Ejurnal Pendidikan Fisika Tadulako
Vol 6, No 4 (2018): E-Jurnal Pend. Fisika Tadulako

Konsepsi Siswa SMA tentang Percepatan


Nirmayanti, Nirmayanti, Mansyur, Jusman, Saehana, Sahrul



Article Info

Publish Date
27 Dec 2018

Abstract

Abstrak –Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk  mendeskripsikan  konsepsi  siswa  tentang konsep percepatan. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Sigi. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI IPA yang terdiri dari 30 siswa. Instrumen  pengumpulan  data  yang  digunakan  yaitu pilihan ganda beralasan berjumlah 15 butir soal yang disertai CRI untuk mengetahui tingkat keyakinan subjek penelitian dalam menjawab soal. Data hasil tes kemudian di analisis untuk menentukan presentase miskonsepsi pada setiap soal yang diberikan. Hasil penelitian menunjukan bahwa miskonsepsi siswa SMA Negeri 2 Sigi tentang konsep percepatan yang teridentifikasi yakni (percepatan selalu terjadi dalam arah yang sama dengan benda yang bergerak. Responden tidak mengerti bahwa ada yang disebut perlambatan atau percepatan negatif, yang arahnya berlawanan dengan arah gerak benda). Kata Kunci: konsepsi, percepatan


Copyrights © 2018






Download : Full PDF (1256.901 KB)
Original Source : http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/EPFT/article/view/11658
Google Scholar : Check in googleschoolar