Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES)
Vol 1 No 2 (2018): IJIES

Pengembangan Sosiologi Kurikulum Pendidikan Islam di Madrasah Aliyah Husnul Khotimah Kuningan


Abas, Saehu



Article Info

Publish Date
27 Dec 2018

Abstract

Islamic education curriculum developmentis an attempt of the assessment results through the correction and evaluation of the curriculum, resulting in the effort to change, add or reduce the content or orientation of the educational curriculum, until eventually happen trait development. Relation to the perspectives of sociology education, because they have a process to aim to carry out the development through an approach concepts, values, or the perspective of sociology education. This study therefore, seeks to inform design shape at a time of the implementation of Islamic education curriculum when juxtaposed with the view of educational sociology. The results showed that the design and implementation of educational activities are charged sociology of education in Madrasah Aliyah Husnul Khotimah Kuningan, which is among the activities program includes courses Halaqah Tarbiyah, PDPM (Practice Propagation and Introduction to Community), mukhoyyam Tarbawi or rihlah, the spirit of Eid 'adha sacrifice, the spirit of Eid fitri alms and so forth.   Pengembangan kurikulum pendidikan Islam merupakan suatu upaya dari buah hasil penilaian melalui koreksi dan evaluasi kurikulum, sehingga terjadi usaha untuk merubah, menambahkan atau mengurangi akan isi atau orientasi kurikulum pendidikan, sampai pada akhirnya terjadi sifat pengembangan. Kaitannya dengan pespektif sosiologi pendidikan, kerena memiliki proses sampai tujuan untuk melaksanakan pengembangan tersebut melalui pendekatan konsep, nilai, atau cara pandang sosiologi pendidikan. Demikian penelitian ini, berusaha untuk menginformasikan bentuk desain sekaligus bentuk implementasi kurikulum pendidikan Islam apabila disandingkan dengan pandangan sosiologi pendidikan. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya desain dan implementasi kegiatan-kegiatan pendidikan yang bermuatan sosiologi pendidikan di Madrasah Aliyah Husnul Khotimah Kuningan, yang diantara program kegiatan tersebut meliputi program Halaqah Tarbiyah, Praktik Da’wah dan Pengenalan Masyarakat (PDPM), mukhoyyam tarbawi atau rihlah, semangat idul ‘adha berqurban, semangat idul fitri bersedekah dan lain sebagainya.


Copyrights © 2018







Original Source : http://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/edy/article/view/636
Google Scholar : Check in googleschoolar

Journal Info

Abbrev

edy

Publisher

Subject

Education

Description

Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES) adalah jurnal ilmiah berkala yang diterbitkan oleh Fakultas Tarbiyah dan dikelola oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) Institut Agama Islam Tribakti Kediri. Jurnal ini diterbit dua kali setahun pada bulan Juni dan ...