cover
Filter by Year
PSEJ (Pancasakti Science Education Journal)
PSEJ (Pancasakti Science Education Journal) with registered number ISSN 2541-0628 (Online), ISSN 2528-6714 (Print) is a periodical journal conducted by a team of Science Education Studies Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Pancasakti Tegal collaborate with PPII (Perkumpulan Pendidik IPA Indonesia).
Articles by issue : Vol 1, No 1 (2016): OKTOBER 2016
11
Articles
FORMULASI MINYAK ATSIRI DAUN JERUK PURUT (Citrus hystrix D.C.) SEBAGAI SEDIAAN AROMATERAPI

Nurcahyo, Heru

PSEJ (Pancasakti Science Education Journal) Vol 1, No 1 (2016): OKTOBER 2016
Publisher : Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (257.918 KB)

Abstract

Minyak atsiri jeruk purut sangat bermanfaat selain sebagai rasa pada makanan juga bisa dimanfaatkan sebagai sediaan aromaterapi yang sangat bermanfaat sebagai pengembangan produk terapy  non farmakologi. Penelitian ini dilakukan dengan membuat tiga formula secara eksperimen laboratorium dengan konsentrasi minyak atsiri daun jeruk purut (Citrus hystrix D.C.) yang berbeda yaitu 1%, 2%, 3% yang selanjutnya dilakukan diuji sifat fisika untuk mengetahui konsentrasi yang paling baik yang digunakan untuk sediaan aromaterapi. Uji sifat fisika meliputi uji organoleptis, uji pH, uji homogenitas, dan kesukaan.  Berdasarkan penelitian tentang uji fisika bahwa semua formula menunjukkan hasil yang baik yang selanjutnya dilakukan uji kesukaan dengan responden sejumlah 50 orang untuk mencoba masing-masing formula dan didapatkan kesimpulan bahwa Formula III dengan konsentrasi 3% mendapatkan respon peserta sejumlah 50% .Kata Kunci: Minyak atsiri, daun jeruk purut, Citrus hystrix, aromaterapi

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MEDIA BATELA PADA SISWA KELAS X7 MATERI HIDROKARBON SMAN 1 DONOROJO TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Riyanti, Riyanti

PSEJ (Pancasakti Science Education Journal) Vol 1, No 1 (2016): OKTOBER 2016
Publisher : Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (279.348 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui hasil belajar siswa  dengan menggunakan media  batela  dan  menciptakan suasana senang menggunakan media batela pada materi  hidrokarbon. Penelitian tindakan kelas  ini  dilakukan di kelas X7  berjumlah 34  siswa   dan menggunakan 2 siklus. Data hasil penelitian berupa hasil observasi, tes kognitif  dan respon siswa terhadap media batela. Dari hasil observasi  oleh observer (pengamat) yang mengamati aktifitas siswa dan guru sebagai faslitator diperoleh nilai rata-rata pada siklus 1 yaitu 2,63 (kategori sedang)  dan siklus 2 sebesar  3,21 (kategori baik). Sedangkan hasil belajar siswa pada materi hidrokarbon diukur menggunakan tes kemampuan kognitif dengan KKM untuk materi hidrokarbon 75. Soal dalam penelitian ini terdiri-dari 5 butir soal essay setiap siklus. Pada siklus 1 dan siklus 2 diperoleh nilai rerata tes dari 61,77 menjadi 85,29. Tampak bahwa kemampuan memahami materi hidrokarbon sudah mencapai indikator keberhasilan yaitu lebih dari 75% siswa memperoleh nilai di atas KKM. Jumlah prosentasi nilai di atas KKM lebih besar disebabkan banyak siswa yang sudah dapat mentransformasi penggunaan media batela ke dalam materi hidrokarbon. Demikian juga hasil angket yang diberikan tercatat data bahwa setelah akhir siklus 2 terdapat 100% siswa memberi tanggapan merasa senang dengan pembelajaran menggunakan media batela.Kata Kunci: Hasil belajar, media batela, hidrokarbon

ANALISA KADAR LOGAM TIMBAL (Pb) DALAM TANAMAN LIDAH MERTUA (SANSIVIERA Sp.) DI KOTA TEGAL DENGAN METODE SPEKTROFOTOMETER SERAPAN ATOM (SSA)

Kusnadi, Kusnadi

PSEJ (Pancasakti Science Education Journal) Vol 1, No 1 (2016): OKTOBER 2016
Publisher : Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (283.363 KB)

Abstract

Pencemaran logam berat terhadap alam lingkungan merupakan suatu proses yang erat kaitannya dengan aktivitas manusia. Timbal (Pb) merupakan logam berat yang bersifat toksik yang berasal dari gas hasil pembuangan kendaraan bermotor dan industri. Tanaman yang dapat menyerap Pb di udara maupun di dalam tanah, salah satunya adalah Sansiviera. Spektrofotometer Serapan Atom (SSA) digunakan untuk penentuan unsur-unsur logam dan metaloid yang berdasarkan pada penyerapan absorbs radiasi oleh atom bebas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kadar logam Pb dalam Sansiviera yang terdapat dalam Sansiviera yang ditanam di Kota Tegal dengan Spektrofotometer Serapan Atom (SSA). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan  menggunakan variabel bebas yaitu; tanaman Sansiviera yang diperoleh di pinggir Jalan Gajah Mada, Jalan Kolonel Sugiyono dan Taman Alun-alun KotaTegal. Variabel tergantung yaitu; untuk mengetahui keberadaan dan jumlah kadar residu Pb dalam tanaman Sansiviera di Kota Tegal. Hasil uji analisa pada 3 sampel menunjukan adanya kandungan logam Pb pada masing-masing sampel. Dengan kadar logam Pb tertinggi pada sampel Sansiviera yang ditanam di Taman Alun-alun Kota Tegal dengan kadar 3,289 ppm, pada Jalan Gajah Mada dengan kadar 1,666 ppm  dan kadar logam Pb terendah ada pada sampel di Jalan Kolonel Sugiyono dengan kadar 1,615 ppm. Hal ini menunjukan bahwa kadar logam Pb seluruh sampel masih berada di atas ambang batas normal.Kata Kunci: Logam Pb, Sansiviera, Spektrofotometri

PENINGKATAN MUTU MINYAK GORENG BEKAS DENGAN PROSES ADSORPSI KARBON AKTIF UNTUK DIBUAT SABUN PADAT

Riyanta, Aldi Budi

PSEJ (Pancasakti Science Education Journal) Vol 1, No 1 (2016): OKTOBER 2016
Publisher : Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (514.799 KB)

Abstract

Proses pemurnian akan meningkatkan mutu minyak goreng bekas. Penelitian ini, minyak goreng bekas dilakukan proses pemurnian atau penghilangan bumbu (despicing) dengan menggunakan alat kertas saring, netralisasi minyak goreng bekas dengan mereaksikan NaOH dan proses pemucatan (bleaching) dengan menggunakan karbon aktif kemudian digunakan sebagai bahan baku pembuatan sabun padat. Mutu minyak goreng dilihat dari kejernihan, kandungan bilangan peroksida, bilangan asam dan bau. Uji kandungan peroksida dan bilangan asam menggunakan metode titrasi, kejernihan menggunakan metode spektrofotometri UV-Vis sedangkan uji bau dengan indera pembau. Minyak goreng bekas kemudian dibuat sabun dengan metode semi pemanasan.Hasil percobaan menunjukkan proses adsorpsi menggunakan karbon aktif dengan konsentrasi 0,1;0,2 dan 0,3dapat meningkatkan kejernihan minyak goreng bekas hingga 74,1;82,1 dan 86,3% transmitansi. Bilangan peroksida hingga 60% dan bilangan asam dapat berkurang hingga 34,38% dan bau yang ditimbulkan mendekati normal minyak goreng baru.Kata Kunci: minyak goreng bekas, adsorpsi, karbon aktif

PENGEMBANGAN PERANGKAT PENILAIAN PETA KONSEP UNTUK MENGEVALUASI PROSES BERPIKIR PADA TOPIK ANIMALIA

Kusuma, Mobinta

PSEJ (Pancasakti Science Education Journal) Vol 1, No 1 (2016): OKTOBER 2016
Publisher : Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (439.899 KB)

Abstract

Pembelajaran biologi syarat makna dengan “belajar konsep” yang dapat diajarkan melalui pembuatan peta konsep.Materi animalia pada pembelajaran biologi di kelas X merupakan materi ajar yang memiliki banyak konsep yang terkait dengan kata kunci klasifikasi dan selama ini, siswa tidak banyak diarahkan untuk memahami konsep, melainkan cenderung menghapalkan materi ajar. Proses berpikir siswa dalam mengkonstruk & memahami konsep menjadi salah satu urgensi untuk mengetahui pencapaian hasil belajar. Penggunaan peta konsep sebagai alat evaluasi belajar belum banyak dikembangkan. Tujuan penelitian ini adalah mendesain dan menguji validitas perangkat penilaian peta konsep untuk mngevaluasi proses berpikir konsep pada materi animalia. Desain penelitian ini adalah penelitian riset & pengembangan (R&D). Subjek ujicoba adalah 7 guru beserta 32 siswa di SMAN 1 Semarang dan 26 siswa SMAN 3 Semarang. Metode pengumpulan data menggunakan checklist, angket dan tes. Data dianalisa menggunakan rumus Pearson Product Moment Correlation. Jenis data meliputi data validasi perangkat oleh pakar, data ujicoba sampel dan data hasil test perangkat. Teknik validasi data tes dilakukan dengan  membandingkan peta konsep siswa dan master map. Hasil validasi perangkat oleh pakar dinilai valid dengan perolehan skor rata-rata validasi konstruk 3,86 dan skor rata-rata validasi isi 3,89. Hasil validitas dan reliabilitas menunjukkan kategori tinggi dengan perolehan rerata koefisien uji validitas (r)  sebesar 0,99. Sedangkan rerata koefisien uji reliabilitas sebesar 0,69. Simpulan dari penelitian ini, komponen perangkat penilaiain peta konsep dinyatakan valid dan reliabel untuk mengevaluasi proses berpikir konsep pada topik animalia.Kata Kunci: Animalia, Alat Evaluasi, Penilaian Peta Konsep, Proses Berpikir

PENGGUNAAN DISCREPANT EVENTS DENGAN PENDEKATAN POE TERHADAP HASIL BELAJAR KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN SISWA

Hayati, Muriani Nur

PSEJ (Pancasakti Science Education Journal) Vol 1, No 1 (2016): OKTOBER 2016
Publisher : Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (357.563 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan: (1) pengaruh pembelajaran discrepant events dengan pendekatan POE terhadap hasil belajar kelarutan dan hasil kali kelarutan siswa; (2)berapa besar pengaruh metode tersebut terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan pola pre test post test group design. Metode pengumpulan data melalui kuesioner untuk menilai prestasi belajar afektif dan psikomotorik dan tes untuk menilai prestasi belajar kognitif pada 92 siswa di SMA N 2 Semarang. Penggunaan discrepant events dengan pendekatan POE ternyata mempengaruhi hasil belajar kimia pokok bahasan kelarutan dan hasil kali kelarutan siswa kelas XI SMA N Semarang. Data diuji dengan uji t dan N-gain. Hasil analisis uji t menunjukkan perbedaan dua rata-rata satu pihak kanan, diperoleh hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Angka korelasi pada kelas eksperimen 0,5237 yang menunjukkan nilai sedang, dan nilai koefesien determinasi sebesar 27,42 %. Hal ini menunjukkan sebesar 27,42% peningkatan hasil belajar kelarutan dan hasil kali kelarutan siswa dipengaruhi hanya oleh metode tersebut.Kata Kunci: Discrepant events, Kelarutan dan hasil kali kelarutan, POE

PERANGKAT EVALUASI KECAKAPAN HIDUP DALAM PEMBELAJARAN FISIKA SMK

Arfiani, Yuni

PSEJ (Pancasakti Science Education Journal) Vol 1, No 1 (2016): OKTOBER 2016
Publisher : Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (327.279 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) menghasilkan perangkat evaluasi kecakapan hidup untuk pembelajaran fisika, (2) mengukur validitas dan reliabilitas perangkat, (3) menentukan kepraktisan perangkat, dan (4) mendeskripsikan profil kecakapan hidup siswa SMK. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan empat tahap yaitu studi pendahuluan, perencanaan, pengembangan, dan uji coba produk. Analisis yang dilakukan meliputi uji validitas, uji reliabilitas, dan uji kepraktisan. Penelitian ini menghasilkan perangkat evaluasi yang terdiri atas pedoman evaluasi, pedoman penilaian, daftar komponen dan indikator yang akan dinilai, dan jenis instrumen. Jenis instrumen terdiri dari lembar observasi dan lembar penilaian yang memuat indikator-indikator kecakapan hidup pada komponen desicion making, wise use of resources, communication, accepting differences, self responsibility, dan problem solving. Hasil pengembangan perangkat evaluasi kecakapan hidup menunjukkan nilai validitas 88,3%, koefisien reliabilitas 0,995 dan berada pada kriteria sangat tinggi. Pengembangan perangkat evaluasi juga menunjukkan bahwa tingkat kecakapan hidup siswa SMK lebih tinggi pada kecakapan hidup generik yang lebih berkaitan dengan aspek psikomotor dan afektif daripada aspek kognitif.Kata Kunci: Alat evaluasi, Kecakapan hidup, Pembelajaran Fisika

MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA DALAM MEMBUAT PROYEK SAINS

Astuti, Retna Kusuma

PSEJ (Pancasakti Science Education Journal) Vol 1, No 1 (2016): OKTOBER 2016
Publisher : Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (558.588 KB)

Abstract

Pembelajaran menuntut kemandirian gurumenciptakan suasana yang menyenangkan agar siswa mampu mengembangkan aktivitas dan kreativitas, yaitu dengan melibatkan siswa secara aktif. Salah satu SMP di Ungaran belum melakukan implementasi pembelajaran tersebut. Hal ini mengakibatkan kreativitas dan aktivitas yang kurang optimal. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui besar peningkatankreativitas membuatprojek sains, aktivitas selama pembelajaran, menyelesaikan masalah, dan sikap kreatif melaluipenerapan problem based learning (PBL) .Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dua siklus. Teknik analisis data menggunakan gain ternormalisasi. Hasil belajar psikomotorik (kreativitas mendesain alat) pada siklus I dan II, nilai rata-rata setiap komponennya 71,5 dan 81,7 dengan ketuntasan hasil belajar klasikal 40% dan 92%, g = 0.36; Aktivitas pada siklus I dan IIdengan nilai 67,66 dan 78,33 dengan ketuntasan 16% dan 88%, diperoleh g = 0,34. Peningkatan hasil belajar kognitif (pemecahan masalah) pada siklus I dan II, nilai rata-ratanya 66,68 dan 78,13 dengan ketuntasan 40% and 80%, diperoleh g = 0,34. Sikap kreatif pada siklus I dan II, nilai rata-rata niap komponenya 68,56 dan 79,17 dengan ketuntasan64% dan 96%, diperoleh g = 0.34. Penerapan model ini telah membantu siswa meningkatan kreativitas  membuat projek sains,aktivitas selama pembelajaran, menyelesaikan masalah  dan sikap kreatifnya.Kata Kunci: kreativitas, proyek  sains, PBL

EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN IPA DENGAN MODEL INTEGRASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD DAN PETA KONSEP

Fatkhurrohman, Mukhammad Aji

PSEJ (Pancasakti Science Education Journal) Vol 1, No 1 (2016): OKTOBER 2016
Publisher : Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (389.995 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui keefektifan pembelajaran IPA dengan menggunakan model integrasi pembelajaran kooperatif STAD dan peta konsep dibandingkan dengan model kooperatif STAD. Hasil menunjukan bahwa model integrasi pembelajaran kooperatif STAD dan peta konsep lebih efektif daripada model pembelajaran kooperatif STAD dilihat dari perolehan rata-rata nilai kognitif, persentase sikap dan aktivitas serta peningkatan hasil belajar. Berdasarkan hasil temuan, disimpulkan bahwa model integrasi pembelajaran kooperatif STAD dan peta konsep lebih efektif daripada model pembelajaran kooperatif STAD.Kata Kunci: Pembelajaran IPA, pembelajaran kooperatif STAD, peta konsep, hasil belajar

PENERAPAN MODEL MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA

Darsono, Mokh

PSEJ (Pancasakti Science Education Journal) Vol 1, No 1 (2016): OKTOBER 2016
Publisher : Universitas Pancasakti Tegal

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (323.958 KB)

Abstract

Telah dilakukan Penelitian Tindakan Kelas untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar melalui model mind mapping pada peserta didik kelas IX F SMP Negeri 1 Warungasem Kabupaten Batang tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan dua siklus. Untuk aktivitas peserta didik, indikator yang digunakan adalah data hasil observasi yaitu rata-rata keaktifan peserta didik pada siklus I dan siklus II. Pada siklus I keaktifan peserta didik 66,9% dan pada siklus II menjadi 75,2% sehingga ada kenaikan 8,3%. Sedangkan untuk hasil belajar, indikator yang digunakan adalah pencapaian daya serap dan ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus I dan siklus II. Rata-rata daya serap pada siklus I adalah 76,8% mengalami peningkatan sebesar 5,6% pada siklus II sehingga menjadi 82,4% sedangkan ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus I adalah 70,6%  menjadi 97,1% pada siklus II atau mengalami peningkatan sebesar 26,5%. Disimpulkan bahwa metode Mind Mapping dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar.Kata Kunci: Aktivitas, hasil belajar, mind mapping, Penelitian Tindakan Kelas