Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 13, No 1 (2019)

MISKONSEPSI SISWA DALAM MENYELESAIKAN PERMASALAHAN OPERASI BENTUK ALJABAR


Malihatuddarojah, Dewi, Prahmana, Rully Charitas Indra



Article Info

Publish Date
07 Jan 2019

Abstract

Aljabar merupakan subjek yang sangat penting dalam pembelajaran matematika. Oleh karena itu, siswa khususnya pada tingkat SMP kelas VII harus dapat memahami konsep ini dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan miskonsepsi siswa kelas VII dalam menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan operasi bentuk aljabar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Kalasan. Instrumen pada penelitian ini berupa sebuah tes yang terdiri dari 10 soal tentang operasi bentuk aljabar. Hasil menunjukkan bahwa siswa masih melakukan beberapa kesalahan dalam menyelesaikan permasalahan tentang operasi bentuk aljabar.  Seluruh kesalahan tersebut adalah kesalahan pada variabel, kesalahan pada tanda negatif, kesalahan pada menyelesaikan bentuk persamaan aljabar, kesalahan pada pengoperasian bentuk aljabar, dan kesalahan dalam penyelesaian bentuk pecahan.


Copyrights © 2019






Download : Full PDF (671.969 KB)
Original Source : https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpm/article/view/6668
Google Scholar : Check in googleschoolar