MAGISTRA
Vol 9, No 1 (2018): MAGISTRA

MEMBANGUN IKLIM BELAJAR EFEKTIF MELALUI METODE HYPNOTEACHING DI MADRASAH IBTIDAYAH


Taslim Syahlan, Ma'as Shobirin,



Article Info

Publish Date
30 Jun 2018

Abstract

Abstrak Efektivitas pembelajaran menjadi salah satu faktor penting dalam menciptakan keberhasilan proses pembelajaran, khususnya bagi peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah (MI). Untuk mewujudkan hal tersebut, maka diperlukan beberapa upaya konkrit melalui penggunaan metode pembelajaran tertentu, salah satunya adalah  metode Hypnoteaching. Metode ini benar-benar mampu menumbuhkan semangat dan perhatian peserta didik dalam menciptakan suasana belajar efektif di kelas. Problematika yang terjadi di kelas akan dapat dipecahkan melalui penggunaan metode pembelajaran ini. Tujuan dalam penulisan artikel ini adalah untuk memahami hypnoteaching sebagai metode pembelajaran di MI, mengetahui faktor dan urgensi penggunaan metode hypnoteaching dalam pembelajaran serta penerapan metode ini dalam proses pembelajaran. Melalui tulisan ini, diharapkan mampu memberikan kontribusi positif bagi guru untuk mengembangkan kemampuan pedagogik dalam proses belajar mengajar. Selain itu, metode ini dapat mengubah interaksi pembelajaran dari yang pasif menjadi aktif dan meningkatkan kemampuan peserta didik di MI untuk memahami materi pembelajaran di kelas.Kata Kunci: Belajar, Efektif, Hypnoteaching Abstract Learning effectiveness becomes one of the siginificance factor in creating the success of learning process, especially for student of Mdarasah Ibtidaiyah. To realize it, it is needed some real efforts by using a certain learning methods. One of themis hypnoteaching method. This method is really be able to improve motivation and student’s attention to create leaning situation effectively in classroom. The problems which is happened in class can be solved by u using this method. The purposes of this writing are to understand hypnoteaching as learning method at Madrasah Ibtidayah, to know the factors and the significance of using hypnoteaching method in learning and implementation of this method in learning process. Through this writing, it is hoped be able to give possitive contribution for teacher to develop pedagogical competence in teaching learning process. In other side, this method is able to change learning interaction from passive to be active and increasing studnet’s ability at Madrasah Ibtidaiyah for understanding the learning material in classroom.Keyword: Learning, Effective, Hypnoteaching


Copyrights © 2018






Download : Full PDF (1245.286 KB)
Original Source : https://publikasiilmiah.unwahas.ac.id/index.php/MAGISTRA/article/view/2199
Google Scholar : Check in googleschoolar