NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Vol 5, No 1 (2018): Nusantara : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial

PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MICROSOFT POWER POINT TERHADAP MINAT BELAJAR MATA PELAJARAN PKN PADA MATERI HAKEKAT DEMOKRASI PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 4 PADANGSIDIMPUAN


Yusmiati, Yusmiati



Article Info

Publish Date
24 Dec 2018

Abstract

Pengaruh Media Pembelajaran Microsoft Power Point Terhadap Minat Belajar Mata Pelajaran PKn Pada Materi Hakekat Demokrasi. Rumusan masalah penelitian ini adalah:“Apakah Media Pembelajaran Microsoft Power point berpengaruh terhadap Minat Belajar mata pelajaran PKn pada materi Hakekat Demokrasi Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 4 Padangsidimpuan?. Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif. Penelitian asosiatif adalah penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih, dengan populasi seluruh siswa kelas VIII SMP negeri 4 Padangsidimpuan yang berjumlah 426 peserta didik yang terdiri dari 15 kelas, sedangkan sampel ditetaapkan secara acak 10 % dari jumlah populasi dengan jumlah 42 peserta didik. Rumus menguji hipotesis yang dipergunakan adalah rumus product momennt. Hasil analisis menunjukkan bahwa Dari hasil perhitungan koefesien korelasi maka diperoleh r = 0,992. Jika angka indek korelasi tersebut di korelasikan dengan “r” tabel product moment maka di dapat bahwa pada taraf signifikan 5% dengan n = 42 diperoleh 0,304. Dengan demikian dapat diketahui bahw nilai r hitung lebih besar dari pada r table yakni :0,992>0,304. Dengan demikian hipotesis alternatif (Ha) dapat di terima kebenarannya, yaitu Media Pembelajaran Microsoft Power Point berpengaruh terhadap minat belajar mata pelajaran PKn pada materi Hakekat Demokrasi. Besarnya pengaruh sebesar 99 % Kata Kunci: Model pembelajaran, Microsoft Power point, Minat Belajar


Copyrights © 2018






Download : Full PDF (81.043 KB)
Original Source : http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/nusantara/article/view/609
Google Scholar : Check in googleschoolar

Journal Info

Abbrev

nusantara

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial adalah suatu jurnal multidisiplin yang mencakup berbagai pokok persoalan dalam kajian ilmu-ilmu sosial dan humaniora. Secara khusus jurnal menaruh perhatian, namun tidak hanya terbatas, pada pokok-pokok persoalan tentang perkembangan ilmu pengetahuan sosial ...