NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Vol 5, No 1 (2018): Nusantara : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial

MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU SDN NO. 157617 PINANGSORI 13 DALAM MELAKSANAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN CTL MELALUI SUPERVISI KELAS TAHUN PELAJARAN 2017/2018


Sihotang, Heldina



Article Info

Publish Date
24 Dec 2018

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan strategi pembelajaran CTL melalui kegiatan supervisi kelas. Penelitian ini dilakukan di SDN 157617 Pinangsori 13 dengan obyek penelitian adalah guru berjumlah 9 orang pada tahun pelajaran 2017/2018 menggunakan desain penelitian tindakan sekolah dengan dua siklus melalui empat tahapan masing-masing siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan melalui supervisi kelas dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menerapkan strategi pembelajaran Contectual Teaching and Learning (CTL) di SDN 157617 Pinangsori 13, Pelaksanaan Supervisi Kelas oleh Kepala Sekolah dapat meningkatkan aktivitas, motivasi dan kreatifitas guru untuk melaksanakan inovasi pembelajaran. Kata Kunci: Kemampuan Guru, CTL, Supervisi Kelas


Copyrights © 2018






Download : Full PDF (88.089 KB)
Original Source : http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/nusantara/article/view/600
Google Scholar : Check in googleschoolar

Journal Info

Abbrev

nusantara

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial adalah suatu jurnal multidisiplin yang mencakup berbagai pokok persoalan dalam kajian ilmu-ilmu sosial dan humaniora. Secara khusus jurnal menaruh perhatian, namun tidak hanya terbatas, pada pokok-pokok persoalan tentang perkembangan ilmu pengetahuan sosial ...