Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing
Vol 1 No 2 (2018): Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing

Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Examples Non-Examples terhadap Hasil Belajar Menulis Teks Berita pada Siswa Kelas VIII SMPN 14 Kota Tangerang


Sulaeman, Agus, Ariyana, Ariyana



Article Info

Publish Date
31 Dec 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk  mengetahui pengaruh penggunaan model examples non examples pada siswa kelas VII SMPN 14 Kota Tangerang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen dengan melakukan pretes dan postes dua kelompok. Jenis metode penelitian eksperimen ini menggunakan disain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Dimana kelas eksperimen yang diberi perlakuan dan kelas kontrol tidak diberi perlakuan. Nonequivalent Control Group Design ini hampir sama dengan pretest dan postest kontrol group desain, hanya pada desain ini kelompok eksperimen maupun kontrol tidak dipilih secara random. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Teknik analisis data dimulai dari uji normalitas, uji homogenitas, dan dilanjutkan uji hipotesis. Terdapat perbedaan hasil belajar menulis teks berita antara siswa yang diberi model pembelajaran examples non-examples dengan siswa yang tidak diberi model pembelajaran examples non-examples dan dibuktikan dengan hasil pengujian hipotesis yaitu pretes pada kelas kontrol dan eksperimen Ho diterima H1 ditolak, dapat disimpulkan bahwa thitung lebih kecil ttabel ( 0,42 lebih kecil 2,0022 ) maka pada pretes tidak memiliki perbedaan hasil belajar yang signifikan, dan hasil hipotesis postes pada kelas kontrol dan kelas eksperimen yaitu H1 diterima Ho ditolak karena thitung lebih besar ttabel = 3,05 lebih besar 2,0022. Maka dapat dinyatakan bahwa pemberian postes pada kelas kontrol yang tidak mendapatkan perlakukan dan kelas eksperimen mendapatkan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran examples non-examples menunjukkan perbedaan hasil belajar yang sangat signifikan.


Copyrights © 2018






Download : Full PDF (386.006 KB)
Original Source : https://ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/SIBISA/article/view/201
Google Scholar : Check in googleschoolar

Journal Info

Abbrev

SIBISA

Publisher

Subject

Arts Education Languange, Linguistic, Communication & Media Humanities

Description

Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing is a journal that focuses on publishing research results in Indonesian language and literature education, foreign language and literature education, and local language and literature ...