NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Vol 5, No 1 (2018): Nusantara : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN PADA SISWA KELAS II SDN NO. 155688 MUARA SIBUNTUON TAHUN PELAJARAN 2017/2018


Pardede, Resmi Br



Article Info

Publish Date
24 Dec 2018

Abstract

Penelitian didasari permasalahan masih rendahnya perolehan hasil belajar IPS siswa SDN No. 155688 Muara Sibuntuon yang secra umum masih dibawah KKM. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS setelah diterapkannya pembelajaran dengan metode bermain peran. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas II SDN No. 155688 Muara Sibuntuon Tahun Pelajaran 2017/2018. Data yang diperoleh berupa hasil tes siklus, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari yaitu siklus I ketuntasan 60,00% dengan rata-rata nilai 71,00, siklus II ketuntasan 77,78% dengan rata-rata nilai 73,33, dan pada siklus III ketuntasan 86,67% dengan rata-rata nilai 78,50. Simpulan dari penelitian ini adalah metode bermain peran dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar IPS Pada Siswa Kelas II SDN No. 155688 Muara Sibuntuon Tahun Pelajaran 2017/2018, serta model pembelajaran bermain peran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran IPS Kata Kunci: Hasil belajar, Bermain Peran, Penelitian Tindakan Kelas


Copyrights © 2018






Download : Full PDF (85.526 KB)
Original Source : http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/nusantara/article/view/604
Google Scholar : Check in googleschoolar

Journal Info

Abbrev

nusantara

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial adalah suatu jurnal multidisiplin yang mencakup berbagai pokok persoalan dalam kajian ilmu-ilmu sosial dan humaniora. Secara khusus jurnal menaruh perhatian, namun tidak hanya terbatas, pada pokok-pokok persoalan tentang perkembangan ilmu pengetahuan sosial ...