Jurnal Analisa
Vol 4, No 2 (2018): Volume 4 Nomor 2 Tahun 2018

PENGEMBANGAN LKM BERBASIS INQUIRY UNTUK MENGOPTIMALKAN KEMAMPUAN PENALARAN ADAPTIF


yenni, yenni, Kurniasi, Eka Rachma



Article Info

Publish Date
30 Dec 2018

Abstract

Kemampuan penalaran adaptif adalah salah satu unsur penting dalam menunjang keberhasilan mahasiswa untuk mencapai hasil belajar maksimal pada mata kuliah teori bilangan. Unsur ini berperan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam memberikan alasan atau bukti terhadap kebenaran suatu pernyataan, menarik kesimpulan dari suatu pernyataan dan memeriksa kesahihan suatu argument. Agar dapat mengoptimalkan kemampuan ini, peneliti menyusun lembar kerja mahasiswa(LKM) berbasis Inquiry. LKM yang dilengkapi dengan langkah langkah Inquiry membuat mahasiswa aktiv berlatih mengikuti perintah dan urutan yang tertera pada LKM. Dengan sering berlatih mengisi LKM dan kewajiban mengkomunikasin hasil, kemampuan adaptif mahasiswa dapat terlatih dan pada akhirnya membantu mahasiswa meraih hasil maksimal pada belajar teori bilangan


Copyrights © 2018






Download : Full PDF (327.638 KB)
Original Source : http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/analisa/article/view/3201
Google Scholar : Check in googleschoolar

Journal Info

Abbrev

analisa

Publisher

Subject

Education

Description

Journal Analysa Is a Journal published by Department Mathematics Education Faculty of Tarbiyah and Teacher Training UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Starting Year 2013. Emphasizing On Aspects Related to Mathematics Learning Include: Curriculum, Strategy / Method, Learning Media, Evaluation, ...