Jurnal Tadris Kimiya
Vol 3, No 2 (2018)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA KONSEP LARUTAN ELEKTROLIT NONELEKTROLIT


Dijaya, Arisna Oktavia, Pitasari, Ratih, Kurniasih, Siti



Article Info

Publish Date
31 Dec 2018

Abstract

Larutan elektrolit nonelektrolit merupakan  materi kimia yang termasuk  kedalam jenis konsep yang bersifat abstrak dan contoh konkrit. Pembelajaran yang diberikan harus membuat siswa aktif dalam proses membangun konsep. Melalui pembelajaran inkuiri terbimbing dapat memberikan pengalaman kepada siswa dan meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Penelitian ini  bertujuan untuk mendeskripsikan  aktivitas siswa untuk setiap siklus pada proses  pembelajaran inkuiri terbimbing, menganalisis kinerja siswa untuk setiap siklus sesuai tahapan inkuiri terbimbing, menganalisis keterampilan proses sains untuk setiap siklus dengan model inkuiri terbimbing. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek  penelitian 35 siswa kelas X IPA-4 SMAN 10 Bandung. Instrumen yang digunakan adalah deskripsi pembelajaran,  lembar kerja siswa, format penilaian aktivitas siswa, guru, aspek psikomotor siswa, dan tes evaluasi keterampilan proses sains. Data yang diperoleh diolah  menggunakan statistik deskriptif. Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing  dilaksanakan sesuai deskripsi pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan,  penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada konsep larutan elektrolit dan nonelektrolit untuk meningkatkan keterampilan proses sains terimplementasikan dengan baik. Jumlah  rata-rata aktivitas siswa selama pembelajaran mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Pada  siklus I nilai rata-rata aktivitas siswa sebesar 86,4 (sangat Baik)  dan  siklus II  91(Sangat Baik). Kemampuan siswa dalam menyelesaikan LKS untuk setiap siklus  pembelajaran inkuiri terbimbing pada konsep larutan elektrolit dan nonelektrolit mengalami peningkatan. Nilai rata-rata siklus I sebesar 70 (Baik) dan  siklus II sebesar 75 (baik). Peningkatan keterampilan  proses sains siswa pada siklus I dan II dengan nilai rata-rata siklus I yaitu 67(cukup)  dan siklus II yaitu 70 (baik).


Copyrights © 2018






Download : Full PDF (573.124 KB)
Original Source : http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/tadris-kimiya/article/view/3597
Google Scholar : Check in googleschoolar

Journal Info

Abbrev

tadris-kimiya

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

Tadris Kimiya Journal is a Journal published by Department Chemical Education, Tarbiyah & Keguruan Faculty UIN SGD Bandung, has a scope of discussion on education and chemistry ...