NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Vol 5, No 1 (2018): Nusantara : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial

MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MELALUI SUPERVISI AKADEMIK TEKNIK


Rajman, Rajman



Article Info

Publish Date
24 Dec 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menerapkan Pembelajaran kontekstual melalui supervisi akademik teknik office conference. Penelitian dilaksanakan di SDN No. 152985 Haramonting pada tanggal 20 Mei 2017 sampai dengan 6 Juni 2017. Subyek penelitian adalah guru Kelas yang berjumlah 6 (enam) orang. Subjek penelitian dipilih sesuai dengan tingkatan guru mengajar. Penelitian dilakukan dalam setting penelitian tindakan sekolah. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus. Metode penelitian yang dilakukan adalah dengan melaksanakan supervisi individual dengan teknik percakapan individu (office conference) dan observasi kelas. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata peningkatan kemampuan guru dalam membuat RPP mencapai 18,75 %, dengan rata-rata kemampuan pada siklus kedua 81,25% atau dengan kategori baik sekali. Rata-rata peningkatan kemampuan guru dalam menerapkan pembelajaran kontekstual mencapai 11,81% dengan rata-rata kemampuan guru pada siklus kedua 80.55% kategori baik sekali. Dapat disimpulkan bahwa melalui supervisi akademik teknik office conference dapat meningkatkan kemampuan mengajar guru kimia dalam menerapkan Pembelajaran Kontekstual. Kata Kunci: Kemampuan guru, Pembelajaran kontekstual, Office Conference


Copyrights © 2018






Download : Full PDF (57.995 KB)
Original Source : http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/nusantara/article/view/606
Google Scholar : Check in googleschoolar

Journal Info

Abbrev

nusantara

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial adalah suatu jurnal multidisiplin yang mencakup berbagai pokok persoalan dalam kajian ilmu-ilmu sosial dan humaniora. Secara khusus jurnal menaruh perhatian, namun tidak hanya terbatas, pada pokok-pokok persoalan tentang perkembangan ilmu pengetahuan sosial ...