PSEJ (Pancasakti Science Education Journal)
Vol 3, No 2 (2018): OKTOBER 2018

Pengembangan E-Learning Berbasis Schoology pada Materi Impuls dan Momentum untuk Melatihkan Literasi Digital


Misbah, Misbah, Pratama, Wahyu Aji, Hartini, Sri, Dewantara, Dewi



Article Info

Publish Date
31 Dec 2018

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan media e-learning berbasis schoology. Tujuan penelitian secara khusus untuk mendeskripsikan: (1) validitas media, (2) kepraktisan media, dan (3) efektivitas  media. Jenis penelitian ini adalah Research & Development (R&D) model ADDIE. Subjek uji coba penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA 1 SMAN 6 Banjarmasin berjumlah 32 orang. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi media, lembar keterlaksanaan RPP, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan: (1) validitas media diperoleh skor 3,94 berkategori valid, (2) kepraktisan media diperoleh skor 3,77 berkategori sangat praktis, dan (3) efektivitas media diperoleh skor 0,41 berkategori sedang. Simpulan penelitian ini adalah pengembangan e-learning berbasis schoology pada materi impuls dan momentum untuk melatihkan literasi digital layak digunakan pada pembelajaran.


Copyrights © 2018







Original Source : http://e-journal.upstegal.ac.id/PSEJ/article/view/1067
Google Scholar : Check in googleschoolar

Journal Info

Abbrev

PSEJ

Publisher

Subject

Education

Description

PSEJ (Pancasakti Science Education Journal) with registered number ISSN 2541-0628 (Online), ISSN 2528-6714 (Print) is a periodical journal conducted by a team of Science Education Studies Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Pancasakti Tegal collaborate with PPII ...