Ejurnal Pendidikan Fisika Tadulako
Vol 6, No 4 (2018): E-Jurnal Pend. Fisika Tadulako

Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Palu


Mantung, Nerva, Kendek, Yusuf, Werdhiana, I Komang



Article Info

Publish Date
27 Dec 2018

Abstract

Abstrak – Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran penemuan terbimbing  terhadap hasil belajar fisika Siswa kelas X SMA Negeri 1 Palu. Jenis penelitian ini adalah eksperimen kuasi dengan desain penelitian menggunakan rancangan pretes-posttes. Data yang  diperoleh adalah tes hasil belajar siswa. Skor rata-rata pada kelas eksperimen adalah 15,94 dengan standar deviasi 3,11 dan skor rata-rata kelas kontrol adalah 11,6 dengan standar deviasi 2,52 dari 21 skor ideal. Hasil uji N-gain menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar  kelas eksperimen sebesar 50,19% dan kelas kontrol sebesar 22,51%. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diperoleh t hitung = 4,07 sedangkan t tabel = 1,67. Hal ini berarti bahwa hasil pengujian hipotesis berada diluar kriteria penerimaan H0. Dengan demikian H0 ditolak dengan taraf nyata α = 0,05 dan H₁ diterima, ini berarti ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang mengikuti model pembelajaran penemuan terbimbing dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran penemuan terbimbing terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X SMANegeri 1 PALU.     Kata Kunci: Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing, Hasil Belajar Fisika


Copyrights © 2018






Download : Full PDF (431.349 KB)
Original Source : http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/EPFT/article/view/11664
Google Scholar : Check in googleschoolar