PSEJ (Pancasakti Science Education Journal)
Vol 3, No 2 (2018): OKTOBER 2018

Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Fisika Materi Suhu dan Kalor Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw


Pamungkas, Sigit



Article Info

Publish Date
31 Dec 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan motivasi dan hasil belajar fisika materi suhu dan kalor melalui proses pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada siswa kelas XI TITL 3 SMK N 1 Warureja. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes digunakan untuk mengetahui hasil serapan pengetahuan setelah tindakan. Sedangkan teknik nontes digunakan untuk mengumpulkan data perubahan minat dan aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kualitas dalam proses pembelajaran. Peningkatan kualitas tersebut dibuktikan dengan proses pembelajaran yang makin lancar pada siklus II dan suasana kelas yang makin kondusif.. Disiklus I tingkat aktifitas kelas dari 63,33 % meningkat menjadi 93,33 % pada siklus II.  Dari hasil angket menyatakan tujuh siswa (23%) setuju disiklus I dan meningkat menjadi 27 (90%) siswa menyatakan setuju disiklus II. Di siklus I tingkatan ketuntasan belajar sebesar 43,33 %  menigkat menjadi 80 % di siklus II.


Copyrights © 2018







Original Source : http://e-journal.upstegal.ac.id/PSEJ/article/view/1012
Google Scholar : Check in googleschoolar

Journal Info

Abbrev

PSEJ

Publisher

Subject

Education

Description

PSEJ (Pancasakti Science Education Journal) with registered number ISSN 2541-0628 (Online), ISSN 2528-6714 (Print) is a periodical journal conducted by a team of Science Education Studies Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Pancasakti Tegal collaborate with PPII ...