. Pengembangan Media komik secara kuantitatif dan kualitatif layak diterapkan dalam pembelajaran. Hasil penilaian oleh validator didapatkan penilaian oleh pakar media 1 diperoleh persentase 88%, hasil penelitian oleh pakar media 2 diperoleh persentase sebesar 83%, dari hasil penilaian ahli materia 1 diperoleh hasil 88%, bahan expert assessment 2 diperoleh 80%. Sementara itu, penilaian yang diberikan oleh siswa diperoleh 90,71% dan praktisi guru memperoleh persentase 87,15%. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa media komik “Misugi Anaya” mampu meningkatkan minat belajar siswa, mempermudah siswa dalam belajar, dan mempermudah siswa mengingat materi pembelajaran.

Pengembangan Multimedia Interaktif Bervisi SETS sebagai Alat Bantu Model Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran IPA di SMP untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Keterampilan Sosial Peserta Didik

Oktaviani, Pratiwi, Hartono, Hartono, Marwoto, Putut

PSEJ (Pancasakti Science Education Journal) Vol 2, No 2 (2017): OKTOBER 2017
Publisher : Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (603.765 KB)

Abstract

 Pemanfaatan komputer sebagai media pembelajaran dalam bentuk multimedia interaktif merupakan salah satu pendekatan pembelajaran yang mendukung kemajuan teknologi. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan karakteristik dan menganalisis multimedia interaktif  bervisi SETS model PBL yang efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan keterampilan sosial. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Produk yang dikembangkan divalidasikan untuk selanjutnya direvisi dan diimplementasikan. Subyek penelitian peserta didik kelas VIII SMP Negeri 7 Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017.Hasil penelitian menunjukkan tingkat kevalidan terhadap perangkat pembelajaran 88,33% dan multimedia interaktif yang dikembangkan 79,37%. Tingkat keefektifan ditunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen dan nilai N-gain mencapai 0,59 dengan kategori sedang. Keterampilan sosial peserta didik sebesar 84,50% dengan kriteria baik. Tingkat kepraktisan ditunjukkan dengan respon guru dan peserta didik sangat positif terhadap produk yang dikembangkan. Simpulan dari penelitian ini, perangkat pembelajaran valid, efektif, dan praktis digunakan sebagai alat bantu model PBL serta dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan keterampilan sosial pada kelas eksperimen. 

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Kemagnetan melalui Penerapan Peta Konsep Kemagnetan dalam Program Remedi dan Pengayaan

Khomariyah, Siti

PSEJ (Pancasakti Science Education Journal) Vol 2, No 2 (2017): OKTOBER 2017
Publisher : Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (272.255 KB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan menerapkan peta konsep kemagnetan dalam program remedi dan pengayaan untuk meningkatkan hasil belajar kemagnetan pada siswa kelas 9D SMP N 1 Gringsing Tahun Pelajaran 2014/2015 semester 2. Penelitian tindakan kelas dilakukan dalam dua siklus. Alat evalusi yang digunakan adalah model C close untuk program pengayaan dan model S untuk program perbaikan.Terjadi peningkatan hasil belajar pada jumlah siswa yang tuntas belajar dari 32,14% pada pra siklus menjadi 92,85% pada siklus 1 dan 100% pada siklus 2. Peningkatan nilai rata-rata kelas pada KD 4.1 dan 4.2 adalah 67,64 pada pra siklus menjadi 89,14 pada siklus 1 menggunakan model C close untuk pengayaan dan model S untuk remedi. Sedangkan nilai-rata-rata pada siklus 2 untuk KD 4.3 dan dengan model C close semua siswa adalah 86,64. Jadi, dapat disimpulkan bahwa peta konsep kemagnetan dapat meningkatkan hasil belajar konsep kemagnetan.

Analisis Asesmen dalam Bahan Ajar Biologi terhadap Potensi Pemberdayaan Kemampuan Berkomunikasi Siswa Kelas XI

Sasmito, Anggit, Suciati, Suciati, Maridi, Maridi

PSEJ (Pancasakti Science Education Journal) Vol 2, No 2 (2017): OKTOBER 2017
Publisher : Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (836.716 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis asesmen dalam bahan ajar biologi terhadap potensi pemberdayaan kemampuan berkomunikasi siswa kelas XI salah satu SMA Negeri di Kabupaten Madiun. Penelitian menggunakan metode deskriptif. Asesmen yang dianalisis meliputi soal pilihan ganda dan essay dalam bahan ajar biologi kelas XI dari dua penerbit yang berbeda pada materi sistem ekskresi manusia. Analisis asesmen dalam bahan ajar terhadap potensi memberdayakan kemampuan berkomunikasi menggunakan 12 indikator penilaian kemampuan berkomunikasi. Analisis data secara deskriptif kuantitatif. Hasil analisis asesmen dalam bahan ajar didapatkan kemunculan 12 indikator yang meliputi 1) deskripsi data berbagai cara 0%, 2) deskripsi hubungan data 42,86%, 3) memaknai data berbagai cara 14,29%, 4) melihat isi materi dari berbagi sudut pandang 0%, 5) menunjukkan kebenaran data 0%, 6) membedakan fakta dan kesimpulan 0%, 7) mengklarifikasi pernyataan 0%, 8) memastikan pernyataan teman 0%, 9) merespon pernyataan teman 0%, 10) memisahkan ide 14,29%, 11) memperbaiki pendapat berdasarkan masukan teman 0%, 12) menarik kesimpulan dari berdiskusi 28,56%. Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa asesmen dalam bahan ajar biologi kelas XI belum memberdayakan kemampuan berkomunikasi siswa dengan optimal. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan perlu adanya pengembangan asesmen yang memiliki potensi pemberdayaan kemampuan berkomunikasi siswa.

Pertumbuhan Ikan Petek (Leiognathus equulus) di Ekosistem Mangrove Perairan Kabupaten Tegal

Hendrayana, Hendrayana, Millyaningrum, Intan Herwindra, Hartanti, Ninik Umi

PSEJ (Pancasakti Science Education Journal) Vol 2, No 2 (2017): OKTOBER 2017
Publisher : Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (397.519 KB)

Abstract

Ikan petek merupakan salah satu ikan ekonomis penting di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pertumbuhan  ikan  petek  (Leiognathus    equulus) di Perairan Kabupaten Tegal. Penelitian dilaksanakan di Perairan Larangan dan Suradadi, Kabupaten Tegal. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Analisis data pertumbuhan dilakukan dengan menggunakan persamaan Von Bertalanffy. Panjang ikan petek di Perairan Larangan berkisar antara 1,6 – 6,9 cm dan Perairan Suradadi berkisar antara 1,6–9,4 cm. Pertumbuhan ikan petek di Perairan Larangan diperkirakan mampu mencapai panjang maksimal (L∞) sebesar 7,26 cm, sedangkan di perairan Suradadi sebesar 9,89 cm.

Efektivitas Penggunaan LKS IPA Terpadu Bervisi Salingtemas (Sains-Lingkungan-Teknologi-Masyarakat) Berbasis Science Entrepreneurship terhadap Keterampilan Komunikasi Ilmiah dan Minat Berwirausaha Siswa

Ulfiatun, Ulfiatun, Dewi, Novi Ratna, Khusniati, Miranita

PSEJ (Pancasakti Science Education Journal) Vol 2, No 2 (2017): OKTOBER 2017
Publisher : Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (384.761 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas penggunaan LKS Salingtemas berbasis Science Entrepreneurship terhadap keterampilan komunikasi ilmiah dan minat berwirausaha siswa. Jenis penelitian ini yaitu quasi experiment dengan desain nonequivalent control group design. Sampel diambil dengan teknik simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII E (kelas eksperimen) dan VII C (kelas kontrol) di SMP N 7 Magelang. Data diambil dengan metode tes (hasil belajar kognitif siswa), angket (minat berwirausaha siswa) dan observasi (keterampilan komunikasi ilmiah). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata keterampilan komunikasi ilmiah siswa kelas eksperimen pada setiap pertemuan mengalami peningkatan dengan rata-rata peningkatan setiap indikator yaitu 24,58%. Minat berwirausaha kelas eksperimen mengalami peningkatan setiap pertemuan dengan rata-rata peningkatan setiap indikator sebesar 19,53%. Hasil uji N-gain minat berwirausaha siswa kelas eksperimen masuk ke dalam kategori sedang yaitu 0,469, sedangkan untuk kelas kontrol masuk ke dalam kategori rendah yaitu 0,150. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa LKS Salingtemas berbasis Science Entrepreneurship efektif meningkatkan keterampilan komunikasi ilmiah dan minat berwirausaha siswa.

Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Literasi Sains untuk Siswa Sekolah Dasar

Azimi, Azimi, Rusilowati, Ani, Sulhadi, Sulhadi

PSEJ (Pancasakti Science Education Journal) Vol 2, No 2 (2017): OKTOBER 2017
Publisher : Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (758.284 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran IPA berbasis literasi sains untuk siswa sekolah dasar. Uji coba produk dilakukan menggunakan pretes-postes one group design melalui dua tahap, yaitu uji skala terbatas dan luas. Teknik analisis data dilakukan dengan deskriptif persentase, analisis respons, dan uji N-gain. Hasil uji validasi terhadap kelayakan media pembelajaran IPA berbasis literasi sains berada pada kategori “sangat layak” dengan skor 88,40%. Pada uji skala terbatas, siswa memperoleh skor  89,12 ˃ 75,00 berdasarkan hasil praktikum, skor 82,63 ˃ 65,00 berdasarkan nilai belajar, N-gain skor sebesar 0,67 ˃ 0,30, kemampuan literasi sains 11,60 ˃ 11,00 poin masuk dalam kategori level 2, dan Aktif dalam proses pembelajaran dengan skor 2,93 ˃ 2,51. Pada uji skala luas siswa memperoleh   skor  93,04 ˃ 75,00 pada hasil praktikum,    skor 86,37 ˃ 65,00 pada nilai belajar, N-gain skor sebesar 0,69 ˃ 0,30, kemampuan literasi sains 19,92 ˃ 11,00 poin masuk dalam kategori level 2, dan sangat aktif dalam proses pembelajaran dengan skor 3,48 ˃ 2,51. Berdasarkan perhitungan tersebut, penerapan media pembelajaran IPA berbasis literasi sains efektif dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran skala terbatas dan luas. Hasil uji kepraktisan media pembelajaran IPA berbasis literasi sains berada pada kategori praktis dengan respons positif 86,75% untuk uji skala terbatas dan 87,88% untuk uji skala luas. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa, pembelajaran materi benda dan sifatnya dengan menggunakan media pembelajaran IPA berbasis literasi sains di SD efektif dan praktis.

Analisis Kualitas Pertanyaan pada Penggunaan Model Discovery Learning disertai Dialog Socrates

Octovi, Chrisnia, Dewi, Linnasif Sari, Suciati, Suciati

PSEJ (Pancasakti Science Education Journal) Vol 2, No 2 (2017): OKTOBER 2017
Publisher : Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (281.727 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kualitas pertanyaan siswa pada penggunaan model discovery learning disertai dialog Socrates. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan subyek penelitian siswa kelas XI SMA di Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 26 siswa. Data kualitas pertanyaan siswa dikategorikan menjadi 3 (tinggi, sedang, rendah) yang diperoleh dari pertanyaan yang dibuat oleh siswa. Teknik non-tes digunakan untuk pengumpulan data yaitu menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan kualitas pertanyaan yang dibuat siswa pada kategori sedang sebesar 75%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pertanyaan yang dibuat oleh siswa pada penggunaan model discovery learning disertai dialog Socrates mengalami peningkatan dari kategori rendah ke kategori sedang.

Pengembangan Modul Fisika Dasar I Berbasis Literasi Sains

Fatkhurrohman, Mukhammad Aji, Astuti, Retna Kusuma

PSEJ (Pancasakti Science Education Journal) Vol 2, No 2 (2017): OKTOBER 2017
Publisher : Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (777.798 KB)

Abstract

Hasil PISA (Programme for International Student Assessment) dari tahun 2000, sampai 2012 skor literasi sains siswa Indonesia jauh di bawah rata-rata. Mahasiswa pendidikan IPA yang merupakan cikal bakal guru IPA SMP/MTs perlu ditingkatkan kualitasnya, dikarenakan setelah menjadi guru mereka mempunyai tangung jawab mampu meningkatkan kemampuan literasi sains siswa. Upaya peningkatan kualitas mahasiswa IPA dalam kemampuan literasi sains salah satunya dengan penggunaan modul Fisika Dasar I berbasis literasi sains. Tujuan penelitian ini untuk menentukan kevalidan, tingkat keterbacaan dan keefektifan modul yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan subjek penelitian yaitu mahasiswa pendidikan IPA Universitas Pancasakti Tegal. Langkah-langkah penelitian meliputi analisis kebutuhan, tahap pengembangan, proses pembuatan modul Fisika Dasar I berbasis literasi sains, validasi oleh validator, evaluasi dan penyempurnaan, uji coba produk, produk akhir modul Fisika Dasar I berbasis literasi sains yang teruji kevalidannya, tingkat keterbacaan dan keefektifannya. Validasi dilakukan oleh validator ahli. Ujicoba skala terbatas digunakan untuk menguji tingkat keterbacaan dan ujicoba skala luas menggunakan posttest only control design. Hasil penelitian berupa pengembangan modul Fisika Dasar I berbasis literasi sains pokok bahasan Osilasi dan Gelombang memiliki kevalidan tinggi, tingkat keterbacaan mudah dipahami dan efektif untuk meningkatkan literasi sains mahasiswa program studi Pendidikan IPA UPS Tegal.