Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 13, No 1 (2019)

ANALISIS INSTRUMEN TES HIGHER ORDER THINKING MATEMATIKA SMP


Sa'idah, Nusrotus, Yulistianti, Hayu Dian, Megawati, Eka



Article Info

Publish Date
07 Jan 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik dari instrumen tes matematika yang dilihat dari tingkat kesulitandan daya beda soal. Instrumen yang dikembangkan adalah instrumen tes Higher order Thinking. Bentuk instrumen ini adalah multiple choice. Sampel dari penelitian ini adalah siswa SMP N 2 Jepara dengan mata pelajaran Matematika. Telaah kualitatif meliputi aspek materi, konstruksi dan bahasa. Telaah secara kuantitatif dengan pendekatan Teori Tes Klasik. Dalam teknik analisis data aspek yang diukur adalah validitas, reliabilitas, tingkat kesulitan, daya beda soal dan efektivitas Distraktor. Soal ini terdiridari 20 item soal pilihan ganda yang mengacu pada taxonomy blomms. Kognitif level dalam butir ini meliputi C4(evaluasi), C5 (Analisis), dan C6(mengkreasi).  Dari hasil analisis kualitatif menunjukkan bahwa secara konstruksi, bahasa dan materi mempunyai kriteria tinggi atau diterima. Hasil analisis dengan teori tes klasik menggunakan program ITEMAN menunjukkan hasil butir item pilihan ganda 50% mempunyai kriteria baik.


Copyrights © 2019






Download : Full PDF (787.495 KB)
Original Source : https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpm/article/view/6619
Google Scholar : Check in googleschoolar