Article Info
Publish Date
09 Jan 2019
Abstract
Tujuan penelitian iniĀ untuk mengetahui perbedaan menulis pantun menggunakan Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan pembelajaran Konvensional siswa kelas VII SMPN 4 Kota Bengkulu tahun ajaran 2017/2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimenĀ menggunakan bentuk desain Quasi Eksperimental dengan menggunakan Intact-group comparison. Data dalam penelitian ini adalah deskripsi hasil tes kemampuan menulis pantun kelas eksperimen (CIRC) dan kelas kontrol (model Konvensional). Penelitian ini dilakukan secara bergantian antara dua kelas VII 5 (eksperimen) dan VII 6 (kontrol) yang semuanya berjumlah 64 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes. Hasil penelitian dengan menggunakan rumus t-test terdapat perbedaan perhitungan dan temuan pada kemampuan menulis pantun siswa menggunakan model CIRC dan menggunakan model konvensional, uji t-test diperoleh hasil t-hitung 2,63. Nilai rata-rata untuk kelas eksperimen yang diperoleh siswa sebesar 90,5, masuk dalam kategori sangat baik dan nilai rata-rata untuk kelas kontrol yang diperoleh siswa sebesar 79,4, masuk dalam kategori baik, sehingga terdapat nilai rata-rata selisih antara kedua model senilai 9,8 pada hasil tes siswa.Kata Kunci: Kemampuan menulis, pantun, CIRC
Copyrights © 2019