cover
Filter by Year
Teknika
Teknika adalah jurnal Fakultas Teknologi Informasi, Institut Informatika Indonesia (IKADO) Surabaya.
Articles by issue : Vol 4 No 1 (2015): November 2015
6
Articles
‚Äč
Desain Infrastruktur dan Pemanfaatan Cloud Computing di Perusahaan Berskala Kecil Menengah sebagai Pendukung Kegiatan Operasional

Sundoro, David

Teknika Vol 4 No 1 (2015): November 2015
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Institut Informatika Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pemanfaatan teknologi informasi dalam berbagai bidang industri. Namun perkembangan teknologi yang juga begitu cepat, membuat banyaknya variasi pilihan teknologi yang bisa dipergunakan sebagai solusi. Penelitian kali ini, menyajikan pemilihan teknologi yang bisa menjadi alternatif bagi penggunaan teknologi sebelumnya yang sudah diimplementasikan, tanpa mengorbankan kebutuhan dari badan usaha yang mempergunakan teknologi informasi tersebut. Sehingga di dalam menerapkan suatu teknologi, perlu memperhatikan kebutuhan yang sebenarnya dari bisnis yang dijalankan.

Perancangan Aplikasi Rekomendasi Pemilihan Lokasi Rumah dengan Memanfaatkan Fuzzy Database Metode Tahani

Dharma, Sathya Adi, Pattiasina, Timothy John, Trianto, Edwin Meinardi

Teknika Vol 4 No 1 (2015): November 2015
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Institut Informatika Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pemilihan lokasi rumah memerlukan beberapa kriteria yang cocok dengan kebutuhan konsumen. Biasanya konsumen mencari informasi perumahan lewat brosur-brosur rumah atau mengunjungi pameran perumahan. Hal itu dirasa kurang efektif karena memerlukan waktu yang lama. Salah satu cara dalam menentukan lokasi rumah adalah dengan menggunakan fuzzy database dengan model Tahani. Fuzzy database model Tahani merupakan salah satu metode yang dapat digunakan pada proses pengambilan keputusan. Dalam penelitian ini, aplikasi fuzzy database model Tahani dibangun untuk membantu pihak agen perumahan dalam memberikan rekomendasi rumah kepada konsumen, sehingga konsumen dapat memilih rumah sesuai dengan kriteria yang dipilihnya dengan lebih cepat dan mudah. Pada aplikasi yang telah dibangun, hasil rekomendasi rumah didasarkan pada nilai derajat keanggotaan dan fire strength (nilai kebenaran) dari proses perhitungan di dalam aplikasi tersebut.

Pengembangan Aplikasi Mobile Learning untuk Pertolongan Pertama

Chai, Sumei, Akhyarsi, Odi, Wijayanto, Heru

Teknika Vol 4 No 1 (2015): November 2015
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Institut Informatika Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengetahuan dan pelatihan mengenai Pertolongan Pertama merupakan hal yang terbilang penting. Oleh karena itu, diperlukan fasilitas yang lebih mudah bagi masyarakat yang tertarik untuk mengikuti pelatihan ini. Mengingat banyak masyarakat yang terhalang jarak dan waktu untuk mempelajarinya, maka dilakukanlah pengembangan metode pelatihan dengan memanfaatkan berbagai teknologi yang ada saat ini sehingga persoalan jarak dan waktu serta informasi dapat terselesaikan. Pengembangan yang dilakukan memungkinkan peserta melaksanakan proses pelatihan secara mobile.

Perancangan Sistem Pendukung Keputusan untuk Penentuan Subkontraktor dengan Metode Analytic Hierarchy Process (AHP) (Studi Kasus PT Aulia Pancang Gemilang)

Pattiasina, Timothy John, Sukanti, Sri

Teknika Vol 4 No 1 (2015): November 2015
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Institut Informatika Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sistem Pendukung Keputusan (SPK) dapat digambarkan sebagai sistem yang berkemampuan mendukung analisis data, dan permodelan keputusan, berorientasi keputusan, orientasi perencanaan masa depan, dan digunakan pada saat - saat yang tidak biasa. Sistem pengambilan keputusan juga membutuhkan teknologi informasi dalam aplikasinya, hal ini karena semakin lama perusahaan dituntut untuk bergerak cepat dalam mengambil sebuah keputusan dan tindakan. Metode Pengolahan Data dengan menggunakan Analytic Hierarchy Process (AHP) sangat membantu perusahaan karena dengan adanya kriteria dan subkriteria, AHP dapat memberikan hasil yang paling optimal / paling baik dengan menggunakan perankingan. Dengan contoh kasus seperti PT Aulia Pancang Gemilang, pengambilan keputusan untuk penentuan subkontraktor sangat diperlukan sehingga perusahaan dapat menemukan subkontraktor terbaik. Yang akan menentukan pada maksimalnya laba perusahaan.

Perancangan dan Pembuatan Kecerdasan Buatan dengan Metode Alpha Beta Pruning pada Aplikasi Permainan Kartu Capsa

Tandawidjaja, Christhofer Natalius, Andika, Hermawan, Meinardi, Edwin

Teknika Vol 4 No 1 (2015): November 2015
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Institut Informatika Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Game atau yang biasa disebut permainan merupakan aktivitas terstruktur atau semi terstruktur yang biasanya bertujuan untuk menghibur. Pada tugas akhir ini penulis mengembangkan permainan android dengan judul King and Slave Capsa yang merupakan salah satu media hiburan. Pengembangan permainan ini akan menggunakan framework Starling yang menggunakan bahasa Action Script 3 dengan bantuan aplikasi Adobe Flash Builder, dan menggunakan Alpha Beta Pruning sebagai kecerdasan buatannya. Adanya beberapa fitur dalam permainan seperti fitur permainan offline melawan komputer, permainan online dan google play achievement yang membuat permainan menjadi menarik untuk dimainkan.

Perancangan dan Pembuatan Sistem Informasi Gudang (Studi Kasus : PT. PLN (Persero) Area Surabaya Barat)

Prasetyo, Budi, Pattiasina, Timothy John, Soetarmono, Anggya Nanda

Teknika Vol 4 No 1 (2015): November 2015
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Institut Informatika Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sistem informasi berbasis komputerisasi merupakan salah satu faktor penting bagi perusahaan - perusahaan dalam mengelola segala aktifitas perusahaan. Bahkan penggunaan teknologi komputer tersebut akan menjadi syarat utama untuk menunjukkan kualitas suatu bidang dan menjadi modal terpenting dalam memenangkan persaingan. Sistem Informasi Gudang di PT. PLN (Persero) Area Surabaya Utara dibangun karena masih menggunakan cara manual untuk melakukan penerimaan barang datang, permintaan barang, dan pemberian barang, sehingga mempengaruhi dalam pelaksanaan operasional kerja, baik dalam segi kecepatan, pelayanan, dari segi informasi yang dihasilkan. Untuk itu diperlukan suatu sistem yang dapat memudahkan manajemen dalam mengelola seluruh aktifitas yang ada di gudang. Sistem Informasi Gudang PT.PLN (Persero) Area Surabaya Utara adalah suatu sistem yang mengelola data barang, data rayon, dan transaksi yang ada di gudang. Sistem ini menggambarkan rangkaian kegiatan dari mulai mengelola barang datang, permintaan barang, barang keluar hingga pelaporannya. Setelah melalui tahapan analisis dan implementasi, kemudian dilakukan tahapan selanjutnya yaitu tahap pengujian sistem dimana pengujian ini menggunakan metode pengujian white box yang berfokus pada pengujian perangkat lunak. Dari hasil pengujian, dapat ditarik kesimpulan bahwa Sistem Informasi Gudang di PT.PLN (Pesero) Area Surabaya dibangun untuk mempermudah manajemen dalam melakukan pengawasan dan pengendalian di gudang.