PSEJ (Pancasakti Science Education Journal)
PSEJ (Pancasakti Science Education Journal) with registered number ISSN 2541-0628 (Online), ISSN 2528-6714 (Print) is a periodical journal conducted by a team of Science Education Studies Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Pancasakti Tegal collaborate with PPII (Perkumpulan Pendidik IPA Indonesia).
Articles by issue : Vol 2, No 1 (2017): APRIL 2017
8
Articles
KENTANG SEBAGAI BIO LISTRIK DENGAN PENAMBAHAN ENZIM PTIALIN SEBAGAI PENGOPTIMAL ARUS

Pamungkas, Sigit

PSEJ (Pancasakti Science Education Journal) Vol 2, No 1 (2017): APRIL 2017
Publisher : Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (419.95 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek penambahan enzim ptyalin dalam pemecahan karbohidrat pada bio baterai kentang dan komposisi terbaik antara enzim ptyalin dan ekstrak kentang untuk menghasilkan arus optimum serta tingkat efektivitas bio baterai ini ditinjau dari nilai arusnya.Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penambahan enzim ptyalin terhadap arus yang dihasilkan maka terlebih dahulu dilakukan uji konduktivitas larutan. Setelah itu dilakukan serangkaian percobaan untuk menentukan komposisi terbaik antara ektrak kentang dan larutan enzim ptyalin untuk menghasilkan arus optimum dan efektivitasnya ditinjau dari kestabilan arus. Setiap sel bio baterai kentang berisi 80 ml larutan kentang yang dicampurkan 11 ml, 13 ml, 16 ml, 20 ml, dan 30 ml. untuk mengetahui hubungan antara besar arus listrik yang dihasilkan dan lama waktu arus tersebut dapat bertahan maka dibuatlah grafik hubungan antara dua variable tersebut. Dari grafik ini juga bisa diketahui nilai kestabilan arus.Hasil penelitin juga menunjukkan bahwa enzim mampu memecahkan karbohidrat (pati) kentang. Hal ini ditandai dengan berubahnya rasa larutan yang relative lebih manis. Pada penambahan larutan enzim ptyalin kedalam ekstrak terdapat hubungan yang negative antara arus yang dihasilkan dan waktu daya tahan arus. Komposisi terbaik antara enzim ptyalin dan ektrak kentang untuk hasil optimum ialah 1: 5  

ISOLASI DAN IDENTIFIKASI SENYAWA FLAVANOID PADA EKSTRAK DAUN SELEDRI (Apium graveolens L.) DENGAN METODE REFLUKS

Kusnadi, Kusnadi, Devi, Egie Triana

PSEJ (Pancasakti Science Education Journal) Vol 2, No 1 (2017): APRIL 2017
Publisher : Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (744.266 KB)

Abstract

Kandungan daun seledri memiliki manfaat antara lain menurunkan tekanan darah (hipertensi), memperlancar pengeluaran urin, dan rheumatik. Salah satu kandungan daun seledri yaitu flavonoid. Flavonoid merupakan salah satu golongan fenol alam yang terbesar jumlahnya. Tumbuhan yang mengandung flavonoid dapat digunakan untuk antioksidan, anti hipertensi, dan anti inflamasi.Pada penelitian ini untuk mendapatkan ekstrak digunakan metode refluks dengan etanol 96% sebagai pelarut. Pada uji identifikasi yang digunakan meliputi uji pewarnaan dengan NaOH dan H2SO4, uji KLT, dan uji Spektrofotometri UV-Vis dengan kuersetin sebagai larutan bakunya. Hasil penelitian menunjukkan adanya senyawa flavonoid pada ekstrak daun seledri (Apium graveolens L.). Hasil refluks ditandai adanya perubahan warna menjadi kuning ketika ditetesi NaOH 10 % dan perubahan warna menjadi merah bata ketika ditetesi H2SO4 (pekat). Nilai  rata-rata Rf sampel yang didapat 0,84 cm nilai ini mendekati nilai Rf standar yaitu 0,88 cm. Kadar rata-rata flavonoid yang diperoleh dari ekstrak sampel 5 µl sebesar 16mg/100 g sampel, pada sampel 10 µl diperoleh kadar rata-rata sebesar 20,79 mg/100 g sampel, dan pada sampel20µl diperoleh kadar rata-rata sebesar 22,47mg/100 g sampel, serta pada sampel 25µl diperoleh kadar rata-rata sebesar 24,71mg/100 g sampel.  

UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI KEGIATAN TUTOR SEBAYA DALAM PENGAJARAN REMEDIAL MATERI GETARAN DAN GELOMBANG DI KELAS VIII C SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2015/2016 SMP NEGERI 1 PANGKAH KABUPATEN TEGAL

Ritaningsih, Ritaningsih

PSEJ (Pancasakti Science Education Journal) Vol 2, No 1 (2017): APRIL 2017
Publisher : Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (349.971 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah tutor sebaya dalam pengajaran remedial dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan untuk mengetahui apakah tutor sebaya dalam pengajaran remedial dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah  penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Pangkah Kabupaten Tegal. Subyek yang diteliti adalah seluruh siswa kelas VIII C di SMP Negeri 1 Pangkah tahun pelajaran 2015/2016. Siswa yang mendapat nilai kurang dari 76 sebagai peserta remedial. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasn nilai rata- rata kelas pada siklus I adalah 79,0 dan nilai rata-rata kelas pada siklus II adalah 89,5.Sedangkan partisipasi siswa dalam pembelajaran, kekompakan dan keberanian siswa bertanya dapat ditumbuh kembangkan. Hal ini dapat dilihat dari pengamatan aktifitas siswa pada siklus I adalah 40,74 % atau kategori aktif dan siklus II adalah 80 % atau kategori sangat aktif. Jadi dapat disimpulkan melalui kegiatan tutor sebaya dalam pengajaran remedial materi getaran dan gelombang di kelas VIII C tahun pelajaran 2015/2016 SMP Negeri 1 Pangkah Kabupaten Tegal dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. 

PENINGKATAN KOMPETENSI PEMISAHAN CAMPURAN MELALUI PEMBELAJARAN TAYANG FILM DORAEMON PADA KELAS VII F SEMESTER 1 SMP NEGERI 10 KOTA TEGAL TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Darmawan, Alishan Rian

PSEJ (Pancasakti Science Education Journal) Vol 2, No 1 (2017): APRIL 2017
Publisher : Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (513.227 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kompetensi belajar peserta didik kelas VII F semester 1 SMP N 10 Tegal tahun pelajaran 2016/2017 dalam pembelajaran materi pemisahan campuran dengan model pembelajaran  Tayang Film DORAEMON. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan di kelas VII F SMP N 10 Tegal. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi, tes, dokumentasi, angket, dan wawancara. Data hasil belajar dan partisipasi siswa dalam pembelajaran dan ketrampilan dalam praktikum dianalisis dengan menggunkan teknik deskripsi kuantitatif, sedangkan data pelaksanaan pembelajaran dianalisis menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa penilaian aspek efektif mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari data obsevasi koooperatif siswa dalam bentuk partisipasi dan aktivitas siswa antar siklus mengalami peningkatan sebesar 42,30 %. Peningkatan motivasi juga diikuti dengan peningkatan ketrampilan siswa dalam praktikum yang hasil nilai rata rata siklus 1 dan 2 adalah 83, serta hasil belajar siswa yang dapat dilihat dari rata-rata nilai tes pada beberapa pertemuan pada tiap siklus mengalami peningkatan rata-rata sebesar 34,6% . Sebelum penelitian ketuntasan belajar klasikal hanya 19,23 %, pada siklus I meningkat menjadi 50 %, dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 88,46 % . Peningkatan hasil belajar tidak hanya pada aspek kognitif, tetapi juga pada aspek afektif dan psikomotorik. Pada aspek afektif ditunjukkan oleh semakin berkembangnya ketrampilan kooperatif siswa dan pada aspek psikomotorik ditunjukkan oleh kemampuan siswa dalam memecahkan masalah pemisahan campuran melalui praktikum dan mempresentasikan dari hasil diskusi kerja kelompoknya.  

PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS III PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI MAKHLUK HIDUP SD NEGERI KEDUNGBUNGKUS 02 KECAMATAN TARUB KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Hudi, Mukson

PSEJ (Pancasakti Science Education Journal) Vol 2, No 1 (2017): APRIL 2017
Publisher : Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (313.334 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas III SD Negeri Kedungbungkus 02 Kecamatan Tarub Kabupaten Tegal dalam mata pelajaran IPA tentang makhluk hidup. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan subjek penelitian peserta didik kelas III berjumlah 25 peserta didik yang terdiri dari 12 peserta didik laki-laki dan 13 peserta didik perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah melalui pemberian soal evaluasi pada tiap siklus untuk memperoleh data hasil belajar peserta didik, sedangkan motivasi peserta didik diperoleh melalui hasil observasi pembelajaran. Proses analisis dilakukan terhadap data hasil belajar peserta didik pada kegiatan pra siklus, siklus I, dan siklus II yaitu berupa analisis nilai rata-rata, ketuntasan belajar, dan daya serap terhadap materi pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi dan hasil belajar  peserta didik pada materi makhluk hidup meningkat dengan menggunakan metode eksperimen. Berdasarkan data penelitian diperoleh nilai rata-rata pada kegiatan pra siklus sebesar 56,06, siklus I sebesar 64,16, dan siklus II sebesar 72,96, sedangkan ketuntasan belajar pada kegiatan pra siklus sebesar 32%, siklus I sebesar 64%, dan siklus II sebesar 84%. Hasil ini sudah sesuai dengan target yang diharapkan peneliti yaitu ketuntasan belajar yang mencapai lebih dari 80%.  

PENGEMBANGAN PERANGKAT LIGHT SPECTRUM FILTERING CUBE UNTUK MEMBERDAYAKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI GERAK TUMBUHAN

Kurniasih, Mike Dewi, Nugraheni, Diah, Kurniati, Lenny

PSEJ (Pancasakti Science Education Journal) Vol 2, No 1 (2017): APRIL 2017
Publisher : Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (461.523 KB)

Abstract

Pembelajaran IPA di SMP khususnya materi gerak tumbuhan masih kurang dapat memfasilitasi siswa untuk berpikir kritis. Perangkat yang digunakan dalam eksperimen gerak tumbuhan juga masih sangat konvensional dan belum dapat merangsang kemampuan logika dan analisis siswa. Light Spectrum Filtering Cube (LSF Cube) merupakan sebuah inovasi perangkat eksperimen untuk mempelajari fototropisme pada materi gerak tumbuhan. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui karakteristik LSFCube pada materi gerak tumbuhan 2) menguji validitas LSF Cube pada materi gerak tumbuhan dan 3) menguji keefektifan perangkat LSF Cube pada materi gerak tumbuhann untuk memberdayakan kemampuan berpikir kritis.Penelitian ini adalah penelitian riset & pengembangan (R&D). Subjek ujicoba adalah 62 siswa di SMPN 13 Semarang. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa 1) Perangkat LSF Cube yang dikembangkan memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan perangkat yang selama ini digunakan  dalam percobaan fototropisme konvensional yaitu mudah digunakan, mampu merangsang keingintahuan siswa, memungkinkan siswa untuk berhipotesis dan memanipulasi variabel-variabel yang ada 2)Produk perangkat eksperimen IPA terpadu Light Spectrum Filtering Cube (LSF Cube) yang dikembangkan valid untuk diterapkan pada materi gerak tumbuhan dengan perolehan validitas konstruk dengan skor 3,78 dan validitas isi dengan skor 3,75 3) Produk perangkat eksperimen IPA terpadu Light Spectrum Filtering Cube (SLF Cube) yang dikembangkan untuk materi gerak tumbuhan efektif untuk memberdayakan kemampuan berpikir kritis.  

KEEFEKTIFAN MODEL LEARNING CYCLE 5E DIPADU TEKNIK MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMP

Nida, Safwatun, Mahanal, Susriyati, Pradana, Diego

PSEJ (Pancasakti Science Education Journal) Vol 2, No 1 (2017): APRIL 2017
Publisher : Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (501.142 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model Learning Cycle 5E dipadu teknik Mind Mapping dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa SMP.Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMPN I Malang yang dipilih secara purposive random sampling. Pengukuran data melalui lembar tes keterampilan proses sains yang dianalisis menggunakan statistik parametrik uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5E dipadu teknik Mind Mapping efektif untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa SMP.  

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LKS UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI BEKERJASAMA DAN MEMECAHKAN MASALAH SISWA

Hilyana, Faroh Shoufika

PSEJ (Pancasakti Science Education Journal) Vol 2, No 1 (2017): APRIL 2017
Publisher : Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (357.122 KB)

Abstract

Pembelajaran Fisika perlu dikembangkan media pembelajaran pada kompetensi bekerjasama dan memecahkan masalah. Oleh karena itu dilakukan pengembangan LKS untuk meningkatkan kompetensi bekerjasama dan memecahkan masalah. Penelitian dilakukan dengan metode Research and Development. Uji coba LKS telah dilakukan di SMP Islam Plus Assalamah Ungaran kelas VIII. Data diperoleh melalui lembar validasi, lembar pengamatan, angket, dan tes kemampuan memecahkan masalah. Data-data tersebut digunakan untuk mengetahui kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan LKS yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan diperolehnya perangkat yang valid. Rancangan berupa perangkat RPP, lembar kerja siswa, lembar angket respon siswa dan guru, lembar observasi, dan lembar tes kompetensi, sudah dinilai oleh validator dan menghasilkan kriteria penilaian validitas tinggi. Hasil angket siswa dan guru menunjukkan respon positif, karena lebih dari 50% menyatakan sangat kuat, LKS yang dikembangkan dapat dikatakan praktis. Dan keefektifan LKS, dari hasil analisa uji t-test, didapatkan bahwa pretest postest sebelum dan setelah menggunakan LKS yang dikembangkan terdapat perbedaan dan dapat dirasakan manfaatnya. Simpulan dari penelitian ini, pengembangan LKS efektif digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan kompetensi bekerjasama dan memecahkan masalah.